Merawat mobil menjadi kewajiban bagi para pemilik mobil, termasuk bagian stir mobil.

jika sudah rusak biaya service stir mobil cukup lumayan. Stir mobil merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Tidak jarang dijumpai stir mobil mengalami masalah.

Jika sudah seperti ini, tentu anda harus berhati-hati karena berkaitan dengan keselamatan.

Ada beberapa masalah yang sering muncul pada stir mobil, cek apakah mobil OtoFriends termasuk salah satunya.

Masalah yang muncul pada stir mobil

Berikut kami sudah merangkum 5 masalah yang sering muncul pada stir mobil, baik untuk mobil bekas maupun baru.

1.Stir mobil tidak lurus

Penyebab stir mobil tidak lurus biasa terjadi karena tekanan ban yang tidak sesuai atau ban sudah aus. Silahkan lakukan cek kondisi kedua ban depan apakah terjadi masalah atau tidak.

Jika keduanya normal, lanjut cek pada bagian keselarasan (alignment) ban, apakah sudah lurus. Masalah lain dari stir mobil bisa timbul dari komponen stir bengkok, system power steering atau seal yang rusak. Alangkah baiknya lakukan pengecekan ke bengkel terpercaya agar penyebabnya segera diketahui.

2. Power steering mati

Power steering adalah fitur yang membuat stir mobil menjadi lebih ringan. Power steering banyak dijumpai pada mobil keluaran baru. Saat power steering bermasalah, tanda paling mudah dikenali adalah stir terasa lebih berat.

Kerusakan pada power steering terjadi karena cara mengemudi yang kurang benar, seperti membelokkan stir secara penuh saat belok. Penyebab lain dari power steering mati adalah munculnya karat karena air masuk lewat rack steer.

3. Stir tidak responsif dan tidak akurat

Masalah stir mobil selanjutnya adalah stir mobil tidak responsif dan akurat saat dibelokkan, pernah mengalami? Penyebabnya lebih dikarenakan keausan pada komponen stir, yaitu pada bagian tie rod end atau gearnya.

Untuk itu selalu lakukan service berkala pada mobil kesayangan dan lakukan penggantian part saat sudah waktunya.

4. Stir mengeluarkan bunyi 

Stir mengeluarkan bunyi-bunyi aneh saat dibelokkan, kira-kira apa penyebabnya? Cek dulu pada bagian belt dan cairan power steering terlebih dulu, jika normal berarti masalahnya bukan disitu.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab seperti pompa power steering bermasalah, adanya gelembung udara pada sistem hidrolik, belt longgar atau bearing rusak. Segera lakukan pengecekan ke bengkel service stir mobil terdekat untuk mengecek sumber bunyi berasal.

5. Stir bergetar

Stir mobil bergetar tentu membuat tidak nyaman saat mengemudi. salah satu penyebabnya bisa dari ban kurang angin. Jika terjadi stir bergetar seperti ini saat berkendara, segera menepikan mobil dan cek kondisi ban.

Idealnya ban mobil memiliki umur 3 tahun, walaupun masih bagus OtoFriends tetap harus mengganti ban baru. Saat ban tidak ada masalah tetapi stir masih saja bergetar, ada baiknya dibawa ke servis stir mobil yang sudah berpengalaman. Lalu bagaimana cara service stir mobil, apakah bisa dilakukan secara mandiri?

Baca juga: Biaya Kursus Stir Mobil, Tips, dan Persiapan Sebelum Kursus

Cara Service Stir Mobil

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat service stir mobil

1. Periksa kaki-kaki mobil

Terkadang stir mobil terasa sulit dikendalikan saat dikendarai. Hal ini biasanya disebabkan oleh komponen kaki-kaki mobil yang sudah mencapai masa pakai. Maka, yang bisa dilakukan untuk service stir mobil adalah dengan mengganti baru kaki-kaki mobil.

Komponen yang diganti terdiri dari steering rack, bushing arm, ball joint, tierod, long tie rod, dan komponen kaki-kaki lainnya. Semua komponen kaki-kaki tersebut sebaiknya dilakukan pengecekan setiap enam bulan sekali. 

Namun, jika bukan mobil aktif, bisa juga melakukan pengecekan selama satu tahun sekali agar kaki-kaki mobil tetap awet.

