Mobil merupakan sebuah kendaraan yang di dalam mesinnya ada berbagai macam komponen yang membuat tersebut dapat bekerja. Komponen mesin mobil ada cukup banyak. Selain di mesin, komponen tersebut juga ada dalam berbagai macam sistem yang terdapat dalam sebuah mobil.

Untuk mengetahui dengan lebih lengkap tentang apa saja komponen mesin mobil, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai komponen mesin mobil dari Otoklix, simak informasinya berikut ini.

    Komponen Mesin Mobil Pada Kepala Silinder

    Komponen mesin mobil pertama yang akan Otoklix sampaikan adalah komponen yang ada pada kepala silinder. Bagian mesin mobil ini bisa langsung OtoFriends ketika membuka kap mesin mobil, dan bagian ini harus OtoFriends rawat dan perhatikan agar mobil tetap memiliki performa yang maksimal. 

    Bagian ini merupakan ruang bahan bakar mesin dan umumnya terbuat dari alumunium alloy ringan yang efisien dalam mendinginkan mesin serta dilapisi nikasil. Berikut ini adalah beberapa komponen mesin mobil yang ada pada kepala silinder ini.

    1. Kepala Silinder

    Komponen mesin mobil pertama dari kepala silinder tentunya adalah kepala silinder itu sendiri. Kepala silinder ini ditempatkan bersamaan dengan blok silinder. Komponen mesin mobil merupakan ruang bahan bakar sebuah mobil dan dudukan busi. Pada komponen mesin mobil ini juga OtoFriends dapat melihat mekanisme katup.

    2. Katup Hisap

    Komponen mesin mobil kedua dari kepala silinder ini adalah katup hisap. Komponen mesin mobil katup hisap terlihat seperti sebuah paku dengan ujung yang tumpul. Komponen mesin mobil memiliki peran penting untuk membuka saluran udara dan mengisi udara yang dibutuhkan dalam ruang bakar mesin mobil.

    3. Katup Buang

    Memiliki bentuk yang sama seperti katup hisap, namun katup buang memiliki fungsi yang berbeda. Sesuai dengan namanya, komponen mesin mobil ini memiliki fungsi untuk membuang sisa gas pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar yang kemudian dikeluarkan mobil melalui bagian knalpot mobil.

    4. Poros Nok

    Komponen mesin mobil yang menggerakan dan mengatur dengan tepat kapan katup hisap serta katup buang terbuka adalah poros nok. Poros nok ini dibuat dengan memiliki sudut kemiringan tertentu agar kedua jenis katup tersebut dapat terbuka dengan sempurna dan tepat.

    5. Rocker Arm

    Rocker arm adalah komponen mesin mobil yang menjadi tepat poros nok bekerja. Rocker arm juga memiliki fungsi untuk mengatur seberapa besar lebar celah katup.

    6. Cylinder Head Cover

    Sesuai dengan namanya, komponen mesin mobil ini adalah sebagai cover atau menutup bagian dalam dari komponen mesin yang ada pada kepala silinder.

    7. Busi

    Komponen mesin mobil yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi OtoFriends. Busi memiliki fungsi untuk memercikan bunga api saat pembakaran dalam ruang bakar mesin mobil.

    8. Intake Manifold

    Intake manifold adalah komponen mesin mobil yang memiliki fungsi sebagai saluran udara yang akan memasuki ruang bahan bakar. Intake manifold juga bisa difungsikan sebagai vakum dalam ruang bakar.

    9. Exhaust Manifold

    Exhaust manifold adalah komponen mesin mobil yang memiliki fungsi sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran dalam ruang bakar mesin mobil. Sisa pembakaran ini akan melalui exhaust manifold dan kemudian diteruskan ke knalpot mobil.

    Fungsi Kepala Silinder

    Setelah mengetahui beberapa komponen mesin mobil yang ada pada kepala silinder ini, bagian mesin mobil ini memiliki beberapa fungsi, berikut ini adalah beberapa fungsi tersebut:

    1. Sebagai ruang pembakaran.
    2. Tempat mekanisme katup
    3. Sebagai saluran intake dan exhaust atau saluran keluar masuknya udara dan bahan bakar.
    4. Tempat sirkulasi oli.
    5. Tempat pemasangan busi.
    6. Sebagai jalur air radiator.

