Alarm mobil berfungsi untuk melindungi mobil dari pencurian mobil dan barang berharga yang ada di mobil. Pernahkan OtoFriends mengalami alarm mobil tiba-tiba berbunyi sendiri tanpa sebab? Jangan panik, Otoklix sudah menyiapkan cara mematikan alarm mobil dengan cepat dan mudah.

Mobil keluaran terbaru saat ini hampir semuanya sudah dilengkapi dengan fitur alarm. Bunyi alarm pun beragam bisa dipilih sesuai dengan selera. Mobil biasanya memiliki empat sensor alarm, yaitu sensor switch di pintu, sensor getar, sensor mikrofon dan sensor tekanan. Sensor di pintu akan bekerja saat ada yang dibuka secara paksa. Sensor getaran bekerja ketika mobil terkena guncangan atau bergoyang. Dan sensor mikrofon akan berbunyi saat mendeteksi suara yang keras.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana sewaktu-waktu jika alarm mobil bermasalah, silahkan baca pembahasan cara mematikan alarm berikut ini:

Cara Mematikan Alarm Mobil

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mematikan alarm mobil, silahkan coba satu persatu.

1. Buka pintu secara manual

Cara mematikan alarm mobil yang pertama adalah dengan membuka pintu mobil secara manual. Pintu mobil memiliki sensor alarm yang berbentuk switch, saat pintu terbuka secara otomatis switch alarm akan mati.

Kesalahan paling banyak ditemui yaitu pemilik mobil memaksa mematikan alarm dengan remote. Padahal, permasalahan bisa saja di remote yang rusak atau habis baterai. Jika remote tidak berfungsi, langsung saja buka mobil menggunakan anak kunci.

2. Menyalakan mobil

Jika membuka pintu mobil alarm masih berbunyi, langsung nyalakan mobil seperti biasa. Saat mesin menyala, sensor akan mendeteksi bahwa kunci mobil yang dipakai untuk menyalakan adalah asli. Kemudian alarm secara otomatis akan mati.

3. Reset kunci manual

Saat mesin mobil dinyalakan tetapi alarm masih saja berbunyi, langsung saja coba reset kunci secara manual. Caranya, kunci kontak diputar dari On ke Off sebanyak 10 kali secara konstan.

Memutar kunci mobil secara berulang ini akan menonaktifkan fungsi alarm. Sebelum berhenti berbunyi, alarm biasanya akan berbunyi lebih cepat baru kemudian berhenti. Jika alarm berhasil berhenti, maka lampu kecil yang berkedip pada speedometer akan mati. Inilah tanda bahwa alarm mobil sudah berhasil dimatikan.

4. Melepas Sekring

Cara mematikan alarm mobil yang bunyi terus selanjutnya dengan melepas sekring/fuse mobil. Letak sekring mobil biasanya berada di bawah kap mesin atau bawah jok belakang. Contohnya untuk mobil Toyota Avanza, letak sekring berada pada ruang mesin dan di bawah kemudi.

Perlu diketahui bahwa letak sekring setiap mobil berbeda-beda, pastikan kamu mengetahui lokasi sekring pada mobil yang dimiliki. Kode sekring untuk alarm mobil tulisannya “HORN”. Tanda sekring yang bermasalah biasanya kakinya berwarna hitam. Jika sudah begini, silahkan ambil sekring cadangan dari tempat yang tulisannya “SPARE”.

5. Melepas Aki Mobil

cara mematikan alarm mobil tanpa remot paling jitu adalah dengan melepas konektor aki mobil. OtoFriends bisa melepas aki pada bagian negatif (-) berwarna hitam selama beberapa detik. Jika sudah silahkan pasang kembali konektor aki mobil. Cara ini berfungsi untuk reset seluruh kelistrikan pada mobil.

6. Ubah Mode Silent

Cara mematikan alarm mobil dengan remote yaitu dengan cara merubah ke silent mode. Cara mematikan ini bisa kamu pilih jika alarm terlalu sensitif sering berbunyi terus-menerus. Caranya kamu bisa langsung menekan mode silent pada remot mobil sampai mobil tidak berbunyi lagi. 

Baca juga: Cara Service Alarm Mobil saat Alarm Mendadak Mati

7. Mengganti Baterai Remote

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan dan alarm masih berbunyi terus, coba cek baterai remote mobil. Kadang kala baterai remote yang sudah habis bisa membuat alarm menjadi error berbunyi terus.