2. Pengecekan tekanan ban

Tiba-tiba stir mobil mulai terasa berat saat sedang berkendara. Maka hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek tekanan ban mobil. Penyebab stir mobil terasa berat mungkin dipengaruhi oleh ban yang tekanan udaranya kurang. 

Hal ini adalah salah satu yang menyebabkan kemudi susah untuk dibelokkan. OtoFriends bisa cek apakah ban mobil kempes atau kurang angin. Tetapi jika ingin lebih akurat, bisa memukul ban dengan benda keras seperti batang besi. 

Maka cara service stir mobil yang terasa berat akibat tekanan ban berkurang hanyalah mengisi angin ban mobil sesuai anjuran.

3. Menyesuaikan pengaturan FWA

Stir mobil berat juga bisa disebabkan oleh roda mobil yang memiliki sedikit kemiringan yang tidak seimbang dengan ban depan atau belakang. Inilah yang dinamakan sebagai sudut chamber atau FWA (Front Wheel Alignment). 

OtoFriends hanya perlu melakukan pengaturan FWA, maka secara otomatis kemudi akan terasa lebih ringan. Pengaturan FWA ini bisa kamu lakukan di bengkel service stir mobil dan melakukan balancing roda. 

Baca juga: Fungsi Komponen Setir Mobil dan Jenis Sistem Kemudi Mobil

4. Cek kondisi cairan pada power steering

Power steering biasanya menggunakan prinsip hidrolik untuk memindahkan tenaga. Jika cairan power steering ini berkurang, ini bisa menyebabkan daya yang dihasilkan oleh komponen pompa power steering tidak dapat tersalur dengan sempurna.

Jika pompa power steering tidak bekerja optimal, yang terjadi adalah tekanan hidrolik oli ke power steering rack pun berkurang sehingga bagian setir berat.

Jika cairan power steering mengalami penurunan, maka kemampuan pelumasnya akan berkurang. Supaya kemudi kembali normal, bisa melakukan pengisian cairan power steering atau ganti dengan yang baru. Pastikan cairan power steering dalam kondisi normal.

Jangan lupa juga untuk mengecek bagian tabung reservoir oli di dalam ruang mesin ya.

5. Retrim stir mobil

Untuk kerusakan pada pelapis stir mobil, bisa diatasi dengan cara retrim stir mobil. Retrim stir mobil adalah penggantian seluruh material pelapis lingkar kemudi atau setir. Cara satu ini memang tidak berdampak ke kemudi oleng, tetapi mempengaruhi kenyamanan dan estetika interior mobil.

Kulit stir mobil mengelupas umumnya jika sudah memasuki lima tahun. Apalagi jika kamu jarang membersihkan service stir mobil. Stir mobil perlu rutin dibersihkan dengan lap microfiber agar lapisannya tetap bagus. Khusus bahan kulit, bisa ditambahkan cairan khusus untuk bahan kulit

Proses retrim bisa dilakukan pada material berbahan kulit maupun non kulit, serta lapisan berbahan wooden atau kayu, bahkan carbon fiber. Biaya retrim stir mobil sekitar Rp600 ribu sampai 1,5 juta untuk bahan kulit dan Rp350 ribuan untuk bahan non kulit.

Baca juga: Cara Memegang Setir Mobil yang Benar Kunci Aman Berkendara

Biaya service stir mobil

Saat stir mobil sudah rusak, mau tidak mau harus dilakukan service, kira-kira berapa biaya service stir mobil? 

Service stir mobil

Ada dua jenis stir mobil, yaitu stir dengan hidrolik dan power steering. Stir dengan model hidrolik biasa dijumpai pada mobil tipe lama, estimasi biayanya mulai dari 150 ribuan. Sedangkan untuk stir yang sudah menggunakan power steering, estimasi biaya service stir mobil mulai dari 850 ribuan.

Nah demikian pembahasan mengenai masalah seputar stir mobil, jangan lupa untuk selalu mengecek stir mobil secara berkala. Kamu bisa mencari rekomendasi bengkel terbaik lewat aplikasi Otoklik, cek sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Service Stir Mobil

Biaya retrim stir mobil bahan non kulit Rp350 ribuan dan kulit Rp600 ribuan.

Rack steer adalah komponen yang sulit diperbaiki, jika rusak harus ganti baru.

Untuk power steering baru mulai dari Rp 4 juta sampai 12 juta, tergantung merk mobil.