Pom bensin selalu menjadi tempat favorit setiap pengendara dalam melakukan pemberhentian saat sedang diperjalanan. Pasalnya, pom bensin tidak hanya berfungsi sebagai tempat pengisian bahan bakar saja, beberapa fungsi lain dari pom bensin antara lain, tempat istirahat para pengendara yang sedang melakukan perjalanan jauh, tempat pengisian angin atau air radiator kendaraan, tempat persinggahan untuk ke toilet, ATM, minimarket, foodcourt, dan musholla, hingga tempat janji temu bagi para pengendara yang memiliki satu tujuan destinasi namun berasal dari berbagai tempat berbeda. 

Memiliki fungsi yang penting, tentu OtoFriends akan merasa sangat kebingungan jika harus mengalami kesulitan untuk sampai ke lokasi pom bensin terdekat. Mengatasi hal tersebut, berikut ada beberapa tips yang bisa OtoFriends gunakan agar dapat menemukan lokasi pom bensin terdekat dengan lebih praktis dan efisien.

1. Mencari Pom Bensin Terdekat Via Google Maps

Cara mencari pom bensin terdekat dengan mudah dan cepat yang pertama adalah mencari pom bensin terdekat via Google Maps. Gak pakai ribet, OtoFriends hanya perlu membuka aplikasi Google Maps di smartphone OtoFriends, ketikkan kata “SPBU” di kolom pencarian, dan secara otomatis Google Maps akan memberikan pilihan SPBU atau pom bensin terdekat dari lokasi OtoFriends berada. Lanjutkan dengan mengklik direction atau rute untuk mengetahui arah jalan menuju ke pom bensin terdekat pilihan OtoFriends. Jangan lupa untuk mengaktifkan GPS dan paket data yang OtoFriends miliki terlebih dahulu, agar Google Maps dapat tersambung ke internet sehingga dapat lebih mudah untuk melakukan pencarian pom bensin terdekat.

2. Mencari Pom Bensin Terdekat Via Situs Pertamina Retail

Ingin informasi yang lebih akurat? OtoFriends bisa mencoba untuk mencari informasi pom bensin terdekat via situs pertamina retail. Caranya juga cukup mudah. OtoFriends hanya perlu membuka website resmi perusahaan, pilih menu jaringan dan fasilitas, lalu pilih lokasi pom bensin terdekat berdasarkan lokasi dan provinsi tempat OtoFriends berada. OtoFriends pun akan langsung diarahkan ke alamat lokasi pom bensin terdekat berada.

Baca juga: Mengenal Jenis Bahan Bakar untuk Mesin Kendaraan

3. Mencari Pom Bensin Terdekat Via Google Pencarian

Tidak memiliki aplikasi Google Maps, OtoFriends hanya perlu membuka chrome atau browser internet pada smartphone yang OtoFriends miliki, lalu mengetikkan kata kunci “pom bensin” atau “SPBU” pada kolom pencarian. Setelah itu, akan muncul beberapa lokasi, pilih salah satu pom bensin terdekat yang ingin OtoFriends datangi kemudian klik SPBU tersebut, dan OtoFriends akan diarahkan langsung ke Google Maps. Klik direction atau rute, maka OtoFriends akan segera tahu arah untuk menuju ke pom bensin terdekat yang OtoFriends pilih.

4. Mencari Pom Bensin Terdekat Via Aplikasi Pertamina

Ingin cara yang lebih modern, Pertamina tidak hanya memiliki situs web untuk melakukan pencarian lokasi pom bensin terdekat, OtoFriends juga dapat melihatnya melalui aplikasi Pertamina yang bisa OtoFriends dapatkan dengan mudah di Playstore atau Appstore. Caranya, download aplikasi Pertamina di smartphone OtoFriends, dan lakukan registrasi. OtoFriends bisa langsung menuju ke menu halaman “Outlet terdekat”. Informasi terkait lokasi pom bensin terdekat, kode, alamat, hingga fasilitas akan ditampilkan, OtoFriends pun akan lebih mudah melakukan pemilihan pom bensin terdekat sesuai dengan kebutuhan.

Menariknya, jika OtoFriends melakukan pembelian bensin melalui aplikasi pertamina, OtoFriends akan mendapatkan poin sesuai dengan bahan bakar yang OtoFriends pilih. Pertamax mendapatkan 25 poin, pertamax turbo 100 poin, pertalite 1 poin, solar dex 100 poin dan dexlite 25 point. Poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan merchandise atau voucher, sehingga secara tidak langsung OtoFriends juga mendapatkan keuntungan lain.

Baca juga: Oli Pertamina: Jenis, Spesifikasi, dan Harga Terlengkap

5. Mencari pom Bensin Terdekat Via Google Assistant

Ingin bisa mencari lokasi pom bensin terdekat sambil multitasking, OtoFriends bisa mencoba fitur Google yang satu ini. Google Assistant memungkinkan Otofriends untuk melakukan searching hanya dengan mengucapkan kata kunci yang OtoFriends inginkan. 

Caranya cukup mudah, silahkan aktifkan fitur Assistant Voice Match di smartphone OtoFriends, kemudian ucapkan “Ok Google”, dan ucapkan “pom bensin terdekat”, maka secara otomatis Google Assistant akan memberikan beberapa rekomendasi pom bensin terdekat. Klik rute dan OtoFriends akan diarahkan langsung menuju ke lokasi pom bensin terdekat pilihan OtoFriends.

Menariknya, pada Google Assistant OtoFriends dapat mengetahui kondisi lalu lintas secara langsung, termasuk jalur mana yang ditutup apabila ada pengalihan ruas jalan. Alhasil, OtoFriends tidak perlu memutar balik dan dapat segera sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

6. Mencari pom Bensin Terdekat Via Shell Motorist

Bagi OtoFriends yang terbiasa mengisi bahan bakar menggunakan Shell, OtoFriends dapat menggunakan aplikasi Shell Motorist untuk dapat menemukan lokasi pom bensin terdekat. Caranya juga cukup mudah, OtoFriends hanya perlu download aplikasi Shell Motorist di smartphone OtoFriends, lalu temukan lokasi pom bensin terdekat di bagian pencarian SPBU Shell, dan secara langsung OtoFriends akan menemukan lokasi pom bensin Shell terdekat dari lokasi OtoFriends saat itu.

Semakin mudah dengan teknologi, mencari informasi terkait lokasi pom bensin terdekat sekarang sudah tidak ribet lagi. Tidak hanya itu, jika OtoFriends ingin melakukan perbaikan kendaraan, layanan digital dari Otoklix juga siap untuk melayani. Download aplikasinya di smartphone OtoFriends dan nikmati kemudahannya dalam melakukan booking. 100% Refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking.