Modifikasi stir mobil merupakan hal yang umum dilakukan penggemar roda empat untuk memberi tampilan sporty pada interior mobil kesayangannya. Sebelum memutuskan memodifikasi stir racing mobil, ada sejumlah hal yang wajib OtoFriends perhatikan biar tidak salah pilih. 

Simak tips modifikasi stir racing mobil berikut ini supaya  kenyamanan dan keamanan berkendara tetap terjaga. 

Tips Modifikasi Stir Racing Mobil

1. Perhatikan Ukuran Setir

Hal pertama yang harus diperhatikan saat ingin mengganti stir standar menjadi stir racing adalah ukuran atau diameternya. Hal ini menjadi penting karena akan memengaruhi pengendalian dari mobil kamu sendiri. 

Stir racing umumnya mempunyai diameter 12 hingga 13 inchi. Sedangkan stir standar mobil bawaan pabrik mempunyai diameter 14 – 15 inchi. Jika OtoFriends asal dalam memilih ukuran akan berakibat fatal. 

Ukuran yang terlalu kecil akan membuat bagian kemudi menjadi berat. Akibatnya, saat memutar stir dibutuhkan tenaga lebih dari biasanya hingga menghilangkan kenyamanan saat berkendara. 

Selain berpengaruh kepada pengendalian mobil, ukuran yang tidak tepat juga akan membuat tampilan stir terlihat tidak serasi. Jadi, usahakan memilih setir dengan ukuran yang tak jauh dari diameter standar. 

Rasio lingkar kemudi dan efek putar roda yang tidak seimbang juga membahayakan keselamatan alih-alih terlihat keren atau sporty.

Baca Juga: Service Stir Mobil: Bagian yang Perlu Dicek & Biaya

2. Pilih Bahan Terbaik

Selanjutnya, pilihlah bahan yang nyaman untuk digenggam. Namun, pemilihan bahan kembali pada selera, kebutuhan, dan kenyamanan masing-masing pengendara karena didasarkan nilai estetika. 

Memilih bahan suede atau beludru seperti yang banyak terdapat pada supercar akan menampilkan nuansa mobil dan feeling berkendara layaknya supercar. Selanjutnya jika memilih material kayu akan menghasilkan kesan klasik.

Sedangkan jika memilih stir dengan material kulit ataupun kulit imitasi, nuansa mobil akan terlihat mewah dan elegan. Jika sudah memutuskan bahan apa yang ingin digunakan pada stir racing mobil, OtoFriends juga perlu memahami perawatannya agar tidak mudah rusak.

Pilihlah stir yang dapat menunjang kenyamanan pengendalian mobil, seperti bahan mudah menyerap keringat. Sebab, kondisi stir yang basah akan mengurangi daya cengkram tangan sehingga terasa licin dan berbahaya. 

Kendati demikian, stir racing mobil yang bisa dilepas-pasang dapat memudahkan OtoFriends jika ingin melakukan perawatan agar berkendara tetap nyaman. 

3. Pilih Model yang Sesuai

Tips selanjutnya sebelum modifikasi stir mobil adalah memilih model. Meski tampilan stir merupakan selera masing-masing orang, ada sejumlah cara yang dapat membuat kesan mobil menjadi lebih elegan. 

Tampilan stir dengan dua palang atau tiga palang akan lebih memberikan kesan elegan. Namun jika ingin mengikuti aliran modifikasi racing look, bisa pilih tampilan stir yang menggunakan empat palang.

Palang yang berjumlah empat buah pada stir akan memberi kesan sporty yang tidak bisa diberikan oleh stir dengan dua palang dan tiga palang. 

4. Perhatikan Fitur dan Sistem Keamanannya

Sebelum mengganti stir mobil, perhatikan sejumlah fitur stir dan sistem keamanannya. Fitur yang dimaksud bukan hanya adanya audio steering switch, pengatur layar MID, atau pengatur cruise control saja. 

Fitur utama yang juga perlu ada berupa fitur keselamatan seperti airbag. Mobil zaman sekarang kebanyakan sudah dibekali airbag pada stir.

Jika OtoFriends menggantinya dengan stir racing usahakan tidak melupakan airbag. Airbag mempunyai peranan besar saat terjadi kecelakaan karena sabuk pengaman saja tidak cukup. 

