Mazda Biante mulai diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2012 di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV) premium. Mobil ini dibekali dengan kapasitas mesin 2.0 L DOHC 4 silinder dengan tambahan mesin berteknologi mutakhir SKYACTIV.

Mazda Biante memiliki desain interior yang menawan namun tetap terlihat gagah dan elegan di bagian eksteriornya. Fitur utama dan fitur pendukung mobil ini telah diupdate dengan teknologi otomotif terkini sehingga berhasil meningkatkan penjualan uni mobil Mazda Biante 2022.

Bahkan, Mazda Biante mulai disejajarkan dan menjadi pesaing tetap mobil Nissan Serena dan Toyota Alphard. Siapa yang tidak tahu kedua mobil tersebut betapa laku kerasnya di Indonesia. Bagaimana dengan Mazda Biante?

Baca juga: 15 Mobil MPV Terbaik Lengkap dengan Harganya

Harga Mazda Biante

Sebelum membahas spesifikasi dan keunggulan Mazda Biante, kita perlu mengetahui terlebih dulu berapa Mazda Biante harga terbarunya dan harga Mazda Biante bekas. 

Tahun 2022 ada dua jenis Mazda Biante yang diluncurkan yakni Mazda Biante Limited Edition dan New Mazda Biante Skyactiv.

Harga Mazda Biante Limited Edition terbaru mulai dari Rp457,5 juta. Sedangkan harga New Mazda Biante Skyactiv mulai dari Rp427 jutaan sampai Rp440 jutaan. 

Kedua mobil ini sama-sama dibekali kapasitas mesin 1.997 cc bertransmisi manual DOHC 4 silinder dengan kapasitas penumpang 6 sampai 8 penumpang dewasa.

Kendati demikian, harga OTR Mazda Biante bisa saja berubah tergantung wilayah dan kebijakan perusahaan. 

Oleh karena itu, bila OtoFriends berencana ingin membeli mobil Mazda Biante dalam waktu 3 – 6 bulan sebaiknya melakukan riset kembali dengan mencari informasi di situs otomotif Otoklix.

Bukan hanya mobil barunya saja, melainkan Mazda Biante bekas juga mulai dicari. Berikut ini Mazda Biante harga mobil bekasnya.

Tipe Mazda BianteHarga Mazda Biante
Mazda Biante 2017Rp225 jutaan – Rp240 jutaan
Mazda Biante 2016Rp200 jutaan – Rp230 jutaan
Mazda Biante 2015Rp190 jutaan – Rp215 jutaan
Mazda Biante 2014Rp170 jutaan – Rp200 jutaan
Mazda Biante 2013Rp145 jutaan – Rp175 jutaan
Mazda Biante 2012Rp130 jutaan – Rp190 jutaan

Spesifikasi Mazda Biante

Disejajarkan dengan MPV Premium terlaris di Indonesia yakni Nissan Serena dan Toyota Alphard, apakah mobil Mazda Biante cukup worth it untuk dimiliki? Berikut ini spesifikasi Mazda Biante.

1. Performa Mesin Mazda Biante

Bedanya Mazda Biante 2022 dengan Mazda Biante 10 tahun yang lalu adalah teknologi pendukung mesinnya. Dulu, Mazda Biante 2012 masih menggunakan mesin MZR LF-VD DOHC i4 DISI. 

Namun kini Mazda Biante generasi terbaru telah dibekali oleh teknologi SKYACTIV-G untuk mendukung kapasitas mesin 1.997 cc 4 silinder segaris DOHC 16 katup.

Kedua varian mobil Mazda Biante terbaru sama-sama menghasilkan keluaran tenaga mesin maksimal hingga 151 ps diputaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 19.4 kgm pada putaran mesin 4.100 rpm. Konfigurasi mesinnya menggunakan transmisi manual 6 percepatan front wheel drive (FWD).

Khusus varian New Mazda Biante Skyactiv, terdapat teknologi sistem direct injection untuk menyempurnakan proses pembakaran di ruang mesin.

Sementara itu, teknologi yang melengkapi Mazda Biante Limited Edition di antaranya ada i-STOP Idling system, Electronically Controlled Direct Injection untuk penyempurnaan proses pembakaran mesin, Dual Sequential Valve Timing (S-VT) dan juga Electronic Throttle Control (ETC).

2. Fitur Mazda Biante

Untuk menjawab mengapa Mazda Biante memiliki harga jual yang cukup tinggi dan termasuk ke dalam kelas mobil MPV premium dan pantas disejajarkan dengan Nissan Serena dan Toyota Alphard ada karena fitur keselamatan dan keamanan mobil terlengkap yang menggunakan teknologi termutakhir.

Mulai dari sistem pengereman mobil yang sudah dilengkapi dengan anti-lock brake system (ABS), emergency brake assist (EBA) dan electronic brake force distribution (EBD). 

Pada sistem kemudi, terdapat fitur traction control system (TCS), hill launch assist (HLA), dan dynamic stability control (DSC) yang membantu menyeimbangkan sekaligus memudahkan kita mengemudi di semua jenis medan jalan.

Sementara itu, untuk mendukung keselamatan mengemudi, Mazda Biante dilengkapi juga dengan fitur keselamatan seperti seatbelt di tiap-tiap kursi dan fitur ISOFIX Child Seat berstandar internasional untuk menjaga anak-anak duduk aman di kursinya.

Adapun fitur keamanan Mazda Biante didukung dengan teknologi speed-sensitive auto door lock system di pintunya dan power lock. Terakhir, ada fitur Immobilizer untuk memantau mobil saat kita berada jauh dari mobil.

