Mobil yang memiliki fitur sunroof dulu hanya bisa didapat di mobil-mobil mewah. Namun sekarang, fitur ini sudah bisa dinikmati di sejumlah mobil kelas menengah. Bahkan belakangan Indonesia kedatangan sejumlah mobil baru yang mencoba mendobrak stereotip mobil termurah dengan fitur mewah. 

Pabrikan asal Cina mencoba memberi contoh dengan menawarkan sejumlah mobil baru dengan fitur lengkap termasuk sunroof namun punya banderol yang bersahabat. Bukan cuma produsen mobil asal Cina, pabrikan Korea Selatan juga sepertinya tak mau ketinggalan dan mencoba menghadirkan fitur sunroof pada mobil barunya dengan harga yang relatif lebih terjangkau dibanding kompetitor.

Fungsi sunroof pada mobil

Fitur sunroof pada mobil bukan hanya dipakai untuk bergaya, namun punya manfaat lain. Bisa membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kabin dengan leluasa. Membuat udara segar dari luar bisa masuk tanpa membuka jendela. 

Di malam hari suasana kabin juga menjadi lebih cerah karena terkena siraman sinar bulan dan lampu-lampu jalan. Suasana yang dijamin bakal memberi pengalaman berbeda ketimbang menaiki mobil dengan atap rapat.

Perbedaan sunroof, moonroof dan panorama

Ternyata, fitur sunroof berbeda dengan moonroof dan panoramic. Masih banyak yang tidak bisa membedakan. Sunroof adalah model kaca yang bila dibuka mampu membentuk sudut tertentu atau naik menuju ke atas atap. Kaca atap dapat keluar sehingga udara bisa masuk melalui sunroof.

Sementara moonroof tidak jauh beda dengan sunroof. Hanya rel yang mengarahkan atap bergerak ke arah berlawanan dengan sunroof. Sunroof mengangkat kaca, sebaliknya, moonroof justru memasukkan kaca ke dalam atap sehingga tidak mengganggu aliran udara. Jenis atap terakhir adalah panoramic roof.

Jenis kaca atap ini sering juga disebut sebagai panoramic roof. Model ini menggunakan ukuran kaca yang cukup besar, bahkan hampir sebesar atap mobil itu sendiri. Lalu kaca tersebut tidak bisa bergerak, yang bergerak justru atap yang ada di bawahnya. Dengan begitu, penumpang dapat memilih suasana pemandangan yang disukai.

Baca juga: Mobil yang Atapnya Bisa Dibuka dan Ditutup atau Pakai Sunroof

Rekomendasi mobil yang memiliki sunroof 

Mobil dengan fitur sunroof, moonroof atau panoramic roof kini tersedia dengan harga terjangkau. Nah, bagi OtoFriends yang berniat membeli mobil dengan fitur ini, berikut rekomendasi mobil dengan sunroof bersih OtoKlix. 

Honda HR-V 1.8 Prestige

Honda HR-V menjadi rekomendasi pertama mobil dengan fitur sunroof. Honda memang salah satu perusahaan otomotif terdepan dengan produk-produknya yang berkualitas dan terjangkau. Salah satunya Honda HR-V 1.8 Prestige yang memiliki sunroof ini. 

Mobil ini memiliki mesin dengan kapasitas 1.7999 cc dan dapat mengeluarkan tenaga maksimal hingga mencapai 139 PS/6.500 rpm dan torsi hingga mencapai 169 Nm/4.300 rpm. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp303 juta.

KIA Sonet Dynamic

Selain Honda, KIA menjadi merek otomotif yang terus berinovasi dengan produk-produknya.  Salah satu tipenya menyediakan mobil yang ada sunroof pada bagian atapnya. KIA Sonet Dynamic ini sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga. 

Tidak hanya sunroof, mobil ini juga memiliki audio yang memiliki kualitas sangat baik. Fitur-fitur front dan rear parking sensor juga telah tersedia pada mobil yang satu ini. Harga mobil ini mulai dari Rp293 juta. 

Mitsubishi Outlander Sport PX

Mitsubishi juga mengeluarkan mobil yang memiliki atap yang bisa dibuka yaitu Mitsubishi Outlander Sport PX. Mobil yang dibanderol Rp383,5 juta ini memiliki sunroof pada bagian atapnya. 

Dengan adanya panoramic sunroof pada bagian atap mobil juga membuat tampilannya sangat mewah dan elegan. Mobil ini juga telah menggunakan teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Time Electronic Control)  yang memiliki mesin ramah lingkungan dan semakin bertenaga maksimal. 

Nissan Serena 2.0 Panoramic Autech

Nissan Serena 2.0 Panoramic Autech jadi satu mobil yang memiliki sunroof pada bagian atap mobil. Model ini memiliki 3 baris kursi yang membuat tampilan luarnya lebih panjang. Tentu mobil ini memang sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga. 