    Komponen Mesin Mobil Pada Blok Silinder

    Bagian mesin mobil yang kedua adalah blok silinder. Blok silinder juga merupakan bagian ruang bahan bakar mobil dan terhubung dengan kepala silinder. Berikut ini adalah beberapa komponen mesin mobil pada blok silinder.

    1. Blok silinder

    Komponen mesin mobil pertama pada blok silinder yang akan dibahas oleh Otoklix adalah blok silinder itu sendiri. Pada bagian dalam blok silinder terdapat beberapa piston mobil dan inilah fungsi utama dari blok silinder, yaitu sebagai tempat naik turunnya piston mobil. Piston mobil juga merupakan salah satu komponen yang menentukan tenaga dari sebuah mobil. 

    2. Gasket

    Komponen mesin mobil kedua pada blok silinder adalah gasket. Gasket memiliki bentuk yang pipih namun terbuat dari bahan yang kuat. Fungsi dari gasket ini adalah untuk merapatkan sambungan antara blok silinder dan kepala silinder agar pelumas pada blok silinder tidak keluar.

    3. Piston

    Pada bagian dalam blok silinder mobil, OtoFriends dapat menemukan beberapa piston didalamnya. Piston merupakan komponen mesin mobil yang memiliki fungsi utama untuk mengatur volume pembakaran bahan bakar bagi sebuah mobil.

    4. Ring Piston

    Ring piston merupakan komponen mesin mobil yang berada pada bagian atas piston. Ring piston ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk untuk merapatkan piston dengan dinding blok silinder dan mencegah kebocoran saat proses pembakaran bahan bakar dalam mesin mobil berlangsung.

    5. Batang Penggerak

    Sesuai dengan namanya, batang penggerak ini adalah komponen mesin mobil yang memiliki fungsi untuk menghubungkan piston dengan komponen mobil selanjutnya yang akan dibahas oleh Otoklix, yaitu poros engkol.

    6. Poros Engkol

    Poros engkol adalah komponen mesin mobil yang memiliki fungsi untuk menggerakan naik turunnya piston yang kemudian menjadi energi bagi sebuah mobil.

    7. Carter/Oil Pan

    Komponen mesin mobil yang bernama carter atau oil pan ini adalah tempat dimana oli mesin mobil ditampung agar tidak keluar dari mesin mobil. Oli mesin ini kemudian menjadi pelumas sekaligus pendingin komponen mesin mobil lainnya.

    8. Drain Plug

    Drain plug adalah komponen mesin mobil yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk menguras atau mengeluarkan oli mesin mobil saat OtoFriends ingin mengganti oli mesin mobil.

    9. Pulley Mesin

    Pulley mesin adalah komponen mesin mobil yang berfungsi sebagai media pemutar komponen lainnya yang. Pulley mesin ini juga memiliki fungsi sebagai media driver belt

    10. Flywheel

    Flywheel adalah komponen mesin mobil yang memiliki fungsi menghubungkan energi yang ada pada bagian kopling mobil daan untuk menyimpan energi mesin mobil agar dapat menghasilkan putaran yang lebih stabil.

    Fungsi Blok Silinder

    Berdasarkan penjelasan dari beberapa komponen mesin mobil yang ada pada bagian blok silinder, berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari blok silinder

    1. Sebagai tempat naik turunnya piston mobil.
    2. Sebagai tempat mekanisme engkol.
    3. Tempat saluran pendingin mesin mobil.
    4. Tempat oli mobil.
    5. Sebagai mainframe mesin.
    6. Tempat nomor mesin berada
    7. Tempat silinder liner, kepala silinder dan roda gila.
    8. Sebagai tempat energi pembakaran berada dan proses pembakaran bahan bakar.

    Jenis Blok Silinder

    Setelah mengetahui beberapa komponen mesin mobil yang berada pada blok silinder dan juga fungsinya, blok silinder juga memiliki beberapa jenis. Beberapa jenis blok silinder ini tergantung dari banyak dan desain tabung silinder atau tempat piston berada. Berikut ini adalah beberapa jenis blok silinder tersebut.

    1. Mono silinder, hanya memiliki satu tabung silinder.
    2. Inline silinder, memiliki lebih dari satu tabung silinder dan diletakan secara berbaris atau segaris.
    3. V silinder, memiliki lebih dari satu tabung silinder dari diletakan dengan cara berbaring atau ditidurkan.
    4. Boxer membagai tabung silinder menjadi dua bari, seperti apabila ada mobil dengan 6 silinder, maka akan ada dua baris tabung silinder yang masing-masing memiliki 3 silinder.

