Mobil Korea mungkin tak seterkenal atau selaku mobil-mobil Jepang, akan tetapi dari segi kualitas patut dipertimbangkan. Mesinnya terkenal bandel dan sudah banyak dipercayakan di pasar Eropa maupun AS. 

Untuk itu, tak ada salahnya mengenali beberapa mobil Korea terbaik di sini. Dari sekian banyak merek mobil Korea, KIA dan Hyundai adalah yang paling laris di Indonesia. Berikut daftar lengkapnya:

    Daftar Mobil Korea Merk KIA yang Laris di Indonesia

    1. All-new KIA Rio

    Mobil Korea pertama yang cukup laris di Indonesia adalah All-new KIA Rio. Mobil sedan hatchback ini memiliki desain yang berkelas, modern, stylis, dan dinamis. Fitur-fiturnya pun canggih yang semakin membuat nyaman perjalanan. Apalagi, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur sunroof. Tipe ini hadir dengan dua varian, pertama ada varian M/T dengan transmisi manual 6 percepatan, 5 seats, dan mesin 1.348 cc yang dibanderol di harga Rp276 jutaan. Kedua, ada A/T dengan transmisi otomatis 4 percepatan, 5 seats, dan mesin 1.348 cc yang dipatok mulai dari Rp291 jutaan.

    2. All-new KIA Picanto

    Mobil Korea berikutnya masih di segmen hatchback yakni KIA Picanto. Dari segi harga, mobil ini bisa dibilang cukup terjangkau dibanding mobil korea lainnya yakni dipatok antara Rp207 juta – Rp235 jutaan. Tak heran, mobil ini pun sempat menduduki peringkat pertama mobil paling laris di kelas mobil kota. Namun, kemudian tergeser oleh kehadiran Honda Brio. 

    Selain ramah di kantong, mobil ini juga memiliki desain yang anti mainstream, serta dilengkapi fitur-fitur yang canggih andalan KIA salah satunya sunroof. Bahkan, mobil ini diklaim lebih irit BBM, mesinnya cukup ekonomis, dan ada jaminan sampai 5 tahun, lho! KIA Picanto hadir dalam 4 varian terdiri dari All-new KIA Picanto 1.2L EX MT, 1.2L EX AT, Q2L GT Line MT, dan 1.2L GT Line AT yang bisa dipilih sesuai selera.

    Baca juga: 12 Mobil 2 Pintu Jadul dan Murah, Tetap Keren!

    3. KIA Seltos

    KIA Seltos merupakan mobil low Sport Utility Vehicle (Low SUV). Meski merupakan pemain baru, namun KIA Seltos mampu menyabet penghargaan Best Low SUV pada 2020. Lantaran, mobil ini hadir dengan fitur-fitur andalan seperti mesin 1,4 L Turbo dengan torsi besar, menggunakan transmisi otomatis dengan penggerak AWD, dan berkapasitas hingga 7 penumpang. Selain itu, dilengkapi pula dengan fitur headlamp full LED, sunroof, wireless charging, dan fitur lainnya. Namun, harganya cukup terjangkau dan desain eksterior dan interior modern dan stylis. 

    Hadir dengan 3 varian yaitu tipe E dipatok sekitar Rp295 jutaan, tipe EX Rp320 jutaan, dan tipe EXP Rp355 jutaan.

    4. KIA Sonet

    Selanjutnya, ada KIA Sonet. Sama-sama pendatang baru, dan sama-sama masuk ke subcompact SUV seperti mobil Kia sebelumnya. Fitur-fitur yang dihadirkan juga sudah mumpuni seperti adanya fitur keselamatan 6 airbag VSC yang terdiri dari ABD, EBD, hill assist control, dan rear camera. Ada juga Ventilated Seats, Bose Audio System, Smart Key with remote starter, serta 8 multimedia touch screen dengan wireless Carplay and Android Auto. Mesinnya pun mantap dengan 4 silinder 1,5 liter DOHC dual CVVT Gamma 2 Smartstream Engine yang bisa menghasilkan tenaga sampai 115 HP dengan torsi 144 nm. Dari segi desain pun menarik dengan banyak pilihan warna, diantaranya clear white, intelligence blue, intense red, steel silver, aurora black pearl, dan beige gold. Harga juga cukup bersaing mulai dari Rp193 juta – Rp300 jutaan.

    5. KIA Grand Sedona

    Berikutnya merupakan mobil di segmen MPV yakni KIA Grand Sedona yang cocok sebagai mobil keluarga. Sebagai mobil keluarga, mobil Korea ini berhasil meraih penghargaan Best of Big Fun Diesel, berkat fitur-fitur canggih yang melengkapinya. Maka jangan heran, harga yang dipatok juga tentunya lebih mahal dari tipe mobil KIA lainnya yakni mulai dari Rp656,7 juta – Rp692,4 jutaan.

