Bagi OtoFriends yang tinggal di daerah perkotaan, memiliki mobil mini tentunya merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mobilitas di kota besar. 

Mobil mini umumnya adalah city car yang bisa OtoFriends pilih. Dari berbagai mobil mini atau city car di Indonesia, kali ini Otoklix akan memberikan beberapa rekomendasi mobil mini terbaik lengkap dengan harga dan spesifikasinya. Simak selengkapnya di sini.

1. Toyota Agya

Rekomendasi mobil mini yang pertama adalah Toyota Agya. Toyota Agya adalah sebuah mobil mini dengan mesin 1,2 liter. Mesin tersebut memiliki kapasitas 1.197 cc dan dapat mengeluarkan tenaga 86,7 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimal 107,8 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Meskipun termasuk mobil mini, Toyota Agya dapat menampung hingga 5 orang dewasa, selain itu juga terdapat beberapa fitur canggih dalam mobil ini. Beberapa fitur tersebut adalah seperti Dual SRS Airbags,  Side Impact Beam, audio system yang canggih, dan masih banyak lagi.

Toyota Agya sendiri hadir dalam dua jenis transmisi yang bisa OtoFriends pilih, yaitu manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. 

Selain itu juga terdapat dua jenis variasi Toyota Agya yang bisa OtoFriends pilih, yaitu variasi Toyota Agya G dan Toyota Agya GR Sport.

Berikut ini adalah daftar lengkap Toyota Agya yang bisa OtoFriends pilih.

  • Toyota Agya 1,2 G M/T Rp115 Jutaan
  • Toyota Agya 1,2 G A/T Rp169 Jutaan
  • Toyota Agya 1,2 GR Sport M/T Rp161 Jutaan
  • Toyota Agya 1,2 GR Sport A/T Rp177 Jutaan

Baca Juga: Ganti Oli Mobil Agya, Biaya dan Rekomendasinya

2. Toyota C+Pod

Mungkin banyak dari OtoFriends yang belum mengetahui mobil mini yang satu ini. Toyota C+Pod adalah salah satu rekomendasi mobil mini dari Toyota dengan menggunakan bahan bakar listrik. Mobil listrik ini memiliki ukuran hanya 2.490 mm x 1.290 mm x 1.550 mm (panjang x lebar x tinggi).

Selain ukuran, bobot atau berat mobil mini juga hanya 690 Kg. Dengan ukuran dan bobot tersebut, kemampuan manuver mobil mini juga tentunya tidak perlu diragukan lagi dan sangat cocok untuk menjadi kendaraan perkotaan untuk OtoFriends.

Untuk harga, harga Toyota C+Pod adalah berkisar mulai dari Rp225 Jutaan.

3. Honda Brio

Jika berbicara tentang mobil mini keluaran pabrikan mobil Honda, maka tentunya banyak orang yang akan menjawab Honda Brio. Mobil mini dengan desain tampilan luar yang stylish dan sporty ini sangat digemari serta laris dikalangan anak muda. 

Selain tampilan luarnya yang menarik, untuk urusan tenaga, Honda Brio memiliki mesin dengan kapasitas 1.199 cc dengan 4 silinder, dan mampu mengeluarkan tenaga 89 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 nm pada 4.800 rpm.

Honda Brio juga sudah dilengkapi berbagai fitur canggih di dalamnya yang membuatnya semakin nyaman seperti digital AC, Hands Free Telephone, dan masih banyak lagi.

Harga Honda Brio sendiri berkisar mulai dari Rp155 Jutaan, dan berikut ini adalah daftar harga Honda Brio selengkapnya.

  • Honda Brio Satya S MT Rp155 Jutaan
  • Honda Brio Satya E MT Rp168 Jutaan
  • Honda Brio Satya E CVT Rp184 Jutaan
  • Honda Brio RS MT Rp216 Jutaan
  • Honda Brio RS CVT Rp226 Jutaan
  • Honda Brio RS MT Urbanite Edition Rp226 Jutaan
  • Honda Brio RS CVT Urbanite Edition Rp236 Jutaan

Baca Juga: Intip Biaya Service Mobil Honda Brio Sampai 100.000 KM

4. Daihatsu Ayla

Beralih ke pabrikan mobil Daihatsu, salah satu rekomendasi mobil mini dari pabrikan ini adalah Daihatsu Ayla. Jika OtoFriends tertarik untuk memiliki Daihatsu Ayla, maka terdapat dua jenis mesin yang bisa OtoFriends pilih, yaitu 1.000 liter atau 1.200 liter.

