Mobil Toyota Corolla Altis merupakan mobil jenis sedan yang hadir dalam dua varian, yakni tipe V AT dan Hybrid. Mobil bermesin hybrid ini memiliki banyak fitur menarik yang bisa dieksplorasi. Simak selengkapnya!

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Spesifikasi Toyota Corolla Altis

1. Eksterior

Ukuran Toyota Corolla Altis panjang 4.630 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.435 mm. Selain itu, mobil ini juga memiliki jarak sumbu roda (wheelbase) sekitar 2.700 mm. Tampilan eksterior Toyota Corolla Altis juga tampak mewah dilengkapi velg Striking Alloy Wheels berukuran 17 inci.

Pada bagian depan, terdapat desain grille dan bumper dengan bentuk dan ukuran yang lebih besar. Selain itu, terdapat lampu kabut (fog lamp) di sisi kanan dan kiri yang akan membantu penglihatan pengemudi saat berkendara di jalanan berkabut atau saat malam hari.

Kesan elegan juga terpancar dari desain stop lamp berteknologi LED, serta bumper di bagian belakang yang tampak dinamis.  Tampilan menawan juga ditonjolkan oleh lekukan halus di bagian samping.

2. Interior 

Ruang kabin Toyota Corolla Altis tampak luas. Selain itu, banyak fitur canggih yang dapat mendukung kenyamanan semua penumpang Toyota Corolla Altis.  Dasbor Toyota Corolla Altis juga didesain dengan Modern Center Cluster yang dapat menambah kesan mewah.

Selain itu, terdapat fitur Integrated Multimedia System dengan beberapa pilihan menu yang akan memudahkan pengemudi dalam melakukan pengaturan multimedia. Kemudian, terdapat fitur Progressive Combination Meter berukuran 7 inci yang atraktif dan informatif, serta Dual Zone Auto AC.

Steering Switch juga disematkan pada setir kemudi guna mengendalikan sistem audio dengan mudah tanpa mengurangi konsentrasi mengemudi. Selain itu, terdapat pula fitur Electronic Parking Brake, fitur Drive Mode, dan fitur EV Mode.

Baca juga: Catat! Daftar Pajak Mobil Toyota Terbaru di Indonesia

3. Performa mesin

Toyota Corolla Altis dibekali mesin 2ZR-FXE 4 silinder in-line dan 16 valve bertipe DOHC dengan teknologi VVT-I, serta memiliki kapasitas daya hingga 1.798 cc. Kapasitas tangki yang dimiliki mobil ini adalah 43 liter.

Toyota Corolla Altis juga dilengkapi teknologi EFI sebagai sistem pemasukan bahan bakar bensin. Menggunakan transmisi otomatis (A/T) CVT, mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 95 PS per 5.200 RPM serta torsi maksimal 14.47 Kgm per 4.000 RPM. 

Selain itu, Toyota Corolla Altis juga memiliki suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan suspensi Double Wishbone di bagian belakang. Kedua suspensi tersebut dapat menjadi stabilitas mobil sedan Corolla Altis serta dapat meredam getaran saat berkendara. Toyota Corolla Altis juga dilengkapi rem Ventilated Disc dan Solid Disc.

4. Fitur keselamatan

Toyota Corolla Altis juga dilengkapi berbagai fitur keselamatan. Di antaranya fitur Clearance Sonar System dengan teknologi 6 sensor ultrasonik di bagian depan dan belakang. Fitur tersebut dapat mengidentifikasi objek sekitar untuk meminimalisir potensi tabrakan.

Selain itu, Toyota Corolla Altis juga memiliki fitur Blind Spot Monitor (BSM) yang dapat mengidentifikasi setiap objek yang ada di posisi blind spot menggunakan teknologi radar.

Fitur keselamatan lainnya adalah Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang dapat mendeteksi adanya kendaraan atau objek lain di sisi belakang. Kemudian, terdapat fitur Adaptive Cruise Control dan Pre Collision System (PCS) yang dapat mengidentifikasi mobil di depan serta dapat menjaga agar tetap berada di jarak aman.

Toyota Corolla Altis juga memiliki fitur Lane Departure Alert with Steering Control dalam bentuk peringatan secara visual serta suara. Kemudian, terdapat fitur Automatic High Beam (AHB) yang dapat mengidentifikasi posisi kendaraan di sekitar saat berkendara di malam hari. Toyota Corolla Altis juga melekatkan fitur keselamatan andal di bagian rem seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking-Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), hingga Vehicle Stability Control (VSC).

Baca juga: Jenis Mobil Toyota: SUV, MPV, Hatchback, Sedan, Sport

Harga Toyota Corolla Altis

Berikut estimasi harga Toyota Corolla Altis. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Tipe mobilEstimasi harga
Corolla Altis 1.8L HYBRID A/TRp565,6 juta
Corolla Altis V ATRp514 juta

Kelebihan dan kekurangan Toyota Corolla Altis

Kelebihan

Dengan spesifikasi di atas, Toyota Corolla Altis memiliki berbagai kelebihan. Di antaranya tampilan eksterior yang mewah, kapasitas kabin lebih luas, serta material interior juga tampak mewah. Selain itu, tarikan bahwa mobil Toyota Corolla Altis juga cukup responsif. Bantingan suspensinya juga lembut.

Kekurangan

Meskipun demikian, Toyota Corolla Altis juga tidak lepas dari kekurangan. Body mobil yang terlalu lebar membuat mobil tampak limbung apabila ingin menyalip mobil dadakan. Selain itu, setir Toyota Corolla Altis juga tampak terlalu ringan dan susah digunakan saat berada dalam kecepatan tinggi.

Itulah penjelasan mengenai spesifikasi Toyota Corolla Altis beserta perkiraan harganya. Apabila OtoFriends tertarik memiliki mobil tersebut, jangan lupa untuk melakukan perawatan mobil secara rutin, ya. Tidak perlu pusing-pusing mengantri di bengkel, OtoFriends bisa melakukan reservasi secara online lewat aplikasi Otoklix. Sehingga, mobil OtoFriends akan ditangani sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Baca juga: Cara Daftar Otoklix dan Keuntungan Servis di Otoklix

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

Pertanyaan seputar Toyota Corolla Altis

Harga Toyota Corolla Altis beragam, mulai dari Rp 514,2 juta hingga Rp 565,6 Juta di Indonesia. Mobil Toyota Corolla Altis tersedia dalam 7 warna, 2 varian, 1 pilihan mesin, dan 1 opsi transmisi: CVT.

Harga mobil bekas Toyota Corolla mulai Rp 50 jutaan saja. Namun, setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda. OtoFriends bisa mengecek harga pasaran lewat marketplace.

Toyota Corolla Altis termasuk kendaraan jenis sedan yang mewah dengan konsumsi bahan bakar irit hingga 18 km/liter.