Di tengah persaingan pasar ban di Indonesia, terdapat beragam merek produsen mulai dari merek lokal maupun berasal dari luar negeri. Salah satunya ban mobil Hankook. Brand terkenal ini bermarkas dari Korea Selatan.

Ban mobil Hankook ikut meramaikan pasar ban nasional yang menjadi tujuan beragam produsen ban terkenal di dunia. Demi memudahkan proses produksi hingga distribusi ke konsumen, Hankook sampai mendirikan pabrik di kawasan Cikarang, Jawa Barat pada 2013 silam.

Dari segi keunggulan, ban mobil Hankook dikenal akan kualitas, safety serta performa yang tinggi. Selain itu, beberapa produk ban mobil Hankook menawarkan desain yang optimal agar konsumsi bahan bakar mobil lebih efisien. Lantas apa saja produk ban mobil Hankook tersebut? Berikut ulasan lengkapnya!

Jenis Ban Mobil Hankook untuk Mobil Penumpang

1.         Ventus S1 Noble 2

Ventus S1 Noble 2 merupakan ban yang diperuntukkan segala musim dengan performa premium. Ban ini memberikan keseimbangaan dan ketenangan dalam mengemudi dengan handling dan traksi yang ditingkatkan.

Selain itu, Ventus S1 Noble 2 diklaim mampu mendukung pengereman yang andal di jalanan basah. Ini karena rancangan blok aqua hydro pada ban ini melalui simulasi hydroplaning 3D untuk memberikan pengereman dengan efisiensi tinggi.

Ban jenis ini tersedia berbagai ukuran pelek maupun ring dengan harga di pasaran mulai dari Rp600 ribu hingga Rp1,4 juta

2.        Ventus Prime 3

Hankook Ventus Prime 3 merupakan perpaduan keseimbangan sempurna antara performa dan keselamatan yang cocok untuk musim panas. Ban ini memiliki handling dan pengereman terbaik di jalanan dengan permukaan kering.

Tak hanya itu, ban mobil Hankook tipe ini juga memiliki performa handal di jalanan yang basah. Saat ban mobil ini aus, pola garis ban tidak mengalami kerusakan parah. Ban jenis ini juga tersedia berbagai ukuran pelek maupun ring dengan harga mulai Rp700 ribu hingga Rp1,7 juta.

3.        Ventus V2 Concept 2

Ban jenis ini merupakan ban untuk segala musim dengan performa premium. Ventus V2 Concept 2 memiliki sensasi mengendarai mobil sport dan diklaim mampu menempuh jarak hingga jutaan kilometer. Teknologi noise control pada ban ini membuat pengemudinya lebih nyaman dan tenang. Harga ban Ventus V2 Concept 2 dibanderol mulai dari Rp500 ribu hingga Rp900 ribu.

4.        Kinergy Eco 2

Ban yang memiliki performa tinggi di semua kondisi jalan baik panas maupun basah ini menawarkan optimalisasi efisiensi bahan bakar. Ban ini dijual mulai dari harga Rp400 ribu hingga Rp900 ribu.

5.       Smart Plus (Heading 3)

Ban Hankook Smart Plus merupakan ban tingkat premium yang dilengkapi optimasi kapabilitas topografi dan iklim. Harga ban model ini dijual dari harga Rp500 ribu hingga Rp800 ribu. Meski harganya sangat terjangkau, kualitas yang ditawarkan Smart Plus tidak kalah dengan merek ban pabrikan lain.

6.       Ventus Rs4

Ban tipe penumpang ini memberikan performa ekstrim untuk mendukung laju kecepatan mobil di jalan raya. Selain itu, mobil yang menggunakan ban Ventus Rs4 mampu melakukan cornering secara lincah dan grip lebih baik di jalanan yang basah. Konsumen cukup merogoh kocek sebesar Rp1,2 juta untuk bisa memiliki ban Hankook tipe Ventus Rs5.

Jenis Ban Mobil Hankook untuk Mobil SUV

1.       Dynapro AT2

Ban standar untuk segala medan ini mampu memberikan kepuasan pengemudi saat berkendara di jalanan aspal maupun offroad. Teknologi yang dibenamkan pada Dynapro AT2 dapat mengurangi kebisingan saat mengemudi. 

Selain itu, ban jenis ini juga memiliki kemampuan jarak tempuh lebih panjang dibandingkan model ban sebelumnya. Harganya, Dynapro AT2 dibanderol sebesar Rp1,1 juta.

