Nissan X Trail termasuk golongan mobil SUV yang mampu menampung banyak orang dan barang. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia yaitu pada tahun 2001. Kemudian, seiring berjalannya waktu mobil ini mengalami perkembangan hingga menjadi generasi terbaru. Tentunya dengan perkembangan tampilan menarik dan fitur yang canggih.

Mobil SUV termasuk salah satu jenis mobil yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal itu dilatarbelakangi karena mobil tersebut mempunyai ketangguhan dan dapat diandalkan ketika dibawa pergi berkendara dengan berbagai macam kondisi medan. Baik saat jalanan mulus maupun saat jalanan agak rusak, mobil SUV tetap nyaman dikendarai.

    Tipe mobil Nissan satu ini mendapatkan pembaruan yang OtoFriends sayang sekali jika lewatkan. Nah, jika penasaran spesifikasi lengkap beserta harganya, maka bisa mencermati penjelasan berikut.

    Baca juga: Spesifikasi Toyota Sienta dan Daftar Harga Terbaru!

    Spesifikasi Mobil Nissan X Trail

    Seperti yang pernah disinggung sebelumnya, mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2001. Kemudian mengalami pembaruan pada tahun 2013 dan 2019. X-Trail generasi terbaru diperkenalkan pada pameran otomotif GIIAS 2019 dengan fitur yang lebih canggih dan termasuk dalam NIM atau Nissan Intelligent Mobility.

    Kehadiran X-Trail meramaikan pasar SUV di Indonesia. Apalagi dengan tampilannya yang sporty dan mewah membuatnya memiliki peminat cukup banyak. Bukan hanya penampilannya saja, fitur dengan dukungan teknologi canggih pun tersemat pada X-Trail untuk memberikan kenyamanan penggunanya ketika berkendara.

    Berikut adalah spesifikasi dari X-Trail yang dapat OtoFriends simak.

    1. Mesin dan performa

    Mesin mobil Nissan X-Trail memiliki tipe QR25DE 2.5 DOHC 16 valve, 4 silinder, Dual CVTCS dengan besaran kapasitas mesin 2488 cc. Tenaga optimal yang mampu dihasilkan yaitu sebesar 171 HP / 6000 rpm dan torsi maksimal sebesar 233 Nm pada putaran mesin 4000 rpm. Transmisi mobil ini telah menggunakan CVT.

    Terdapat sejumlah fitur keselamatan yang tersemat pada X-Trail yang berfungsi melindungi keselamatan pengemudi serta penumpang dalam kondisi darurat. Fitur keselamatan yang dimasukkan yaitu seperti Dual SRS Airbag yang diletakkan di bagian penumpang dan pengemudi, ABS-EBD-BA dan AEB untuk mengontrol daya pengereman, Child Safety Locks, dan masih banyak lainnya.

    1. Dimensi

    Mobil SUV ini mempunyai detail ukuran dimensi berupa panjang 4690 mm, lebar 1830 mm, dan tinggi 1740 mm, serta jarak sumbu roda sebesar 2705 mm. Jarak terendah ke tanah atau ground clearance mobil ini sebesar 210 mm. Pada medan yang cukup terjal pun, X-Trail masih dapat digunakan.

    1. Warna mobil

    Setiap individu memiliki preferensi warna yang berbeda-beda terhadap mobil. Untuk tipe X-Trail sendiri warna yang tersedia antara lain black star, brilliant silver, deep iris grey, storm white, dan monarch orange. Bagi OtoFriends yang menyukai warna gelap maupun terang bisa merasa tenang karena mobil besutan Nissan ini menawarkan berbagai warna yang dapat jadi pilihan.

    Kelebihan dan Kekurangan Mobil Nissan X Trail

    Kendaraan mana saja pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak dapat dihindari. Begitu Pula dengan Nissan X Trail yang juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah, apa sajakah itu? Mari mengecek jawabannya di bawah ini.

    1. Kelebihan mobil X-Trail

    Mobil besutan Nissan ini memiliki pelek yang berukuran besar yaitu 19 inchi sehingga membuat tampilan mobil menjadi lebih maskulin dan keren. Fitur Panoramic Sunroof yang tersemat pada X-Trail menyebabkan pengemudi dan penumpang dapat memandang pemandangan atas dengan jelas. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan dan keamanan yang bertujuan membuat pengemudi dan penumpang nyaman.

    1. Kekurangan mobil X-Trail

    Selain kelebihan, mobil ini juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya seperti area kursi baris ketiga terasa cukup sempit sehingga bagi penumpang yang memiliki badan tinggi merasa kurang nyaman saat duduk di sana. Untuk bahan bakar mobil tipe ini terbilang agak boros.

    Baca juga: Spesifikasi Jeep Compass 2022, Harga, Fitur, dan Lainnya

    Desain Mobil Nissan X Trail

    Bagian bodi luar mobil dan dalamnya patut mendapatkan perhatian dari publik. Sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan tertentu, pastinya OtoFriends mempertimbangkan desain kendaraan itu baik dari segi interior maupun eksterior. Sama halnya dengan X Trail, berikut info selengkapnya mengenai bagian dalam dan luar mobil itu.

    1. Interior

    Bagian interior Nissan X Trail hadir dalam nuansa gelap di mana bagian dalam kabin dilapisi dengan bahan kulit berwarna hitam. Ruang kabin mobil cukup luas dan mampu menampung hingga 7 penumpang.

    Terdapat salah satu fitur menarik yang tersemat yaitu Around View Monitor yang berfungsi memantau area sekitar mobil secara 360 derajat. AVM memiliki 4 kamera yang tersebar sehingga pengemudi bisa merasa lebih leluasa ketika memarkirkan mobil.

    1. Eksterior

    Tampilan luar mobil besutan Nissan ini terlihat gagah dan mewah. Mobil tersebut juga telah dilengkapi dengan headlamp berteknologi LED Daytime Running Light Auto Level. Lampu tersebut berfungsi untuk memberikan penerangan khususnya saat malam hari. Tidak hanya itu, pada bagian bumper depan mobil terdapat bumper khas mobil SUV yang memiliki ciri khas tinggi dan gagah.

    Baca juga: Harga Toyota Camry Terbaru serta Spesifikasi Lengkap

    Berapa Harga Mobil Nissan X Trail?

    Setelah membahas mengenai spesifikasi, kelebihan dan kekurangan, dan desain pembahasan berikutnya adalah mengenai harga Nissan X-Trail. Perlu OtoFriends ketahui mobil ini dibanderol dengan harga Rp 576 juta. Sedangkan untuk Nissan X Trail bekas mempunyai range harga berbeda. 

    Jadi, setelah menyimak detail-detail Nissan X-Trail di atas, apakah OtoFriends tertarik untuk meminangnya ke rumah? Cari tahu informasi mengenai otomotif secara lengkap hanya di Otoklix.

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar Nissan X Trail

    Ukuran ban mobil ini 225/55 R19.

    Kapasitas mesin mobil sebesar 2488 cc.

    Jenis transmisi yang digunakan adalah CVT.