Mobil tua maupun klasik beberapa waktu terakhir ini menjadi tren dan hobi sebagian kalangan. Mobil tua yang umumnya buatan tahun 90an ini dianggap memiliki daya tarik bagi mereka yang ingin bernostalgia.

Meskipun produsen mobil bersaing mengeluarkan produk kendaraan dengan teknologi mesin canggih, tidak mempengaruhi minat terhadap mobil tua. Mobil tua dengan kondisi mesin dan bodi masih prima banyak dicari konsumen pecinta mobil tua.

Apalagi harganya yang terjangkau membuat mobil tua juga banyak dicari konsumen dengan budget pas-pasan. Meskipun tua, bukan berarti mobil tua tidak berkualitas. Sebab, banyak mobil yang sudah berumur tetapi memiliki kualitas mesin yang bagus.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Tua Perawatan Mudah dan Murah

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Tua

Tentu, akan sangat menguntungkan jika bisa membeli mobil dengan harga terjangkau tetapi dengan kondisi mobil yang masih prima. Lalu bagaimana cara memastikan mobil tua yang kita beli masih dalam kondisi prima, perhatikan ulasan sebagai berikut:

1. Harga

Langkah pertama yang perlu diperhatikan saat hendak membeli mobil tua adalah harga mobil. Harga mobil tua memang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil baru.

Tetapi, mobil tua juga memiliki kekurangan yakni membutuhkan lebih banyak perawatan. Karena itu perhitungkan harga mobil dengan kondisi mobil apakah perlu perawatan lebih banyak.

Lakukan riset harga mobil di pasaran beserta kondisinya. Karena, harga mobil tua di pasaran bervariasi tergantung tahun pembuatan dan kondisi mobilnya. Banyak situs jual beli mobil yang mematok harga mobil bekas dan kondisi mobil tersebut.

2. Kondisi mesin

Selain harga, kita juga perlu memperhatikan kondisi mobil saat hendak membeli mobil tua. Jangan sampai mobil yang kita hendak beli, mengalami masalah pada bagian mesinnya. 

Alih-alih membeli mobil terjangkau, tetapi kita harus mengeluarkan ongkos besar untuk memperbaiki mesin mobil. Karena itu, pilihlah mobil tua yang kondisi mesinnya masih bagus.

3. Bahan bakar

Karena produksi buatan lama, sistem pembakaran mobil tua tidak seperti teknologi mobil saat ini. Karena itu, banyak orang menilai mobil tua boros bahan bakar.

Sebelum membeli, pastikan juga apakah mobil yang kita incar tersebut, tidak memiliki masalah dalam sistem pembakaran, penyumbatan filter udara, piston maupun mesin. Karena berbagai masalah itu menjadi penyebab mobil boros bahan bakar.

Baca juga: Cari Mobil Tua Irit BBM dan Murah Perawatannya? Ini Rekomendasinya

4. Suku cadang

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat membeli mobil tua adalah memastikan suku cadang mobil yang kita incar tersedia di pasaran. Sebab, suku cadang dan aksesoris mobil yang sudah berumur harus sering diremajakan. 

Namun, akan sulit bagi kita melakukan pergantian suku cadang, jika ketersediaan suku cadang terbatas di pasaran.

Karena itu, pastikan mobil tua incaran memiliki suku cadang berlimpah sehingga tidak sulit mencarinya jika ada komponen mobil tua yang harus diganti.

5. Harga jual kembali

Saat mengincar mobil tua, pertimbangkan juga harga jual kembali mobil tua yang hendak kita beli. Sebab, tidak menutup peluang suatu hari nanti kita akan menjual mobil tua tersebut. Apalagi bagi OtoFriends pengoleksi mobil-mobil tua.

Jangan memilih mobil tua yang nilai jual kembalinya rendah. Sejatinya depresiasi harga jual kembali mobil itu hingga 5 juta per tahun. Karena itu, kita harus memperhatikan hal tersebut sebelum memilih jenis mobil tua.

Tips Membeli Mobil Tua

Selanjutnya, OtoFriend juga mesti memperhatikan tips berikut ketika memutuskan untuk membeli mobil tua. Apa saja yang perlu kita lakukan sebelum deal?

6. Sesuaikan anggaran

Belilah mobil tua sesuai anggaran yang kita miliki Sebab, tidak seperti mobil baru, mobil tua membutuhkan perawatan lebih intens. Karena itu, pilih mobil tua yang harganya terjangkau demi mengantisipasi biaya-biaya terduga untuk perawatan mobil tua tersebut.

Selain itu, cek harga mobil incaran sesuai nilai pasar. Jika ada penjual mobil yang jauh di bawah harga pasar, pastikan kondisi mobil tetap prima. 

