Setelah drama pelepasan David de Gea sebagai salah satu kiper terbaik di Manchester United. Kini dunia sepak bola digemparkan dengan Andre Onana, kiper asal Afrika yang akan diboyong MU untuk menggantikan De Gea.

Hampir sama dengan De Gea, Andre Onana memiliki segudang prestasi saat menjadi kiper klub sepak bola AFC Ajax dan bermain satu musim di klub Inter Milan.

Banyak yang penasaran dengan riwayat karier dan garis keturunan pria yang lahir 2 April 1996 ini. Pasalnya, kariernya bermula dari biaya yang diterima Onana dari kakaknya yakni Nnana Onana yang juga sebagai kiper terbaik di salah satu klub sepak bola di Indonesia.

Baca juga: Koleksi Mobil Termewah Pemain Sepak Bola Dunia

Perjalanan Karier Andre Onana

Untuk membawa Onana menjadi kiper di klub dengan julukan The Red Devils tersebut, MU membutuhkan lebih dari 50 juta poundsterling. 

Bila dilihat sedikit riwayat kariernya, Onana baru membela Inter Milan pada satu musim ini. Kenapa harganya bisa begitu fantastis? Berikut ini silsilah keluarga Onana dan perjalanan kariernya hingga bisa dilirik Manchester United.

Awal Mula Karier Andre Onana

Banyak kisah tertulis bahwa Nnana Onana, kakak kandung dari Andre Onana, yang menjadi awal mula perjalanan karier Onana. Kiper asal Kamerun tersebut mencoba peruntungannya dengan menjadi kiper di negara lain, salah satunya di Indonesia.

Adapun klub sepak bola yang pernah dibela Nnana seperti PSPS Pekanbaru, Persis Solo, dan Persikad Depok. Saat Nnana sedang berjuang di klub Persikad Depok, saat itulah dirinya mulai membiayai seluruh kebutuhan Andre Onana untuk memulai kariernya menjadi pemain sepak bola.

Bahkan, perlengkapan sepak bola seperti jersey, sarung tangan hingga sepatu bolanya dibeli Nnana di mall di Depok. Dukungan yang diberikan Nnana masih berlanjut hingga adiknya hijrah ke Eropa.

Berawal dari Samuel Eto’o dan La Masia

Onana tertarik untuk belajar di Samuel Eto’o Foundation yang didirikan oleh legenda Barcelona yakni Samuel Eto’o. Sejak 2006 hingga 2010 Andre Onana berada di akademi Samuel Eto’o tersebut.

Kemudian 4 tahun berlalu, di tahun 2010 Onana hijrah ke Eropa berkat tawaran dari Barcelona. Di tahun itulah Onana secara resmi bergabung dengan Barcelona dan masuk ke akademi sepak bola La Masia milik Barcelona. 

Sebenarnya, Onana menjadi pemain potensial saat memperkuat klub Barcelona U-16, U-18 dan U-19. Akan tetapi, impiannya untuk memperkuat tim utama di Barcelona terhalangi dengan kehadiran Victor Valdes.

Namun ternyata itu menjadi jalan bagi Onana untuk memulai karier seniornya bersama klub Ajax Amsterdam di musim 2016/2017.

Memulai Karier Senior di Ajax Amsterdam

Di bulan Februari 2015, Andre Onana memilih untuk memperkuat tim Jong Ajax di Eerste Divisie. Dia berhasil mendapatkan 3 trofi juara Eredivisie bersama Ajax yang diikuti 2 gelar berikutnya pada KNVB Beker.

Lalu pada musim pertandingan 2016/2017 secara resmi Onana menandatangani kontrak dengan Ajax Amsterdam dan langsung menduduki posisi menjadi kiper utama.

Selama menjadi kiper di Ajax Amsterdam, Onana sudah bermain sebanyak kurang lebih 214 kali untuk klub Belanda itu dan memperoleh 192 kali kebobolan dan 85 kali clean sheet. Pada musim 2018/2019 Onana berhasil membawa Ajax Amsterdam hingga lolos ke babak semifinal Liga Champions 2018/2019.

Baca juga: Intip Koleksi Mobil Deddy Corbuzier Bernilai 10 Miliar Rupiah

Kasus yang Pernah Dialami Andre Onana

Perjalanan kariernya gak semulus jalannya menuju Manchester United. Saat kariernya sedang gemilang, ada banyak klub elite yang mulai meliriknya. 

Justru jalan terhambat karena warna kulitnya. Klub tersebut mengurungkan niat untuk memboyong Onana karena dikhawatirkan penggemar klub tersebut akan mempermasalahkan warna kulit Onana.

Selain itu, di tahun 2020 akhir, Onana juga sempat mendapatkan sanksi larangan bermain selama 12 bulan setelah melihat hasil tes doping. Hasil tes doping tersebut mengungkapkan bahwa Onana zat terlarang yakni Furosemida di dalam urinnya.

