Bertambahnya jumlah pengendara mobil membuat semakin banyak jumlah dan jenis aksesoris yang bisa OtoFriends gunakan bagi mobil kesayangan. Salah satu aksesoris yang saat ini banyak digunakan yaitu dashcam mobil.

Dashcam mobil adalah aksesoris yang membantu keselamatan berkendara. Apa itu dashcam mobil? Simak informasi lengkapnya mulai dari pengertian, fungsi, rekomendasi dashcam mobil terbaik, cara kerja dan alasan kenapa dashcam mobil penting berikut ini.

    Apa Itu Dashcam Mobil

    Dashcam mobil adalah sebuah kamera dengan ukuran yang relatif kecil dan biasanya dipasang pada bagian dashboard mobil atau bagian depan dalam kaca mobil. Tujuannya untuk merekam kejadian apa saja yang terjadi saat OtoFriends berkendara. 

    Selain pada bagian depan dalam kaca mobil, kamera ini ini juga sering dipasang pada bagian belakang mobil. Hal penting yang perlu kamu perhatikan saat memasang aksesoris ini adalah agar tidak mengganggu pandangan OtoFriends saat berkendara.

    Baca juga: Daftar 14 Aksesoris Mobil yang Wajib Tersedia

    Rekomendasi Dashcam Mobil

    Setelah mengetahui apa itu dashcam, kini Otoklix bagikan beberapa rekomendasi dashcam mobil murah terbaik yang bisa dijadikan sebagai referensi.

    1. Azdome

    Rekomendasi dashcam mobil murah yang pertama adalah Azdome. Harga dashcam mobil satu ini sekitar Rp800 Ribuan dan bisa dibeli dari situs jual beli. OtoFriends dapat memilih untuk membeli kamera untuk dashboard depan mobil, belakang mobil, atau keduanya.

    Azdome sendiri memiliki berbagai fitur canggih, yaitu:

    1. Dapat merekam dua file depan dan belakang mobil sekaligus. 
    2. Bisa langsung tersambung ke smartphone
    3. Terdapat parking sensor dan juga fitur night vision
    4. Mendapatkan support memory sampai 128Gb.

    Baca juga: Sensor Parkir Mobil: Tips Memilih, Pilihan, dan Cara Merawat

    2. 70mai Smart Dashcam 1S

    Aksesoris yang satu ini dapat OtoFriends dapatkan dengan mudah melalui situs jual beli di Indonesia dengan harga sekitar Rp600 Ribuan. Dashcam mobil yang satu ini merupakan model dashcam mobil terbaik yang paling banyak terjual di Indonesia.

    Kameranya memiliki beberapa kelebihan seperti memiliki area merekam sampai 130 derajat dan sudah memiliki fitur night vision. Kamera ini juga dapat terkoneksi dengan mudah dengan smartphone android atau iPhone.

    3. Philips CVR208

    Terakhir, ada Philips CVR208 dengan  resolusi sebesar 1920×1080 atau 1280×720 yang dapat merekam gambar secara detail dan jelas. Mulai Rp900 ribu hingga Rp1,5 jutaan, OtoFriends bisa mendapatkan dashcam yang punya sudut pengambilan sampai 140 derajat.

    Philips CVR208 layak jadi salah satu dashcam terbaik lantaran dibekali fitur yang banyak dan canggih untuk membantu pengendara. Beberapa fiturnya meliputi motion detection, night vision, loop record, G-Sensor lock, hingga pemantauan situasi untuk memudahkan pengemudi mobil saat parkir.

    Fungsi Dashcam Mobil

    Fungsi utama dari aksesoris ini tentunya sebagai alat perekam selama berkendara. Hasil rekaman nantinya bisa menjadi bukti apabila terjadi sesuatu kepada kendaraan seperti kecelakaan, tabrak lari, penipuan, atau pencurian.

    Dashcam juga biasanya bisa menjadi nilai lebih yang diperhitungkan ketika akan mengajukan atau mendaftarkan asuransi mobil. Sebab, hasil rekamannya dapat mempermudah OtoFriends untuk melakukan klaim asuransi mobil.

