Toyota memiliki mobil hatchback andalan bernama Toyota Vitz, di Indonesia dikenal dengan Toyota Yaris. Yaris pertama kali didatangkan secara CBU (completely built up) langsung dari Thailand tahun 2006. Saat itu, memang populasinya tidak banyak, karena harga mobil CBU tergolong lebih mahal. Tetapi sekarang ini harga Yaris bekas sudah murah loh OtoFriends.

Toyota Yaris generasi pertama atau dikenal Yaris Bakpao bekas yang masuk pertama ke Indonesia masih menjadi mobil incaran. Walaupun saat ini sudah ada Yaris generasi terbaru, namun pamor Yaris Bakpao masih sangat kuat. Yuk kita mulai membahas mengenai Yaris Bakpao bekas!

Mengenal Yaris Bakpao

Toyota Yaris atau Toyota Vitz merupakan mobil hatchback kecil produksi dari Toyota. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 di Eropa. Generasi pertama ini tidak sampai di Indonesia. Yaris diluncurkan dengan tampilan eksterior, performa mesin, konsumsi BBM dan fitur keselamatan yang baik untuk pasar Eropa. Terbukti pada tahun 2000 mendapatkan penghargaan sebagai European Car of The Year Award.

Yaris Bakpao generasi kedua ini mulai dipasarkan di seluruh dunia pada tahun 2006. Saat itu, basis produksi Yaris berada di Jepang, Prancis dan Thailand. Toyota Yaris generasi kedua XP90 inilah yang pertama kali masuk ke Indonesia. Di Indonesia, Yaris seri ini sering disebut Yaris gen-1, karena memang tipe inilah yang masuk pertama ke Indonesia.

Saat itu, Yaris Bakpao yang masuk ke Indonesia tahun 2006 ini sudah ditunggu oleh para penyuka hatchback. Karena hatchback terakhir yang masuk ke Indonesia tahun 1996 adalah Toyota Starlet, baru tahun 2006 hatchback Yaris Generasi pertama hadir. Toyota mengeluarkan empat varian sekaligus yaitu Yaris tipe E M/T, E A/T, S A/T dan S Limited A/T.  

Baca juga: Daftar 25 Mobil Kecil dengan Harga di Bawah 300 Juta

Modifikasi Yaris Bakpao

Yaris Bakpao diluncurkan untuk melawan Honda Jazz, jadi segmennya memang untuk kalangan anak muda. Banyak para pemilik mobil Yaris yang melakukan modifikasi dengan berbagai aliran modif. 

Cara paling mudah modifikasi Yaris Bakpao adalah dengan menambahkan bodykit, tampilan mobil jadi lebih sporty. Ada juga yang mengganti velg Yaris standar dengan velg aftermarket. Agar auranya lebih racing, banyak juga yang menggunakan knalpot aftermarket. Tetapi pastikan modifikasi tidak mengganggu soal kenyamanan, keamanan dan konsumsi BBM.

Konsumsi BBM Yaris Bakpao

Yaris Bakpao menggunakan mesin 1,5 liter 1NZ-FE DOHC VVT-i 4 silinder dengan pilihan transmisi manual 5 speed dan otomatis 4 speed. Tenaga yang dihasilkan sebesar 142 HP dengan torsi 142 Nm. Konsumsi bahan bakar Yaris Bakpao 12-13 Km/liter, tergolong irit untuk mobil sekelasnya.

Kelebihan dan Kekurangan Yaris Bakpao

Jika kamu tertarik membeli Yaris Bakpao saat ini, ada beberapa hal mengenai kelebihan dan kekurangan dari Yaris Bakpao.

Kelebihan Yaris Bakpao

  1. Tampilan timeless dan sporty

Melihat tampilan eksterior Yaris Bakpao, city car dari Toyota ini memiliki desain yang timeless serta sporty. Buktinya sampai saat ini masih banyak yang mencari Yaris bekas. Selain itu, banyak pula Yaris Bakpao yang dimodifikasi oleh pemiliknya.

  1. Kabin lega

Secara dimensi, Yaris Gen-1 memiliki panjang 3.750 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.530 mm. Secara ukuran, dimensi Yaris Bakpao lebih besar dibandingkan Honda Jazz. Jadi, kabin lebih lega dengan banyak kompartemen penyimpanan barang.

