Banyak bagian-bagian mesin mobil yang rentan rusak. Hal itu biasanya karena faktor umur atau pemakaian, oleh sebab itu kalian wajib memperhatikan komponen tersebut.

Mobil sendiri merupakan benda bergerak sehingga dalam penggunaanya komponen bisa saja mengalami kerusakan. Sehingga komponen mobil juga perlu mendapatkan perawatan secara rutin dan berkala.

Meskipun kalian tidak akan memperbaikinya sendiri namun kalian perlu tahu beberapa komponen mesin yang paling sering bermasalah sehingga OtoFriends tidak mudah dibodohi oleh pihak yang kurang bertanggung jawab dan membuat biaya perbaikan tambah membengkak.

Oleh sebab itu berikut rangkuman bagian-bagian mesin mobil yang rentan rusak.

Aki Mobil

Mobil yang jarang dinyalakan dapat dipastikan sulit dinyalakan karena terjadi penurunan daya listrik dengan sendirinya. Semakin tua umur aki, akan semakin mudah kehilangan daya simpan tenaga listrik.

Untuk mengatasi penyakit tersebut, OtoFriends disarankan untuk sering menghidupkan mobil dua hari sekali tanpa perlu menyalakan sistem kelistrikan yang lain. Tidak perlu lama-lama, cukup 10-15 menit dan sesekali jalankan mobil keluar rumah untuk pengisian daya listrik pada aki yang lebih maksimal.

Baca Juga: Ini Nama-nama Komponen Mesin Mobil dan Gambarnya

Busi

Selanjutnya bagian mobil yang rentan rusak adalah busi. Komponen yang sudah aus akan terlihat dari bentuk kepalanya yang sudah rusak atau bisa juga renggang.

Renggangnya jarak busi menjadi penyebab aliran listrik ke bagian mesin tidak optimal. Jika Anda menemukan salah satu busi bermasalah maka Anda wajib untuk mengganti satu set (seluruh busi mesin anda) sebab biasanya kondisi busi lainnya tidak jauh berbeda.

Koil

Bagian mesin yang rentan mobil adalah koil. Part ini memiliki fungsi sebagai pembangkit tenaga listrik yang ada di kendaraan kalian.

Jika koil mengalami kerusakan maka proses pengapian juga tidak akan terjadi. Hal serupa juga terjadi pada busi, yang berfungsi untuk memantik proses pengapian.

Oleh sebab itu jika koil sudah rusak ada baiknya membawa mobil kalian ke bengkel terdekat.

Sistem Injeksi

Sistem injeksi merupakan sistem distribusi bahan bakar yang mengalirkan bahan bakar kedalam silinder mesin.Biasanya komponen ini jarang rusak tetapi sering kali menimbulkan gejala jika kotor atau tersumbat.

Ciri-ciri injector (sistem injeksi) tersumbat yaitu mesin akan bergetar kasar yang tiba-tiba muncul dan segera hilang kala gas diinjak dalam-dalam dan putaran mesin tinggi.

AC Mobil

Sistem pendingin kabin yang jarang beroperasi akan menyebabkan endapan debu pada saluran AC yang berdampak pada menurunnya kualitas udara di dalam kabin mobil.

Kerusakan pada AC menjadi hal yang sangat menjengkelkan, terutama saat siang hari. Hal ini akan membuat pengendara merasa tidak nyaman dengan panasnya kondisi di dalam mobil. 

Baca Juga: Mesin Mobil Pincang Saat RPM Rendah ? Ini Penyebabnya!

Biasanya AC yang tidak dingin terjadi karena katup valve, kondensor, dan evaporator yang terlalu kotor.

Untuk itu kalian bisa mengantisipasinya dengan menyalakan AC sekitar 10 menit minimal seminggu sekali ketika memanaskan mesin mobil agar sirkulasi udara bisa mengusir debu.

Selain itu pastikan filter kabin terjaga kebersihannya sebagai media penyaring debu yang bersirkulasi dalam sistem AC mobil. Jangan lupa membersihkan kabin mobil meskipun tidak pernah dipakai.

OtoFriends, jika mobil kalian mengalami kerusakan pada part yang dibahas di atas. Kalian bisa mempercayai perbaikan kerusakan tersebut kepada bengkel rekanan Otoklix.