    Komponen Mesin Mobil Front Engine Compartment

    Bagian mesin mobil yang akan Otoklix bahas kali ini adalah front engine compartment. Dalam bagian mesin ini terdapat beberapa komponen mesin mobil yang memiliki fungsi sebagai penggerak mobil. Berikut ini adalah beberapa komponen tersebut.

    1. Timing Chain Assembly

    Komponen mesin mobil pertama pada front engine compartment adalah timing chain assembly. Timing chain assembly ini memiliki fungsi untuk menghubungkan putaran engkol dengan putaran camshaft. Timing chain assembly juga memiliki fungsi agar mekanisme katup bisa berjalan dengan benar dan baik.

    2. Timing Chain Cover

    Sesuai dengan namanya, timing chain cover ini memiliki fungsi utama sebagai cover atau penutup timing chain assembly agar komponen mesin mobil tersebut terhindar dari berbagai macam kotoran dan debu.

    3. Motor Starter

    Komponen mesin mobil berikutnya adalah motor starter. Motor starter memiliki fungsi yang sangat penting yaitu mengubah energi listrik menjadi energi putar yang menggerakan berbagai macam komponen lainnya. Motor starter akan bekerja pada saat OtoFriends menghidupkan mesin mobil.

    4. Driver Belt

    Komponen mesin mobil yang bernama driver belt mungkin sudah tidak asing lagi bagi OtoFriends. Driver belt terbuat dari karet yang memiliki kemampuan dan daya tahan yang kuat serta memiliki fungsi sebagai penghubung antara pulley mesin dengan komponen mesin lainnya.

    5. Oil Cap

    Komponen mesin mobil yang terakhir pada front engine compartment adalah oil cap. Oil cap memiliki fungsi untuk menutup bagian mesin oli mesin dan sebagai tempat memasukan oli baru ketika OtoFriends melakukan pergantian oli mobil.

    Sistem Pada Mobil

    Selain beberapa bagian mesin mobil yang telah disebutkan sebelumnya mulai dari kepala silinder, blok silinder, dan front engine compartment serta beberapa komponen mesin mobil di dalam bagian-bagian tersebut, dalam sebuah mobil terdapat beberapa sistem yang perlu OtoFriends ketahui dan di dalam sistem tersebut juga terdapat beberapa komponen mesin mobil di dalamnya. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

    Komponen Mesin Mobil Pada Sistem Pendingin Mobil

    Sistem mobil pertama yang akan Otoklix sampaikan adalah sistem pendingin mobil. Sistem pendingin memiliki fungsi utama untuk menjaga suhu pada mesin mobil agar tetap aman dan stabil. 

    Dalam sebuah mesin mobil ada banyak sekali komponen yang bekerja dan menghasilkan panas, disinilah peran sistem pendingin mobil sangat dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa komponen pada sistem pendingin mobil.

    1. Radiator

    Komponen pada sistem pendingin mobil yang pertama adalah radiator. Radiator memiliki fungsi utama sebagai sistem pendingin dengan cara menyerap udara panas melalui air radiator yang kemudian keluar dari sirip-sirip pendingin dari dalam bagian radiator.

    2. Tutup Radiator

    Komponen pada sistem pendingin mobil yang kedua adalah tutup radiator. Tutup radiator ini tidak boleh OtoFriends buka ketika dalam keadaan panas karena akan sangat berbahaya. Tutup radiator memiliki dua mekanisme, yaitu relief valve dan vacuum valve. Tutup radiator memiliki fungsi untuk menjaga air radiator tidak tumpah dan tidak mendidih.

    3. Thermostat

    Thermostat memiliki fungsi untuk menjaga suhu air radiator agar tetap sesuai. Komponen mesin mobil yang satu ini juga memiliki fungsi agar mesin mobil bisa mencapai suhu kerja dengan lebih cepat.

    4. Cooling Fan

    Cooling fan adalah komponen mesin mobil yang memiliki bentuk seperti kipas dan memiliki fungsi utama untuk membantu proses pendinginan air radiator melalui sirip sirip radiator.

    5. Reservoir Tank (Tangki Cadangan)

    Reservoir tank memiliki dua fungsi bagi mobil OtoFriends. Fungsi yang pertama adalah sebagai tempat cadangan air radiator, dan fungsi yang kedua adalah sebagai tempat penampungan uap air yang muncul ketika mobil berada dalam suhu yang sangat panas.

