Mengubah variasi interior mobil adalah salah satu hal seru yang bisa dilakukan saat punya mobil. Terkadang, memang fitur di dalam mobil belum memenuhi kebutuhan kita. Ini dia beberapa aksesoris mobil yang wajib ada di mobil.

Aksesoris Interior Mobil yang Penting

Sebenarnya tidak semua aksesoris wajib dipasang di dalam interior mobil, tetapi barang-barang ini bisa memudahkan kita menjadi lebih nyaman saat berkendara. Mulai dari aksesoris kecil yang tidak membutuhkan pemasangan, sampai variasi interior mobil yang harus dilakukan pemasangan oleh ahlinya. Yuk kita simak.

1. Charger USB

Pernah mengalami gadget mati di tengah perjalanan? Apalagi ketika kita berkendara di daerah yang tidak kita kenal dan butuh GPS sedangkan mobil kita belum dilengkapi dengan GPS. Atau ponsel tiba-tiba mati saat sedang mendengarkan musik karena habis daya. Oleh sebab itu, perangkat smartphone ini sangat penting.

Charger USB ini sangat penting ada di dalam mobil. Apalagi kalau kita sering melakukan perjalanan jauh, misalnya sering pergi ke luar kota atau sering terjebak macet. Charger USB ini penting sekali agar kita bisa tetap terkoneksi menggunakan smartphone. Harga aksesoris yang satu ini sekitar Rp50 ribu – Rp200 ribuan dan bisa dibeli di toko aksesoris mobil, aksesoris ponsel, bahkan di toko perlengkapan rumah tangga.

2. Tray table atau meja lipat

Tidak semua kabin mobil sudah dilengkapi dengan meja lipat. Padahal, meja lipat bisa berperan penting saat di tengah perjalanan. Misalnya untuk makan saat tidak bisa keluar mobil, menaruh barang agar mudah dijangkau, bahkan bisa dipakai sebagai tempat laptop untuk bekerja. Saat ini toko aksesoris mobil banyak yang menjual meja lipat atau bisa memodifikasi meja lipat pada jok mobil kita.

3. Organizer mobil

Barang ini juga penting ada di mobil. Organiser mobil biasanya berbentuk seperti tas gantung yang dipasang pada bagian belakang jok atau sun visor. Fungsinya adalah untuk menyimpan segala kebutuhan saat berkendara agar barang-barang tersebut lebih rapi dan mudah dijangkau.

Baca juga: 10 Aksesoris Interior Mobil Canggih Yang Bikin Tampilan Futuristik

4. Dash Cam

Mungkin bagi sebagian orang, dash cam ini wajib ada di interior mobil. Fungsinya adalah untuk merekam perjalanan dan bisa juga merekam hal lain yang bisa digunakan sebagai alat bukti. Misalnya saat ada kecelakaan yang melibatkan mobil kita atau kecelakaan yang terjadi di depan mobil kita. Bisa juga dijadikan alat bukti saat ada maling yang mencuri komponen mobil kita.

5. Karpet mobil

Karpet mobil juga adalah salah satu variasi interior mobil yang wajib ada. Fungsi dari menggunakan karpet mobil adalah menjaga lantai mobil tetap bersih. Saat ini, banyak tersedia model dan warna karpet yang beragam supaya bisa disesuaikan dengan warna mobil kita.

6. Cup holder

Biasanya beberapa mobil sudah dilengkapi dengan cup holder. Perangkat ini dibutuhkan untuk membantu kita meletakkan gelas minuman, misalnya saat kita membeli kopi atau minuman lain yang tidak bisa langsung dihabiskan. Cup holder ini juga bisa digunakan untuk menyimpan botol minum.

7. Pengharum udara

Ini salah satu variasi interior mobil yang penting sekali. Pengharum udara membuat kita lebih nyaman saat berkendara. Namun, biasanya pengharum udara bisa jadi lebih segar di dalam mobil ber-AC. Sebaiknya pilih pengharum mobil yang aromanya tidak terlalu kuat agar tidak pusing di dalam mobil.

Baca juga: Daftar 14 Aksesoris Mobil yang Wajib Tersedia

8. Audio mobil

Memasang variasi interior mobil ini memang biasanya butuh dana yang cukup mahal, mulai dari sekitar Rp1,3 jutaan. Aksesoris interior mobil ini berguna bagi kita yang sering mendengarkan musik saat di perjalanan. Namun, pemasangan audio ini tidak bisa sembarangan dilakukan oleh kita karena berhubungan dengan komponen kelistrikan mobil. Sebaiknya gunakan jasa profesional audio mobil.

9. Tempat sampah

Tempat sampah di dalam kabin berfungsi agar kita tidak sembarangan membuang sampah ke tengah jalan. Selain itu, supaya sampah tidak berserakan di dalam mobil. Apalagi kala ada sampah makanan yang dibuang sembarangan di dalam mobil bisa mengundang semut. Kabin juga jadi lebih rapi saat ada tempat membuang sampah.

10. GPS mobil

Sama seperti pemasangan audio, pemasangan GPS mobil juga tidak boleh sembarangan. GPS ini berfungsi sebagai alat navigasi dan pelacak. Perangkat ini biasanya sudah terpasang pada mobil-mobil baru, apalagi yang termasuk ke kelas mobil premium. Namun, pada mobil yang belum ada GPS bisa memasangnya sendiri dengan mendatangi bengkel modifikasi mobil. Harganya sekitar Rp100 ribu – Rp500 ribuan.

11. Car phone holder

Aksesoris mobil ini penting bagi kita yang sering mengecek ponsel saat di tengah perjalanan. Apalagi mobil yang belum dipasang GPS. Ponsel digunakan sebagai perangkat navigasi dan perlu diletakkan di tempat yang mudah dilihat. Caranya adalah dengan menggunakan car phone holder di tempat yang mudah dijangkau oleh pengemudi.

12. Bantal jok

Bantal jok berfungsi untuk membuat kita makin nyaman untuk menyandarkan kepala. Kita bisa lebih nyaman untuk tidur di dalam mobil. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk membuat tampilan mobil jadi lebih menarik.

Baca juga: 6 Tren Modifikasi Interior Mobil Kekinian Biar Makin Wow

13. Air purifier

Air purifier berfungsi menjaga udara yang bersirkulasi di dalam mobil tetap sehat dan segar. Apalagi bagi kita yang sering berkendara bersama keluarga. Tentu makin banyak orang di dalam mobil, udara bersih yang berputar makin sedikit. Oleh sebab itu butuh dijernihkan kembali dengan air purifier. Harga perangkat ini sekitar Rp50 ribu sampai Rp500 ribu.

14. Sarung cover setir

Ini bukan perangkat wajib, tetapi bisa meningkatkan kenyamanan berkendara. Apalagi bagi mobil-mobil yang setirnya terbuat dari bahan yang kurang nyaman. Biasanya sarung cover stir ini dibuat dari bahan kulit sintetis yang tidak licin saat dipegang.

15. Tirai mobil

Aksesoris interior mobil yang satu ini penting sekali untuk membantu fungsi kaca film. Tirai mobil ini bisa menghalau panas berlebih dari luar mobil. Selain itu juga mencegah orang luar bisa mengintip ke dalam kabin mobil.

Itu dia 15 variasi interior mobil yang bisa dipasang secara terpisah. Berkendara jadi lebih nyaman dan aman dengan adanya aksesoris ini. Selain mempercantik interior, kita juga perlu menjaga kebersihan interior mobil. Sebaiknya lakukan cuci mobil secara rutin ya. Banyak bengkel cuci mobil tersedia di aplikasi Otoklix dengan harga yang kompetitif.