Pembersih ruang mesin mobil bisa menjadi solusi jika ingin membersihkan ruang-ruang yang berpotensi menumpuk banyak kotoran. Jika mesin mobil terdapat kotoran yang menumpuk akibatnya mesin bisa tersumbat dan malah mengakibatkan kerusakan lebih parah.

Dalam membersihkan ruang mesin, bisa dilakukan di tempat cuci mesin mobil atau secara mandiri. OtoFriends perlu mengetahui prosedur membersihkan mesin yang benar, agar mesin tidak mengalami kerusakan. Karena, jika terjadi kesalahan, bisa akan berakibat fatal pada bagian mesin bahkan komponen kelistrikan dalam mesin. 

Bagian ruang mesin yang harus dibersihkan

Performa mobil ditentukan dari berbagai macam aspek. Selain mesin, kebersihan mesin juga berpengaruh. Jika mesin bersih, maka akan berfungsi dengan baik. Untuk hal tersebut, ruang mesin harus selalu terjaga kebersihannya. Ruang mesin merupakan tempat di mana mesin mobil beroperasi.  Terdapat beberapa bagian mesin mobil yang memang sangat butuh dibersihkan dan tidak boleh terlewat.

Bagian dinding ruang mesin

Yang paling sering kotor adalah dinding ruang mesin. Bagian ini harus dibersihkan dengan hati-hati, jangan sampai mengenai bagian kabel atau bagian mesin yang lain. Bagian ini merupakan tempat di mana banyak debu dari luar menempel, apalagi kalau ada uap atau bekas oli.

Baca juga: Mesin Mobil Terdiri dari Banyak Komponen Penting, Apa Saja?

Kap mesin bagian dalam

Selain di dinding ruang mesin, biasanya kotoran seperti oli dan debu akan menempel dan menumpuk di kap mesin bagian dalam. Jika tidak dibersihkan, maka bisa menghambat kerja mesin.  Caranya dengan membasuh dengan lap basah. Proses pembersihan harus benar-benar diperhatikan agar tidak merusak komponen lainnya.

Plastik penutup komponen mesin

Berikutnya, perhatikan kotoran yang menempel pada plastik penutup komponen mesin, Di bagian ini terdapat penutup saringan udara, sehingga membuatnya dipenuhi debu. Jika dibiarkan, lama-kelamaan debu akan masuk ke mesin. Oleh karena itu harus sering dicuci dan dibersihkan.

Tabung air wiper dan minyak rem

Tabung air wiper dan minyak rem juga jadi bagian penting untuk dibersihkan. Bagian ini paling banyak mengandung minyak yang menempel. Selain itu, kotoran bisa menumpuk di sini. Hal ini karena tabung berbentuk rongga yang dapat dimasuki oleh minyak. Untuk membersihkannya gunakan degreaser atau shampoo mobil.

Selang di ruang mesin

Terakhir, kotoran juga sering menumpuk di selang ruang mesin. Noda yang menempel pada komponen ini dapat berupa minyak dan debu, bahkan bisa serangga. Penyebabnya, biasanya karena letaknya yang berada di bawah. Bagian ini bisa dicuci dengan air namun harus mengamankan dulu komponen kelistrikannya.

Baca juga: Rawat Kendaraan dengan Membersihkan Mesin Mobil Secara Rutin

Rekomendasi cairan pembersih ruang mesin 

Membersihkan ruang mesin bisa dilakukan secara mandiri. Namun perlu memperhatikan hal-hal seperti kelistrikan, aki serta bagian-bagian yang tidak bisa terkena air. Selain itu membersihkan ruang mesin sebaiknya menggunakan bahan khusus agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin. Berikut rekomendasi cairan pembersih ruang mobil.

Carbon Cleaner Pembersih kerak ruang bakar mesin mobil

Carbon Cleaner adalah cairan untuk membersihkan kerak ruang bakar mesin berbahan bakar bensin dan gas, tanpa harus membongkar mesin. Cairan ini bisa digunakan untuk membersihkan semua bagian mesin yang dikotori karbon. 

