Sudah waktunya ganti oli? Kamu perlu mengetahui oli yang bagus untuk mendinginkan mesin sebelum membeli oli ya.

Berikut daftar oli rekomendasi Otoklix untuk mobil diesel maupun bensin. Simak selengkapnya yuk.

1. Castrol Magnatec SAE 10W-40

Oli yang pertama adalah dari merek Castrol. Oli dengan spesifikasi SAE 10W-40 ini dapat menjadi pilihan karena mengandung molekul pintar yang dapat membersihkan seluruh bagian mesin. Oli dengan bahan sintetis ini juga dapat menempel kuat pada permukaan mesin. 

Oli Castrol ini dibanderol dengan harga Rp360 ribuan per kemasan 4 liter.

2. Shell Helix HX7

Ini merupakan salah satu varian terbaik dari Shell Helix. Oli ini sudah menggunakan teknologi flexi molecule yang bisa membersihkan setiap sisi dan celah mesin. Teknologi ini juga dapat membentuk lapisan ekstra untuk melindungi mesin. Harga oli ini hanya sekitar Rp300 ribuan untuk 4 liter.

3. TOP 1 HP Sport

Oli yang bagus untuk mendinginkan mesin ketiga adalah dari TOP 1 HP Sport. Oli ini dibuat dengan bahan dari sintetis yang membuatnya lebih stabil pada suhu tinggi. Oli ini biasa digunakan pada mobil keluaran terbaru maupun mobil-mobil LCGC. TOP 1 HP Sport ini sudah melampaui standardisasi ILSAC GF-5.

Untuk mendapatkan oli dengan kualitas terbaik ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp99 ribuan per liter.

4. Mobil 1 FS X2 5W-50

Oli Mobil 1 ini cocok digunakan pada mobil-mobil balap, mobil off road, dan mesin dengan kerja mesin yang berat. Jadi, bagi kamu yang menyukai extreme sport, oli ini cocok untuk mendinginkan mesin mobil. Oli ini sudah melampaui standar API SN, SM, SL, dan SJ. 

5. Fastron Gold

Oli Fastron ini sudah menggunakan teknologi nano guard. Sehingga oli dapat melapisi seluruh bagian mesin, bahkan sampai celah yang sulit dijangkau. Oli Fastron Gold ini bisa digunakan pada mobil-mobil biasa sampai dengan mobil premium. Harga oli ini untuk adalah sekitar Rp400 ribuan untuk 4 liter.

6. Shell Helix HX3 20W-50

Shell Helix HX3 menggunakan formulasi khusus, yaitu teknologi Active Cleansing Technology.  Teknologi ini membuat mesin mobil selalu bersih, bahkan pada mobil-mobil yang sudah berumur. Oli ini merupakan oli yang bagus untuk mendinginkan mesin mobil-mobil lawas. Oli ini sudah melampaui API SL CF.

7. Castrol GTX Diesel 15W-40

Salah satu oli yang bagus untuk mendinginkan mesin diesel adalah Castrol GTX Diesel dengan spesifikasi SAE 15W-40. Biasanya mobil mesin diesel mengalami masalah asap knalpot hitam. Penyebabnya adalah asap knalpot yang bercampur dengan kotoran sisa pembakaran. Dengan menggunakan oli Castrol GTX Diesel, hal ini dapat dicegah karena dapat membersihkan mesin secara maksimal. 

8. Motul H-Tech 100 Plus

Banyak pengguna mobil yang merasakan tarikan mobil menjadi lebih ringan dan lembut. Teknologi ester pada oli ini juga membuat mesin mobil tahan lama dan tetap tangguh pada berbagai macam kondisi. Hanya saja, usia pakai oli Motul H-Tech 100 Plus, hanya sekitar 2.000-5.000 km saja. 

9. Total Quartz 9000 5W-40

Total Quartz 9000 juga termasuk ke dalam ol yang bagus untuk mendinginkan mesin. Terdapat teknologi Age Resistance Technology yang dapat memberikan perlindungan maksimal, sehingga performa dan ketahanan mesin lebih optimal serta tahan juga terhadap oksidasi tinggi.

Oli ini telah mengantongi sertifikat API SN, sehingga usia pakainya lebih panjang dibandingkan dengan oli dengan grade di bawah itu. Harga per liter oli Totalnya Quartz 9000 adalah Rp125 ribuan. 

10. STP Synthetic Oil

Bagi mobil-mobil Indonesia, oli STP Synthetic Oil ini bisa menjadi pilihannya karena memiliki kandungan tropical formula yang dirancang untuk kendaraan di daerah tropis. Oli STP akan membuat mesin mobil lebih tahan lama dan tarikan gasnya ringan. Untuk mendapatkan oli STP ini, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp300 ribuan untuk kemasan 4 liter. 

Nah, itu tadi 10 merek oli yang bagus untuk mendinginkan mesin. Untuk menyesuaikan dengan spesifikasi mesin mobil, kamu juga perlu tahu jenis-jenis oli. 

Jenis-jenis Oli Mobil

Perlu kamu ketahui bahwa jenis oli mesin ada tiga, yaitu mineral, semi sintetis, dan full sintetis. Apa saja perbedaan ketiganya? 

Oli mineral

Oli ini menggunakan bahan dasar asli minyak bumi, maka dari itu sering disebut juga sebagai oli standar. Oli ini cocok digunakan pada mesin mobil yang jarang digunakan, misalnya hanya digunakan saat akhir pekan. Cocok juga digunakan pada mobil-mobil lawas karena memiliki viskositas yang tinggi. 

Tetapi kekurangan dari oli ini adalah mudah menguap dan kualitasnya mudah menurun. Sehingga kamu harus lebih sering mengganti oli. 

Oli sintetis

Oli sintetis menggunakan bahan minyak alami yang sudah melalui proses yang panjang sehingga menghasilkan oli terbaik. Selain itu, ditambahkan zat aditif yang menunjang performa oli sintetis. Tidak heran, menggunakan oli sintetis dapat membuat tarikan mobil lebih terasa halus. Oli sintetis digunakan pada mobil-mobil modern dengan performa tinggi. 

Kekurangan oli ini adalah harga yang lebih mahal. Tetapi hal tersebut sebanding dengan waktu ganti oli atau usia pakai oli yang lebih panjang dibandingkan oli mineral. 

Oli sintetis juga dibagi lagi menjadi full sintetis atau semi sintetis. Tentu saja performa oli full sintetis lebih baik dibandingkan semi sintetis. Hanya saja, oli semi sintetis memiliki harga yang lebih murah dibandingkan oli full sintetis. 

Itu dia informasi tentang pilihan oli yang bagus untuk mendinginkan mesin mobil dan juga jenis oli yang dapat membantu kamu ketika memilih oli. Jangan lupa lakukan ganti oli mesin secara berkala ya. 

Kamu bisa ganti oli mobil di bengkel terdekat yang ada di aplikasi Otoklix. Harga yang harus dibayar sama dengan yang tertera di aplikasi. Banyak promo yang bisa kamu dapatkan juga lho!