    6. Upper Hose dan Lower Hose

    Upper dan lower nose adalah komponen mesin mobil yang berbentuk seperti selang. Upper nose memiliki fungsi untuk menyalurkan air pendingin dari mesin ke radiator, sementara lower nose memiliki fungsi sebaliknya, yaitu menyalurkan air pendingin dari radiator ke mesin.

    7. Water Temperature Sensor

    Water temperatur sensor memiliki fungsi utama untuk mengukur suhu air radiator dan berada pada sistem pendingin mobil. Water temperature sensor akan memberikan sinyal kepada kipas radiator untuk berputar apabila suhu terlalu panas, dan apabila sudah normal kembali maka kipas radiator akan otomatis berhenti.

    8. Water Jacket

    Water jacket memiliki fungsi utama sebagai jalur pendingin pada sistem pendingin mobil. Komponen mesin mobil ini terdapat pada bagian blok silinder.

    9. V-belt (Sabuk Penggerak)

    V-belt memiliki fungsi utama untuk menggerakan kipas pendingin dan beberapa komponen mesin mobil lainnya seperti pompa air, alternator ac, dan masih banyak lagi.

    Komponen Mesin Mobil Pada Sistem Pengisian Mobil

    Sistem mobil berikutnya yang akan sampaikan adalah sistem pengisian mobil. Pengisian yang dimaksud ini adalah beberapa komponen mobil yang berhubungan dengan kelistrikan mobil. Berikut ini adalah beberapa komponen tersebut.

    1. Alternator

    Komponen mesin mobil pada sistem pengisian mobil yang pertama adalah alternator. Alternator memiliki fungsi utama untuk menghasilkan arus listrik yang kemudian akan digunakan untuk mengisi aki mobil.

    2. Regulator

    Komponen mesin mobil pada sistem pengisian mobil yang kedua adalah regulator. Regulator memiliki fungsi untuk mengatur jumlah arus tegangan yang dihasilkan alternator agar tetap tepat. Besar jumlah tegangan arus listrik yang tepat tersebut adalah 13,8 Volt sampai 14,8 Volt.

    3. Baterai

    Komponen mesin mobil pada sistem pengisian mobil yang terakhir adalah baterai mobil atau yang lebih dikenal dengan aki mobil. Fungsi utama aki mobil adalah untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan alternator. Energi tersebut kemudian akan menjalankan berbagai komponen mesin mobil.

    Baca Juga: Hati-hati, Bagian Bagian Mesin Mobil ini Rentan Rusak

    Komponen Mesin Mobil Pada Sistem Pelumasan Mobil

    Sistem mobil berikutnya adalah sistem pelumasan mobil. Pelumasan mobil memiliki beberapa fungsi utama dalam sebuah mobil. Beberapa fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

    1. Mencegah komponen mesin mobil menjadi haus.
    2. Mengurangi panas pada komponen mesin mobil.
    3. Mengurangi gesekan pada komponen mesin mobil.
    4. Melumasi bagian komponen mesin mobil yang bergerak.
    5. Membawa dan membuang kotoran dari sisa-sisa gesekan komponen mesin mobil.

    Berikut ini adalah beberapa komponen mesin mobil yang ada pada sistem pelumasan mobil.

    1. Pompa Oli (Oil Pump)

    Sesuai dengan namanya, pompa oli memiliki fungsi utama untuk memompa oli mesin agar dapat melunasi seluruh komponen mesin mobil yang ada pada jalur pelumasan.

    2. Saringan Oli (Filter Oli)

    Saringan oli atau filter oli merupakan komponen mesin mobil yang memiliki fungsi utama untuk menyaring sisa-sisa kotoran yang ada pada oli mesin mobil.

    3. Saringan Kasa Oli

    Hampir sama seperti saringan oli, saringan kasa memiliki fungsi utama untuk menyaring kotoran di dalam oli mesin yang terdapat pada bagian kalter. Hal tersebut bertujuan agar ketika oli masuk ke oil pump, oli sudah dalam kondisi bersih.

    Baca Juga: Telat Ganti Oli Bisa Bikin Turun Mesin Mobil, Segini Biayanya!

    Komponen Mesin Mobil Pada Sistem Bahan Bakar Mobil

    Sistem selanjut yang akan Otoklix sampaikan adalah sistem bahan bakar mobil. Beberapa komponen yang ada pada sistem ini memiliki fungsi utama untuk menyalurkan bahan bakar dan mencampurkannya dengan udara. 

