Subaru BRZ resmi diluncurkan dan diperkenalkan PT Plaza Auto Mega selaku agen pemegang merek (APM) Subaru pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022 kemarin di ICE, BSD, Tangerang.

Sebelumnya, sudah ada Subaru Forester dan Subaru XV yang diperkenalkan di pameran yang sama.  Walaupun begitu, sebenarnya Subaru BRZ di Indonesia bukanlah nama baru. Di tahun 2014 lalu, Subaru BRZ sudah diperkenalkan dan dijual secara resmi oleh APM Motor Image.

    Subaru BRZ 2022 semakin lengkap dengan pilihan dua jenis tenaga mesin yakni mesin transmisi manual dan transmisi otomatis. Artikel ini akan membahas tentang harga Subaru BRZ 2022 dan spesifikasinya.

    Baca juga: Daftar Harga Subaru Forester Beserta Spesifikasinya

    Harga Subaru BRZ 2022

    Indonesia bukan negara pertama yang memasarkan Subaru BRZ 2022, Filipina sudah sejak dulu menjual Subaru BRZ 2022 dengan harga yang tidak beda jauh dari Indonesia yakni 2,4 juta peso sampai 2,5 juta peso atau setara dengan Rp648 juta sampai Rp675 jutaan.

    Adapun harga Subaru BRZ Indonesia adalah sebagai berikut:

    Subaru BRZ MT : Rp825 jutaan (Harga OTR Jakarta)

    Subaru BRZ AT : Rp850 jutaan (Harga OTW Jakarta)

    Harga Subaru BRZ di atas merupakan harga on the road (OTR) Jakarta. Harga Subaru BRZ 2022 bisa saja berubah tanpa pemberitahuan tergantung wilayah. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan riset terlebih dulu untuk mengetahui harga Subaru BRZ 2022 terbaru.

    Performa Mesin Subaru BRZ

    Subaru BRZ atau lebih dikenal dengan Toyota 86 di beberapa negara adalah mobil joint venture antara Subaru dan Toyota. Memiliki dua varian transmisi yakni transmisi manual close-ratio 6 percepatan dan transmisi otomatis direct-control 6 percepatan.

    Kapasitas mesin mobil Subaru BRZ 2.4 L mesin boxer naturally aspirated yang mampu menghasilkan tenaga keluaran maksimal bisa mencapai 200 ps pada 7.000 rpm dengan torsi maksimal 250 Nm pada 3.700 rpm.

    Mesin Subaru BRZ diklaim sempurna tanpa cacat, khususnya bila kamu sering melakukan pergantian gigi atas dan bawah. Toyota BRZ ini bisa mencapai kecepatan tertingginya yakni 100 kpj dari nol dalam 7,6 detik. Jarak tempuh rata-rata Subaru BRZ yakni 11,5 kilometer per liter.

    Baca juga: Deretan 12 Mobil Transmisi Manual Terbaru Desain Modern

    Fitur Subaru BRZ

    Sementara itu, dilihat dari tingkat keselamatan, Subaru BRZ 2022 memiliki fitur keselamatan lengkap karena menggunakan Subaru EyeSight generasi keempat. 

    Fitur keselamatan generasi keempat ini terdiri dari Pre-Collision Braking System, Lane Departure and Sway Warning, Adaptive Cruise Control, dan Lead Vehicle Start Alert.

    Khusus Subaru BRZ transmisi otomatis, telah tersedia pilihan High Beam Assist, sedangkan pada mobil transmisi manualnya tak kalah canggih karena dibekali dengan adaptive control dan paddle shifter.

    Daya cengkeram roda mobil Subaru BRZ rasanya seperti lambat, tetapi sebenarnya kita akan merasakan sensasi tersendiri saat melakukan akselerasi di tikungan dan belokan. 

    Fitur pendukung lainnya di antaranya seperti airbag di bagian depan, vehicle dynamic control, electronic brake force distribution, engine immobilizer, brake assist system, dan anti-lock braking system.

    Desain Eksterior Subaru BRZ

    Subaru BRZ memiliki dimensi panjang 4240 mm, lebar 1775 mm dan tingginya 1425 mm dengan ukuran wheelbase 2570 mm mampu memberikan ruang yang cukup untuk pengemudi dan penumpang, apalagi untuk ruang untuk kaki dan kepala.

    Mobil yang terlihat compact dan aerodinamis ini ternyata memiliki beberapa aksen sporty. Mulai dari lampu depan dan lampu sudut body mobil yang mengadopsi karakteristik lampu mobil Porsche dengan sedikit modifikasi.

    Desain grill body depan mobil memanjang sampai ke bagian fender depan dan samping yang semakin memperkuat kesan sport car. 

    Baca juga: 14 Mobil Sport Terbaru yang Bakal Rilis di Masa Mendatang

    Sedangkan di bagian body mobil belakang, ducktail mobil menyatu dengan pintu bagasi dan muffler. Mobil ini memiliki ukuran velg alloy 17 inci dengan ukuran ban mobil 215/45 R17.

    Apabila OtoFriends mau melakukan variasi terhadap ban mobil Subaru BRZ atau modifikasi komponen lainnya, maka OtoFriends bisa mencari bengkel body repair terbaik di sini.

    Mobil Subaru BRZ memiliki tujuh varian warna, di antaranya adalah silver, black, white, red, blue, gray, deep black.

    Desain Interior Subaru BRZ

    Masuk ke dalam bagian interior mobilnya, Toyota BRZ ini sudah menggunakan touchscreen untuk sistem head unitnya yang berukuran 8 inci. 

    Head unit mobil ini telah terkoneksi dengan perangkat Apple CarPlay dan Android. Headunit ini juga bisa terkoneksi dengan hands free bluetooth, reverse camera dan streaming audio.

    Sementara itu, panel meter sudah semakin canggih dengan mengadopsi sistem digital dengan titik fokusnya berbentuk tachometer. 

    Kelebihan tachometer adalah tampilan speedometer yang terdigitalisasi. Selanjutnya, di sebelah kiri tachometer terdapat layar G-Force meter, lap timer, power display, battery & temperature meter serta trip meter.

    Beralih ke bagian kursi, mobil Subaru BRZ menerapkan konsep kursi 2+2 yang berarti untuk penumpang di bagian belakang akan sedikit kurang nyaman. Meskipun begitu, beban bagasi mobil Subaru mampu menampung hingga 243 liter.

    Merk mobil Subaru sudah ada di Indonesia sejak 2014, kendati demikian merk mobil ini sempat vakum dan tidak lagi beredar di Indonesia. Saat kita memutuskan untuk membeli mobil Subaru tentu yang jadi pertimbangan adalah di mana tempat servis mobil yang bisa memperbaiki mobil Subaru?

    Untuk menjawab pertanyaan tersebut, OtoFriends bisa mencari bengkel mobil terbaik yang bisa memperbaiki mobil Subaru di aplikasi Otoklix.

    Pertanyaan Seputar Subaru BRZ 

    Setelah lebih dari 6 tahun Subaru tak dipasarkan di Indonesia, kini ada tiga varian mobil Subaru terbaru yang mulai dipasarkan di Indonesia, salah satunya adalah Subaru BRZ.

    Harga mobil Subaru BRZ transmisi manual Rp825 juta sedangkan transmisi otomatisnya Rp850 juta.

    Secara keseluruhan, khususnya performa mesin, sebenarnya tak ada perbedaan antara Subaru BRZ dengan Toyota GR 86. Walaupun begitu, ada satu perbedaan yang begitu mencolok yakni pada lapisan kulit kursi penumpang yang bisa kita jumpai pada mobil Subaru BRZ.