    Selain itu, beberapa dashcam kini juga telah terpasang fitur GPS. Fitur tersebut akan lebih memudahkan mengetahui posisi mobil ketika dalam kondisi terparkir.

    Baca juga: 7 Rekomendasi GPS Mobil Terbaik dan Harganya

    Cara Kerja Dashcam Mobil

    Dashcam mobil yang memiliki fungsi seperti kamera pengawasan untuk mobil OtoFriends tentunya memiliki cara kerjanya sendiri agar dapat beroperasi. Umumnya cara kerja dashcam mobil ini adalah dengan terkoneksi dengan tenaga listrik di mobil. 

    Tenaga listrik tersebut kemudian tersimpan dalam aksesoris tersebut sehingga kamera akan tetap berfungsi meskipun mobil dalam kondisi tidak menyala. Karena hal tersebut, maka dashcam mobil ini akan aktif ketika mobil dinyalakan. Setelah menyala dashcam mobil akan mulai merekam hal-hal yang terjadi pada mobil. 

    Kamera yang menghadap ke depan tentunya digunakan untuk merekam aktivitas yang terlihat pada bagian depan mobil. Sementara untuk kamera depan yang menghadap ke belakang biasa digunakan untuk mengawasi atau merekam aktivitas dalam mobil.

    Alasan Kenapa Dashcam Mobil Penting

    Melihat fungsi dan cara kerjanya, dashboard camera ini memang sangat penting untuk mobil. Berikut beberapa alasan kenapa dashcam penting untuk dimiliki OtoFriends. 

    Mengawasi mobil ketika ditinggal

    Alasan kenapa kamera dashboard penting yang pertama tentunya karena alat ini memiliki fungsi sebagai CCTV mobil yang sudah terkoneksi dengan smartphone. Maka dari itu, OtoFriends dapat menggunakannya untuk mengawasi mobil ketika ditinggal.

    Memudahkan parkir mundur

    Alasan kedua karena aksesoris ini juga dapat membantu pengemudi mobil ketika melakukan parkir mundur. Pengemudi dapat melihat bagian belakang mobil melalui dashcam pada bagian belakang mobil. Beberapa dashcam bahkan juga sudah dilengkapi dengan sensor parkir.

    Merekam saat perjalanan

    Selain sebagai CCTV untuk alasan keamanan, dashcam juga dapat menjadi andalan untuk merekam situasi atau kondisi dalam mobil selama melakukan perjalanan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengkondisikan kamera dashcam mobil bagian depan mengarah ke arah kabin mobil.

    Hasil rekaman bisa menjadi bukti kejahatan

    Hasil dari rekaman dashcam dapat menjadi bukti paling kuat apabila terjadi tindak kejahatan. Kejahatan yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja bisa diminimalisir dengan memasang aksesoris yang satu ini.

    Membantu memenuhi persyaratan asuransi

    Alasan yang terakhir kenapa dashcam mobil itu penting adalah karena aksesoris yang satu ini dapat membantu OtoFriends ketika mengajukan asuransi. Beberapa asuransi bahkan akan meminta pemilik mobil untuk segera memasang aksesoris ini jika belum ada.

    Itulah beberapa informasi penting mengenai dashcam mobil yang perlu OtoFriends ketahui. Dashcam mobil adalah aksesoris yang sangat ampuh untuk mencegah hal buruk bagi mobil OtoFriends. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, perawatan dan perbaikan mobil dapat dilakukan dengan beragam pilihan bengkel terpercaya dari Otoklix.

    Pertanyaan Seputar Dashcam Mobil

    Dashcam mobil adalah sebuah kamera dengan ukuran yang relatif kecil dan biasanya dipasang pada bagian dashboard mobil atau bagian depan dalam kaca mobil. Tujuan dipasangnya aksesoris ini adalah untuk merekam kejadian apa saja yang terjadi saat OtoFriends berkendara.

    Dashcam mobil sangat penting untuk dimiliki oleh pengendara mobil karena beberapa hal berikut:
    Mengawasi mobil ketika ditinggal
    Memudahkan parkir mundur
    Merekam saat perjalanan
    Hasil rekaman bisa menjadi bukti kejahatan
    Membantu memenuhi persyaratan asuransi.

    Dashcam mobil memiliki harga bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.