Banyak orang sudah bisa mengemudi masih belum mengetahui cara parkir mobil yang benar. Sebab, parkir mobil membutuhkan sinergi antara mata dan feeling supaya kendaraan berada di tempat yang tepat.

Terlebih bagi pengemudi pemula yang dihadapkan pada parkiran mobil yang sempit dan rapat, seperti parkiran mal. Meski ada petugas yang mengarahkan, rasa takut masih tetap ada.

Guna menghindari hal tidak diinginkan ketika OtoFriends ingin parkir mobil, simak ulasan berikut ini.

Langkah-langkah Parkir Mobil

1. Perhatikan Jarak

Sebelum memarkir, perhatikan jarak antara mobil Anda dengan kendaraan atau benda disekitar. Pastikan ukuran parkir mobil cukup luas.

Selanjutnya, mundur pelan-pelan sambil memastikan jarak yang cukup antara sisi belakang atau samping mobil agar tidak kesulitan saat keluar. 

2. Atur Posisi Mobil

Saat parkir mobil, pastikan posisi kemudi lurus supaya mudah dipindah atau didorong. Apalagi kondisi Jakarta yang minim lahan parkir, banyak mobil yang disusun paralel sehingga sering kali menutupi mobil lainnya.

Jika kemudi lurus, otomatis posisi ban juga sama. Selain mudah dipindah saat parkir pararel, posisi ban lurus juga bisa memperlama usia power steering dibandingkan membelokkannya saat parkir.

3. Aktifkan Rem Tangan

Jika sudah memarkir mobil, sebelum turun, pastikan rem tangan aktif. Ini guna mengunci roda mobil agar tidak bergerak apalagi kalau kondisi permukaan jalan miring.

Selain langkah-langkah tersebut, OtoFriends juga harus mengetahui cara parkir sesuai dengan kondisi lahan parkir. Sebab, tak semua tempat parkir disusun sejajar.

Baca Juga: Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil Agar Kampas Rem Awet

Cara Parkir Mobil Berdasarkan Kondisi Lahan Parkir

1. Cara Parkir Mobil Tegak Lurus

Posisi parkir ini menjadi salah satu yang umum diterapkan di banyak tempat. Sebab, penataan parkir tegak lurus tampak lebih rapi dan tidak terlalu memakan banyak tempat. 

Cara parkir mobil tegak lurus adalah menyamakan posisi kaca spion mobil dengan mobil di samping. Selain itu, pastikan bumper depan mobil sudah dekat dengan pembatas area parkir di depan.

Selanjutnya, pastikan sisi samping mobil Anda tidak tepat berada di atas garis pembatas area parkir agar tak terlalu mepet dengan mobil lain.

2. Cara Parkir Mobil Posisi Miring

Jenis parkir ini biasanya lebih mudah dilakukan terutama bagi pemula. Tak heran banyak kantor yang menggunakan susunan parkir mobil miring supaya mempercepat waktu.

Saat ingin melakukan parkir miring, Anda harus mensejajarkan arah mobil dengan garis parkiran. Selanjutnya pindahkan gigi mundur (R) dengan posisi mobil lurus 45 derajat, lalu mundur secara perlahan.

Baca Juga: Dashcam Mobil: Pengertian, Fungsi, Rekomendasi dan Cara Kerja

3. Cara Parkir Mobil Pararel

Parkir mobil paralel menjadi salah satu posisi yang sulit dibanding  lainnya. Langkah pertama untuk parkir paralel yaitu dengan perhatikan ruang parkirnya.

Tak hanya itu, perhatikan sudut bagian belakang mobil yang terparkir, jangan sampe tersenggol. Lalu masukkan gigi mundur (R), kemudian putar setir ke sisi arah tempat parkir.

Jika sudah, mundurkan perlahan lalu putar kemudi sesuai ke arah yang ingin tuju. Usahakan kondisi mobil sejajar dengan yang didepan dan belakang ketika akan parkir mobil.

Tentunya, parkir akan lebih optimal jika mobil sehat. Jangan lupa selalu perhatikan kondisi mobil dengan servis di bengkel terdekat dari Otoklix.