Mobil bekas taxi dapat menjadi alternatif bagi OtoFriends yang ingin memiliki mobil pribadi dengan harga terjangkau. Harga mobil bekas taxi dibanderol cukup murah, hanya berkisar Rp50 juta sampai dengan Rp160 jutaan. Sayangnya, mobil bekas taxi dikenal memiliki banyak kekurangan, sehingga banyak orang yang meragukan keputusan dalam membeli mobil bekas taxi. 

Lantas, apa saja pilihan mobil bekas taxi yang bisa dijadikan pilihan?

    Daftar Pilihan Mobil Bekas Taxi

    Berikut ini adalah 9 mobil bekas taxi yang bisa dijadikan pilihan saat ingin membeli mobil bekas. Mungkin daftar mobil di bawah ini belum ada mobil bekas taksi 20 jutaan atau mobil bekas taksi 30 jutaan, tetapi harganya tetap jauh lebih murah dari mobil biasa.

    1. Toyota Vios Limo

    Mobil pertama adalah Toyota Vios Limo. Mobil ini terbilang tangguh, durabilitasnya sangat baik dengan mesin yang bandel. Selain itu, harga spare part-nya juga murah. Kapasitas mesinnya yaitu 1.500 cc 4 silinder. Bahkan, konsumsi BBM-nya juga sangat irit.

    Harga mobil bekas taksi blue bird ini adalah Rp50 juta sampai dengan Rp70 jutaan untuk model tahun keluaran 2013. Tidak heran, dengan spesifikasi yang mumpuni dan harga yang murah, mobil ini jadi banyak incaran.

    2. Nissan Almera

    Nissan Almera generasi ketiga ini diluncurkan pertama kali pada 2011 silam. Harganya juga sebelas dua belas dengan Toyota Vios Limo, yakni Rp50 jutaan.

    Tampilan eksteriornya terlihat lebih mewah daripada mobil bekas lainnya. Selain itu, spare part-nya juga banyak serta mudah didapat.

    3. Honda Mobilio

    Mobil MPV satu ini menjadi salah satu armada taksi yang bisa menampung sampai dengan 7 orang. Hal ini menjadikan Mobilio jadi mobil bekas taxi favorit.

    Konsumsi BBM-nya sangat irit, bisa mencapai 28 km/liter. Harga spare part mobil ini terbilang cukup murah dan mudah ditemukan. Harga mobil bekas Mobilio taksi ini berkisar Rp80 juta sampai dengan Rp110 jutaan.

    Baca juga: Plus Minus Beli Mobil Bekas Taxi dan Tips Perawatannya

    4. Toyota Camry

    Toyota Camry juga merupakan salah satu mobil taxi dengan jenis sedan, tetapi memiliki kelas yang lebih premium. Mesin yang disematkan pada Toyota Camry adalah 2AZ-FE 4 silinder DOHC VVT-i yang memiliki kapasitas 2.362 cc. Mobil ini bisa menampung sampai dengan 5 orang. Meskipun mesinnya sangar, tetapi mobil ini bisa didapat dengan harga Rp110 jutaan.

    5. Toyota Etios Sedan

    Harga mobil bekas taxi Toyota Etios dengan jenis sedan ini terlihat sangat menggiurkan. Pasalnya, OtoFriends bisa dapat satu unit mobil ini hanya dengan harga Rp35 juta sampai dengan Rp50 jutaan. Spare part-nya juga tergolong murah. Mobil ini cocok digunakan untuk keperluan di dalam kota.

    6. Toyota Alphard

    Siapa bilang kalau mobil taxi hanya mobil-mobil murah? Toyota Alphard adalah mobil taxi premium untuk Silver Bird. Mobil yang identik dimiliki oleh orang kaya ini sekelas dengan mobil taksi Mercedes-Benz. Harga mobil bekas taxi dari Toyota Alphard mencapai Rp200 jutaan atau lebih.

    7. Mercedes-Benz E-Class

    Sama seperti Toyota Alphard, Mercedes-Benz E-Class juga salah satu mobil taxi mewah. Model yang digunakan adalah E200 Kompressor. Selain E-Class, mobil Mercy yang juga dijadikan armada taksi adalah C-Class tipe C200. Harganya berkisar Rp100 juta sampai dengan Rp400 jutaan.

    8. Toyota Soluna

    Toyota Soluna digunakan sebagai mobil taksi pada sekitar tahun 2001-2003. Bentuknya khas zaman dahulu. Mobil ini bisa dibeli hanya dengan harga Rp40 jutaan saja.