Jangan sampai karena harga yang murah, kita langsung tergiur tanpa memastikan kondisi mobil. Sebab, perawatan mobil tua membutuhkan biaya yang tidak sedikit jika komponennya rusak.

7. Cek kondisi mobil

Untuk memastikan kondisi mesin mobil tua yang kita incar masih bagus, jangan ragu untuk mengecek kondisi mesin sebelum membeli. Langkah ini penting untuk meminimalisasi ongkos perawatan mobil tua di kemudian hari.

Cara memastikan kondisi mesin mobil tidak bermasalah, dengan menghidupkan mesin tersebut. Periksa dengan memperhatikan bunyi mesin mobil tua itu saat dihidupkan, apakah ada bunyi lain yang muncul saat dihidupkan atau tidak,.

Kita juga perlu komponen mobil lainnya misalnya sistem pembakaran dan knalpot. Pastikan asap yang dikeluarkan mobil tersebut normal dan tidak masalah. Sebab, asap yang tidak normal menandakan ada masalah dalam sistem pembakaran mobil.

Selain itu, kita juga perlu mengecek fitur-fitur lainnya yang ada di mobil tua tersebut apakah masih berfungsi atau tidak seperti klakson mobil, lampu mobil. 

Baca juga: 8 Komponen Mesin Mobil yang Berperan Menggerakkan Mobil

8. Lakukan test drive terlebih dahulu

Untuk lebih meyakinkan mobil tua incaran tidak bermasalah, kita juga bisa meminta penjual untuk menjajal mobil tersebut. 

Dengan begitu, kita bisa memastikan mesin mobil maupun fitur-fiturnya berfungsi normal. Jangan sekali-kali membeli mobil tanpa melakukan pengecekan secara seksama, meskipun pembelian saat ini banyak melalui daring.

9. Periksa kelengkapan surat-surat mobil

Meskipun mobil tua buatan tahun lama, bukan berarti kita mengabaikan kelengkapan surat-surat dari mobil tersebut. Periksa kelengkapan surat-surat mobil mulai dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BKPB) maupun surat tanda nomor kendaraan (STNK). 

Sebab, kelengkapan surat-surat ini merupakan tanda keabsahan kepemilikan mobil tua tersebut. Tentunya, kita tidak ingin ada masalah di kemudian hari jika mobil tua tidak dilengkapi surat-surat yang absah.

Daftar Mobil Tua yang Masih Digemari Milenial

Sebenarnya, tak sulit mencari orang yang jual mobil tua, kita bisa dengan mudah menemukannya di situs otomotif atau e-commerce lainnya. Mulai dari mobil tua Toyota, mobil tua sedan, mobil tua CC kecil sampai mobil tua murah bisa kita temukan di internet.

Berikut ini 9 mobil tua yang masih banyak peminat, bahkan di kalangan anak muda dan milenial pun masih menggemarinya.

Mobil Tua Toyota

Mobil tua Toyota menjadi primadona untuk kalangan penggiat mobil antik. Selain Toyota Kijang sebagai MPV terpopuler sejak 1977 sampai kini, ada mobil tua sedan Toyota All New Corolla dan Toyota Corolla DX yang menjadi idaman para milenial.

Toyota All New Corolla dan Corolla DX juga diklaim sebagai mobil tua yang irit BBM dengan rasio pemakaian ke luar kota 1:14 kilometer per liter. Mobil tua yang irit BBM lainnya adalah Toyota Starlet dengan rasio pemakaian 1:10 hingga 1:13 kilometer per liter.

Selain mobil di kelas MPV dan mobil tua sedan, Toyota juga memiliki mobil tua yang digunakan untuk offroad seperti Toyota Land Cruiser VX atau generasi 80 series dan Toyota Hardtop atau Toyota Land Cruiser FJ40. 

Diproduksi di tahun 1960-an untuk mobil Toyota Hardtop dan 1989-an untuk mobil Toyota Land Cruiser VX, usia pemakaian sudah melebihi 20 tahun tetapi masih memiliki mesin yang cukup tangguh sehingga jarang sekali rusak.

Peugeot

Mobil tua asal Prancis yang berusia lebih dari 20 tahun dan masih menjadi incaran para anak muda adalah mobil Peugeot 306. Mobil tua yang satu ini ternyata irit pemakaian BBM dengan rasio pemakaian rata-rata 1:9 sampai 1:11 kilometer per liter.

BMW

Mobil tua andalan BMW ada BMW 318i E36, BMW E30, dan BMW E36. Ketiga mobil ini dikenal sebagai mobil tua yang irit pemakaian bahan bakar. Misalnya saja BMW 318i E36 yang memiliki rasio pemakaian bensin 1:10 sampai 1:12 kilometer per liter.