Untuk mesin 1.000 liter, memiliki kapasitas 998 cc dengan 3 silinder, DOHC, dan mampu menghasilkan tenaga maksimal 64,1 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimal 86 Nm pada putaran 3.600 rpm. 

Untuk Daihatsu Ayla dengan mesin 1.000 liter, berikut ini daftar lengkap harganya.

  • Daihatsu Ayla 1.0 D MT Rp109 Jutaan
  • Daihatsu Ayla 1.0 D+ MT Rp120 Jutaan
  • Daihatsu Ayla 1.0 X MT Rp131 Jutaan
  • Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe MT Rp139 Jutaan
  • Daihatsu Ayla 1.0 AT Rp141 Jutaan
  • Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe AT Rp149 Jutaan

Sementara untuk mesin 1.200 liter, memiliki kapasitas yang lebih besar, yaitu 1.197 cc, 4 silinder, DOHC, dengan tenaga maksimal 86,7 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm pada 4.200 rpm.

Untuk Daihatsu Ayla dengan mesin 1.200 liter, berikut ini adalah daftar harga selengkapnya.

  • Daihatsu Ayla 1.2 X MT Rp143 Jutaan
  • Daihatsu Ayla 1.2 R MT Rp150 Jutaan
  • Daihatsu Ayla 1.2 X AT Rp153 Jutaan
  • Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe MT Rp 154 Jutaan
  • Daihatsu Ayla 1.2 R AT Rp162 Jutaan
  • Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT Rp167 Jutaan

Baca Juga: Oli Mobil Ayla Harus Encer atau Kental? Jangan Asal Pilih

5. Daihatsu Sirion

Selain Daihatsu Ayla, ada juga rekomendasi mobil mini lainnya dari Daihatsu, yaitu Daihatsu Sirion. Daihatsu Sirion memiliki mesin dengan kapasitas 1.329 cc dengan 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i dengan tenaga 93,7 hp pada putaran 6.000 rpm, dan torsi maksimal 119 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Untuk harga, Daihatsu Sirion bisa OtoFriends dapatkan dengan harga mulai dari Rp220 Jutaan.

6. Suzuki Ignis

Beralih ke pabrikan mobil Suzuki, jika berbicara tentang mobil mini dari Suzuki, maka banyak orang kana menjawab Suzuki Ignis. Suzuki ignis memiliki mesin 1.200 liter dengan tenaga 83 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimalnya adalah 113 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Terdapat beberapa fitur teknologi canggih pada mobil ini, seperti ABS atau Anti-lock Braking System, EBD atau Electronic Brakeforce Distribution, Dual SRS Airbag, sensor parkir dan masih banyak lagi. Untuk pilihan warna juga sangat beragam, mulai dari Pearl Arctic, Silky Silver, Glistening Grey dan Pearl Midnight Black.

Untuk harga, Suzuki Ignis bisa OtoFriends miliki dengan harga mulai dari Rp171 Jutaan.

7. Suzuki Karimun

Selain Suzuki Ignis, masih dari pabrikan mobil Suzuki, ada juga rekomendasi mobil mini lainnya yaitu Suzuki Karimun atau yang lebih dikenal dengan Suzuki Karimun Wagon R. Mobil dengan kapasitas maksimal 5 orang dewasa ini masih tetap eksis sampai sekarang. 

Suzuki Karimun memiliki mesin dengan kapasitas 998 cc. Mesin tersebut memiliki tenaga 67 hp pada putaran 6.200 rpm, dan torsi maksimalnya adalah 90 Nm pada putaran 3.500 rpm.

Untuk harga, harga Suzuki Karimun juga sangat terjangkau untuk OtoFriends karena harganya tidak lebih dari Rp180 Jutaan. Berikut ini adalah daftar lengkap harga Suzuki Karimun untuk OtoFriends.

  • Suzuki Karimun Wagon R Blind Van Rp134 Jutaan
  • Suzuki Karimun Wagon R GL MT Rp138 Jutaan
  • Suzuki Karimun Wagon R GL AGS Rp147 Jutaan
  • Suzuki Karimun Wagon R GS MT Rp146 Jutaan
  • Suzuki Karimun Wagon R GS AGS Rp155 Jutaan

8. Kia Picanto

Rekomendasi mobil mini berikutnya adalah Kia Picanto. Kia Picanto memiliki mesin 1.248 cc yang mampu menghasilkan tenaga 85,5 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimalnya adalah 119 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Harga mobil mini yang satu ini juga cukup terjangkau karena tidak mencapai Rp250 Jutaan, dan berikut ini adalah daftar lengkap harga Kia Picanto.

