Volkswagen Golf menjadi salah satu primadona dan mobil legend keluaran Volkswagen selain Volkswagen Beetle. Volkswagen Golf telah diproduksi sejak 1974 dan kini sudah memasuki generasi kedelapan yang dikenal dengan Volkswagen MK8 yang rilis di tahun 2019 di Jerman.

VW Golf dikatakan sebagai legendanya mobil VW karena sejak 1974 hingga generasi ketujuhnya yakni Volkswagen Golf GTI MK7 telah laku lebih dari 35 juta unit. Bila dirata-ratakan, setiap tahunnya Volkswagen Golf berhasil terjual lebih dari 770 ribu unit.

Di generasi selanjutnya, VW Golf MK8 memiliki tiga pilihan mesin yakni 1.0 L, 1.5 L dan mesin diesel 2.0 L. Berapa harga Volkswagen Golf terbaru dan spesifikasinya? Berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Daftar 10 Mobil Mesin Diesel serta Plus Minusnya

Harga Mobil Volkswagen Golf

Dirangkum dari berbagai portal otomotif yang menyajikan informasi tentang harga Volkswagen Golf, berikut ini harga Volkswagen Golf.

Tipe Volkswagen GolfTahunHarga Volkswagen Golf
Volkswagen Golf GTI SE DSG2023Rp532 jutaan
Volkswagen Golf GTI SE2023Rp520 jutaan
Volkswagen Golf GTI S2023Rp448 jutaan
Volkswagen Golf GTI S DSG2023Rp460 jutaan
Volkswagen Golf GTI Autobahn DSG2022Rp577 jutaan
Volkswagen Golf GTI Autobahn2022Rp565 jutaan
Volkswagen Golf GTI SE DSG2022Rp521 jutaan
Volkswagen Golf GTI S DSG2022Rp451 jutaan
Volkswagen Golf GTI S2022Rp439 jutaan
Volkswagen Golf TSI2022Rp359 jutaan
Volkswagen Golf GTI SE2022Rp510 jutaan
Volkswagen Golf GTI2022Rp439 jutaan
Volkswagen Golf R2022Rp649 jutaan
Volkswagen Golf GTD2022Rp487 jutaan
Volkswagen Golf 1.4T TSI2021Rp344 jutaan
Volkswagen Golf 1.4T TSI Auto2020Rp356 jutaan
Volkswagen Golf TSI Auto2020Rp338 jutaan
Volkswagen Golf TSI2020Rp345 jutaan
Volkswagen Golf 1.4T TSI2020Rp344 jutaan
Volkswagen Golf Alltrack Execline2019Rp523 jutaan
Volkswagen Golf e Golf Comfortline2019Rp545 jutaan
Volkswagen Golf GTI2019Rp458 jutaan
Volkswagen Golf R Manual2019Rp599 jutaan
Volkswagen Golf Highline 5 door2019Rp380 jutaan
Volkswagen Golf Comfortline 5 door Auto2019Rp355 jutaan

Harga Volkswagen Golf di atas merupakan harga OTR dan sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan. Oleh karena itu, bila OtoFriends ingin membeli mobil Volkswagen Golf atau mobil Volkswagen lainnya bisa cari tahu harga mobil terbarunya melalui aplikasi Otoklix.

Bukan hanya mobil Volkswagen saja, melainkan harga mobil baru atau harga mobil bekas untuk semua merk, jenis dan tipe mobil tersedia di aplikasi Otoklix.

Baca juga: Daftar Harga Mobil VW Kodok Bekas Terbaru

Performa Mesin Volkswagen Golf

Volkswagen Golf generasi kedelapan ini dibekali dengan dua bahan bakar berbeda yakni bahan bakar mesin bensin dan mesin diesel. Tiap-tiap jenis ini juga dibekali dengan kapasitas mesin yang berbeda. 

Pada bahan bakar mesin bensin dibekali dua kapasitas mesin yakni 1.0 L dan 1.5 L, kapasitas mesin 1.0 L mampu menghasilkan tenaga maksimal 90 hp dan 110 hp, sedangkan 1.5 L menghasilkan tenaga maksimal sebesar 130 hp dan 150 hp.

Yang istimewa adalah Volkswagen Golf MK8 memiliki sistem hybrid pada varian mesin bensin dengan output yang berbeda yakni 1.0 L 3 silinder dan 1.5 L 4 silinder, keduanya akan terkoneksi langsung dengan sistem transmisi DSG 7 percepatan.

Mesin hybrid yang disematkan pada Volkswagen Golf MK8 digerakkan dengan generator starter 48V yang didukung baterai lithium ion 48V berperan dalam pemulihan energi setelah pengereman.

Sementara itu, untuk bahan bakar mesin diesel dibekali kapasitas mesin 2.0 L 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga keluaran maksimal 115 hp dan 150 hp. 

Beda dari generasi sebelumnya, Mesin ini juga diklaim lebih ekonomis 17 persen dibandingkan generasi sebelumnya. Pemanfaatan mesin hybrid ini disinyalir bisa menghabiskan 27,9 km per liternya.

Fitur Mobil Volkswagen Golf

Fitur pelengkap Volkswagen Golf MK8 cukup lengkap dan canggih. Beberapa di antaranya fitur dan teknologi canggih yang dimaksud seperti travel assist, yakni sistem kemudi yang menggunakan sistem otonom sehingga bisa melaju pada kecepatan tinggi sampai 210 km per jam. Hal ini lantaran travel assist didukung oleh cruise control dan lane keeping assist.