Dapat juga untuk membersihkan minyak dan lemak yang mengeras karena terpanggang atau terbakar. Cara penggunaannya cukup mudah dan cepat. Cukup masukan ke lubang busi, tunggu lima menit dan vakum hingga kering. 

Cairan ini dapat membersihkan karbon dari ruang bakar secara menyeluruh dan mengembalikan performa mesin pada kondisi seperti baru. Harganya cukup murah, berada di kisaran di Rp18 ribuan.

Autobil Silicon Spray 

Rekomendasi selanjutnya yaitu Autobil Silicon spray. Pembersih ini bisa digunakan untuk memaksimalkan kondisi ruang mesin anda agar bersih dan mengkilap dengan bahan yang aman buat komponen kelistrikan. Cara pemakaiannya diawali dengan menggunakan kain lap basah agar debu hilang terlebih dahulu selanjutnya semprotkan Autobil silicon spray pada bagian yang akan dibersihkan. Kemudian tunggu beberpa saat agar silikon meresap pada permukaan dan dilap menggunakan kain kering agar mengkilap dan bersih. Untuk harga, Autobil Silicon Spray dibanderol Rp55 ribu.

Maxx Engine Degreaser Automaxx Fusionpro

Berikutnya, ada Maxx Engine Degreaser yang berfungsi untuk membersihkan ruang mesin dari kotoran, debu, endapan, lumpur, minyak, oli dll. Cara penggunaannya harus dikocok dahulu sebelum digunakan. Kemudian semprotkan langsung ke permukaan ruang mesin yang kotor. Diamkan beberapa saat,lalu bersihkan dengan sikat atau kuas untuk kotoran membandel. 

Selanjutnya lap menggunakan lap microfiber. Cairan ini jangan gunakan saat kondisi mesin panas dan pastikan kondisi pengapian kendaraan mati. Produk ini dibanderol dengan harga Rp78 ribu.

Baca juga: Kenali Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air, Berikut Rangkumannya

Autofit Carbon Cleaner 500ML

Autofit Carbon Cleaner Spray 500ml berfungsi membersihkan kerak karbon ruang bakar tanpa bongkar mesin.  Cairan ini mampu mengembalikan tenaga dan torsi mesin kendaraan dengan aman dan cepat. Selain itu keunggulannya sebagai produk yang ramah lingkungan. 

Cairan ini dapat mengangkat endapan karbon di ruang bakar, menghilangkan gejala ngelitik (knocking), mengurangi emisi gas buang serta meremajakan kondisi mesin. Cara pemakaiannya cukup mudah. Setelah mesin panas dan dimatikan, buka busi kemudian semprotkan Autofit Carbon 

Cleaner Spray ke dalam ruang bakar melalui lubang busi dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan lubang busi dengan kompresor atau cleaner dan hidupkan mesin dalam keadaan busi tidak terpasang untuk membersihkan sisa carbon cleaner yang tidak bisa terangkat. Kemudian pasang kembali busi. Untuk harga, berada di kisaran Rp70 ribu.

Machine Cleaner 2in1  

Rekomendasi terakhir adalah Machine Cleaner 2in1. Cairan ini dapat membersihkan kotoran bekas minyak atau oli pada bagian mesin mobil. Sekaligus menghilangkan mesin berdaki dan menguning. 

Cara pemakaian setelah mesin yang hendak dibersihkan dibasahi terlebih dahulu, selanjutnya oleskan machine cleaner ke blok mesin dengan kuas/sikat gigi. Bilas dengan air yang banyak, kemudian keringkan. Untuk harga, berada di kisaran Rp200 ribu untuk 5 liter cairan. 

Nah, itulah rekomendasi cairan yang digunakan untuk mencuci ruang mesin. Namun, untuk tetap menjaga mesin agar terus berada di performa prima, secara rutin mesin kendaraan harus rutin diperiksa. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

Untuk OtoFriends yang ingin mengganti oli mesin dan melakukan perawatan rutin dapat langsung mencari bengkel terpercaya di website OtoKlix.