Penggunaan speaker mobil telah menjadi salah satu sarana hiburan yang umum diterapkan agar momen berkendara semakin menyenangkan dan terhindar dari kebosanan.  

Karena alasan ini, popularitasnya semakin meningkat, mendorong banyak penggemar audio mobil untuk mengganti sistem speaker mereka dengan yang terbaik. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas stereo kendaraan mereka menjadi lebih optimal.

Sebagai referensi dan panduan dalam memilih speaker berkualitas, OtoFriends perlu menyimak informasi ini!

Tips Memilih Speaker Mobil Terbaik

Berikut beberapa hal yang perlu OtoFriends pertimbangkan sebelum memilih jenis speaker mobil terbaik:

  • Kualitas Suara

Pemilihan kualitas suara speaker didasari dari beberapa faktor, termasuk rentang frekuensi yang mencerminkan kemampuan reproduksi suara. Rentang frekuensi yang lebih lebar dapat memberikan jangkauan suara yang lebih luas.

Meskipun rentang frekuensi tertentu disarankan, kamu perlu menyesuaikannya dengan kondisi interior kendaraan. Pastikan juga kamu melakukan instalasi speaker mobil dengan benar agar kualitas suara musik di dalam kendaraan lebih optimal.

  • Bahan Speaker Mobil

Bahan-bahan komponen pada speaker yang diproduksi oleh pabrikan memiliki dampak besar pada kualitas suara. Beberapa komponen tersebut meliputi:

  • Tweeter; umumnya menggunakan bahan lembut seperti campuran tekstil, polyurethane, atau sutra untuk menghasilkan suara yang hangat dan tebal. Namun, beberapa tweeter juga memanfaatkan bahan keras seperti grafit, logam, atau keramik untuk menciptakan suara bernada tinggi.
  • Woofer; menggunakan bahan yang kaku namun ringan. Polypropylene adalah bahan yang paling umum digunakan karena mampu menghasilkan suara bass yang akurat, tetapi bahan lain seperti kain tenun juga sering digunakan.
  • Surround; berfungsi  untuk menahan kelembapan dan panas, umumnya terbuat dari karet karena sifat elastisitasnya. Selain itu, kain dan busa juga sering digunakan sebagai alternatif yang lebih ekonomis namun tetap berfungsi dengan baik.

10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik

Sebagai rekomendasi, OtoFriends perlu menengok merk speaker mobil terbaik ini:

  1. JBL GT-76 Coaxial Speaker

Dilengkapi dengan teknologi PlusOne Woofer Cones dan respons frekuensi hingga 21 kHz, JBL GT-76 Coaxial Speaker dapat menghasilkan suara dengan sensitivitas dan detail yang tinggi. Selain itu, JBL telah merancang speaker ini agar hemat konsumsi daya sehingga menghindari beban berlebih pada aki.

  1. JBL GTO-609C

Speaker mobil ini mampu menghasilkan suara dengan rentang frekuensi 67 Hz – 21,000 Hz. Dengan tipe 2-way speaker, suara hentakan bass yang dihasilkan lebih solid dan jernih.

  1. JBL MS-62C

Speaker mobil berukuran 6,5 inci yang didesain khusus untuk menangani daya tinggi dan memberikan kualitas suara terbaik. JBL MS-62C dilengkapi dengan woofer aluminium yang dirancang untuk mengatur suhu guna mencegah kerusakan akibat panas dari daya listrik. 

  1. Pioneer TS-A1606C

Dengan desain mewah dan elegan berukuran 6.5 inci, speaker ini tidak hanya memberikan tampilan yang cantik tetapi juga performa suara yang detail dan jelas. Instalasinya mudah dan praktis.

  1. Pioneer D-1720C

Speaker mobil ini menggunakan teknologi Basalt Fiber IMX yang dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas suara. Keunggulan teknologi ini tidak hanya mencakup suara yang keras dan powerful, tetapi juga stabilitas dan tingkat peredaman suara yang tinggi.

  1. Pioneer TS F1634

Dilengkapi dengan amplifier 4 channel yang dapat diubah ke mode 2 channel. Harga speaker mobil ini juga terjangkau dengan kualitas yang gak kaleng-kaleng.

  1. Venom Diablo VX604DW

Speaker audio 3-way berukuran 6.5 inci yang menonjolkan performa luar biasa. Ditenagai dengan daya sebesar 150 watt dan memiliki sensitivitas suara sebesar 92 dB, merk speaker mobil terbaik ini menawarkan solusi audio berkualitas tinggi.

  1. Boston BSE-6981

Dengan tingkat sensitivitas 92 dB dan impedansi 4 Ohm, speaker mobil ini memberikan kualitas suara yang menggelegar dan tetap jernih. Tentunya ini menjadi pilihan yang memuaskan untuk menemani momen berkendara OtoFriends.

  1. BOSE 608

Jenis speaker mobil coaxial yang dirancang untuk menggantikan speaker bawaan pintu mobil. Speaker ini memberikan kualitas suara yang lebih nyaring dan bertenaga dengan daya sebesar 90 Watt dan tingkat respon frekuensi 50 Hz-20 kHz.

  1. Sansui SA-1621

Dengan daya konsumsi sekitar 200 watt, speaker ini tidak memberatkan aki mobil. Sensitivitas tinggi mencapai 88 dB dan keluaran suaranya sangat jernih. Harga speaker mobil ini juga ramah di kantong OtoFriends.  

Cara Merawat Speaker Mobil

Merawat speaker mobil itu mudah kok, kamu tinggal perhatikan cara-cara berikut ini:

  • Matikan speaker mobil sebelum mematikan mesin mobil agar speaker tetap awet
  • Gunakan CD original untuk mempertahankan kinerja audio mobil
  • Atur equalizer, mulai dari trible, bass, dan midle, dengan seimbang
  • Atur volume speaker mobil dengan tepat agar tidak melebihi batas maksimal
  • Bersihkan bagian optik dengan CD cleaner dengan cara disemprot kemudian dilap hingga bersih
  • Bersihkan debu yang menempel di head unit dan celah-celah yang tak terlihat

Sekarang kamu tahu kalau kebersihan interior mobil ternyata berpengaruh pada speaker yang dipasang. Makanya kamu perlu detailing mobil di Otoklix. Ada gratis cuci mobil lho! Yuk booking online di aplikasi Otoklix sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Speaker Mobil

Audio mobil yang bagus merek apa?

Merk beragam tergantung spesifikasinya. Yang populer adalah JBL, Pioneer, BOSE, Venom, Sansui, dan Boston.

Speaker merk apa yang paling bagus?

Untuk speaker harga terjangkau dengan kualitas baik ada Pioneer TS F1634 dan Sansui SA-1621.

Apa saja jenis speaker mobil?

Speaker mobil memiliki dua tipe utama, yaitu split component dan coaxial.

Speaker Bluetooth yang bagus dan awet merk apa?

Speaker Bluetooth dengan suara dan bass yang jernih dirilis oleh merek JBL, Simbadda, SONY, dan Nakamichi.