Merawat mobil dengan baik sangat penting untuk memperpanjang usianya. Salah satu cara perawatannya yaitu dengan melakukan wax mobil. Wax adalah lapisan sintetis khusus yang terdiri dari Carnauba, minyak alami, beeswax, atau petroleum distillates.

Ada beragam merek wax mobil yang tersedia di pasaran. Kisaran harganya beragam, bahkan sampai ratusan ribu rupiah. Untuk OtoFriends yang sedang mencari informasi tentang wax mobil, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

    Apa Itu Wax Mobil?

    Wax mobil merupakan lapisan khusus pada mobil yang bersifat sintetis. Biasanya, wax ini terbuat dari bahan seperti Carnauba wax, minyak alami, petroleum distillates atau beeswax.

    Sebenarnya banyak variasi jenis wax yang tersedia di pasaran dengan beragam keunggulan. Namun, secara keseluruhan, manfaat dan fungsi wax tetap sama, yaitu untuk perlindungan eksterior mobil.

    Pengaplikasian wax tergolong mudah, tetapi memerlukan ketelitian. Alat yang digunakan juga sederhana tapi tak boleh sembarangan, seperti lap microfiber atau spons.

    Kamu pun bisa melakukan proses ini tanpa perlu ke bengkel khusus. Bila sudah ahli, OtoFriends bisa melakukannya sendiri di rumah menggunakan bahan yang tersedia di pasaran atau buat sendiri.

    Fungsi Wax Body Mobil

    Di bawah ini terdapat beberapa fungsi dari wax mobil, yaitu:

    • Mempertahankan Kilau Cat

    Mobil yang sering digunakan dan terpapar hujan cenderung membuat cat lebih mudah memudar dan tidak berkilau lagi. Dengan penggunaan wax, OtoFriends bisa menjaga tampilan cat mobil tetap mengkilap meskipun terkena dampak cuaca ekstrem.

    • Melindungi Cat Mobil dari Kotoran

    Fungsi utama dari wax yaitu melindungi cat mobil dari kotoran seperti garam, kotoran burung, tar, maupun serangga yang sering menempel pada bagian luar mobil. Jika kendaraan yang belum dilapisi wax dicuci, kotoran yang menempel dapat menyebabkan lapisan cat mengelupas.

    • Melindungi dari Goresan

    Wax mobil memang tidak membuat kendaraan menjadi tahan terhadap goresan. Meskipun begitu,kendaraan yang telah dilapisi wax cenderung tahan terhadap goresan. Makanya penggunaan wax merupakan cara yang tepat untuk mengurangi risiko baret dan lecet.

    Jenis Wax Mobil

    jenis wax mobil

    Berikut jenis-jenis wax mobil yang banyak beredar di pasaran:

    • Wax Cair

    Umumnya, wax mobil dalam bentuk cair lebih mudah diaplikasikan ketimbang wax berbentuk padat atau pasta. Konsistensi cairnya memungkinkan produk ini untuk merata dengan lebih baik ketika diaplikasikan ke permukaan cat kendaraan.

    • Wax Sintetis

    Wax jenis ini biasanya memiliki daya tahan yang lebih lama daripada jenis wax lain seperti Carnauba. Wax sintesis juga memberikan perlindungan yang efektif terhadap elemen-elemen luar.

    Beberapa orang mungkin menganggap efek visual wax ini kurang alami, tetapi faktanya wax sintetis tetap populer di pasaran.

    • Wax Carnauba

    Salah satu jenis wax mobil yang populer yaitu wax Carnauba. Wax ini dihasilkan oleh pohon Carnauba dari Brasil. Walaupun cenderung memiliki harga yang lebih tinggi, wax Carnauba terkenal karena kemampuannya untuk memberikan perlindungan terhadap sinar UV.

    Perbedaan Wax dan Polish

    Tidak sedikit pemilik kendaraan yang menganggap wax mobil sama dengan polish. Sebenarnya proses wax dan polish itu berbeda meskipun keduanya saling melengkapi.

    Wax mobil terdiri dari lapisan sintetis terbuat dari berbagai campuran bahan yang diaplikasikan ke permukaan bodi mobil. Perawatan menggunakan wax ini sangat cocok untuk mobil baru.

    Sementara itu, polish digunakan untuk mengembalikan kondisi cat yang sudah kusam. Jadi, jika melakukan waxing tanpa melakukan polishing terlebih dahulu, jangan harap kamu bisa mendapatkan warna cat bodi mobil yang mulus.

    Cara Pakai Wax Mobil

    Untuk menggunakan wax mobil, OtoFriends perlu memerhatikan langkah-langkah berikut:

    1. Pastikan mobil dalam keadaan bersih dari debu atau kotoran yang menempel
    2. Pilihlah jenis wax yang sesuai dengan kebutuhan mobil
    3. Gunakan aplikator wax khusus seperti lap microfiber atau spons
    4. Biarkan wax mengering selama beberapa menit setelah itu gunakan lap bersih untuk menggosok permukaan mobil sampai wax menghasilkan kilau

    Seperti yang sudah OtoFriends ketahui, menggunakan wax mobil bukan hanya menciptakan tampilan bodi yang bagus, tapi juga untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap kendaraan.

    Kamu juga bisa kok punya mobil kinclong tanpa ribet aplikasikan wax mobil sendiri. Caranya tinggal bawa mobilmu ke Otoklix saja. Detailing hemat dan cepat bisa kamu dapatkan di sini. Yuk, booking online jadwal kunjunganmu sekarang!

    Pertanyaan Seputar Wax Mobil

    Apa Itu Wax pada Mobil?

    Wax mobil adalah lapisan pelindung yang diterapkan pada permukaan luar mobil untuk melindungi dan meningkatkan penampilannya.

    Kapan mobil harus di wax?

    Sebagian besar merekomendasikan untuk mengaplikasikan wax setidaknya beberapa kali setahun untuk menjaga penampilan dan perlindungan cat mobil.

    Apa beda wax dan polish?

    Wax digunakan untuk melindungi cat mobil dari kerusakan sedangkan polish dilakukan untuk menghilangkan baret atau goresan kecil dari permukaan cat mobil.

    Apakah wax mengikis cat?

    Wax sendiri tidak mengikis lapisan cat mobil. Sebaliknya, wax membentuk lapisan pelindung yang tipis di atas cat mobil.