Mobil dengan mesin 2.0 liter ini juga menciptakan tenaga maksimal dengan kekuatan 147 PS/5.600 rpm. Tidak hanya itu, mobil Nissan Serena 2.0 Panoramic Autech ini juga menghadirkan layar LCD sebagai hiburan berukuran 10-inci pada plafon. Harganya di kisaran mulai dari Rp235 juta.

Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT 

Referensi mobil yang atapnya bisa dibuka selanjutnya adalah Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT. Model mobil ini sangat modern karena telah dilengkapi dengan sistem informasi touch screen sebesar 7 inci. 

Mobil yang dijual dengan harga mulai dari Rp392 juta ini memiliki mesin 1.4L Ecotec yang dikombinasikan dengan dual CVCP dan Turbocharged. Bahkan tenaga yang dihasilkan dari mesin ini mampu mencapai 140 PS dan torsi 200 Nm. 

MG ZS

Rekomendasi mobil dengan sunroof selanjutnya adalah MG. MG memiliki produk dengan atap sunroof yang bisa masuk ke dalam daftar pilihan mobil kamu. MG ZS sendiri memiliki tampilan yang sangat manly dengan ukuran roda yang cukup besar. 

Desain Londo Eye dengan fitur keamanan yang lengkap membuat mobil MG ZS ini menjadi salah satu mobil yang dikagumi oleh para pecinta otomotif. Harganya di kisaran Rp284,8 juta.

DFSK Glory 580

Mobil SUV yang satu ini juga bisa masuk ke dalam daftar pilihan mobil yang atapnya bisa dibuka milik kamu. DFSK Glory 580 ini memiliki kapasitas 7 penumpang dengan kabin yang sangat luas.  Mobil ini juga tersedia dalam 4 varian, yaitu Luxury 1.5 CVT, Luxury 1.5T 6 MT, Comfort 1.5 CVT dan Comfort 1.8: 5 MT. Umumnya SUV ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 252,9 juta hingga Rp315 juta. 

Baca Juga: 10 Mobil Paling Keren yang Bakal Dirilis Dalam Waktu Dekat

Honda City Sunroof Edition

Kembali ke jenis mobil Honda, mobil yang satu ini merupakan seri terbaru dari Honda City. Mobil ini memiliki mesin dengan kapasitas 1479 cc sebesar 1.5L yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga mencapai 118 hp. 

Tidak hanya itu, mobil ini juga menggunakan fitur rack & pinion pada steering gear. Tampilan yang lebih elegan dan modern dengan tambahan sunroof membuat Honda City menjadi mobil berkelas. Harganya ada di kisaran mulai dari Rp365 juta.

Wuling Cortez CT L 1.5L

Wuling Cortez CT jadi andalan pabrikan untuk kelas MPV 7-seater. Ia disajikan dengan banderol yang bisa dikatakan bersahabat di segmennya. Update terakhir harga Wuling Cortez CT ada di kisaran Rp213,8 juta sampai Rp294,8 juta. Wuling Motors memang kerap melengkapi produk dengan banyak fitur. 

Tak kecuali Cortez CT yang memiliki fitur sunroof. Cortez CT tipe L sudah LED sepenuhnya. Lampu itu juga bisa menyala dan mati otomatis, serta punya fitur follow me home. Estetika didongkrak dengan kromium sebagai bingkai kaca jendela samping. Kemudian ada roof rail untuk membawa bagasi ekstra. 

Tipe ini memiliki sunroof dan bisa dibuka otomatis dari luar menggunakan remote kunci. Termasuk juga kaca jendela. Bisa difungsikan sebagai cara untuk membuang hawa panas kabin setelah parkir di bawah teriknya matahari.

Hyundai Creta Prime

Hyundai Creta yang dijual di Indonesia sebenarnya sudah masuk ke generasi kedua. Tipe ini pertama kali dijual pada tahun 2014, di Beijing Motor Show. Lalu generasi keduanya muncul pertama kali pada tahun 2019 di China. Hyundai Creta sejak awal memang meluncur di pasar China, dan di sana namanya berubah menjadi Hyundai ix25. 

Di Indonesia, Hyundai Creta tersedia dalam tipe Active, Trend, Style, Prime, dan Prime Two Tone. Semua tipe Creta menggunakan velg dengan warna dual tone, hanya tipe Active saja yang menggunakan velg single tone.  

Di bagian pilar, untuk Creta dual tone akan mendapatkan warna Piano Black di bagian atas. Untuk tipe Prime, ada tambahan panoramic sunroof yang menambah kesan lega di mobil ini. Walaupun ada tambahan sunroof, head room yang ditawarkan tetap lega.Harganya dibanderol dengan harga kisaran Rp401 juta.

Mobil dengan fitur sunroof harus terus dirawat termasuk memastikan kondisi sunroof agar dalam performa baik. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan, selain fitur juga mesin. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. 

Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.