    Baca juga: 14 Mobil Sport Terbaru yang Bakal Rilis di Masa Mendatang

    Daftar Mobil Korea Merk KIA yang Laris di Indonesia

    1. All-new Hyundai Palisade 

    Bagi OtoFriends yang sedang mencari mobil mewah, maka mobil All-new Hyundai Palisade ini bisa menjadi pertimbangan. Mobil Korea di segmen SUV premium ini memiliki desain yang elegan sekaligus kokoh. Masuk ke dalam kabinnya pun penumpang bakal merasakan kesan mewah dan begitu lapang, menambah kenyamanan perjalanan. Untuk mesin pacunya, Hyundai Palisade ini dibekali mesin R2.2CR di 4 silinder dengan kapasitas 2.199 cc tipe diesel. Tak cuma itu, fitur-fiturnya pun cukup lengkap dan canggih yang bisa menghadirkan hiburan sekaligus perlindungan maksimal. Apalagi berkat adanya fitur keselamatan pintar. Mobil ini hadir dengan 3 varian yakni Prime, Signature, dan Signature AWD yang semuanya dilempar ke pasar dengan kisaran harga Rp777 juta – Rp1,078 miliar.

    2. Hyundai H-1 

    Selanjutnya ada Hyundai H-1, mobil MPV premium yang bila dilihat dari dimensinya sekelas dengan Alphard atau Vellfire. Namun, dari segi harga H-1 masih lebih terjangkau yakni dibanderol mulai Rp506,5 juta – Rp621 juta. Mobil minibus ini bisa menampung hingga 12 penumpang berkat bodi besar dan area kabin yang lapang. Selain itu, H-1 punya kelebihan berkat adanya fitur one touch yang bisa buka tutup pintu tengah secara otomatis. Fitur ini berada di ruang pengemudi dan juga bagian sisi penumpang. 

    Baca Juga: Rekomendasi City Car Murah, Harga di Bawah Rp100 Jutaan

    3. Hyundai Santa Fe 

    Lanjut ke segmen SUV, ada Hyundai Santa Fe yang baru saja diluncurkan 8 April 2021 lalu. Mobil ini hadir dengan dua pilihan mesin diantaranya bensin 2.500 cc yang dipatok sekitar Rp569 juta – Rp678 jutaan dan diesel 2.200 cc dibanderol Rp629 juta – Rp729 jutaan. Selain itu, ada cukup banyak pilihan warna mulai dari Typhoon Silver Metallic, Glacier White Metallic, Magnetic Gray Metallic, Phantom Black Pearl, sampai Lagoon Blue Pearl. Kelebihan lainnya, ada Remote Engine Start yang memungkinkan pengemudi menyalakan mobil dan AC dari jarak 10 meter.

    4. Hyundai Ioniq Electric dan Kona Electric

    Tertarik dengan mobil listrik? Maka kamu bisa menjadikan kedua mobil Korea ini sebagai pilihan. Meski sama-sama SUV listrik, namun ada pembeda yang jelas diantara keduanya. Hyundai Ioniq Electric memiliki baterai 38,3 kwh yang mampu menempuh jarak 373 kil0meter sampai baterai habis. Sedangkan, Kona Electric lebih besar lagi hingga 39,2 kwh namun jarak tempuhnya hanya 345 kilometer saja sampai baterainya habis. Demikian pula dari segi harga, Ioniq Electric dibanderol kisaran Rp624,8 juta dan untuk tipe prime-nya di harga Rp664,8 juta. Sedangkan, Kona Electric dipatok di kisaran Rp674 jutaan.

    5. Hyundai Starex Mover

    Terakhir, ada lagi mobil Korea di segmen MPV yaitu Starex Mover. Di antara mobil Hyundai lainnya, mobil ini lumayan ramah di kantong. Hyundai Starex Mover ini dijual ke pasar Indonesia sekitar Rp396 juta – Rp410 juta. Meski begitu, fiturnya cukup lengkap, mulai dari Audio Visual Navigator dengan layar touchscreen, Overhead Display Monitor dengan luas layar hingga 7 inci LCD screen. Dapur pacunya pun mumpuni yakni menggunakan mesin berkapasitas 2.5 L. Menariknya lagi, selain mobil keluarga, Starex Mover juga bisa dimanfaatkan sebagai mobil komersial hingga ambulans.

    Nah, itu dia tadi 10 mobil Korea paling laris di Indonesia, kira-kira kamu tertarik yang mana? Sekadar informasi, untuk service rutin, kamu bisa mempercayai mobil Korea ke bengkel-bengkel umum terdekat.

    Kamu bisa menemukan bengkel-bengkel tersebut di aplikasi Otoklix. Di platform Otoklix, kamu bisa mencari bengkel terdekat serta yang bermitra dengan Otoklix untuk melakukan servis seperti ganti oli, ganti ban, ganti aki, cuci mobil hingga detailing.