Halo, OtoFriends! Kamu pasti setuju kalau alarm mobil adalah salah satu fitur yang sangat penting untuk menjaga keamanan kendaraan. Namun, bagaimana kalau alarm mobil tidak bunyi saat dikunci?

Jangan anggap remeh alarm mobil yang rusak. Ini bisa membuka celah bagi pencuri untuk beraksi. Biar makin paham, yuk cari tahu lebih lanjut soal apa penyebabnya dan cara memperbaikinya!

Mengenal Apa itu Alarm Mobil

Hai, OtoFriends! Kamu pasti sering dengar soal alarm mobil. Namun, tahukah kamu apa sebenarnya alarm mobil itu?

Jadi, alarm mobil adalah sistem keamanan elektronik yang sederhana namun sangat penting. Tujuannya adalah melindungi mobil dari pencurian dan kerusakan. Alarm mobil bekerja dengan mengintegrasikan sensor dan perangkat elektronik di dalamnya. Saat ada yang menyentuh mobil, sensor ini akan mendeteksi gerakan tersebut dan membunyikan alarm.

 

Fungsi Alarm Mobil

Sebelumnya sempat disinggung kalau alarm mobil ini dapat mendeteksi gerakan pada mobil. Lantas, jika bisa mendeteksi gerakan, apa sebenarnya fungsi dari alarm mobil?

1. Melindungi mobil dari tindak pencurian

Bisa dibilang inilah fungsi utama dari alarm mobil. Ketika ada yang mencoba membuka pintu atau menghidupkan mesin tanpa izin, alarm akan langsung berbunyi keras. Hal ini tidak hanya mengusir pencuri, tetapi juga memberi tahu orang sekitar bahwa ada hal mencurigakan yang terjadi.

2. Mencegah mobil dari kerusakan

Alarm mobil tidak hanya bisa melindungi dari pencurian, tetapi juga bisa mencegah kerusakan pada kendaraan. Sensor-sensor yang dipasang pada alarm bisa mendeteksi tindakan merusak seperti memecahkan kaca, mencoba membuka pintu paksa, atau bahkan benturan keras. Begitu tindakan mencurigakan terdeteksi, alarm akan segera memberi peringatan.

3. Membantu pikiran jadi lebih tenang

Mungkin ini terdengar aneh. Namun, apa sebenarnya hubungan antara kemampuan alarm mobil mendeteksi gerakan dengan membantu pikiran jadi lebih tenang?

Dengan adanya alarm mobil, pemilik kendaraan bisa merasa lebih tenang dan aman. Kamu jadi tahu kalau ada perlindungan tambahan untuk mobil kesayanganmu.

 

Penyebab Alarm Mobil tidak Bunyi saat Dikunci

Apa kamu pernah mengalami kejadian seperti alarm mobil tidak bunyi saat dikunci? Kondisi ini memang cukup lazim terjadi. Namun, apa sih penyebabnya? Yuk, bahas satu per satu!

1. Baterai central lock habis

Bisa dibilang ini adalah penyebab paling umum alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Penggunaan remote alarm mobil secara terus-menerus bisa membuat baterai ini jadi cepat habis. Untuk mengatasi masalah ini, kamu cuma perlu mengganti baterai pada central lock secara rutin.

2. Alarm dalam valet mode

Jika alarm mobil tidak bunyi, coba cek modenya. Jangan-jangan alarm dalam mode valet, entah sengaja atau tidak sengaja.

Alarm mobil umumnya memang bisa diatur dalam mode valet, di mana alarm berada dalam mode senyap. Mode ini biasanya diaktifkan saat menggunakan layanan valet parking. Jika alarm kamu tidak bunyi tetapi indikator alarm menyala, mungkin alarm kamu dalam mode valet. Untuk mengubahnya kembali, buka pintu kemudi dan tekan tombol lock pada alarm.

3. Ada kerusakan pada sistem alarm

Kadang alarm mobil tidak bunyi karena ada kerusakan pada sistemnya. Mungkin ada masalah sama modul alarm atau sirinenya. Jika ini yang jadi masalah, solusinya kamu harus ganti komponen yang rusak. Namun sebelum itu, coba cek juga hal-hal sederhana seperti tegangan baterai, sekering, atau sambungan kabelnya.

