Penampilan eksterior mobil merupakan bagian yang paling sering mencuri perhatian para pengguna jalan. Banyak orang yang menggunakan Cutting Stiker untuk memperindah tampilan kendaraan mereka. Nah, cobalah untuk memasang cutting sticker kap mesin mobil sebelum memutuskan menggunakannya di seluruh bodi mobil.

Tapi, ada baiknya untuk mengetahui tips memilih cutting sticker yang baik supaya tidak merusak tampilan mobil

Tips Memilih Cutting Sticker

Salah satunya dengan menggunakan cutting stiker pada bagian kap mesin mobil mereka. Cutting sticker mobil dipilih banyak orang karena harganya yang tak semahal melakukan cat ulang tapi kualitasnya yang sangat baik.

Tak heran banyak bermunculan para pengrajin cutting stiker di beberapa wilayah khususnya kota-kota besar. Hal itu karena tinggi minat para pengguna roda empat yang ingin mempercantik mobil mereka.

Nah, jika Anda salah satu yang tertarik pada cutting sticker, alangkah baiknya ketahui tips memilih cutting sticker yang baik berikut ini!

Kenali Spesifikasi Cat Mobil Kalian

Pemasangan cutting stiker di kap mobil tentunya akan menempel langsung pada cat mobil. Sering kali orang tidak mengetahui bahwa cat mobil sangat berpengaruh pada hasil akhir pemasangan cutting sticker ini.

Jika cat yang ada pada mobil berkualitas baik, tentu tak akan jadi masalah jika memasang cutting sticker di bagian mana pun. Terlebih jika ingin dilepas kembali, cat tidak akan mengelupas atau memudar warnanya.

Beda jika cat yang digunakan berkualitas buruk. Saat menempelkan stiker, biasanya akan ada banyak gelembung udara yang terlihat di bagian cutting sticker.

Selain itu, jika suatu hari sang pemilik bosan dengan cutting sticker yang digunakan dan memutuskan untuk melepasnya, biasanya cat akan ikut tertarik pada proses pelepasan sticker. Tentu hal ini akan membuat mobil terlihat tidak menarik.

Pilih Cutting Stiker Berkualitas Tinggi

Pemilihan cutting sticker Mobil yang berkualitas tinggi perekatnya tidak akan membuat rusak cat mobil jika dikelupas. Salah satu ciri stiker bagus adalah lemnya tidak berbau alias netral.

Warna yang tersedia juga lebih cerah dan kuat dan stiker berkualitas bisa bertahan hingga lima tahun.  Ada beberapa jenis bahan yang biasanya dipakai para ahli cutting sticker mobil, dari yang paling murah hingga yang paling mahal. 

Baca Juga: Bengkel Body Repair Terdekat, Tips Memilihnya dan Biaya

.Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki tentunya, tapi pilih juga yang tidak murahan. Jenis yang biasa digunakan antara lain, Ritrama, Oracal, Scotchlite, Glittre, D-Cifix, dan Kodak Paper.

Jangan Biarkan Mobil Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung

Setelah memperhatikan berbagai hal di atas ternyata masih ada satu lagi yang perlu diperhatikan setelah memasang cutting stiker. Hal satu ini terbilang cukup penting untuk kalian.

Kalian tidak boleh membiarkan mobil Anda sering tertimpa sinar matahari secara langsung saat terparkir. Hal ini akan menyebabkan cat pada body yang tidak tertutup stiker akan lebih kusam dibanding cat yang ditutup stiker. Hal itu dapat terlihat jelas saat stiker dilepas dari mobil kalian.

Cara Memasang Cutting Stiker di Kap Mesin

Untuk kalian yang ingin memasang cutting stiker di mobil kalian sendiri di rumah OtoKlix akan memberikan sedikit tips. Ini akan membantu kalian dalam memasang stiker agar lebih mudah, berikut tips memasang cutting sticker sendiri.

Bersihkan dan Keringkan Mobil

Hal pertama yang harus dilakukan saat ingin memasang cutting sticker adalah mencuci mobil terdahulu hingga bersih. Hal ini berguna untuk mengusir debu hingga kotoran yang menempel di body mobil.

Jika mobil sudah bersih, setelah itu lap mobil hingga kering. Kamu bisa gunakan kanebo untuk mengeringkan mobil gunanya mempermudah pemasangan stiker.

Ukur Cutting Sticker yang Akan Dipasang

Ukur terlebih dahulu area yang akan di stiker, untuk kap rata-rata 110 cm x 140 cm. Akan tetapi ukuran mobil berbeda alangkah baiknya sebelum memotong bahan diukur terlebih dahulu.

Ketika area yang akan disticker sudah ketemu panjang dan lebarnya, baru stiker dipotong sesuai ukuran dan jangan lupa dilebihkan sekitar 10 cm  biar bahan bisa dilipat kedalam saat proses finishing tidak sulit.

Semprot Cairan Sabun Secara Merata

Langkah selanjutnya saat akan memasang cutting sticker adalah menyemprotkan air yang sudah dicampuri sampo atau bahan pelicin lain. 

Setelah disemprot merata baru bahan sticker dibuka lalu tempelkan ke area yang sudah dipersiapkan, lalu teliti apa stiker sudah memenuhi semua area atau belum kalau belum disesuaikan terlebih dahulu.

Setelah sticker dilihat sudah pas, baru stiker disemprot lagi diatasnya dan diratakan dengan rakel sampai air yang didalam tidak tersisa.

Baca Juga: Mengenal Bagian Eksterior Mobil dan Aksesoris Modifikasinya

Pastikan Stiker Menempel dengan Baik

Langkah selanjutnya adalah mengurut stiker tadi dengan semacam karet tipis dengan ujung yang rata agar air yang ada di antara bodi dan stiker terbuang, lalu panasi menggunakan hairdryer hingga benar-benar kering.

Setelah dipandang telah terpasang semua baru potong yang rapi di lipatan tersebut. Periksa kembali setiap sudut dan lekuk stiker. Jika kamu menemukan masih terdapat gelembung udara, tusuk gelembung udara menggunakan jarum atau peniti agar udara bisa terlepas dari dalam stiker.

Itu dia cara memasang cutting sticker di mobil sendiri di rumah. Untuk kalian yang ingin melakukan perawatan berkala mobil kesayangan, kalian bisa mencari bengkel terpercaya di website atau aplikasi OtoKlix.