Saat ini sudah ada mobil-mobil yang menggunakan kontrol elektronik sistem injeksi bahan bakar, tetapi untuk mobil berbahan bakar bensin tetap menggunakan karburator.

Fungsi karburator mobil adalah mengumpulkan dan mencampur udara dengan bahan bakar kendaraan untuk digunakan pada mesin pembakaran bagian dalam. Fungsi ini terbilang vital pada mobil.

    Tak jarang karburator mobil luput diperhatikan sehingga asap yang dikeluarkan berwarna hitam, berbau tajam, juga bisa terjadi “banjir bensin”.

    Nah, maka dari itu kamu perlu rajin melakukan service karburator mobil. Kabar baiknya, kamu bisa melakukan service karburator mobil sendiri di rumah, lho. Membersihkan karburator di rumah secara mandiri ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Simak caranya, ya.

    1. Pastikan kabel kutub negatif

    Sebelum membersihkan karburator, hal pertama yang wajib kamu periksa adalah kabel-kabel. Kamu wajib memeriksa bagian kabel-kabel agar tidak terjadi konsleting saat proses pembersihkan. Pastikan kabel kutub negatif terbuka dari aki.

    2. Bersihkan filter udara

    Setelah memastikan kabel kutub negatif terbuka dari aku, kamu juga perlu memeriksa filter udara. Kamu bisa melepaskan filter udara terlebih dahulu lalu memeriksa apakah ada bagian yang kotor atau tidak.

    Jika ada bagian yang kotor, tentu saja harus dibersihkan dahulu. Fungsi membuka filter udara juga untuk membandingkan sebelum dan setelah karburator dicuci.

    3. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan

    Alat-alat yang digunakan untuk membongkar dan membersihkan karburator mobil cukup sederhana dan mudah didapatkan di toko material. Kamu membutuhkan obeng plus dan minus, kunci 10, 12, 14, tang, dan carburetor cleaner.

    4. Buka bagian rumah filter udara

    Apabila peralatan sudah siap, kamu bisa mulai membuka bagian rumah filter udara dan juga filter pada karburator. Untuk membuka rumah filter udara ini kamu bisa menggunakan kunci 10 dan 12. 

    Caranya adalah lepas mur dan baut di sekitar rumah filter. Sebaiknya kamu berhati-hati pada proses melepaskan ini agar baut tidak patah.

    5. Buka bagian baut drain

    Kemudian, kamu bisa membuka baut drain. Baut drain adalah baut yang berada di depan unit karburator dan berfungsi sebagai baut penutup. Cara membuka baut drain adalah dengan menggunakan kunci 14.

    Setelah baut drain lepas, kamu bisa menyemprot bagian tersebut dan juga baut drainnya dengan cairan carburator cleaner. Semprot sampai bersih dan tidak ada kotoran yang menempel pada sela-sela karburator.

    Hati-hati saat menyimpan komponen kecil seperti baut dan seal, tempatkan pada sebuah wadah agar tidak hilang.

    6. Atur setelan angin yang masuk ke dalam karburator

    Setelah bagian karburator dibersihkan, kamu bisa memasang kembali baut pada karburator.

    Langkah selanjutnya adalah mengatur setelan angin kompresor yang masuk ke dalam karburator sehingga langsam atau idle. Idle adalah kondisi saat mesin hidup tetapi belum beroperasi. 

    Kamu bisa memutar putaran angin sekitar 1.5 putaran. Selain itu, kamu juga bisa mencoba memutar 700-900 rpm. Tutup karburator dengan menggunakan tangan. Lakukan pengulangan beberapa kali sampai tidak ada lagi sisa kotoran pada karburator.

    Dengan cara ini kamu bisa mendapatkan kondisi langsam dan setelan angin pun terbebas dari kotoran yang menempel.

    7. Semprot menggunakan carburator cleaner

    Cara selanjutnya adalah membersihkan karburator dengan cara menyemprot cairan carburator cleaner. Cara ini mungkin akan membuat putaran mesin menurun atau bahkan mati.

    Kalau mesin turun atau bahkan mati, kamu bisa membuka skep gas dan menghidupkan kembali mesin. Setelah karburator benar-benar bersih, sebaiknya angin disetel kembali agar mendapatkan putaran mesin yang stabil. Setelah itu, kamu bisa mengakhiri proses service karburator mobil ini.

    Service Karburator Mobil di Bengkel

    Tidak semua orang memiliki waktu atau keterampilan untuk service karburator mobil sendiri. Maka dari itu, bengkel pun menyediakan layanan service karburator mobil. Bagi kamu yang mau membawa ke bengkel, kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp 150-200 ribuan untuk mobil merek Jepang seperti Toyota, Honda, Suzuki, Daihatsu. 

    Tetapi khusus Suzuki Esteem 1.6L dan Mercy Tiger harganya bisa lebih mahal, yaitu Rp 300 ribu.

    Terkadang karburator tidak hanya dibersihkan, tetapi ada penggantian komponen, contohnya koin karburator yang perlu diganti. Biaya penggantian gobangan atau koin karburator ini kisaran Rp 75 ribu. 

    Itu tadi cara mudah service karburator mobil sendiri di rumah beserta perbandingan berapa biaya jika service di bengkel. Jika kamu memiliki waktu kosong untuk service karburator mobil sendiri di rumah, kamu bisa menghemat ratusan ribu.

    Tetapi kalau kamu membutuhkan jasa bengkel umum, kamu bisa mencari bengkel rekomendasi dan terdekat dari lokasimu melalui aplikasi booking service Otoklix. Otoklix bekerja sama bengkel terbaik se-Jabodetabek.