5. Beli Stir Racing Original

Di pasar atau aftermarket, banyak toko yang menjual stir racing mobil dengan beragam merek dan harganya. Namun tetaplah hati-hati ketika memutuskan untuk membeli, sebab bukan berita baru kalau banyak barang palsu beredar di pasar.

Beli stir racing yang original supaya keselamatan berkendara terjamin. Sebenarnya tak sulit membedakan antara stir racing original dan palsu karena dari harga yang dibanderol berbeda jauh. 

Harga stir palsu biasanya dijual seharga Rp300 ribu hingga Rp500 ribu saja. Namun, kalau merek asli dibanderol jutaan, mulai Rp2 jutaan. 

Supaya tidak bingung memilih saat ingin memodifikasi mobil, berikut rekomendasi stir racing mobil terbaik.

Rekomendasi Stir Racing Mobil

1. Momo Model 69

Merek Momo tentu tak asing lagi bagi pecinta modifikasi mobil. Stir racing mobil ini memiliki desain unik dengan handgrip nyaman. 

Menawarkan diameter 350mm dengan bahan suede, Momo Model 69 juga dirancang menggunakan bingkai aluminium yang kuat. Adapun penggunaan bahan suede di rim berfungsi untuk meningkatkan grip ketika memakai sarung tangan. 

Meski umumnya digunakan dalam balapan di sirkuit dan reli, beberapa orang memilih Momo Model 69 sebagai pemanis interior.

2. OMP Velocita 

Seperti halnya Momo, produsen ini juga populer di dunia racing yang umumnya ditemukan dalam ajang reli. OMP Velocita memiliki kualitas superior karena menggunakan bahan terbaik.

Desainnya hampir serupa dengan Momo Model 68 tapi di beberapa sisi OMP Velocita memiliki bentuk lebih melengkung. Frame-nya dibuat dari alumunium keras sehingga menambah jangka waktu penggunaan dalam lingkungan motosport ekstrim. 

Di pasaran, OMP Velocita memiliki dua opsi ukuran yakni berdiameter 350 mm dan 380 mm. 

Baca Juga: Penyebab Stir Mobil Bunyi Saat Jalan Rusak dan Berbelok

3. Nardi Competition 

Selanjutnya ada Nardi Competition yang juga tak kalah populernya dari Momo dan OMP. Stir racing mobil Nardi Competition biasanya ditemukan sebagai standar di mobil tertentu, seperti BMW 2022 dan Mazda MX-5 Mk1. 

Stir racing Nardi Competition memiliki diameter 330 mm hingga 360 mm. Jika tertarik dengan Nardi Competition,  OtoFriends perlu detail saat membelinya. 

Sebab, banyak produk replika yang dijual dalam wujud yang sangat mirip dengan versi asli dan harganya lebih murah. Jika penjual mengatakan stir Nardi Competition cocok untuk bos kit dan pola baut Momo, dipastikan stir tersebut palsu. 

Perlu diketahui, Nardi Competition memiliki pola yang berbeda dengan produk lainnya. 

4. Momo Prototipo 

Sebenarnya, Momo Prototipo lebih banyak digunakan untuk penggunaan harian. Material yang digunakan berbahan alumunium berdiameter 350 mm dengan balutan kulit pada rodanya. 

Desain Momo Prototipo merupakan campuran yang baik antara ukuran dan fungsionalitas. Banyak pengguna yang merasakan kenyamanan saat menggenggam Momo Prototipo. 

5. Sparco 383

Terakhir ada Sparco 383 yang menjadi produk stir mobil terbaik untuk penggunaan harian maupun kebutuhan racing. Meski ukurannya relatif kecil yakni 330 mm, Sparco 383 cukup nyaman digunakan berkat adanya balutan suede lembut sehingga menciptakan grip yang lebih baik daripada bahan kulit.

Harga Stir Racing Mobil

Momo Model 69Rp4,7 juta
OMP VelocitaRp5,4 juta
Nardi CompetitionRp4,5 juta
Momo PrototipoRp4,5 juta
Sparco 383Rp2,5 juta

Jika ingin berkendara tetap nyaman dan aman, lakukan servis mobil secara rutin dengan mengunjungi bengkel terdekat. Tak perlu khawatir mengantre panjang, OtoFriends bisa booking online dengan bengkel rekanan melalui aplikasi OtoKlix