Memodifikasi mobil sepertinya menjadi impian setiap pemilik kendaraan. Walaupun hanya minimalis, sekedar ganti velg, ditempel stiker atau ganti head unit, itu sudah termasuk modifikasi. Sebagian malah membeli mobil bekas dan dimodifikasi. 

Namun, modifikasi kadang penampilannya memang sudah ketinggalan zaman. Perlu ada pengetahuan tentang macam-macam modifikasi sebagai sumber inspirasi. 

Apa itu modifikasi mobil?

Modifikasi mobil secara umum adalah proses penggantian komponen dari aslinya atau bawaan. Modifikasi mencakup mody mobil, ban dan velg, interior hingga mesin. Sekecil apapun penggantian komponen yang berbeda dari aslinya disebut modifikasi. 

Macam-macam aliran modifikasi mobil

Modifikasi mobil ternyata memiliki aliran. Tidak hanya sekedar melakukan modifikasi. Proses modifikasi yang terencana dan sesuai konsep bisa membuat mobil terlihat lebih menarik dan tidak mengganggu performa. Ini macam-macam aliran modifikasi yang dirangkum Otoklix.

Sleeper Car

Berbeda dari nama alirannya, sleeper car atau mobil tidur. Modifikasi mobil jenis ini menjadi jenis yang menarik. Pasalnya, walaupun istilahnya ‘mobil tidur’ tapi modifikasinya bukan untuk tiduran. Namun, jenis ini umumnya tidak mau menonjolkan bagian body dan interior. Semuanya dibiarkan terlihat standar pabrikan. 

Namun jika dilihat mesinnya, memiliki perubahan banyak. Semua itu ditujukan untuk membuat tenaganya jauh lebih beringas di banding mobil tampilan standar lainnya. Modifikasi jenis sleeper car ini memang fokus di mesin, dan tidak meninggalkan ciri tampilan standarnya, yang terlihat tenang tapi sebenarnya punya performa gila. Aliran modifikasi lumayan digemari, terutama anak muda enthusiast kecepatan.  

Stance

Selanjutnya, modifikasi mobil dengan jenis stance. Jenis ini punya beberapa perbedaan, seperti ground clearance yang dibuat serendah-rendahnya. Ubahan ini berfokus pada bagian kaki-kaki mobil, yaitu shock, velg dan ban. Walaupun mobilnya di modifikasi pendek atau ceper, tetapi tetap aman digunakan karena masih menggunakan air suspension yang bisa dipakai untuk menyesuaikan kondisi jalan. 

Baca juga: Cara Memilih Bengkel Modifikasi Mobil dan Tipsnya

Camber

Jenis modifikasi berikutnya adalah aliran camber. Agak berbeda dengan aliran stance, jenis ini lebih ekstrim dari jenis camber. Namun, persamaannya ada di sektor kaki-kaki. Pada modifikasi camber, umumnya kaki-kaki mobil terlihat khususnya roda keluar dari fender serta posisi velg dan ban terlihat miring. 

Kemiringan ini sengaja diciptakan dengan menyetel sudut-sudut geometri roda (wheel alignment). Ukuran fender body mobil di costum lebih lebar yang dinamakan wide body untuk menutup roda offset.

Street Racing

Selanjutnya adalah aliran street racing. Jenis ini sering menjadi tren di kalangan anak muda pecinta kecepatan. Ciri khas aliran modifikasi ini adalah tampilannya yang sangat sporty. 

Didesain menyerupai mobil balap touring sirkuit. Menariknya aliran modifikasi mobil street racing juga bisa digunakan untuk harian. Mobil ini biasanya dibangun dari model kendaraan seperti sedan, hatchback, MPV dan SUV.

VIP

Jenis modifikasi VIP kerap dilakukan pemilik mobil premium seperti Alphard, Mercedes-Benz, BMW serta mobil menengah ke atas lainnya. Modifikasi ini adalah membuat tampilan mobil semakin mewah, sehingga dinamakan aliran VIP. Modifikasinya dilakukan baik di interior maupun eksterior. 

Ubahan yang dilakukan pada aliran modifikasi tersebut misalnya menambah interior dengan mini bar, TV berukuran besar, hingga jok yang mewah. Umumnya velg mobil untuk aliran VIP memakai velg ukuran inch yang besar dan berwarna chrome kinclong dengan profil ban tipis agar tampil mencolok.

JDM

Aliran ini menjadi populer bagi kalangan pecinta otomotif. Tren JDM atau Japanese Domestic Market (JDM) kebanyakan didominasi anak-anak muda yang terinspirasi dari film balapan asal Jepang. 

