Toyota Corolla Cross Hybrid merupakan salah satu mobil hybrid terbaru dari Toyota yang dirilis pada tahun 2020. Generasi Corolla terbaru ini dikembangkan dengan mesin berteknologi hybrid yang canggih dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap. 

Toyota Corolla Cross Hybrid memiliki spesifikasi dan fitur yang lebih lengkap dibanding Toyota Corolla Cross biasa. Perbedaan terbesarnya yaitu adanya tambahan motor listrik sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Corolla Cross Hybrid merupakan mobil hybrid termurah dari Toyota. Lalu kira-kira berapa harga Toyota Corolla Cross Hybrid sekarang?

Dalam artikel ini, Otoklix akan memberikan ulasan lengkap spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid, pilihan warna, pajak dan harganya. Simak sampai akhir pembahasan, ya!

Eksterior Toyota Corolla Cross Hybrid

Pertama, kita akan membahas mulai dari eksterior Toyota Corolla Cross Hybrid. Eksterior Toyota Corolla Cross Hybrid memiliki desain yang sporty dan modern, tampilannya masih sama dengan Corolla versi bensin. Yang paling terlihat perbedaanya dari desain logo Toyota dan lampu depan dengan aksen warna biru.

Mobil dengan kapasitas 5 penumpang ini memiliki ukuran dengan panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm dan jarak sumbu roda 2.640 mm. Desain grill depan berbentuk trapesium dengan lampu depan yang menyipit tajam dengan teknologi LED.

Crossover dari Toyota ini sudah memiliki fitur Moonroof yang bisa dibuka tutup secara otomatis. Jadi sirkulasi udara pada kabin mobil lebih segar dan pandangan bisa semakin luas. Saat dibuka, moonroof akan masuk ke bagian plafon mobil.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Toyota Corolla Altis

Interior Corolla Cross Hybrid

Masuk ke dalam interior Toyota Corolla Cross Hybrid, desainnya modern dan mewah. Mobil ini dilengkapi dengan jok yang nyaman dengan bahan dari kulit. Interior didominasi oleh warna hitam dengan sedikit aksen warna silver pada beberapa bagian. Kabin Crossover 5 penumpang ini termasuk lega dibandingkan dengan rival sekelasnya.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur canggih pada bagian setir kemudi yang bisa disesuaikan secara otomatis. Terdapat Multi-Purpose Head Unit 9 inchi dengan layar sentuh yang sudah mendukung radio, Bluetooth, NFC, Miracast dan Voice Command. Terdapat juga sistem audio system yang canggih, navigasi, dan juga kamera parkir.

Mesin Corolla Cross Hybrid

Mesin Corolla Cross Hybrid menggunakan mesin 2ZX-FXE 4 silinder inline teknologi DOHC VVT-i berkapasitas 1.798 cc. Mesin bensin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 72 PS pada 5.200 RPM dengan torsi maksimal 142 Kgm pada 3.500 RPM. Pada tipe hybrid terdapat tambahan motor listrik dengan tenaga baterai. Tenaga yang dihasilkan mencapai 72 PS dengan torsi 162 Kgm.

Jika kedua mesin tersebut dikombinasikan tentunya akan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Keuntungan lain, konsumsi bahan bakar Toyota Corolla Cross Hybrid ini tergolong irit sekitar 22,4 km/liter saat pengujian. Menarik bukan konsumsi BBMnya bisa bersaing dengan mobil LCGC. 

Baca juga: 5 Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Konvensional Biasa

Warna Corolla Cross Hybrid

Corolla Cross Hybrid tersedia dalam 6 pilihan warna yang berbeda. Jadi OtoFriends memiliki banyak pilihan warna dan tentunya tidak pasaran. Berikut beberapa warna Toyota Corolla Cross Hybrid:

  1. Red Mica Metallic
  2. Attitude Black Mica
  3. Nebula Blue Metallic
  4. Graphite Metallic
  5. Platinum White Pearl
  6. Celestite Gray Metallic

Pajak Corolla Cross Hybrid

Dengan menggunakan dua mesin yaitu bensin dan hybrid, apakah pajak Toyota Corolla Cross Hybrid menjadi tambah mahal? Memang benar Toyota Corolla Cross Hybrid memiliki perhitungan skema pajak yang lebih mahal. Tetapi mendapatkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang lebih rendah dari mobil biasa.

Besar pajak yang harus dibayarkan untuk Toyota Corolla Cross Hybrid sekitar 7-8 juta tergantung wilayah. Mahal murahnya pajak tergantung dari harga jual mobil, semakin mahal tentunya pajak menjadi semakin tinggi. Tetapi ada poin plus dari mobil hybrid yang harus kamu ingat yaitu konsumsi bahan bakar yang hemat.

Harga Corolla Cross Hybrid

Harga Toyota Corolla Cross Hybrid di Indonesia diambil dari website resmi Toyota Rp540,9 juta. Beda lokasi bisa saja harganya juga ada sedikit perbedaan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa datang ke dealer Toyota atau menghubungi sales mobil Toyota, siapa tahu ada diskon spesial dan bonus menarik lainnya.

Secara keseluruhan,  mobil Toyota Corolla Cross Hybrid merupakan pilihan yang baik bagi kamu yang sedang mencari mobil hybrid yang nyaman, modern, dan efisien. Mobil ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap dan canggih, serta memiliki desain yang sporty dan modern. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup kompetitif dengan nama besar Toyota. 

Baca juga: Fakta-fakta Mobil Hybrid yang Jarang Orang Tahu!

Tidak lupa OtoFriends harus merawat mobil hybrid dengan melakukan service rutin dan ganti oli secara berkala. Jika belum berpengalaman bisa konsultasi ke bengkel langganan bagaimana cara merawat mobil hybrid agar tetap awet tidak ada masalah. Mengingat ini merupakan teknologi baru, belum banyak orang yang menguasai terutama dalam hal perbaikan.

Dengan aplikasi Otoklix, kamu bisa menemukan bengkel terbaik di sekitar tempat tinggal lewat smartphone. Tidak perlu antri untuk service ke bengkel, kamu bisa melakukan booking online dan mendapatkan harga yang sama dengan di bengkel. Yuk download sekarang dan coba aplikasinya!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Corolla Cross Hybrid :

Pajak Toyota Corolla Cross Hybrid di Indonesia sekitar 7-8 juta tergantung wilayah.

Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Hybrid saat pengujian 22,4 Km/liter.

Toyota Corolla Cross Hybrid merupakan jenis mobil Crossover 5 penumpang.