Sewaktu sensor pada roda kemudi mendeteksi adanya sentuhan pengemudi untuk durasi lebih dari 15 detik, sinyal peringatan akan dikirimkan dalam bentuk visual dan suara berbarengan dengan sistem pengereman. 

Nantinya, sistem pengereman darurat tersebut dengan otomatis akan memberhentikan mobil dengan aman.

Teknologi canggih lainnya adalah adanya fitur peringatan darurat otomatis untuk memprediksi bila akan terjadi kecelakaan mobil.

Jadi, saat sensor mendeteksi telah terjadi kecelakaan mobil, maka smartphone OtoFriends akan menerima pesan peringatan. 

Apabila pesan tersebut tidak mendapatkan respons dari pemiliknya, maka secara otomatis mobil akan mengirimkan sinyal darurat melalui fitur peringatan darurat tersebut kepada rumah sakit atau kantor polisi terdekat.

Fitur dan teknologi canggih lainnya adalah asisten virtual Alexa yang dikembangkan oleh Amazon. Kita bisa mengontrol beberapa fitur entertainment seperti pemutar musik, perkiraan cuaca atau berita, sampai mengontrol perangkat lainnya hanya melalui kontrol suara yang mudah dioperasikan.

Desain Eksterior Volkswagen Golf

Desain eksterior Volkswagen Golf terkenal dengan desain subkompak yang terus mengikuti perkembangan desain mobil terbaru, sehingga tiap generasinya cukup terlihat jelas perbedaannya. Namun, untuk generasi kedelapan ini perbedaannya cukup signifikan.

Bagian depan mobil terdapat lengkungan yang menonjol sampai ke bagian bawah mobil dan lampu depan yang didesain lebih tipis. Perpaduan desain tersebut semakin menegaskan mobil hatchback satu ini mampu mengintimidasi yang melihatnya.

Lampu depan mobil menggunakan teknologi matriks IQ Light LED yang menampilkan 22 LED individu per matriks, dengan kata lain lampu depan mobil bisa menyala dengan otomatis. Velg mobil Volkswagen berukuran 17 inci.

Beralih ke bagian belakang mobil, logo Golf andalan berada di bagian bawah logo Volkswagen, sedangkan logo Volkswagen sendiri berada di bagian tengah. 

Yang membuatnya beda dengan generasi sebelumnya adalah Volkswagen Golf MK8 telah menggunakan platform MQB Evo, platform yan sama digunakan juga oleh beberapa mobil berkelas seperti Audi A3 Mk4, Seat Leon Mk4, dan Skoda Octavia Mk4.

Desain Interior Volkswagen Golf

Bukan hanya desain eksteriornya saja yang mendapatkan perubahan desain signifikan, desain interiornya pun mendapatkan perubahan yang cukup besar jadi lebih modern tetapi tetap mempertahankan karakteristik Volkswagen Golf MK8.

Semula, desain dashboard mobil yang rumit dengan banyaknya tombol konvensional berubah menggunakan dashboard innovision cockpit berlayar digital atau touchscreen.

Sedangkan di bagian setir kemudi juga dilengkapi dengan berbagai tombol multifungsi. Aksen chrome cukup terjelas di bagian interiornya sehingga mobil ini jadi terlihat lebih mewah. Paddle shift terletak di bagian belakang kemudi setir.

Desain kursi pada ruang kabin mobil sudah menerapkan desain atau model sport dan kapasitas penumpang sampai 5 orang penumpang dewasa. Di bagian kabin belakang terdapat three zone climate control atau air care climatronic dan teknologi smart climate.

Baca juga: 6 Tren Modifikasi Interior Mobil Kekinian Biar Makin Wow

Keunggulan dan Kelemahan Volkswagen Golf

Bisa disimpulkan bahwa keunggulan Volkswagen Golf MK8 ini adalah tampilan kabin yang lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya karena banyak fitur-fitur yang menggunakan teknologi terbaru. 

Sedangkan dari bagian mesin mobil juga ada banyak pilihan mesin mobil yang bisa dipilih dan penggunaan sistem hybrid yang membuat mobil jadi lebih irit konsumsi bahan bakar.

Sementara itu, kekurangan dari mobil ini adalah desain eksterior yang sedikit masih mempertahankan desain generasi sebelumnya dan harga Volkswagen Golf dinilai lebih mahal dibandingkan merk mobil lain yang berada di kelas yang sama.

Sayangnya, belum tahu kapan Volkswagen officially akan dipasarkan di Indonesia. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, OtoFriends bisa mencari tahu secara berkala melalui aplikasi Otoklix. 

Selain mengetahui informasi terupdate seputar otomotif, Otoklix punya banyak rekomendasi bengkel mobil umum atau bengkel mobil spesialis.

Pertanyaan Seputar Volkswagen Golf 

Volkswagen Golf atau VW Golf merupakan mobil keluarga yang berada di kelas hatchback dan telah diproduksi sejak 1974.

VW Golf sudah memasuki generasi kedelapan dengan nama VW Golf MK8 yang rilis 2019 lalu di Jerman.

Volkswagen Golf MK7 merupakan mobil Volkswagen Golf generasi ketujuh yang rilis tahun 2012 lalu di Berlin.