Penyebab mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan perlu segera dicari tahu jika OtoFriends tidak ingin kerusakan yang lebih fatal. Mesin mobil yang bergetar saat AC hidup sebenarnya termasuk hal wajar, namun kondisi itu juga bisa menjadi tanda kerusakan pada komponen mobil.

OtoFriends harus waspada jika getaran pada mobil disertai dengan bunyi lainnya. Gejalanya lebih sering muncul saat mobil berjalan pada RPM rendah dan akan normal kembali setelah AC mobil dimatikan. 

    Kondisi tersebut tentunya sangat merepotkan karena kita harus mematikan AC agar mesin mobil tidak lagi bergetar. Maka dari itu, OtoFriends sebaiknya memahami apa saja penyebab mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan agar tidak terulang kembali.

    Baca juga: 8 Komponen Mesin Mobil yang Berperan Menggerakkan Mobil

    Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

    Ketika mobil tiba-tiba bergetar saat AC hidup, OtoFriends tidak perlu panik. Coba periksa komponen yang disinyalir menjadi penyebab mobil bergetar saat AC dinyalakan berikut ini.

    Sistem AC mobil buntu

    Penyebab mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan yang pertama yaitu sistem AC yang mengalami kebuntuan. Kondisi saluran AC mobil yang buntu ini biasa disebabkan oleh adanya frosting pada bagian saluran AC mobil.

    Bagi OtoFriends yang belum tahu, frosting adalah pembekuan freon yang menyebabkan alirannya menjadi terhambat. Sistem freon pada AC mobil sebenarnya sama saja dengan pendingin ruangan yang ada di rumah.

    Sistem freon juga seharusnya memiliki aliran yang jelas dan tidak terhambat agar bisa terus memberikan suhu dingin ke dalam kabin mobil. Dibutuhkan aliran udara yang baik dalam sistem AC, sehingga kondensor AC posisinya selalu ada di luar ruangan. 

    Jangan sampai AC menjadi buntu karena akan membuat kabin mobil menjadi tidak dingin. Apabila alirannya sudah terhambat, bisa dipastikan mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan.

    Baca juga: Cara Membersihkan AC Mobil yang Benar Secara Mandiri

    Sistem idle up yang bermasalah

    Kerusakan pada sistem sensor dan aktuator menyebabkan idle up tidak dapat bekerja dengan benar. Ciri kerusakan idle up adalah mesin mobil yang bergetar dan AC mobil menjadi kurang dingin.

    AC mobil yang menyala akan membuat beban mobil akan bertambah, terutama beban untuk memutar kompresor AC mobil. Ketika sistem idle up bermasalah, maka beban mesin ketika berada di RPM rendah pun bertambah.

    Itulah mengapa kinerja mesin mobil menjadi tidak optimal dan mempengaruhi AC mobil, sehingga AC mobil pun menjadi kurang dingin. Penyebab mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan ini dapat diatasi dengan mematikan AC mobil. 

    Kerusakan bearing AC mobil

    Penyebab mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan yang terakhir yaitu adanya kerusakan pada bearing AC mobil. Bearing AC mobil berfungsi untuk menahan cairan pendingin agar tidak keluar dari kompresor AC mobil. 

    Seiring dengan usia pemakaian, komponen ini juga bisa mengalami kerusakan dan sebaiknya diganti dengan yang lebih baru. Sebab, bearing atau pulley yang rusak akan membuat putaran kompresor AC menjadi tersendat. 

    Akibat proses yang tersendat itulah yang membuat mobil mengalami getaran saat AC dihidupkan. OtoFriends sebaiknya segera melakukan perbaikan bearing agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

    Cara Mengatasi Mobil Bergetar saat AC Hidup

    AC mobil merupakan komponen penunjang kenyamanan selama berkendara, terutama ketika di siang hari yang terik. Permasalahan mobil bergetar saat AC dinyalakan tentu harus dicari solusinya agar tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan berkendara.

    Berikut beberapa cara mengatasi mobil bergetar saat AC hidup yang dapat OtoFriends lakukan:

    Pastikan penyebabnya dulu

    Ada banyak kemungkinan yang bisa menjadi penyebab mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan. Bisa karena masalah pada sistem idle up, kerusakan pada bearing AC mobil, hingga masalah kebuntuan. 

    Penting untuk memastikan apa penyebab mobil bergetar saat AC dinyalakan agar OtoFriends bisa segera mengambil solusi yang tepat.

    Baca juga: Mesin Mobil Bergetar Saat Diam? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Ingat kapan terakhir kali servis mobil

    Untuk mengatasi penyebab mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan, OtoFriends perlu mengingat-ingat kapan terakhir kali melakukan servis mobil berkala. Hal ini berguna untuk melakukan tracking sejak kapan mobil mengalami getaran.

    Apabila mulai terjadi setelah melakukan servis mobil, bisa dipastikan bahwa penyebab mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan bukanlah berasal dari kerusakan komponen, melainkan setelan mobil yang kurang tepat.

    Ganti komponen yang bermasalah

    Jika penyebab mobil bergetar saat AC dinyalakan sudah diketahui, sebaiknya lakukan pengecekan dengan ahli mekanik untuk lebih memastikan letak komponen mobil yang mengalami masalah.

    Agar penyebab mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan ini tidak terjadi kembali, OtoFriends perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada komponen sistem sensor dan aktuator. Jika kondisinya sudah rusak parah, segera lakukan pergantian komponennya.

    OtoFriends tidak perlu bingung menemukan bengkel terpercaya yang dapat membantu mengatasi permasalahan mobil bergetar saat AC hidup. Manfaatkan aplikasi Otoklix untuk mencari layanan ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

    Selain memudahkan mencari bengkel, OtoFriends juga bisa melakukan booking service sekaligus melihat harganya. Di sana, ada banyak promo yang bisa kita temukan dan gunakan untuk servis atau sekadar cuci mobil dengan harga yang terjangkau.

    Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga!

    Pertanyaan Seputar Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

    Penyebab mobil bergetar saat AC dinyalakan ini terjadi karena adanya sistem AC mobil yang buntu, masalah pada sistem idle up, dan kerusakan pada bearing AC mobil rusak.

    Kinerja AC memang berhubungan langsung dengan mesin mobil, sehingga apabila terjadi kerusakan perlu segera ditangani.

    Cara mengatasi mobil bergetar saat AC hidup yang dapat OtoFriends lakukan, yaitu:
    Pastikan penyebabnya dulu
    Ingat kapan terakhir kali servis mobil
    Ganti komponen yang bermasalah.