    Baca juga: Cek Harga Mobil Vios Bekas, Terbaru 2022 Mulai Rp50 Jutaan

    9. Toyota Transmover

    Toyota Transmover adalah varian terendah dari Toyota Avanza. Sekilas, tampilannya memang terlihat sama. Bagi OtoFriends yang mau beli mobil bekas taxi ini, bisa beli yang versi spec up. Harganya jauh lebih murah daripada Toyota Avanza atau Veloz. Di tahun 2021, harganya sekitar Rp170 jutaan.

    Ada beberapa perbedaan antara Transmover dan Avanza. Transmover menggunakan penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD), sementara Avanza terbaru sudah menggunakan front wheel drive/FWD. Tampilannya baik secara eksterior maupun interior terlihat sangat sederhana dibandingkan dengan Avanza. Mesinnya berkapasitas 1.329 cc.

    Itu dia 9 pilihan mobil bekas taxi yang bisa OtoFriends pertimbangkan. Namun, sebelum beli mobil bekas taksi, kenali dulu kelebihan dan kekurangannya.

    Kelebihan dan Kekurangan Mobil Bekas Taxi

    Membeli mobil bekas taxi memang punya plus minus. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan mobil bekas taxi.

    Kelebihan mobil bekas taxi

    1. Harga lebih murah

    Kelebihan pertama membeli mobil bekas taksi adalah harganya yang lebih murah, bisa sepertiga dari harga barunya atau setengah dari harga mobil bekas non taksi. Namun, harga ini juga menunjukkan fitur dan teknologi yang biasanya terbatas pada mobil bekas taksi.

    2. Biasanya digunakan dalam kurun waktu lima tahun

    Biasanya mobil bekas taksi digunakan hanya berkisar lima tahun. Penggunaan yang tidak terlalu lama bisa jadi pertimbangan OtoFriends untuk beli mobil ini. Sebab, biasanya perusahaan armada taksi rutin mengganti armadanya setiap lima tahun pemakaian demi kenyamanan konsumen.

    3. Performa mesin bagus

    Kelebihan lainnya adalah performa mesin yang masih bagus. Sebab, biasanya perusahaan taksi mengutamakan servis rutin bagi setiap mobil operasional.

    Akan tetapi, selain tiga kelebihan di atas, ada juga kekurangan mobil bekas taksi sebagai berikut.

    Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas di Bawah Rp50 Juta Terlengkap

    Kekurangan mobil bekas taxi

    1. Tidak tahu sejarah servis

    Kekurangan pertama adalah kita tidak bisa tahu bagaimana sejarah servis mobil ini secara detail. Jadi, sebaiknya ketika akan membeli mobil taksi, OtoFriends bisa mengajak teman yang paham otomotif untuk mengecek kondisi mesin secara detail. 

    2. Jarak tempuh tinggi

    Sebagaimana angkutan umum, mobil taksi punya jarak tempuh yang tinggi. Umumnya bisa lebih dari 200 ribu atau 300 ribu kilometer. Jika dibandingkan dengan tahun produksinya, jarak tempuh ini sangat tinggi dan mungkin butuh banyak ganti komponen kedepannya.

    Demikian pembahasan tentang model-model mobil bekas taxi lengkap dengan harganya serta kelebihan dan kekurangan membeli mobil bekas taksi.

    Untuk mendapatkan performa maksimal, mobil bekas taksi butuh perawatan rutin. Bahkan, ketika sudah membeli mobil bekas taksi ini, OtoFriends wajib langsung mengeceknya ke bengkel terdekat. Temukan bengkel terdekat dari lokasimu di aplikasi Otoklix!

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar Mobil Bekas Taxi :


    Harga mobil bekas taxi bervariasi tergantung model dan tipe, tahun keluaran, dan kondisinya. Akan tetapi, OtoFriends bisa mendapatkan mobil bekas taksi dengan harga mulai dari Rp35 jutaan misalnya untuk mobil Toyota Etios Sedan atau Rp40 juta untuk Toyota Soluna.


    Mobil bekas taxi di antaranya ada Toyota Vios Limo, Honda Mobilio, Nissan Almera, Toyota Camry, Toyota Soluna, Toyota Etios Sedan, Toyota Transmover, bahkan Toyota Alphard dan Mercedes-Benz E-Class.


    Saat ini, Blue Bird menggunakan armada taksi dengan mobil Toyota Vios Limo, Toyota Transmover, dan Honda Mobilio.