Aliran JDM mempunyai ciri khas, yaitu menggunakan komponen, sparepart dan aksesoris pendukung lainnya yang berasal dari Jepang. Selain itu, biasanya body dibuat lebih berwarna dan terlihat simpel dan bersih. Terdapat pula stiker-stiker ala Jepang untuk mempertegas aliran tersebut

Hot Rod

Jenis modifikasi Hot Rod ini biasanya menggunakan mobil klasik. Namun, Hot Rod lebih menonjolkan bagian mesin big blocknya yang berada di atas kap mesin dengan velg berwarna chrome dipadu ban berukuran besar bulat yang dibuat keluar dari bodi. 

Tips melakukan modifikasi 

Nah, setelah mengetahui beberapa jenis modifikasi, pemilihan aliran harus menyesuaikan dengan sejumlah faktor. Apalagi jika pemilik kendaraan masih tergolong pemula dalam melakukan modifikasi. Akhirnya jadi norak dan menurunkan performa. Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips melakukan modifikasi ala Otoklix.

Baca juga: Mengenal Bagian Eksterior Mobil dan Aksesoris Modifikasinya

Tentukan tema dan konsep

Sebelum memulai melakukan modifikasi, tentukanlah dahulu tema atau konsep. Hal ini penting agar tahu arah modifikasi dan tidak saling bertubrukan dan malah tak nyambung satu sama lain. Tema yang bisa dipilih sangat beragam. Mulai dari racing, sporty, gothic, retro, modern, elegan, atau malah cute. 

Tema atau konsep ini bukan hanya dari eksterior tapi juga dari interior. Mulai dari dashboard, setir hingga jok dan karpet. Idenya bisa didapatkan baik dari internet, film, inspirasi dari teman bahkan di pameran-pameran. 

Perkirakan estimasi biaya

Setelah menentukan tema, langkah berikutnya adalah melakukan perkiraan estimasi biaya. Lebih baik, sejak awal, sebelum memulai melakukan modifikasi, lakukan listing komponen-komponen yang akan diganti. 

Riset perkiraan biaya untuk awal modifikasi, lakukan dengan komponen-komponen kecil. Seperti dari mengganti kaca film atau aksesoris lainnya. Lakukan riset kecil-kecilan untuk mendapatkan komponen yang lebih murah. Buat perhitungan sehingga sehingga bisa menentukan mana yang bisa ditunda saat budget tidak cukup. 

Pilih bengkel yang sesuai

Selain menghitung budget, perkirakan juga bengkel yang ingin digunakan untuk melakukan modifikasi. Alangkah baiknya, riset dulu terkait bengkel modifikasi. Cek biayanya, bandingkan dengan bengkel lain. Biasanya, bengkel memiliki spesifikasi berbeda-beda untuk tema tertentu. Konsultasikan dulu apakah mereka bisa mengerjakan tema yang diinginkan. Jangan lupa tanyakan juga biaya yang dipatok. 

Mulai dari mesin

Selanjutnya, setelah bengkel sudah didapat dan sudah konsultasi maka mulailah dengan mesin. Selain hal kecil seperti kaca film, mesin adalah hal utama untuk melakukan modifikasi. Jika tidak ingin merubah mesin, alangkah baiknya pengecekan mesin dilakukan agar memastikan tidak mengganggu proses modifikasi.

Eksterior

Selanjutnya, setelah mesin, modifikasi eksterior. Mulai dari bodykit, cat atau penambahan stiker. Modifikasi eksterior juga mencakup ban dan velg.

Interior

Usai memodifikasi mesin dan eksterior, mulailah melakukan utak-atik interior. Interior seperti jok, karpet, dashboard, setir hingga head unit. Namun, jangan lupa harus tetap berpendirian pada konsep dan tema yang sudah ditentukan. Selain itu, tetap pada koridor budget yang ditentukan.

Asesoris lain

Setelah semua sudah dilakukan, jika ada budget tambahan bisa melakukan ekstra modifikasi untuk aksesoris. Misalnya lampu-lampu tambahan, sistem keamanan seperti dashcam. Sistem entertainment misal penambahan LCD dan audio. Namun ingat, pastikan penambahan harus sesuai budget dan tidak mengganggu performa mesin.

Baca juga: 10 Aksesoris Interior Mobil Canggih Yang Bikin Tampilan Futuristik

Setelah melakukan modifikasi, pastikan kendaraan harus tetap dirawat. Baik mesin, eksterior maupun interior. Performa mesin harus tetap dijaga dengan melakukan servis terkini. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui Otoklix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.