Sayangnya, mobil tua asal Jerman ini terkenal memiliki mesin yang cukup kecil sehingga sering kali mengalami kerusakan mesin. Untuk mengakalinya kita bisa melakukan modifikasi mobil tua.

Baca juga: 7 Rekomendasi Mobil Eropa Murah untuk Anak Muda

Mercedes-Benz

Mobil tua dari Mercedes-Benz yang masih diincar kalangan milenial. Beberapa di antaranya ada Mercedes-Benz C180, Mercedes-Benz W123, dan Mercedes-Benz W124. 

Sama halnya dengan mobil tua BMW, mobil tua Mercedes-Benz juga dibekali dengan mesin yang cukup kecil tetapi irit pemakaian bahan bakar. 

Misalnya saja Mercedes-Benz C180 yang memiliki rasio pemakaian 1:10 kilometer per liter sampai 1:12 kilometer per liter untuk pemakaian luar kota, sedangkan rasio pemakaian di dalam kota hanya 1:8 kilometer per liter sampai 1:9 kilometer per liter.

Apabila Mercedes-Benz C180 tergolong ke dalam mobil C-Class, lain halnya dengan Mercedes-Benz W124 yang menjadi cikal bakal mobil E-Class pertama.

Honda Civic

Satu-satunya mobil tua yang jadi kebanggan Honda adalah Honda Civic seperti Honda Civic Genio, Ferio, Estilo, Grand dan SB3 atau Wonder yang diperkenalkan kepada masyarakat di tahun 1983.

Mobil tua Honda Civic ini diklaim irit penggunaan bahan bakar dengan rasio pemakaian 1:10 kilometer per liter sampai 1:11 kilometer per liter. 

Kekurangan dari mobil ini adalah semakin tua umurnya maka semakin banyak titik keropos sehingga dibutuhkan modifikasi khusus di bengkel https://otoklix.com/servis/body-repairbody repair.

Ford F-Series

Ford F-Series cukup ikonik sebagai American pick-up pada masanya. Mobil tua Ford ini rupanya sudah berusia 70 tahun tetapi tetap menjadi incaran kalangan muda karena utilitas dan kinerja mesin yang tinggi. 

F-Series mendapat julukan sebagai monster teknologi otomotif karena dibekali dengan mesin V6 bertenaga mesin tinggi, efisien, dan juga dibekali dengan transmisi otomatis 10 percepatan.

Nissan Patrol 4W60 

Nissan Patrol 4W60 pertama kali diperkenalkan dan diproduksi di tahun 1951 dengan desain eksterior mirip sekali dengan mobil Jeep Willys. Tak heran bila mobil ini dapat diandalkan di segala medan jalan yang ekstrim dan cocok digunakan sebagai mobil offroad.

Land Rover

Land Rover

Land Rover menjadi mobil tua di kelas SUV legendaris. Diperkenalkan pertama kali di tahun 1948 di Amsterdam Motor Show. Kini, usianya sudah mencapai lebih dari 70 tahun tetapi masih menjadi primadona di kelasnya.

Semula mobil tua ini hanya diperuntukkan sebagai mobil 4WD yang berfungsi untuk kerja lapanga, tetapi kini Land Rover sudah menjadi mobil 4WD yang diandalkan untuk melalui medan jalan yang ekstrem. 

Ada banyak inovasi pada teknologi otomotif yang berasal dari Land Rover. Beberapa di antaranya adalah hill descent control dan terrain response. Julukan mobil ini adalah monster otomotif dengan teknologi elektronika modern.

Demikian OtoFriends, beberapa hal yang kita perlu perhatikan saat membeli mobil tua. Jika sudah membelinya, kita juga perlu melakukan perawatan mobil tua secara berkala.

Untuk mencegah kerusakan, pilihlah bengkel terdekat dan terpercaya untuk perawatan mobil tua.

Kini mudah mencari bengkel. Otoklix, aplikasi booking servis mobil akan memudahkan kita menemukan bengkel terdekat maupun layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

Pertanyaan Seputar Mobil Tua

Mobil tua yang menjadi idaman kalangan milenial di antaranya ada mobil tua Toyota, BMW, Mercedes-Benz, Ford F-Series, Nissan Patrol 4W60, Land Rover, dan Peugeot.

Berikut ini daftar mobil tua yang irit bahan bakar Mobil Tua Toyota, Peugeot, BMW, Mercedes-Benz, dan Honda Civic.

Mobil Tua Toyota terkenal sebagai mobil tua dengan biaya perawatan yang mudah dan murah. Misalnya saja seperti Toyota Land Cruiser VX, Toyota Corolla DX, dan Toyota Hardtop yang dibekali mesin tangguh sehingga jarang sekali mengalami kerusakan.