Coba kamu bersihkan pada bagian baterai kemudian ganti baterai dengan yang baru. Beberapa pemilik mobil tidak menyadari jika baterai remote mobil miliknya sudah habis. Usahakan menggunakan baterai dengan berkualitas baik agar lebih awet dan tidak cepat habis.

Jika ketujuh cara mematikan alarm mobil diatas belum bisa membuahkan hasil, jalan keluarnya mobil harus dibawa ke bengkel terdekat. Agar tidak terulang kembali, kamu perlu tahu beberapa penyebab alarm sering bermasalah.

Penyebab Alarm Mobil Rusak

Agar alarm mobil tetap awet, kamu perlu mengetahui beberapa penyebab alarm mobil rusak. Jika rusak, harga modul alarm mobil Avanza saja bisa mencapai sejutaan, belum mobil tipe lainnya. Penyebab alarm mobil rusak ini mungkin tidak berbeda jauh dengan jenis mobil lainnya. Berikut pembahasannya:

1. Frekuensi Terganggu

Alarm mobil bisa saja tidak berfungsi karena terganggunya frekuensi . Penyebab gangguan frekuensi bisa berasal dari pemancar radio, CCTV, BTS, logram protector dan peralatan elektronik yang memancarkan gelombang frekuensi. Solusinya kamu bisa memindahkan mobil ke area yang mempunyai minim frekuensi, agar alarm bisa normal kembali.

2. Modul Rusak

Modul rusak bisa bersumber dari faktor usia dan juga kurang perawatan. Modul alarm memiliki harga yang  terbilang mahal loh. Sebelum mengganti modul baru, coba servis ke bengkel yang mengerti tentang komponen modul alarm ini.

3. Bateai Remote Habis

Baterai remote yang habis bisa membuat alarm rusak tidak berfungsi. Jika baterai remot sudah lebih dari satu tahun, rekomendasi kami bisa segera ganti baru. Karena kita tidak tahu apakah masih memiliki daya atau memang sudah lemah.

4. Komponen Alarm Rusak

Penyebab alarm tidak berfungsi bisa saja berasal dari komponen yang rusak. Kerusakan komponen ini bisa disebabkan banyak hal, misal faktor usia mobil. Untuk perbaikan seperti ini bisa kamu serahkan ke bengkel terpercaya yang bisa menangani masalah kelistrikan. Karena berkaitan dengan kelistrikan, kamu perlu berhati-hati, bisa saja korsleting dan menyebabkan kebakaran.

5. Komponen Remote Bermasalah

Kerusakan alarm mobil bisa terjadi karena remote bermasalah. Hindari menyimpan remot pada saku celana sehingga rawan tertekan. Dan juga jangan sering-sering menjatuhkan remot, karena bisa menyebabkan komponen terguncang.

Baca juga: 8 Cara Service Remote Alarm Mobil, Bisa Hemat Ratusan Ribu

6. Sekring Bermasalah

Sekring yang rusak bisa menjadi penyebab alarm tidak berbunyi. Biasanya yang sering ditemui sekring putus atau terbakar. Silahkan langsung ganti dengan sekring yang baru, pastikan Ampere yang digunakan sama agar tidak berbahaya. 

7. Aki Soak

Aki mobil berfungsi sebagai sumber tenaga listrik untuk menghidupkan semua komponen kelistrikan pada mobil. Tentunya jika aki bermasalah, alarm mobil pun menjadi tidak bisa bekerja seperti sedia kala. Umumnya aki mobil memiliki usia pakai 2 sampai 5 tahun.

Demikian pembahasan mengenai cara mematikan alarm mobil. Pastikan mobil selalu dilakukan service rutin dan selalu cek kelistrikan mobil di bengkel aki, pastikan aki masih normal. Lewat aplikasi Otoklix kamu bisa menemukan bengkel-bengkel terbaik di dekat lokasi tempat tinggal kamu. Yuk coba sekarang!

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Penyebab mobil bunyi terus bisa berasal dari alarm terlalu sensitif, modul alarm rusak, frekuensi terganggu dan lain sebagainnya.

Cara mematikan alarm bisa dengan membuka pintu, menyalakan mesin, reset kunci manual, ganti baterai baru dan lainnya.

Langkah melepas sekring dengan membuka kap mesin, kemudian cari kotak sekring, lepas sekring yang bertuliskan “HORN” dan ganti sekring baru.