Pertama kali Daihatsu Ayla diperkenalkan di Indonesia pada event Gaikindo Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun 2012 dan termasuk ke dalam kategori mobil Low Cost Green Car (LCGC) di kelas mobil hatchback. segmen A.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Sejak diperkenalkan di tahun 2012, Daihatsu Ayla baru mengalami dua kali penyegaran, yang terakhir di bulan Maret 2020. Misalnya saja dari performa mesinnya, ada dua pilihan mesin yakni 1.0 L dengan kode mesin 1KR-DE berbahan bakar mesin dan kapasitas mesin 1.2 L dengan kode mesin 3 NR-VE.

Tak hanya sampai di situ saja, penyegaran mobil Ayla juga merembet hingga bagian eksterior mobil, interior dan fitur-fitur yang disematkan Daihatsu bersama Toyota. Penasaran seperti apa tampilan Daihatsu Ayla terbaru? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Daftar Bengkel Mobil Daihatsu Terdekat dan Biaya Servisnya

Desain Eksterior Daihatsu Ayla

Dari sisi eksteriornya, Daihatsu Ayla memiliki tampilan yang semakin sporty dan dinamis. Misalnya saja penggunaan LED Daytime Running Lights untuk lampu depan pada Daihatsu Ayla tipe R DLX. 

Penyegaran lainnya juga terdapat di bagian upper grille yang menggunakan finishing black gloss, emblem DLX dan scoop di bagian bawah, dan lower grille yang lebih besar yang berfungsi sebagai air intake untuk pendinginan mesin.

Masih di bagian depan mobil, ada lip spoiler di bagian bumper depan dan desain fog lamp yang menggunakan desain finishing black glossy dan chrome. Di bagian kaki-kaki mobil, Daihatsu Ayla menggunakan velg berukuran 14 inci dengan sentuhan finishing dual-tone sehingga tampak lebih proporsional.

Menyusuri bagian bemper belakang, lampu Ayla bagian belakang memiliki desain L-Shape pada lampu remnya. Sedangkan bentuk bumper belakangnya sendiri berbentuk C-Shape yang memiliki reflektor di tengah sebagai ciri khas model facelift, dan muffler berukuran besar untuk mempertegas kesan mobil yang sporty.

Namun, bila ternyata OtoFriends belum merasa puas dengan tampilan eksteriornya, OtoFriends bisa berkonsultasi dengan teknisi di bengkel body repair untuk memodifikasi tampilan luar mobil Daihatsu Ayla ini.

Desain Interior Daihatsu Ayla

Ada beberapa desain yang masih dipertahankan Daihatsu pada mobil Ayla terbaru. Beberapa di antaranya seperti peletakan konsol yang berada di tengah dan desain kursi yang masih menggunakan bentuk sandaran yang menyatu dengan kursi.

Terlepas dari dua desain sebelumnya, ada banyak penyegaran yang terjadi di dalam ruang kabin. Mulai dari head unit yang menerapkan teknologi touchscreen. 

Kita bisa mengontrol AC digital dan mengoneksikan bluetooth dan AUX untuk smartphone melalui head-unit tersebut. Khusus untuk varian R dilengkapi juga dengan steering audio switch.

Selain itu, fitur lainnya yang ada di bagian dasbor di antaranya glove box, parking camera, meter graphic design yang dibungkus dengan konsep center cluster design di bagian dasbor mobil.

Kursi penumpang di mobil Ayla terlihat lebih sporty dengan perpaduan seat pattern dan fabric sebagai pembungkus kursi mobil.

Performa Mesin Daihatsu Ayla

Adapun di bagian dapur pacunya, Daihatsu dan Toyota membekali dua pilihan mesin yakni kapasitas mesin 1.000 cc 3 silinder DOHC yang disandingkan mesin berkode 1KR-DE dan menghasilkan tenaga maksimal 64 Ps pada putaran 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal sebesar 86 Nm pada putaran 3.600 rpm.

Varian yang kedua adalah mesin dengan kode 3NR-VE Dual-VVTi dengan kapasitas mesin 1.200 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 87 Ps pada putaran 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal sebesar 108 Nm pada putaran 4.200 rpm. 

Sementara itu, untuk kedua tipe mesin tersebut memiliki dua pilihan transmisi yakni transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri bisa dibilang Daihatsu cukup irit konsumsi bahan bakar. 

Bila OtoFriends memacu mobil Daihatsu Ayla di jalan tol, maka penggunaan bensin maksimalnya 20,7 km per liter. Sedangkan untuk pemakaian di jalan perkotaan maka konsumsi bahan bakarnya hanya 14,7 km per liter.

Baca juga: Oli Mobil Ayla Harus Encer atau Kental? Jangan Asal Pilih

Fitur Daihatsu Ayla

Bagian terakhir yang menjadi pertimbangan penting adalah fitur-fitur yang dibekali Daihatsu dan Toyota pada generasi Daihatsu Ayla terbaru. Tidak semua tipe mobil mendapatkan penyegaran yang sama. Bahkan, untuk tipe 1.0 L sendiri mendapatkan sedikit penyegaran.