    Dengan komposisi tepat, bahan bakar dan udara tersebut kemudian masuk ke dalam ruang pembakaran. Berikut ini adalah beberapa komponen mesin mobil yang ada pada sistem pembakaran mobil.

    1. Tangki Bahan Bakar (Fuel Tank)

    Komponen mesin mobil pertama pada sistem bahan bakar mobil tentunya adalah tangki bahan bakar. Tangki bahan bakar memiliki fungsi utama sebagai tempat penampungan bahan bakar sebelum masuk ke dalam ruang pembakaran. 

    2. Saringan Bahan Bakar (Fuel Filter)

    Sama seperti oli mobil, bahan bakar juga memiliki saringannya tersendiri. Komponen yang memiliki fungsi utama untuk menyaring kotoran dari bahan bakar sebelum masuk ke dalam ruang pembakaran adalah saringan bahan bakar.

    3. Saluran Bahan Bakar

    Saluran bahan bakar, merupakan komponen mesin mobil yang memiliki fungsi untuk menyalurkan bahan bakar ke berapa komponen mesin mobil lainnya.

    4. Pompa Bahan Bakar

    Sama seperti oli, bahan bakar memiliki pompanya tersendiri. Pompa bahan bakar ini juga lebih sering disebut dengan fuel pump.

    5. Karburator

    Komponen mesin mobil pada sistem bahan bakar mobil adalah karburator. Karburator memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk mencampurkan bahan bakar dan udara dengan perbandingan yang tepat sesuai dengan jenis mesin dan mobil OtoFriends. 

    Baca Juga: 15 Komponen Karburator Mobil Beserta Fungsinya

    Sistem Mobil Lainnya

    Selain beberapa sistem mobil yang telah disebutkan Otoklix sebelumnya, ada juga beberapa sistem mobil lainnya. Beberapa sistem tersebut adalah seperti sistem starter, sistem pengapian, dan sistem pembuangan sisa gas pada mobil.

    Sistem starter memiliki fungsi untuk menggerakan dari fly wheel dan poros engkol pada awal putaran. Sistem ini bisa bekerja dengan adanya energi yang dihasilkan oleh baterai atau aki mobil. Beberapa komponen pada sistem ini adalah seperti baterai atau aki mobil, motor starter, kunci kontak dan relay jika diperlukan.

    Sistem pengapian menghasilkan bunga api atau percikan api yang akan membakar bahan bakar dalam ruang bahan bakar mesin. Perlu OtoFriends ketahui, sistem ini ada pada mobil yang menggunakan bensin, sementara pada mobil yang menggunakan diesel, sistem penyalaan berasal dari kompresi mobil.

    Sistem yang terakhir ada pada sebuah mobil adalah sistem pembuangan sisa gas. Dalam sistem ini ada beberapa komponen di dalamnya seperti pipa pembuangan, saluran pembuangan dan peredam.

    Baca Juga: Jangan Biarkan Kotor, Ini Cara Membersihkan Mesin Mobil

    Itulah informasi lengkap komponen mesin mobil yang perlu OtoFriends ketahui. Komponen-komponen tersebut tentunya harus OtoFriends rawat agar mobil tetap berada dalam kondisi yang maksimal. Untuk melakukan hal tersebut, OtoFriends bisa mempercayakannya pada bengkel mobil terpercaya dari Otoklix.

    Simak juga berbagai informasi mobil menarik lainnya mulai harga, spesifikasi, tips dan berbagai informasi menarik lainnya hanya di Otoklix.

    Pertanyaan Seputar Komponen Mobil :

    Blok silinder mobil memiliki fungsi sebagai tempat naik turunnya piston mobil, tempat mekanisme engkol, tempat saluran pendingin mesin mobil, tempat oli mobil, sebagai mainframe mesin, tempat nomor mesin berada, tempat silinder liner, kepala silinder dan roda gila serta sebagai tempat energi pembakaran berada dan proses pembakaran bahan bakar.

    Dalam sebuah terdapat beberapa sistem, berapa sistem tersebut adalah sistem sistem pendingin, sistem pengisian, sistem pelumasan, sistem sistem bahan bakar, sistem starter, sistem pengapian, dan sistem pembuangan sisa gas.

    Jenis-jenis blok silinder mobil adalah mono silinder, inline silinder, V silinder, dan boxer.