Penyebab air radiator mendidih terkadang sulit untuk terdeteksi karena bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Air radiator sendiri sebenarnya berfungsi untuk menjaga suhu mesin mobil tetap normal saat sedang bekerja. Jika air radiator sampai mendidih, bisa dipastikan akan ada banyak masalah kerusakan yang muncul dan merugikan OtoFriends. Berikut beberapa penyebab air radiator mobil mendidih yang wajib diwaspadai:

Baca juga: 7 Rekomendasi Air Radiator Mobil yang Bagus dan Terlaris

Penyebab Air Radiator Mendidih

  1. Seals Rusak

Seals mobil berfungsi untuk melapisi beberapa komponen dalam mesin mobil. Jika seals rusak, maka akan ada kebocoran udara yang dapat meningkatkan tekanan dan mempengaruhi air radiator untuk mendinginkan mesin. Parahnya lagi, kemungkinan timbulnya korosi dalam ruang mesin juga akan terjadi. Alhasil mesin mobil pun menjadi rusak dan tidak dapat berfungsi maksimal.

  1. Gasket Silinder Bocor

Penyebab air radiator mendidih selanjutnya adalah kebocoran gasket silinder. Gasket silinder mempengaruhi kemampuan memompa air untuk mengalirkan cairan pendingin. Jika gasket silinder rusak, maka proses memompa cairan pendingin menjadi terganggu. Kebocoran gasket silinder ini biasanya bisa dideteksi dengan adanya gelembung udara di reservoir ekspansi mesin mobil.

  1. Tutup Radiator Tidak Tertutup Rapat

Tutup radiator yang tidak tertutup rapat dapat mempengaruhi proses pengaliran cairan pendingin ke seluruh sistem radiator mobil. Perlu diketahui, tutup radiator terdiri atas 3 seal independen, yaitu seal utama, tekanan, dan segel balik. Pastikan 3 seal independen ini selalu dalam kondisi yang baik  agar tidak menjadi penyebab air radiator mendidih.

  1. Kipas Radiator Rusak

Kipas radiator memiliki peran penting untuk mencegah air radiator mendidih. Jika kipas radiator rusak, peluang air radiator berubah menjadi panas  dapat terjadi. Korosi pada kipas adalah penyebab kipas radiator menjadi rusak. Mengantisipasi hal ini, OtoFriends harus rutin melakukan pengecekkan setiap komponen mesin mobil agar dapat mencegah adanya korosi atau kerusakan kipas radiator pada mobil.

  1. Thermostat Tidak Bekerja

Thermostat tidak bekerja dengan baik juga dapat menjadi penyebab air radiator mendidih. Thermostat bertugas untuk mengukur panas dan dingin mesin mobil. Suhu yang tidak terdeteksi dengan baik akan mempengaruhi kinerja ruang bakar mesin yang berujung pada kemungkinan mesin mengalami overheat.

  1. Cairan Pendingin Habis

Jarang mengecek kondisi radiator mobil? Jangan heran jika cairan pendingin yang habis dapat menjadi penyebab air radiator mendidih. Jika cairan pendingin habis maka kemungkinan mesin overheat dapat terjadi. Penting untuk melakukan pengecekan secara berkala dengan membuka kap mesin mobil dan mengecek apakah air radiator tetap berada di batas full atau tidak. OtoFriends dapat melakukan pengecekkan secara mandiri, atau membawa mobil OtoFriends ke bengkel rekanan Otoklix untuk melakukan perawatan dan pengecekkan rutin.

  1. Mesin Overheat

Bisa ditimbulkan oleh berbagai penyebab, mesin mobil yang overheat mempengaruhi kinerja radiator mobil. Mengantisipasi hal ini, OtoFriends dapat mengetahui besar suhu mesin dari indikator suhu yang ada pada panel depan setir. Jika suhu mesin terlihat lebih tinggi dari biasanya, segeralah lakukan pengecekan untuk menghindari kerusakan mesin mobil. Selain kipas yang rusak, cairan pendingin yang habis, thermostat yang tidak bekerja, beberapa penyebab mesin overheat lainnya antara lain:

  • Radiator buntu atau kotor
  • Water Pump yang sudah habis
  • Aliran radiator tersumbat

Cara Menghilangkan Penyebab Air Radiator Mendidih

Jika masalah air radiator mobil sudah terlanjur terjadi, pastikan OtoFriends melakukan penangan dengan tepat dan cermat. Pasalnya ada banyak penyebab air radiator mobil mendidih. Kesalahan penanganan dapat berakibat fatal bagi mesin kendaraan OtoFriends. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi atau mendeteksi penyebab air radiator mobil antara lain:

  1. Jangan membuka tutup air radiator mobil saat kondisi mesin radiator masih panas
  2. Jangan menyiram air radiator mobil saat dalam kondisi panas. Hal ini dapat merusak mesin dan membuat perubahan pada komponen mesin mobil OtoFriends.
  3. Jangan memaksa untuk menghidupkan mesin mobil karena berisiko merusak silinder head atau blok mesin.
  4. Tunggu hingga mobil dan mesin radiator berubah menjadi dingin. lakukan pengecekan di setiap komponen penting radiator untuk menemukan sumber atau penyebab air radiator mendidih. Jangan lupa untuk menambahkan air radiator dan pastikan bahwa air telah menyentuh batas yang tepat.

Baca juga: Waspada 5 Tanda Air radiator Mobil Habis atau Berkurang

Harga Air Radiator Mobil

 Air radiator mobil dibanderol mulai dari Rp80 ribuan hingga Rp150 ribuan. Mengantisipasi penyebab air radiator mobil terjadi, pastikan OtoFriends rutin melakukan ganti air radiator mobil setiap 20.000 kilometer atau saat air radiator sudah terlihat keruh. Saat melakukan penggantian, OtoFriends dapat sekalian melakukan pengecekkan setiap komponen mesin radiator, sehingga mobil lebih aman saat digunakan.

Baca juga: Pentingnya Kuras Radiator Mobil, Berikut Cara dan Biayanya

Itulah beberapa penyebab air radiator mobil yang harus OtoFriends ketahui. Jangan lalai melakukan perawatan dan pastikan OtoFriends melakukan servis di bengkel rekanan Otoklix. Servis di bengkel kategori OtoSelect bergaransi 30 hari setelah pengerjaan.

Pertanyaan Seputar Penyebab Air Radiator Mendidih

Penyebab air radiator mendidih terkadang sulit untuk terdeteksi karena bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Segera lakukan pengecekan apabila indikator suhu pada bagian panel mobil terlihat meningkat.

Tetap tenang dan jangan menyiram bagian radiator mobil dengan air. Tunggu hingga mesin mobil dingin, barulah lakukan pengecekan untuk memastikan bagian yang menjadi penyebab air radiator mendidih.

Air radiator mobil berfungsi untuk menjaga suhu mesin mobil tetap normal saat sedang bekerja. Jika air radiator sampai mendidih, bisa dipastikan akan ada banyak masalah kerusakan yang muncul dan merugikan pengendara.