servis berkala mobil

Mengenal Servis Berkala Pada Mobil yang Tak Boleh Diabaikan

Ketika memutuskan untuk membeli sebuah kendaraan roda empat, maka tanggung jawabnya tidak hanya mengisi bahan bakar saja. Para pemilik kendaraan juga harus rajin untuk menjaga performa kendaraan dengan servis. Salah satunya servis berkala yang masih sering diabaikan. Selengkapnya, kamu bisa mengintip ulasan berikut.

Apa Itu Servis  Secara Berkala?

Servis secara berkala merupakan jenis perawatan untuk mobil yang dilakukan berkala dengan jadwal tertentu. Biasanya servis ini dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama pasca melakukan beberapa servis rutin. Kegiatan merawat, memperbaiki, mengganti bagian yang kinerjanya menurun hingga menyetel mesin sangat penting untuk dilakukan.

Tujuannya tidak lain tidak bukan untuk menjaga performa kendaraan dan mesin agar kondisinya kembali atau mendekati sebelumnya. Perawatan satu ini sangat dianjurkan bahkan diwajibkan oleh pabrik mengingat manfaat yang akan didapatkan dari perawatan ini juga sangat banyak.

Mulai dari terhindar dari berbagai masalah yang membuat pengeluaran semakin membengkak. Tak heran jika servis berkala sering disebut sebagai langkah hemat dalam melakukan perawatan pada mobil. Kamu juga akan memiliki kendaraan yang panjang umur, berkendara lebih aman dan tentu saja sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Waktu yang Tepat untuk Servis Secara Berkala

Pengguna mobil pada umumnya mengetahui jika servis  secara berkala ini dilakukan berdasarkan jarak tempuh kendaraan. Sampai saat ini servis rutin juga masih dibedakan dari jarak tempuhnya. Untuk itu masih banyak yang memperkirakan waktu servis  berdasarkan berapa jarak tempuhnya. 

Bagi sebagian kendaraan, hal tersebut bisa berlaku dan dijadikan sebagai patokan. Tetapi untuk mobil yang ada di kota kota besar rasanya sedikit sulit. Lantaran mesin bisa beroperasi lebih lama karena macet yang setiap hari terjadi. Biasanya jarak 10.000 km akan bisa tercapai di waktu 6 bulan, tetapi di kota besar akan tercapai lebih dari  6 bulan.

Bukan berarti kamu harus menunggu 10.000 km untuk melakukan servis berkala karena walaupun macet, mesin tetap bekerja keras sehingga terjadi penumpukan karbon sisa pembakaran yang juga menyebabkan performa menurun. Untuk mobil yang jarang dipakai juga tetap butuh di servis karena ada proses oksidasi dari uap air.

Nantinya air ini akan bercampur dengan oli yang bisa merusak komponen mesin. Untuk itu, waktu yang tepat untuk melakukan servis rutin adalah setiap 6 bulan sekali. Waktu ini pas untuk semua kondisi mobil, baik yang rutin digunakan sampai yang jarang digunakan. Dengan begitu kendaraan kamu akan tetap memiliki performa yang jempolan.

Macam Macam Servis Mobil Secara Berkala

1. Servis Mobil Berkala 5.000 Km

Mobil baru akan melakukan servis pertamanya di angka 1.000 km, dan akan kembali di 5.000 km atau kurang. Biasanya masa yang dibutuhkan adalah 3-4 bulan untuk dapat perawatan berkala. Pada perawatan ini, mobil akan dibersihkan, dilakukan pengecekan pada mesin dan oli akan diganti. Di jenis servis ini, pihak bengkel umumnya belum ada biaya servis berkala.

2. Servis secara Berkala 10.000 Km

Pemeriksaan jenis ini akan lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Sebab mobil sudah memasuki masa pakai 6 bulan. Pihak bengkel akan mengecek dan juga membersihkan rem pada semua roda. Tidak hanya itu, oli transmisi dan oli mesin akan diganti yang baru. Rotasi ban juga tidak boleh absen dari pemeriksaan. Biaya perawatan mulai Rp400.000 sampai Rp600.000.

3. Servis Rutin 15.000 Km

Untuk pemeriksaan yang selanjutnya, dilakukan saat sudah memasuki 15.000 km kurang atau lebih. Item-item yang nantinya dilakukan pengecekan tak jauh berbeda dari yang 5.000 km. Yakni mulai dari ganti oli, fluida dan minyak minyak, suspensi, air radiator hingga pengecekan baut. Pengecekan ini juga berlaku untuk kelipatan selanjutnya.

4. Servis Mobil Berkala 20.000 Km dan Kelipatannya

Seperti yang disinggung sebelumnya, ada baiknya jika dilakukan pengecekan tiap 6 bulan sekali yakni memasuki lebih dari 15.000 Km. Pada servis kali ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Yang diperiksa nantinya akan lebih banyak, mulai dari rem di semua roda, kalibrasi idle, penggantian busi, balancing, dan mengganti bagian yang aus.

Begitu juga untuk masa masa yang akan datang juga akan diperiksa secara menyeluruh. Biaya yang dibutuhkan untuk servis berkala juga akan lebih besar. Berkisar mulai Rp1-3 juta bahkan lebih. Harga akan ditentukan berdasarkan merek mobil yang kamu miliki. Dan biasanya akan berbeda harganya dengan merek yang lainnya.

Servis secara berkala memang sangat penting dan harus diperhatikan jadwalnya. Untuk menghemat biaya, kamu bisa menyiasati dengan beberapa hal. Seperti menggunakan BBM sesuai mesin, merawat ban kendaraan dan juga menggunakan sparepart yang asli. Pastikan kamu juga tidak melewatkan serta memperhatikan jadwal rutin servis di bengkel terdekat.

Jangan khawatir jika kamu belum punya bengkel langganan terpercaya. Percayakan mobil kesayanganmu pada Otoklix. Otoklix sebagai platform yang bisa digunakan untuk melakukan booking servis mobil.

Dengan servis melalui Otoklix kamu akan mendapatkan harga lebih murah hingga 50% dibandingkan dengan bengkel authorized, tanpa adanya biaya tambahan yang tersembunyi. Otoklix telah bekerja sama dengan 1.000+ mitra bengkel di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Karawang. Ada garansi servis sampai 30 hari juga, lho!Instal aplikasi Otoklix sekarang, atau kunjungi www.otoklix.com. Otoklix, sekali ‘klik’ beres!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *