Kaca spion mobil merupakan bagian yang sangat penting bagi sebuah mobil dan dapat menjaga keselamatan pengendara mobil tersebut. Bahkan seringkali terjadi kecelakaan akibat kaca spion mobil yang tidak digunakan secara maksimal.

Selain hal tersebut, penggunaan kaca spion yang tidak maksimal akan menimbulkan blind spot atau area yang tidak dapat dilihat oleh pengendara mobil tersebut. Untuk dapat menggunakan kaca mobil dengan maksimal, simak terlebih dahulu cara mengatur spion mobil dan informasi penting lainnya berikut ini.

Cara Mengatur Spion Mobil

Hal pertama yang perlu OtoFriends ketahui adalah bagaimana cara mengatur spion mobil. Mobil keluaran terbaru atau dalam beberapa tahun belakangan ini sudah menggunakan pengaturan spion yang lebih mudah, yaitu bisa dengan menggunakan tombol saja.

Beberapa hal yang perlu OtoFriends perhatikan dalam mengatur spion mobil adalah:

  1. Pastikan posisi kaca spion sejajar dengan bodi mobil.
  2. Pastikan OtoFriends dapat dengan mudah dan bisa fokus melihat bagian luar kendaraan.
  3. OtoFriends dapat mengatur spion dengan memposisikan agar gagang atau panel pintu berada pada pojok bawah bagian dalam pada kaca spion mobil OtoFriends. Hal ini agar dapat lebih banyak area diluar mobil.
  4. Gunakanlah kaca spion asli dari pabrik yang telah terbukti memiliki kualitas sesuai dengan standar keamanan yang terbaik
  5. Jangan gunakan cermin datar.
  6. Kenali blind spot kendaraan. Tidak dapat dipungkiri bahwa mungkin saja akan terdapat blind spot atau area yang tidak dapat OtoFriends lihat. Kenali area-area tersebut dan berkendara dengan lebih hati-hati pada area-area tersebut.

Jenis-jenis Spion Mobil

Setelah mengetahui cara mengatur spion mobil, OtoFriends juga perlu mengetahui beberapa jenis spion mobil. Dengan mengetahui beberapa jenis spion mobil, OtoFriends juga bisa mengetahui fungsi dari masing-masing jenis spion tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis spion mobil yang OtoFriends perlu ketahui.

Spion Luar

Jenis spion mobil yang pertama adalah spion luar. Sesuai dengan namanya, kaca spion ini terletak pada bagian luar kendaraan dan berada pada sisi kanan dan kiri kendaraan mobil. Fungsi dari spion ini adalah untuk dapat melihat area di luar mobil pada masing-masing sisi tersebut.

Sangat penting bagi OtoFriends mengatur dan menggunakan spion luar ini demi keselamatan berkendara. Pastikan untuk selalu melihat spion luar pada beberapa saat penting seperti akan berbelok atau mendahului kendaraan didepan mobil OtoFriends. Spion ini sendiri bisa diatur dengan perangkat elektrik atau manual untuk kendaraan tahun lama.

Spion Dalam

Jenis spion yang selanjutnya adalah spion dalam. Spion yang satu ini terletak pada bagian depan di dalam mobil, lebih tepatnya berada pada bagian plafon mobil. Fungsi utama dari kaca spion ini adalah agar dapat membantu pengendara ketika melakukan parkir mundur kendaraannya. Namun kini juga telah tersedia kamera mundur mobil yang lebih praktis.

Fungsi lainnya dari kaca spion ini adalah untuk dapat melihat kendaraan di belakang OtoFriends. Melihat kendaraan di belakang OtoFriends sangat penting terutama ketika berada di jalan bebas hambatan. Saat ingin mendahului kendaraan lain, OtoFriends juga disarankan untuk melihat kaca spion ini.

Spion Tambahan

Jenis kaca spion yang terakhir adalah kaca spion tambahan. Kaca spion ini memiliki fungsi untuk melengkapi jenis kaca spion sebelumnya. Selain itu juga kaca spion ini berguna untuk mengurangi blind spot dalam berkendara. Kaca spion ini berada pada sisi luar mobil, atau bisa juga menempel pada spion luar mobil.

Selain itu juga ada kaca spion tambahan yang berada pada bagian depan kendaraan, atau lebih tepatnya berada bagian atas bemper depan mobil. Kaca spion ini bernama spion fender yang biasanya ada pada mobil-mobil dengan ukuran bodi yang cukup besar. Spion tambahan ini berfungsi ketika parkir, memasuki jalanan sempit, dan juga untuk mengetahui jarak roda dengan got, trotoar, penghalang jalan atau yang lainnya.

Baca Juga: Cari Service Spion Mobil Patah? Ini Biayanya

Cara Merawat Kaca Spion Mobil

Selain mengetahui cara mengatur spion mobil dan beberapa jenisnya, kaca spion mobil tentunya juga perlu untuk OtoFriends lakukan perawatan. Jika tidak dilakukan perawatan, bisa saja timbul beberapa masalah di kaca spion mobil OtoFriends.

Beberapa masalah tersebut adalah seperti kaca menjadi berembun, buram, atau bahkan bisa muncul noda atau bintik-bintik yang mengganggu penglihatan OtoFriends melalui kaca spion tersebut. Berikut ini adalah tips atau cara merawat kaca spion mobil yang perlu OtoFriends ketahui.

Jangan Tunggu Kotor

Tips yang pertama dalam merawat kaca spion mobil adalah jangan menunggu kotor baru lalu membersihkan kaca spion tersebut. Membersihkan kaca spion sering kali orang lakukan hanya ketika kendaraan sudah menjadi kotor saja, padahal kaca spion harus dibersihkan terutama ketika mobil sudah melewati beberapa kondisi tertentu.

Beberapa kondisi tersebut adalah seperti kondisi panas terik yang bisa saja menimbulkan jamur akibat proses oksidasi. Kondisi lainnya adalah setelah mobil melewati kondisi hujan lebat. Setelah mobil melewati kondisi hujan lebat, sebaiknya OtoFriends segera membersihkan kaca spion mobil agar tidak ada sisa air hujan yang mengering di kaca tersebut.

Gunakan Peralatan Pembersih yang Tepat

Cara berikutnya dalam merawat kaca spion mobil adalah menggunakan peralatan yang tepat ketika membersihkan kaca tersebut. Beberapa peralatan terbaik untuk membersihkan kaca spion mobil adalah seperti kain yang lembut, spons dan sikat gigi.

OtoFriends dapat menggunakan kain yang lembut terutama ketika kaca spion telah terkena air hujan. Selain lembut, pastikan kain tersebut dapat menyerap air dengan sempurna dan dapat membersihkan noda. OtoFriends juga dapat menggunakan spons lembut saat akan membersihkan kotoran. Sementara untuk bagian yang sulit, bisa menggunakan sikat dengan sangat hati-hati agar tidak menggores kaca spion mobil.

Jangan Gunakan Pembersih Serbaguna

Pembersih serbaguna memang memiliki kelebihan diantaranya adalah dapat menghasilkan busa yang lebih banyak dalam waktu yang singkat. Namun ternyata pembersih serbaguna bukanlah hal yang tepat untuk membersihkan kaca spion mobil.

Hal tersebut karena busa yang dihasilkan oleh pembersih serbaguna ternyata memiliki potensi untuk merusak kaca spion mobil. Terlebih jika terdapat bahan amonia dalam pembersih serbaguna yang berbahaya bagi kaca spion mobil OtoFriends.

Jangan Langsung Menyemprotkan Cairan ke Kaca Spion

Tips berikutnya dalam merawat kaca spion mobil adalah ketika OtoFriends menggunakan cairan yang disemprotkan untuk membersihkan kaca tersebut, jangan langsung menyemprotkan cairan tersebut ke arah kaca spion mobil OtoFriends.

Apabila OtoFriends melakukan hal tersebut, bisa saja muncul bercak akibat cairan tersebut. Cara terbaik ketika menggunakan cairan semprot untuk kaca spion mobil adalah dengan menyemprotkannya ke kain atau lap terlebih dahulu, baru kemudian gunakan lap tersebut untuk membersihkan kaca spion mobil. 

Hindari Sinar Matahari saat Basah 

Tips merawat kaca spion yang terakhir adalah menghindari kaca spion mobil terkena sinar matahari secara langsung pada saat basah seperti ketika mencuci. Proses pengeringan setelah mencuci memang akan lebih cepat apabila mobil berada di bawah sinar matahari.

Namun ternyata melakukan hal tersebut dapat meninggalkan noda akibat air yang menguap di kaca spion mobil. Noda ini tentunya akan sangat mengganggu di kaca spion mobil OtoFriends.

Itulah beberapa informasi penting dari Otoklix mengenai spion mobil, mulai dari cara mengatur, jenis dan juga cara merawat kaca spion mobil. Agar mobil tetap berada dalam penampilan dan performa yang maksimal, kamu dapat menggunakan Otoklix untuk menemukan berbagai bengkel mobil sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk OtoFriends.