Pabrikan mobil asal Korea Selatan, KIA Motors meluncurkan Compact SUV bernama KIA Sonet pada 2020 lalu. Terdapat enam tipe sport utility vehicle (SUV) yang ditawarkan mulai dari Rp193 juta hingga Rp289 juta on-the-road (OTR) DKI Jakarta. 

Varian yang dihadirkan diantaranya Dynamic AT, Smart AT, dan Smart MT. Berikut daftar harga KIA Sonet beserta spesifikasinya.

Sekilas tentang KIA Sonet

Mobil Korea buatan India adalah julukannya. Mobil SUV kompak ini memang dirancang untuk keluarga muda yang hobi berpetualang. Meski tergolong pemain baru, KIA Sonet cukup diminati di Indonesia.

Penggemar mobil SUV Indonesia pun patut berbangga. Sebab, KIA Sonet 7-seater yang diluncurkan di Indonesia merupakan yang pertama kalinya.

Alasannya karena mobil ini dihadirkan secara khusus untuk fokus bermain di negara berkembang yang notabenenya lebih tertarik dengan kendaraan 7-seater daripada kendaraan 5-seater seperti halnya mobil produksi KIA lainnya.

Sayangnya, versi 7-seater tidak diberikan sunroof karena untuk mengakomodasi blower AC di plafon baris kedua. Sunroof hanya bisa ditemukan pada KIA Sonet 5-seater tipe MG ZS.

Baca juga: Nggak Kalah dari Merek Jepang, Ini Daftar Mobil Korea Paling Laris di Indonesia

Daftar harga KIA Sonet

Harga KIA Sonet tentunya disesuaikan dengan varian yang kita pilih. Berikut estimasi harga KIA Sonet OTR DKI Jakarta pada tahun 2022:

  • Kia Sonet 1.5L Standard (MT): Rp193 juta
  • Kia Sonet 1.5L Active (MT): Rp204,5 juta
  • Kia Sonet 1.5L Smart (MT): Rp238,5 juta
  • Kia Sonet 1.5L Smart (AT): Rp251,5 juta
  • Kia Sonet 1.5 Dynamic (AT): Rp265 juta
  • Kia Sonet 1.5L Premiere (AT): Rp289 juta

Spesifikasi Kia Sonet

Selain harga, spesifikasi tentunya menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli sebuah mobil baru. KIA Sonet memiliki desain yang agresif dan modern. Mengusung kesan fun to drive dan fitur-fitur canggih, KIA Sonet cocok dijadikan pilihan anak muda. Berikut spesifikasi lengkap KIA Sonet:

Eksterior

Karakter SUV langsung tampak pada bagian depan KIA Sonet. Kap mesin memiliki guratan tebal dan lebar, grill honeycomb dengan desain Tiger Nose, serta terdapat underguard. Ada juga aksen krom di bagian bumper dan rumah fog lamp.

Kesan modern juga ditampakkan melalui headlamp pipih dengan pencahayaan LED serta DRL yang Crystal Multi Reflector Halogen. Sementara, di bagian bumper terdapat sebuah projector fog lamp yang bisa menembus kabut maupun hujan.

Bagian samping KIA Sonet tampak minimalis, sementara di bagian belakang dibuat lebih berisi. Terdapat beberapa sentuhan chrome di bagian sampingnya, mulai dari door handle, garis tipis di pilar A sampai pilar C, hingga pada side body moulding. Pada bagian belakang, terdapat lampu LED horizontal serta roof rail di bagian atap.

Interior

KIA Sonet memberikan nuansa serba gelap di bagian kabin. Berkonsep driver oriented, mobil SUV ini memiliki layout pada bagian dashboard. Selain itu, posisinya cukup ergonomis dengan tombol fungsi yang mudah digapai, seperti tombol di area kemudi hingga di panel instrumen.

KIA Sonet memiliki kursi dengan kapasitas 5-seater dan 7-seater. Joknya terbungkus artificial leather dan terdapat fitur ventilated seat yang bisa menghembuskan hawa sejuk. Sayangnya, fitur ini hanya dapat dirasakan oleh penumpang di baris pertama.