Secara keseluruhan, khususnya tipe 1.0 X, fitur-fitur yang disematkan di antaranya eco indicator, emergency locking retractor, takometer, side impact beam, seat belt 3 point, multi information display (MID), dan head-unit 2 DIN dengan fitur infotainment di dalamnya seperti MP3, CD, koneksi USB dan AUX. Fitur yang disematkan pada tipe Ayla 1.0 X salah satunya adalah front stabilizer di bagian ban depan dan headrest di baris kursi kedua.

Sementara itu, untuk tipe mobil 1.2 L ada beragam fitur keselamatan dan keamanan yang disematkan. Beberapa di antaranya dual SRS airbag, stabilizer untuk ban bagian depan dan belakang, front pretensioner seat belt, power window, power door lock, dan immobilizer serta alarm.

Khusu untuk Daihatsu Ayla tipe 1.2 R dan R Deluxe transmisi otomatis, disematkan fitur-fitur khusus seperti kamera parkir, anti-lock braking system (AB), dan electronic brake-force distribution (EBD).

Baca juga: Service Mobil Daihatsu di Bengkel Resmi vs Umum dan Biaya

Harga Mobil Ayla Baru

Harga Daihatsu Ayla 2022 dimulai dengan harga Rp112 juta untuk tipe mesin 1.0 L sedangkan tipe mesin 1.2 L dimulai dari harga Rp148 jutaan. 

Adapun harga Daihatsu Ayla matic tipe mesin 1.0 L dimulai dari Rp145 jutaan dan tipe 1.2 L dimulai dari harga Rp158 jutaan.

Pilihan warna yang bisa OtoFriends pilih di antaranya ada Yellow Metallic, Glittering Silver, Icy White Solid, Red Solid, Orange Metallic, Dark Grey Metallic, dan Ultra Black Solid.

Dikutip dari situs resminya Daihatsu, berikut ini harga Daihatsu Ayla 2022 OTR Jakarta per November 2022.

Tipe Mobil Daihatsu AylaHarga Mobil Ayla Baru
Daihatsu Ayla 1.0 D MTRp112, 8 juta
Daihatsu Ayla 1.0 D+ MTRp125, 4 juta
Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe MTRp143,8 juta
Daihatsu Ayla 1.0 X MTRp136,5 juta
Daihatsu Ayla 1.0 X ATRp145,7 juta
Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe ATRp153,2 juta
Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe MTRp159,5 juta
Daihatsu Ayla 1.2 R MTRp155,5 juta
Daihatsu Ayla 1.2 X MTRp148,4 juta
Daihatsu Ayla 1.2 X ATRp158,7 juta
Daihatsu Ayla 1.2 R ATRp168,5 juta
Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe ATRp172,5 juta

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ayla

Apakah sudah cukup dengan spesifikasi Daihatsu Ayla generasi terbaru tahun 2020? Adakah pertimbangan lainnya untuk membeli mobil Daihatsu Ayla? Tentu saja ada.

Layaknya mobil pada umumnya yang memiliki kelebihan dan kekurangan, Daihatsu Ayla pun demikian. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ayla.

Kelebihan

Berikut ini kelebihan mobil Daihatsu Ayla, di antaranya:

  • Memiliki fitur-fitur canggih.
  • Meningkatkan pengalaman berkendara yang aman dengan fitur pengereman ABS dan EBD.
  • Mengontrol AC langsung melalui layar AC Digital.
  • Memiliki desain eksterior yang lebih sporty melalui desain Aero Kit.
  • Memudahkan kontrol mobil untuk berkendara lebih lincah karena body dan wheelbase yang pendek.
  • Mengonsumsi bahan bakar minimalis alias irit.
  • Menawarkan harga Daihatsu Ayla baru dan Daihatsu Ayla bekas yang kompetitif.

Kekurangan

Adapun, kekurangan yang dimiliki Daihatsu Ayla, meliputi:

  • Hanya tipe tertentu yang menerapkan desain eksterior Aero Kit.
  • Hanya tipe tertentu yang memiliki sistem pengereman ABS dan EBD.
  • Desain lampu depan belum menerapkan desain lampu LED.
  • Penyegaran pada tipe mobil 1.0 L tidak terlalu banyak.
  • Performa dan daya mesin standar.

Untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai Daihatsu Ayla atau mobil produk Daihatsu dan Toyota lainnya, OtoFriends bisa intip di situs otomotif.

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

Pertanyaan Seputar Daihatsu Ayla

Harga Daihatsu Ayla 1.0 D MT Rp112,8 juta, Ayla 1.0 X MT Rp136,5 juta, Ayla X AT Rp145,7 juta, Ayla 1.2 X AT Rp158,7 juta, Ayla 1.2 R MT Rp155,5 juta, Ayla 1.2 R Deluxe MT Rp159,5 juta, dan Ayla 1.2 R Deluxe AT Rp172,5 juta.

Harga Daihatsu Ayla matic 1.0 X AT Rp145,7 juta, Ayla 1.0 X Deluxe AT Rp153,2 juta, Ayla 1.2 X AT Rp158,7 juta, Ayla 1.2 R AT Rp168,5 juta, dan Ayla 1.2 R Deluxe AT Rp172,5 juta.

Untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri bisa dibilang Daihatsu cukup irit konsumsi bahan bakar, penggunaan bensin maksimalnya 20,7 km per liter. Sedangkan untuk pemakaian di jalan perkotaan maka konsumsi bahan bakarnya hanya 14,7 km per liter.