Saat melintasi jalan yang rusak, terkadang setir mobil berbunyi. Ada beberapa penyebab stir mobil bunyi saat jalan rusak. Namun, kebanyakan karena ada masalah pada kaki-kaki mobil. Apalagi bagi mobil yang sudah menempuh jarak yang jauh atau usia pakainya lebih dari 3 tahun. Kemungkinan ini bisa saja terjadi. Lantas, apa penyebabnya? Simak selengkapnya.

Penyebab Setir Mobil Bunyi

Bunyi pada setir yang saat melewati jalan rusak terdengar seperti besi beradu. Biasanya bunyi ini juga diikuti dengan getaran yang muncul. Penyebabnya bisa karena beberapa hal yang bakal kita bahas berikut ini:

1. Rack steer bermasalah

Bisa karena rack steer-nya yang sudah bermasalah. Namun, kalau komponen satu ini bermasalah, biaya perbaikannya tidak murah, sekitar Rp8 juta – Rp9 jutaan. Namun, masalah ini bisa diakali dengan hanya mengganti bagian yang paling bermasalah saja, supaya biayanya tidak membengkak. Bisa hanya mengganti bushing-nya saja atau gigi as rack steer. Masalah yang biasanya terjadi pada gigi as racksteer adalah rompal. Hal itu bisa disiasati dengan menambah daging dan membentuk tulang.

2. Cek joint steering 

Kalau sudah dicek dan ternyata rack steer-nya tidak bermasalah, penyebab stir mobil bunyi saat jalan rusak mungkin bisa karena joint steering-nya bermasalah. Komponen ini menghubungkan setir mobil ke rack steer. Joint steer terletak di steering column pada bawah dasbor. Pada joint steer terdapat baut yang mengancing klem as steering column bagian atas dan bawah.

Seiring penggunaan, baut pengancing ini bisa jadi kendur dan membuat as steering column jadi renggang. Jadi, saat melewati jalanan rusak, setir terasa bergetar dan berbunyi. Cara memperbaikinya cukup menggunakan kunci 12 mm, obeng minus, palu, dan grease. Kunci 12 mm dipakai untuk mengencangkan joint steering-nya. Sementara itu obeng minus dan palu dipakai untuk merenggangkan joint steer saat posisinya mau diperbaiki. Kemudian, grease berfungsi untuk melumasi ulang joint steer.

Baca juga: Fungsi Komponen Setir Mobil dan Jenis Sistem Kemudi Mobil

3. Masalah pada intermediate steering shaft

Penyebab stir mobil bunyi saat jalan rusak berikutnya adalah intermediate steering shaft spline yang oblak. Komponen ini bisa ditemukan pada bagian luar mobil yang mengarah ke power steering rack. Di bagian tengah komponen ini terdapat spline atau sambungan yang bergerak maju dan mundur. Fungsinya untuk menyesuaikan perubahan jarak antara steering rack gear dan juga steering column. Perubahan ini terjadi karena benturan atau saat mobil menghantam jalanan berlubang.

Fungsi lain dari spline juga untuk memudahkan mekanik saat memasang intermediate shaft. Seiring pemakaian, spline ini juga bisa aus dan oblak. Akibatnya timbul bunyi pada setir mobil di bagian ini.

4. Tie rod ball joint oblak

Komponen yang berhubungan dengan kaki-kaki mobil ini juga erat kaitannya dengan penyebab stir mobil bunyi saat jalan rusak. Komponen ini menghubungkan steering rack shaft dengan tie rod end. Kalau komponen long tie rod ball joint ini oblak, bakal timbul suara seperti “gluduk-gluduk”. Suara ini bahkan bisa terdengar sampai ke dalam kabin dan setir terasa bergetar. Namun, bunyi ini biasanya jarang muncul saat setir berbelok.

Itu dia 4 hal yang mungkin jadi penyebab stir mobil bunyi saat jalan rusak. Selain penyebab di atas, biasanya masalah bunyi berdecit saat setir diputar juga menjadi keluhan pengguna mobil.

Baca juga: Service Stir Mobil: Bagian yang Perlu Dicek & Biaya

Penyebab Setir Mobil Berdecit Saat Diputar

Ada 4 hal juga yang bisa menjadi tanda penyebab setir mobil bunyi berdecit saat diputar. Hal ini akan sangat mengganggu karena pasti setir mobil sering diputar untuk berbelok. Kalau terdengar suara setiap diputar, bisa mengurangi kenyamanan berkendara.

1. Bearing mulai kendor

Bearing atau laher pada mobil adalah komponen wajib pada bagian mobil yang perlu rotasi. Bearing ini berfungsi sebagai pelapis antara komponen yang bergerak dan yang diam, sehingga tidak terjadi gesekan yang berlebihan. Bunyi akibat gesekan juga bisa diredam. Akan tetapi, kalau bearing ini kendor atau bahkan rusak, wajar kalau terdengar bunyi kasar saat berbelok. Segera cek komponen ini ke bengkel terdekat. Penanganan pertamanya bisa dengan ditambahkan pelumas. 

2. CV joint bermasalah

CV adalah singkatan dari constant velocity. Komponen CV joint berfungsi untuk menyesuaikan ketinggian setir dengan pengemudi. Meskipun ketinggian setir ini bisa dinaikan dan diturunkan, tetapi putarannya tetap bisa tersalurkan dengan baik pada bagian roda berkat adanya CV joint.

Masalah yang biasa terjadi pada bagian ini adalah CV joint goyang sehingga ada getaran berlebih ketika setir berbelok. Cara mendeteksinya adalah dengan menggoyangkan bagian melalui poros setir yang biasanya terletak di bawah dasbor dekat lantai kabin. Kalau goyangannya terasa berlebih, kemungkinan memang CV joint perlu diganti. Kalau hanya terasa goyangan ringan, cukup diberi pelumas saja.

Baca juga: Cara Memegang Setir Mobil yang Benar Kunci Aman Berkendara

3. Komponen tie rod rusak

Tidak hanya jadi penyebab stir mobil bunyi saat jalan rusak, masalah pada komponen tie rod juga bisa terasa saat setir dibelokkan. Ada bagian yang bernama boot tie rod. Fungsinya adalah melindungi ball joint pada lengan setir ini dari kotoran atau debu. Selain itu juga berfungsi mencegah pelumas ball joint bocor. Pelumas yang bocor bisa memicu gesekan berlebih dan membuat setir berdecit saat dibelokkan.

4. Komponen power steering rusak

Penyebab terakhir yang membuat setir berbunyi saat dibelokkan adalah kerusakan pada power steering, terutama pada bagian pompa. Kerusakan pada power steering rusak mudah dideteksi, yaitu bakal terasa setir jadi berat saat dibelokkan. Kalau setir terasa berat saat dibelokkan, ini menjadi tanda komponen power steering rusak. Biasanya kerusakan terjadi karena kekurangan oli. Penyebab power steering rusak lainnya bisa karena pompanya yang rusak. Butuh dua orang untuk melakukan pengecekan. Satu orang membelokkan setir, satu orang mengecek pompa pada dekat mesin.

Itu dia beberapa hal penyebab stir mobil bunyi saat jalan rusak. Sebaiknya segera lakukan pengecekan agar berkendara lebih aman dan nyaman. Sebab, setir adalah salah satu komponen paling penting untuk keselamatan berkendara.

Cek kondisi mobil dan servis berkala di bengkel-bengkel yang menjadi mitra Otoklix. Aplikasi akan mendeteksi lokasi dan mencarikan bengkel terdekat dari lokasimu!