Bagian kabin cukup lapang dengan head room yang tidak terlalu tinggi. Back rest pada kursi tengah juga tidak terlalu tegak. Sementara itu, leg room di baris kedua cukup lega asalkan kursi di baris depan bisa menjaga jarak. Penumpang di baris kedua dapat merasakan ventilasi AC yang terletak pas di bagian tengah bawah.

Pada pintu bagian baris pertama, KIA Motors menyematkan fitur LED Sound Mood Light. Fitur tersebut memungkinkan cahaya LED mengikuti dentuman suara dari audio.

Fitur

KIA Sonet menghadirkan bermacam fitur canggih, mewah, dan cukup lengkap. SUV kompak ini memiliki perangkat keselamatan dalam berkendara. Sebut saja Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), dan Hill Start Assist Control (HAC), dan Emergency Stop Signal.

Mobil ini memiliki tiga mode berkendara, yakni Eco, Normal dan Sport. Untuk menyesuaikan medan jalan, terdapat pilihan traksi seperti Mud, Sand, dan Snow. Pada tipe tertingginya, terdapat fitur berteknologi canggih seperti Start Stop dan Keyless Entry, Remote Start Engine, Cruise Control, dan Wireless Charging.

Panel instrumen KIA Sonet juga telah sepenuhnya digital. Mobil tersebut memiliki layar LCD berukuran 4,2 inci. Sistem hiburannya mengandalkan layar LCD berukuran 8 inci. Ada pula head unit dari Bose dengan 4 speaker, 2 tweeter, dan subwoofer

Baca juga: Mobil yang Atapnya Bisa Dibuka dan Ditutup atau Pakai Sunroof

Performa mesin

Soal jantung pacunya, mobil ini memiliki mesin Gamma II DOHC, Dual CVVT berkubikasi 1.497 cc. Mesin itu dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 115 PS pada 6.300 rpm. Sementara itu, torsi maksimum mencapai 144 Nm pada 4.500 rpm.

Tenaga mesin KIA Sonet disalurkan melalui sistem transmisi CVT bernama Intelligent Variable Transmission (IVT) 8 percepatan. Perpindahan giginya juga terasa halus tanpa ada hentakan. Tarikan di putaran bawahnya juga tidak terasa mengecewakan.

Konsumsi bahan bakarnya juga terbilang cukup irit. Mobil tersebut dapat menempuh jarak 16 km dengan 1 liter bahan bakar. Konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat lagi apabila berkendara secara konstan dengan mengaktifkan cruise control

Akan tetapi, konsumsi bahan bakar Kia Sonet bisa berbeda-beda. Hal itu bergantung dari gaya berkendara, kondisi lalu lintas, beban yang dibawa, serta parameter lainnya. 

Dibekali dengan dimensi yang kompak, motor Korea Selatan ini bisa memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan. Secara umum, mobil tersebut dapat melaju dan bermanuver di jalan raya dengan cukup baik. Namun, KIA Sonet agak limbung untuk bermanuver tajam. 

Hadirnya fitur Electronic Stability Control (ESC) cukup membantu handling menjadi lebih presisi. Pengeremannya juga cukup baik dengan dukungan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Itulah penjelasan singkat mengenai estimasi harga Kia Sonet terbaru serta spesifikasinya. Hal itu bisa dijadikan pertimbangan sebelum OtoFriends memutuskan membeli mobil. Setelah memiliki mobil, pastikan OtoFriends merawatnya secara rutin, ya. Manfaatkan aplikasi Otoklix untuk mendapatkan kemudahan perawatan mobil.

Pertanyaan Seputar KIA Sonet

KIA Sonet memiliki harga bervariasi mulai dari Rp193 juta untuk varian terendahnya dan Rp289 untuk varian tertingginya.

Sunroof hanya bisa ditemukan pada KIA Sonet 5-seater tipe MG ZS.

KIA Sonet pada awalnya hanya berkapasitas 5 kursi saja. Namun, KIA Motors akhirnya meluncurkan versi 7-seater pada 2021 lalu. .