Namun, Ajax Amsterdam membantu Onana untuk naik banding sebab Onana beralasan dirinya gak sengaja mengkonsumsi obat istrinya. Hasil dari banding tersebut akhirnya memangkas sanksi menjadi 9 bulan.

Kasus yang terakhir di tahun 2022, Andre Onana berseteru dengan pelatihnya di Tim Nasional Kamerun. Perbedaan pendapat antara Onana dengan pelatih Timnas Kamerun tersebut yang membuat Onana pergi dari klub tersebut.

Mengembalikan Prestasi Melalui Klub Inter Milan

Setelah banyaknya kasus dan insiden yang menimpa Onana, pada musim 2022/2023 Onana direkrut oleh klub raksasa asal Italia, Inter Milan. Saat itu status Andre Onana bebas transfer sehingga Inter Milan mendapatkan untung yang cukup besar dari transfer pemain tersebut.

Tercatat Andre Onana baru satu musim memperkuat skuad Inter Milan, dia berhasil menjuarai Super Coppa saat Italia melawan rivalnya AC Milan. 

Selain itu, dia juga mendapatkan trofi Coppa Italia karena mengalahkan Florentina di laga final. Puncak prestasinya saat itu adalah berhasil mendorong Inter Milan hingga lolos ke babak final Liga Champions.

Karier Gemilang di Manchester United

Melihat prestasi yang dimiliki Andre Onana saat memperkuat klub Ajax Amsterdam dan Inter Milan tersebut, membuat manajer MU tertarik untuk merekrut Onana menjadi kiper di MU. Apalagi setelah kontrak MU dengan David de Gea gak diperpanjang oleh kedua belah pihak.

Namun, untuk membawa Onana masuk ke dalam tim MU diperlukan mahar yang cukup tinggi. 

Pasalnya Inter Milan menawarkan mahar sebesar 50 juta poundsterling ditambah 10 juta poundsterling untuk bonus. Bila dirupiahkan maka total mahar yang dibutuhkan MU agar bisa memboyong Onana sebesar Rp1,41 miliar.

Menurut berita yang beredar kontrak yang diajukan Manchester United kepada Onana akan berlaku hingga tahun 2028 ditambah perpanjangan kontrak setahun.

Baca juga: VW Tiguan hingga Ferrari, Intip Koleksi Mobil Kylian Mbappe

Koleksi Mobil Mewah dan Mahal dari Para Kiper Terbaik

Harga kontrak yang cukup fantastis yang ditawarkan MU kepada Onana tentu saja membuat kita berpikir, apa saja kekayaan Onana saat ini? Akankah harta kekayaan Onana akan bertambah setelah secara resmi masuk dan memperkuat klub Manchester United.

Bila menelaah beberapa kiper terbaik dengan harga yang fantastis memiliki hobi yang sama yakni mengoleksi mobil mewah. Sebut saja David de Gea mantan kiper terbaik Manchester United, Emiliano Martinez kiper Timnas Argentina dan Achraf Hakimi dari Timnas Maroko.

David de Gea, Mantan Kiper MU

Industri persepakbolaan sedang heboh pasca mendapatkan berita bahwa Manchester United dan David de Gea sama-sama gak memperpanjang kontraknya karena satu dan lain alasan. Selain banyak pemberitaan terkait hengkangnya De Gea dari klub The Red Devils tersebut, masyarakat mulai memperhatikan harta kekayaan De Gea.

Hal tersebut buntut dari pemberitaan harga De Gea yang cukup fantastis saat berada di MU. OtoFriends, saat ini De Gea tercatat memiliki 5 koleksi mobil mewah dengan harga yang cukup bervariasi. Berikut ini daftar mobil David de Gea, mantan kiper MU:

  • Aston Martin Vantage yang dijual dengan harga cukup fantastis yakni setara dengan Rp2,9 miliar.
  • Mercedes-Benz GLE Class Coupe dijual dengan harga setara dengan Rp1,1miliar.
  • Audi RS% yang dijual dengan harga setara Rp1,1 miliar.
  • Mercedes-Benz Vito yang dijual dengan harga setara Rp580 juta.
  • Chevrolet Camaro dijual dengan harga setara Rp581 juta.
  • Chevrolet Captiva SUV yang dijual dengan harga setara Rp489 juta.

Emiliano Martinez, Kiper Timnas Argentina

Koleksi mobil mewah selanjutnya datang dari kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez. Mantan pemain Arsenal ini memiliki karier yang cukup cerah setelah laga Liga Inggris.

Koleksi mobil mewah yang dimiliki Emiliano adalah mobil Chevrolet Corvette Z06 yang dijual dengan harga cukup tinggi yakni $3,6 juta atau dalam rupiah setara dengan Rp51,6 miliar.

Mobil Chevrolet Corvette Z06 ini menggunakan mesin V8 Naturally Aspirated, memiliki tenaga maksimal hingga 485 kw dan capaian torsi maksimal 650 lb-ft.