3. Mazda Biante Interior

Layaknya mobil MPV lainnya, mobil Mazda Biante sangat direkomendasikan sebagai mobil keluarga terbaik karena mampu menampung 6 sampai 8 penumpang dewasa. Bagian kabin mobil Mazda Biante terbilang luas dan didukung dengan perpaduan nuansa warna krem dan coklat gelap yang memberikan kesan elegan. 

Ditambah adanya sliding door dan keyless entry, material kursi terbuat dari bahan fiber yang membuat pengemudi dan penumpang nyaman selama berkendara, serta ruang yang cukup nyaman untuk headroom dan legroom penumpang.

Beralih ke bagian dasbor mobil. Kita akan melihat dasbor yang terbuat dari hard plastic yang dikombinasikan dengan warna yang sama dengan warna kabin yakni krem dan coklat gelap. Pada dasbor mobil terdapat layar VGA berukuran 6 inci yang menjadi sistem audio touchscreen berlatar lampu LED.

Di bawah layar tersebut ada sistem audio player DVD dan CD player. Khusus untuk Mazda Biante Limited Edition, fitur hiburan yang ditambahkan adalah backhead ukuran 10.1 inci.

Beralih ke bagian kemudi, setir mobil ini terbuat dari bahan kulit berkualitas. Terdapat panel instrumen speedometer dan panel indikator lainnya. Seluruh perpaduan warna dan teknologi di dalam ruang kabin cukup mempertegas kemewahan tetapi tetap futuristik.

Baca juga: 12 Mobil Mewah Keluarga, Harga Rp400 juta sampai Rp3 miliar!

4. Mazda Biante Eksterior

Mendukung luasnya ruang kabin pada mobil Mazda Biante, rupanya ukuran dimensi mobil ini cukup besar yakni 4.715 x 1.770 x 1.835 mm dengan jarak poros roda mencapai 2.850 mm. 

Selain Mazda Biante bagian interior yang menampilkan kemewahan, bagian eksteriornya tak kalah mewah dan menawan. 

Untuk tipe Mazda Biante standar, desain eksteriornya masih mempertahankan karakteristik Biante dari generasi sebelumnya yakni dengan headlamp berbentuk sipit yang dipadukan dengan front grille yang bentuknya V shape warnanya chrome. 

Karakteristik lain yang dipertahankan adalah frontside window bagian depan yang sedikit menonjol.

Adapun Mazda Biante Limited Edition memiliki desain eksterior yang cukup berbeda. Aksen chrome pada mobil ini seperti alis di bagian lampu utama, di bawah spoiler dipadukan body kit minimalis dengan fog lamp. Sedangkan di samping kita bisa melihat tampilan Biante generasi baru yakni lekukan tipis dari depan ke belakang.

Terdapat lima pilihan warna untuk Mazda Biante terbaru, di antaranya ada Aluminium Metalic, Clean Water Blue Metallic, Snowflake White, Jet Black Mica, dan Radiant Ebony Mica.

Keunggulan dan Kelemahan Mazda Biante

Secara singkat, ada banyak kelebihan yang bisa kita ambil dari spesifikasi mobil Mazda Biante. 

Mulai dari kapasitas penumpang hingga 6 sampai 8 penumpang dewasa, dilengkapi dengan teknologi mesin SKYACTIV-G sehingga bertenaga tetapi tetap irit bensin, desain eksterior yang mewah dan menawan, sampai fitur pelengkapnya yang bikin kita aman berkendara.

Walaupun begitu, OtoFriends tetap tidak bisa menutup mata akan kelemahan mobil ini. Selain harga per unitnya yang mahal juga harga spare part mobil ini sama mahalnya sehingga membutuhkan biaya perawatan mobil yang mahal juga.

Untuk itu, OtoFriends tidak mau kan sudah harga spare part dan perawatan mobil yang mahal tetapi ditipu oleh bengkel yang menjanjikan perawatan murah dengan hasil abal-abal. Otoklix punya rekomendasi bengkel Mazda terpercaya untuk OtoFriends merawat mobil Mazda Biante.

Sejarah Mazda Biante di Indonesia

Mazda Biante mulai diluncurkan dan diperkenalkan di Jepang pada tahun 2008. Empat tahun kemudian, Mazda memutuskan untuk memperkenalkan Mazda Biante kepada negara lain dan negara pertama yang diperkenalkan Mazda Biante adalah Indonesia.

Pada gelaran International Motor Show tahun 2012 lalu pertama kalinya Mazda Biante diboyong ke Indonesia dan mendapatkan atensi dari pecinta otomotif yang baik. 

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 1.300 unit Mazda Biante saat itu telah laku selama pameran otomotif Internasional tersebut.

Hingga kini, Mazda Biante masih menjadi salah satu mobil MPV premium yang diandalkan dan mulai sejajar dengan Toyota Alphard dan Nissan Serena meninggalkan Mitsubishi Delica dan Toyota Nav1. 

Khususnya semenjak Mazda Biante dibekali dengan teknologi mesin SKYACTIV-G dengan transmisi manual 6 percepatan.

Mazda Biante harga barunya mencapai lebih dari Rp420 jutaan. Namun tak perlu khawatir karena harga Mazda Biante bekasnya mulai dari Rp100 jutaan.

Baca juga: Harga Mobil Alphard Baru dan Bekas, Berikut Spesifikasinya

Pertanyaan Seputar Mazda Biante 

Harga Mazda Biante Limited Edition terbaru mulai dari Rp457,5 juta. Sedangkan harga New Mazda Biante Skyactiv mulai dari Rp427 jutaan sampai Rp440 jutaan.

Mazda Biante 2017 harganya Rp225 juta sampai Rp240 jutaan.

Tipe Mazda Biante 2013 merupakan generasi Biante pertama yang dibekali teknologi mesin SKYACTIV dengan kapasitas mesin 2.0 L.