  • Kia Picanto GT MT Rp222 Jutaan
  • Kia Picanto GT AT Rp237 Jutaan

9. Smart Fortwo Passion

Rekomendasi mobil mini selanjutnya adalah Smart Fortwo Passion. Mungkin masih banyak dari OtoFriends yang tidak mengetahui mobil Smart Fortwo Passion ini. Namun ternyata mobil yang pertama kali diproduksi pada tahun 1998 oleh Smart Division milik Daimler AG ini ternyata sudah memasuki generasi ketiga.

Meskipun mobil ini sudah tidak dipasarkan di Indonesia, namun bagi OtoFriends yang tetap ingin memilikinya maka biasanya harga bekasnya adalah Rp200 Jutaan.

10. Nissan March

Rekomendasi mobil mini yang terakhir dari Otoklix adalah Nissan March. Nissan March sangat cocok sebagai mobil pertama atau mobil entry level untuk OtoFriends. Bagi OtoFriends yang ingin memilikinya terdapat dua jenis mesin yang bisa OtoFriends pilih, yaitu mesin 1.200 liter atau 1.500 liter.

Bagi OtoFriends yang tertarik untuk membeli Nissan March, harga mobil yang satu ini masih cukup tinggi, yaitu berkisar mulai dari Rp185 Jutaan sampai Rp226 Jutaan tergantung tipe, tahun dan kondisi.

Keunggulan Mobil Mini

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi mobil mini terbaik dari Otoklix, tentunya memiliki mobil mini akan memberikan OtoFriends keuntungan tersendiri dari keunggulan-keunggulan dari mobil mini tersebut. Berikut ini adalah beberapa keunggulan mobil mini yang perlu OtoFriends ketahui.

1. Lincah

Keunggulan mobil mini yang pertama tentunya adalah lincah. Hal tersebut karena dengan ukurannya yang lebih kecil dari beberapa jenis mobil lainnya akan membuat mobil mini lebih unggul dalam melakukan manuver termasuk saat melewati jalanan yang cukup padat karena macet.

Selain itu juga dengan ukurannya yang lebih kecil, akan memberikan keuntungan pada OtoFriends saat akan memarkirkan kendaraan OtoFriends, karena tentunya akan menjadi lebih mudah.

2. Hemat Bahan Bakar

Keunggulan mobil mini yang kedua adalah hemat bahan bakar. Mobil mini umumnya dibuat dengan tujuan utama atau memiliki nilai jual yang tinggi karena irit atau hemat bahan bakar. 

Hal tersebut tentunya terbukti dengan beberapa hal mulai dari kapasitas berat mobil yang lebih ringan sehingga tidak boros bahan bakar sampai ukuran mesin yang memang lebih kecil sehingga lebih hemat bahan bakar.

3. Harga Terjangkau

Keunggulan mobil mini yang terakhir adalah memiliki harga yang terjangkau. Mobil mini yang memiliki ukuran yang lebih kecil dari beberapa jenis mobil lainnya tentunya akan memiliki harga yang lebih terjangkau bagi OtoFriends. 

Dengan harga yang terjangkau tersebut, mobil mini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat bagi entry level atau orang-orang yang baru memiliki mobil.

Itulah beberapa rekomendasi mobil mini yang bisa OtoFriends pilih dan keunggulan mobil mini. Dari beberapa rekomendasi tersebut, manakah yang paling membuat OtoFriends tertarik?

Mobil mini tentunya sama dengan jenis mobil lainnya, perlu perawatan yang tepat. Karena hal perawatan mobil cukup penting, maka OtoFriends bisa mempercayakannya pada bengkel terpercaya dari Otoklix.

Simak juga berbagai informasi mobil dan tips menarik lainnya hanya di Otoklix. Semoga informasi dari Otoklix tersebut bermanfaat bagi OtoFriends.

Pertanyaan Seputar Mobil Mini 

Harga Toyota Agya adalah berkisar mulai dari Rp115 Jutaan sampai Rp177 Jutaan.

Harga Honda Brio adalah berkisar mulai dari Rp155 Jutaan sampai Rp236 Jutaan tergantung tipe.

Harga Daihatsu Ayla adalah berkisar mulai dari Rp109 Jutaan sampai Rp167 Jutaan tergantung tipe.