2.        Dynapro HT

Hankook mengklaim bahwa Dynapro HT memiliki memiliki performa tinggi di segala musim dan cocok untuk berkendara di jalan beraspal. Pasalnya, tapak ban Dynapro HT didesain khusus untuk ketahanan jarak tempuh yang panjang, memiliki traksi stabil dan resistansi rolling rendah di jalanan bersalju. Tak hanya itu, mobil yang menggunakan ban ini mampu menjaga bahan bakar menjadi irit. Harga ban ini di pasaran mulai dari Rp1,3 juta hingga Rp2 juta.

Jenis Ban Mobil Hankook untuk Mobil Komersial

Ban Hankook untuk segmen mobil komersial hanya tersedia dalam 1 produk yakni Vantra LT. Ban ini memiliki durabilitas yang tinggi dan kualitas anti abrasi internal. Selain itu, ketahanan pada ban tersebut juga tinggi ditambah dengan optimalisasi jarak tempuh yang panjang.

Vantra LT menerapkan pola tiga alur lebar untuk mengurangi hydroplaning serta meningkatkan performa serta menjaga keselamatan dalam kecepatan tinggi. Ban ini tersedia berbagai ukuran mulai dari 165 R13 hingga 215/75 R16 dengan harga Rp500 ribu hingga Rp700 ribu.

Jenis Ban Mobil Hankook untuk Truk/Bus

Ada tujuh model ban Hankook untuk jenis kendaraan truk/bus, antara lain:

1.    Smart Flex AH31K

Ban ini diperuntukkan untuk semua musim dengan kondisi jalan bervariasi. Smart Flex AH31K didesain dengan teknologi baru dan canggih agar keausan pada ban merata. Harga Smart Flex AH31K dijual mulai dari Rp3,4 juta. Konsumen bisa membeli ban Hankook Smart Flex AH31K di online shop maupun kios ban yang tersedia.

2. AH30

AH30 merupakan ban radial yang mengadopsi Kontrol Technology. Sistem ini merupakan inovasi dari Hankook Tire. Keunggulan dari ban Hankook AH30 yakni fokus pada 4 aspek utama, yaitu performa, keamanan, kenyamanan, dan lingkungan. Ban AH30 ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp3,5 juta.

3. AM81

Ban ini cocok untuk berbagai kondisi jalan raya maupun non jalan raya. AM81 dirancang untuk lug bahu dalam dan blok bahu off-set dengan performa traksi dan daya cengkeram yang luar biasa. Harga AM81 dijual mulai dari Rp5 juta.

4. DM04

Ban Hankook DM04 memiliki daya berkendara kuat di kondisi jalanan yang berlumpur. Ban tipe DM04 ini dijual mulai dari harga Rp5,6 juta.

5. DM07

Ban tipe ini diperuntukkan untuk penggunaan di lokasi pertambangan dan konstruksi. Desainnya memiliki lebar tapak dan lekukan yang dalam, menawarkan kinerja jarak tempuh yang sangat baik. Materialnya mengandung senyawa karet yang membantu menahan dari sayatan, pecahan, dan cuilan. Tipe ban DM07 dijual mulai dari Rp5 juta.

6. Smart Work AM09

Ban ini untuk penggunaan di jalan raya maupun jalanan dengan konstruksi yang tidak rata. Desain polanya terarah untuk berkendara di jalan basah maupun berlumpur. 

Selain itu, ban ini juga memiliki ketahanan terhadap benturan dari samping dan memiliki performa pengendaraan lurus yang luar biasa. Ban Smart Work AM09 dijual mulai dari Rp1,6 juta.

7. AH15

Ban tipe ini merupakan ban serbaguna untuk berbagai kondisi permukaan jalan. Teknologi senyawa karet khusus yang dibenamkan pada ban ini meningkatkan ketahanan abrasi dan efisien bahan bakar. Harga ban tipe AH15 dijual mulai dari Rp2,6 juta.

Demikian, ulasan mengenai ban mobil Hankook. Meskipun memiliki kualitas tinggi, ban tetap harus mendapatkan perawatan secara untuk mendapat performa terbaik saat berkendara. Karena itu, lakukan perawatan secara berkala  di bengkel terdekat dan terpercaya. Untuk memudahkan, kini juga tersedia aplikasi Otoklik untuk menemukan 2000 bengkel mitra di sekitar Jabodetabek.