Achraf Hakimi, Pesepak Bola Timnas Maroko

Sejak Piala Dunia 2022 kemarin, nama Achraf Hakimi yang memperkuat Timnas Maroko semakin bersinar. 

Pemain berusia 24 tahun ini tampil menawan saat menjaga lini pertahanan dan tendangan adu penaltinya yang berhasil mengalahkan Spanyol. Achraf Hakimi juga menjadi bek untuk klub Ligue 1 Paris Saint Germain (PSG).

Dengan kekayaan yang semakin bertambah tersebut, pria yang hobi bermain game ini juga memiliki hobi yang cukup menguras dompet yakni hobi mengoleksi mobil mewah. Mobil mewah yang dimilikinya yakni Audi Q7 yang dijual dengan harga mulai dari Rp2,19 miliar. 

Mobil Audi Q7 tersebut memiliki kapasitas mesin sebesar 2.995 cc, dengan capaian tenaga maksimal 340 hp dan torsi maksimal 500 Nm. Kapasitas mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis percepatan 8.

Apakah Merawat Mobil Mewah Membutuhkan Biaya Besar?

Saat melihat orang lain memiliki mobil mewah, terlintas dipikiran kita tentang bagaimana cara merawat mobil mewah tersebut? Apakah ada treatment khusus dengan biaya yang juga fantastis? Atau sama saja dengan merawat mobil konvensional pada umumnya.

Fakta yang terjadi memang kita membutuhkan biaya yang cukup besar untuk merawat dan memperbaiki mobil mewah. Sebab mobil mewah tersebut memiliki beberapa komponen yang lebih canggih dan berkualitas lebih baik daripada mobil konvensional pada umumnya.

Akan tetapi, persoalan biaya servis mobil mewah tersebut bisa diminimalisir bila kita pandai merawat mobil dengan benar. Daripada harus mengeluarkan biaya banyak untuk memperbaiki mobil mewah. Lebih baik kita melakukan beberapa antisipasi untuk merawat mobil tersebut, seperti di antaranya:

  • Rutin ganti oli mobil sesuai aturan kilometernya. Idealnya kita harus ganti oli saat mobil mencapai 10 ribu kilometer dan kelipatannya. Namun, bila mobil mewah tersebut digunakan sebagai transportasi sehari-hari maka kita wajib ganti oli mobil saat mencapai 2.500 hingga 5.000 kilometer.
  • Rutin memeriksa ban mobil dan tekanan anginnya. Bila harus mengisi ulang tekanan angin ban mobil maka segera isi ulang, termasuk bila harus mengganti ban mobil dengan yang baru.
  • Rutin memeriksa kondisi aki mobil, termasuk di dalamnya memeriksa kondisi filter udara dan busi mobil.
  • Gunakan bahan bakar sesuai aturan research octane number (RON) yang disarankan pabrik mobil.
  • Rutin memanaskan mesin mobil selama beberapa menit.
OtoFriends membutuhkan bengkel mobil terbaik? Temukan daftar bengkel mobil terbaik dan terdekat melalui aplikasi Otoklix. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi OtoBuddy.

Jika mobil OtoFriends terlanjur rusak dan membutuhkan treatment khusus untuk memperbaikinya, maka solusi terbaiknya adalah dengan mempercayakan servis mobil kesayangan dengan Otoklix.

Otoklix memberikan jaminan kelengkapan peralatan bengkel dan keaslian suku cadang setara dengan OEM. Harga dan biaya servisnya sendiri bersifat transparan. Kita dapat mengetahui estimasi biaya servis sebelum datang ke bengkel.

Menariknya, Otoklix memberikan pilihan pembayaran secara online selain membayar langsung ke bengkel. Segera booking service secara online sekarang juga untuk mendapatkan harga yang lebih murah hingga 50%.

Pertanyaan Seputar Andre Onana :


Andre Onana memulai kariernya menjadi murid di Samuel Eto’o Foundation dan La Masia. Kemudian setelah memperkuat Barcelona untuk U-16, U-18, dan U-19, Andre Onana pindah ke klub Belanda Ajax Amsterdam selama 7 tahun. Hingga akhirnya dilirik Inter Milan untuk memperkuat tim pada musim 2022/2023. Satu musim berlalu, MU mulai melirik dan menegosiasi Andre Onana bersama Inter Milan.


Saat di Ajax Amsterdam, dia berhasil meraih 3 trofi juara Eredivisie bersama Ajax yang diikuti 2 gelar berikutnya pada KNVB Beker. Membawa Ajax Amsterdam pada musim 2018/2019 hingga lolos ke babak semifinal Liga Champions 2018/2019. Di Inter Milan, Onana berhasil membawa Inter Milan menjuarai Supercoppa dan mendapatkan trofi Coppa Italia.


Melihat prestasi yang dimiliki Andre Onana saat memperkuat klub Ajax Amsterdam dan Inter Milan tersebut, membuat manajer MU tertarik untuk merekrut Onana menjadi kiper di MU. Apalagi setelah kontrak MU dengan David de Gea gak diperpanjang oleh kedua belah pihak.