  1. Irit bahan bakar

Banyak yang memilih membeli Yaris Bakpao bekas karena alasan keiritan bahan bakarnya. Dengan mesin 1,5 L mampu mendapatkan konsumsi bensin sebesar 12-13 Km/liter. Apalagi saat ini harga BBM sedang naik, mobil irit menjadi pilihan yang paling bagus.

  1. Perawatan mudah dan murah

Dengan menyandang nama besar dari Toyota, untuk urusan service pastinya mudah dan biayanya murah. Ketersediaan suku cadang juga melimpah, kamu bisa mendapatkan sparepart ori di bengkel langganan dengan mudah. 

  1. Handling stabil

Menurut beberapa orang yang sudah mencoba Yaris Bakpao ini, handlingnya terasa mantap dan stabil. Hal ini karena Yaris sudah menggunakan Independent McPherson strut pada shock depan dan rigid axle pada roda belakang. Sehingga bory roll lebih minim dan handling lebih stabil.

  1. Fitur lengkap

Fitur Yaris Bakpao tergolong lengkap dibanding dengan mobil sekelasnya. Contohnya sudah memiliki head unit single din dengan 4 speaker. Sudah ada power window, electric mirror, AC, central lock, alarm mobil dan power steering.

Untuk urusan keamanan sudah menggunakan dual SRS airbag, rem depan disk brake, rem ABS, Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist.

  1. Harga jual stabil

Hampir semua mobil dari Toyota memiliki harga jual yang stabil, salah satunya Yaris Gen-1 ini. Jika kamu ingin upgrade ke New Yaris 2022, harga Yaris Bakpao masih tinggi dan memiliki banyak peminat.

Kekurangan Yaris Bakpao

  1. Posisi speedometer aneh

Speedometer Yaris Bakpao memiliki lokasi yang agak nyeleneh, yaitu berada di tengah pas di atasnya head unit. Bagi sebagian orang ini termasuk aneh, karena kebanyakan speedometer berada pas di depan stir mobil.

  1. Kopling berat

Banyak yang mengeluhkan kopling untuk Yaris Bakpao transmisi manual terasa berat. Kamu bisa membawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan service mobil agar kopling menjadi lebih enak.

  1. Yaris matic kurang responsif

Penyakit Yaris Bakpao kalau di varian manual kopling terasa berat, sedangkan di matic tenaganya kurang responsif. Tetapi untuk tenaga di RPM atas cukup responsif.

  1. Kaki-kaki lemah

Yaris Bakpao memiliki kekurangan pada sektor kaki-kakinya. Sering terdengar suara “gluduk” pada kaki-kaki depan. Pastikan saat membeli Yaris Bakpao bekas cek kondisi kaki-kakinya terlebih dahulu.

  1. Bagasi sempit

Bagasi Yaris Bakpao tergolong sempit, jadi kamu tidak bisa membawa banyak barang. Kecuali ada beberapa barang yang dimasukkan ke kursi belakang.

  1. Peredaman kurang bagus

Suara kaki-kaki masih terdengar dari dalam kabin. Banyak yang bilang peredaman mobil Yaris Bakpao ini memang tipis. Solusinya bisa menambahkan peredam agar suasana kabin lebih kedap.

Baca juga: 15 Daftar Harga Mobil Matic Bekas, Mana yang Terbaik?

Harga Yaris Bakpao

Jika OtoFriends tertarik meminang Toyota Yaris Bakpao, bisa kamu dapatkan mulai dari harga 70 jutaan. Tetapi pastikan cek kondisinya secara teliti agar mendapatkan mobil yang bebas PR tinggal pakai saja. Harga Yaris Bakpao saat ini sudah tergolong murah, lebih murah dibandingkan dengan mobil LCGC. 

Agar OtoFriends mendapatkan unit yang bagus, lakukan pengecekan kondisi mobil di bengkel terpercaya sebelum membeli. Tujuannya agar tau kondisi mobil sebelum dibeli. Lewat aplikasi Otoklix kamu bisa mendapatkan rekomendasi bengkel dengan murah. Yuk coba sekarang!

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Yaris Bakpao masuk ke Indonesia mulai tahun 2006 dengan empat tipe yaitu Yaris tipe E M/T, E A/T, S A/T dan S Limited A/T.

Karena bentuk bodynya yang mengembang, jadi banyak orang yang menyamakannya seperti dengan bakpao.

Yaris Bakpao tergolong irit, konsumsi BBM Yaris Bakpao 12-13 Km/liter.