Mobil Daihatsu Taruna cukup populer di era 1970 hingga 2000. Meskipun saat ini mobil Taruna sudah tidak diproduksi lagi, masih banyak orang yang berminat membeli mobil Taruna. 

Jika OtoFriends juga tertarik membeli mobil Taruna, maka harus mengetahui perawatannya termasuk memilih oli yang cocok untuk mobil Taruna. 

Mengutip dari laman teknisimobil.com, mobil Taruna sendiri memiliki kapasitas oli mencapai 3,8 liter. Jenis oli yang dianjurkan adalah tipe SAE 10W-40 dengan TBN (Total Base Number) minimal 9-10.

Semakin tinggi nilai TBN, maka penguapan oli juga semakin rendah, sehingga cocok digunakan untuk mobil Taruna. 

Lalu, oli dengan tipe SAE 10W-40 ini memiliki kekentalan yang tidak terlalu tinggi, sehingga cocok untuk mobil Taruna yang usianya sudah tua. 

Berikut ini beberapa rekomendasi merek oli yang cocok untuk mobil Taruna dan beberapa tips saat akan memilih oli mobil. 

Oli yang Cocok untuk Mobil Taruna

Sesuai dengan rekomendasi, mobil Taruna cocok menggunakan oli SAE 10W-40. Jika ragu, OtoFriends juga sebaiknya berdiskusi dengan petugas bengkel untuk menemukan oli yang tepat. Berikut rekomendasinya. 

1. Daihatsu Genuine Oil

Rekomendasi yang pertama yakni oli dari Daihatsu sendiri. Oli mobil ini jenis SAE 10W-40, sehingga cocok untuk mobil Taruna. 

Oli mobil ini dibuat dari bahan sintetik yang bagus untuk mesin mobil dan sudah memenuhi standar API dan SN.

Daihatsu Genuine Oli SAE 10W-40 ukuran 1 liter ini dijual dengan harga Rp65 ribuan. 

2. Pertamina Prima XP

Rekomendasi berikutnya adalah oli dari Pertamina Prima XP dengan SAE 10W-40. Oli ini cocok digunakan untuk mobil-mobil tua yang usianya sudah puluhan tahun yakni tahun 2000-2010, termasuk mobil Taruna.

Harga oli Pertamina Prima 10W-40 untuk ukuran 4 liter adalah Rp185 ribu. OtoFriends bisa membelinya di e-commerce atau bengkel.

3. Revol Super S-4

Revil Super S-4 juga termasuk oli dengan tipe SAE 10W-40 yang cocok untuk mobil Taruna. Oli ini memiliki kelebihan untuk meningkatkan kinerja mesin mobil, memberi pelumas untuk seluruh komponen mobil, menjaga performa mesin mobil, hingga emisi gas yang rendah. 

Oli merek Revil Super S-4 ini dijual di e-commerce dengan harga Rp165 ribu untuk ukuran 4 liter. 

4. Shell Helix HX6

Shell Helix X6 juga bisa dipilih untuk oli mesin mobil Taruna. Oli ini mampu meningkatkan performa mesin mobil dan melindungi mesin mobil dari lumpur atau keausan.

Harga untuk satu liter oli Shell Helix X6 adalah sekitar Rp65 ribu. 

5. Top 1 Zenzation

Berikutnya ada oli mobil Top 1 Zenzation dengan SAE 10W-40 yang bagus untuk mobil Taruna. 

Keunggulan dari oli mobil ini adalah sudah dilengkapi dengan kandungan sintetik yang lebih tinggi, sehingga usia pakainya bisa lebih lama. 

Harga oli mobil Top 1 Zenzation memang lebih mahal, yakni Rp431.400 untuk ukuran 4 liter. 

Tips Memilih Oli Mobil

Meskipun sudah mengetahui oli mobil yang cocok untuk mobil, OtoFriends juga wajib mengetahui beberapa tips dalam memilih oli mobil terbaik agar tidak salah. 

1. Ketahui Spesifikasi Mobil

Tips pertama sebelum memilih oli mobil adalah mengetahui spesifikasi mobil. Beberapa hal yang harus OtoFriends ketahui seperti mesin mobil yang digunakan, kapasitas oli mesin mobil, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui spesifikasi lebih detail, OtoFriends bisa membacanya di buku manual bawaan mobil atau dengan menanyakan pada pihak bengkel.

2. Perhatikan Kekentalan Oli

Tips kedua yang tidak kalah penting adalah dengan memperhatikan kekentalan oli. Setiap mobil umumnya memiliki tingkat kekentalan oli yang berbeda-beda. 

Ada beberapa jenis mobil yang membutuhkan oli yang encer, sebaliknya ada beberapa jenis mobil yang membutuhkan oli mobil yang lebih kental. 

Untuk mengetahui kekentalan oli mobil yang cocok, OtoFriends bisa membacanya dari buku manual atau dengan berkonsultasi dengan pihak bengkel.

3. Beli Oli Mobil yang Bersertifikasi

Pastikan OtoFriends membeli oli mobil yang sudah bersertifikasi, seperti API, SAE, JASO, ACEA, dan ILSAC. Hindari membeli oli mobil yang abal-abal atau bekas karena bisa membuat mesin mobil OtoFriends jadi mudah rusak. 

Nah, itu dia informasi terkait oli mobil yang cocok untuk mobil Taruna yang bisa dijadikan referensi. Apabila mobil sudah mulai tidak nyaman dikendarai dan muncul suara kasar, segera cek oli mobil dan segera ganti.

OtoFriends bisa ganti oli mobil setiap enam bulan sekali, atau ketika mobil sudah tidak nyaman dikendarai. Bagi OtoFriends yang tinggal di Jakarta, bisa datang ke bengkel mobil Otoklix

Pertanyaan seputar Oli yang Cocok untuk Mobil Taruna

Kapasitas oli mesin mobil Taruna adalah 3,8 liter.

Harga oli mesin mobil Taruna bervariasi. Namun, rata-rata mulai dari Rp60 ribuan hingga Rp400 ribuan.

Durasi ganti oli sebaiknya 6 bulan sekali atau setiap menempuh jarak 10.000 km. Namun, bisa lebih cepat tergantung pemakaian.