4. Pintu mobil belum tertutup sempurna

Yang terakhir, OtoFriends perlu cek lagi apakah semua pintu mobil sudah ditutup rapat? Terkadang alarm tidak bunyi karena sensor tidak bisa mendeteksi kalau ada pintu yang masih terbuka. Jadi, pastikan dulu semua pintu sudah ditutup sebelum mobil dikunci.

 

Cara Memperbaiki Alarm Mobil

alarm mobil

Sebenarnya jenis kerusakan alarm mobil ini ada banyak macamnya. Selain tidak bunyi saat dikunci, alarm mobil terkadang juga bisa eror. Jika ini terjadi padamu, kamu bisa coba beberapa cara memperbaiki alarm mobil yang eror berikut ini:

1. Ganti baterai remote

Jika kamu ketemu masalah seperti alarm mobil tidak mau menyala, jangan buru-buru menyimpulkan kalau ada yang rusak. Bisa jadi itu karena baterai remotenya yang memang sudah habis.

Kamu bisa mengganti baterai sendiri dengan mudah. Pastikan untuk menggunakan baterai yang sesuai dengan model remote alarm mobilmu.

2. Cek frekuensi

Alarm mobil bekerja menggunakan gelombang radio, dan kadang-kadang frekuensinya bisa terganggu, terutama saat parkir di dekat menara pemancar radio atau BTS. Oleh karena itu, coba cek kondisi sekitar terlebih dahulu. Cari tahu apa ada kemungkinan gangguan frekuensi. Setelah itu, dekatkan remote ke mobil atau tombol engine-start-stop untuk membantu alarm menemukan frekuensinya kembali.

3. Periksa kondisi sekring

Sekring yang putus juga bisa jadi penyebab alarm mobil rusak. Ganti sekring yang rusak dengan yang baru. Pastikan menggantinya dengan spesifikasi yang serupa dan sesuai dengan mobilmu.

4. Cek kondisi aki mobil

Aki mobil yang lemah atau tidak berfungsi dengan baik bisa membuat alarm juga bermasalah. Ganti aki mobil yang rusak dengan yang baru. Pastikan mobil mati saat mengganti aki dan lepas terminal negatif terlebih dahulu.

5. Datang ke bengkel

Apabila semua cara di atas sudah kamu coba tetapi alarm masih bermasalah, mungkin saatnya untuk datang ke bengkel terpercaya. Teknisi ahli akan membantu memperbaiki alarm mobilmu.

Ingat, OtoFriends, memilih bengkel mobil itu harus jeli. Pastikan bengkel yang dipilih punya reputasi yang baik, teknisi yang berpengalaman, dan pelayanan yang ramah.

Jadi, kalau alarm mobil mulai macet atau tidak berbunyi sama sekali, tenang saja, para staff ahli di bengkel otoklix siap mengatasi permasalahanmu!

 

Pertanyaan Seputar Alarm Mobil

1. Apa penyebab alarm mobil tidak berfungsi?

Penyebab alarm mobil tidak berfungsi bisa bervariasi, mulai dari baterai remote yang habis, setting valet mode yang aktif, hingga kerusakan pada sistem alarm mobil.

2. Apakah alarm mobil akan mati sendiri?

Iya. Jika tidak dimatikan, alarm mobil akan berbunyi selama 30 detik.

3. Mengapa alarm mobil berbunyi ketika ada petir?

Alarm mobil dapat berbunyi ketika ada petir karena getaran yang dihasilkannya dapat mempengaruhi sensor getaran dalam alarm mobil.

 

References:

https://www.qoala.app/id/blog/berita/alarm-mobil-bunyi-terus/

https://bengkelcat.com/alarm-mobil-pengertian-fungsi-cara-kerja-dan-harga/

https://moladin.com/blog/cara-memperbaiki-alarm-mobil-yang-error/

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/alarm-mobil-tidak-bunyi-saat-dikunci

https://www.way.com/id/blog/memicu-alarm-mobil-Anda/#:~:text=Berapa%20lama%20alarm%20mobil%20berbunyi,bisa%20sangat%20keras%20dan%20mengganggu.