Mobil BMW X3 merupakan besutan dari pabrikan otomotif terkenal yakni BMW. X3 menambah koleksi mobil tipe Crossover SUV (Sport Utility Vehicle) yang ada di Indonesia. Series ini merupakan seri pertama yang diluncurkan oleh BMW untuk tipe X. Produk besutan BMW ini pertama kali meluncur pada tahun 2003. Kini, X3 telah mengalami perkembangan generasi terbaru dengan kelengkapan fitur yang semakin canggih.

Seperti tampilan mobil model SUV pada umumnya, X3 juga menghadirkan kesan mewah dan elegan bagi penggunanya. Didukung dengan desain interior serta eksterior yang mumpuni, mobil ini juga dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan pengemudi serta penumpang selama menempuh perjalanan. Seri X3 tampil dengan warna yang beragam serta beberapa varian berbeda. Penasaran? Mari simak spesifikasinya berikut.

Baca juga: Spesifikasi BMW X2 Lengkap dengan Harganya

Info Singkat Mobil BMW X3

Varian mobil BMW X3 terdapat X3 sDrive20i xLine dan xDrive30i M Sport. Masing-masing varian dibanderol dengan harga yang berbeda. Hal itu lantaran keduanya memiliki sebagian spesifikasi yang berbeda. Pesaing mobil BMW seri ini yaitu Mercedes Benz GLA-Class, Citroen C3, Mercedes Benz GLC-Class, Lexus NX, dan lain sebagainya.

Untuk lini pertama seri X BMW, mobil ini dicanangkan sebagai “Year of the X” pada tahun 2018. SUV mewah ini cocok digunakan untuk berkendara bersama keluarga dengan nyaman. Fitur-fitur yang tersemat pada mobil antara lain fitur hiburan dan komunikasi, keamanan, keselamatan, dan lain sebagainya.

OtoFriends tidak perlu takut merasa bosan di dalam mobil karena tersedia fitur hiburan dan komunikasi yang mencakup radio AM/FM, sistem navigasi, layar sentuh, konektivitas bluetooth, hingga speaker.

Keunggulan yang membuat mobil besutan BMW ini disukai yaitu dimensinya yang berukuran besar sehingga menyebabkan kabin bagian dalam mobil terasa lega dan leluasa. Karena dirakit lokal (CKD) memunculkan kemungkinan harga jual yang lebih murah. Selain itu, mobil ini ditenagai dengan mesin yang mumpuni.

Spesifikasi Mobil BMW X3

Spesifikasi mobil yang akan dijelaskan berikut ini membahas tentang mesin, performa, dimensi, hingga warna mobil.

1.    Mesin dan performa

Teknologi mesin yang digunakan oleh varian BMW seri X3 adalah BMW Twin Power Turbo dengan tipe drive RWD untuk seri X3 sDrive20i xLine dan AWD untuk seri X3 sDrive30i M Sport. SUV BMW ini mempunyai jumlah silinder sebanyak empat dan berkapasitas 1998 cc. Mesin mobil ini didikung dengan jenis transmisi 8-Speed Steptronic.

Performa mesin dapat menghasilkan tenaga maksimum mencapai 181 HP dan torsi maksimum hingga 300 Nm untuk X3 sDrive20i xLine. Sementara itu, tenaga maksimum dan torsi maksimum yang dihasilkan X3 xDrive30i M Sport sebesar 249 HP serta 350 Nm.

2.    Dimensi

Ukuran mobil X3 ini mempunyai bodi yang besar dengan bobot bersih sekitar 1785 – 1885 kg. Detail dimensi mobil X3 mempunyai panjang 4708 mm, lebar 2138 mm, tinggi 1676 mm, dan jarak sumbu roda sejauh 2864 mm. Berkat ukuran dimensi yang terbilang cukup besar membuat tampilan mobil ini meninggalkan kesan gagah selayaknya sedan pada umumnya.

3.    Warna mobil

Warna mobil bisa menjadi permasalahan penting bagi sebagian orang sebelum membeli kendaraan. Nah, bagi OtoFriends yang mempunyai berbagai selera warna dari terang hingga gelap bisa merasa senang karena BMW X3 mempunyai pilihan banyak warna.

Warna-warna itu terdiri dari alpine white, sophisto gray brilliant effect, black sapphire metallic, carbon black metallic, phytonic blue, tanzanite blue metallic, frozen brilliant white metallic, brooklyn gray metallic, frozen deep gray metallic, dan frozen black metallic.

Baca juga: BMW 330i: Harga, Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihan

Desain Mobil BMW X3

Berikutnya, kita akan membahas mengenai desain mobil X3 dilihat dari segi interior maupun eksteriornya.

1.    Interior

BMW X3 interior bisa dirasakan kemewahannya melalui material kulit Vernasca yang dipasang pada bagian kabin. Apalagi pada bagian plafon mobil telah dipasang panoramic roof yang luas hingga mencapai belakang. Satu mobil bisa menampung sebanyak lima penumpang. Pada bagian kabin belakang bisa diisi dua orang dewasa. Sedangkan kapasitas bagasi mobil cukup untuk dipakai menaruh barang-barang seperti tas.

Terdapat Welcome Light Carpet yang dapat dinyalakan baik itu siang maupun malam hari sebagai penambahan sumber cahaya. Selain itu terdapat layar monitor berukuran 10.25 inch dengan dilengkapi fitur iDrive Touch Controller, DVD drive, BMW Navigation System Professional, dan lain sebagainya.

2.    Eksterior

Dengan dimensi berukuran panjang 4708 mm, lebar 2138 mm, dan tinggi 1676 mm mobil ini mempunyai tampilan luar yang gagah dan besar. Bagian bumper depan mobil didesain Kidney Grille yang tebal. Selain itu, terdapat BMW icon Adaptive LED twin circular headlight menggunakan selective beam.

Baca juga: Murah, Segini Biaya Perawatan Mitsubishi Outlander Sport

Berapa Harga Mobil BMW X3?

Harga mobil BMW X3 bisa berbeda-beda setiap daerah. Jika OtoFriends menginginkan perkiraan akurat mengenai harga mobil BMW ini bisa langsung mengunjungi dealer terdekat. Varian X3 sDrive30i xLine dibanderol dengan harga kurang lebih Rp 1,2 miliar. Sedangkan harga BMW X3 M Sport Rp 1,3 miliar. Untuk varian New X3 M Competition dilabeli harga hingga Rp 2,1 miliar.

Hal-hal yang perlu dipikirkan setelah membeli kendaraan adalah masalah perawatannya. OtoFriends tentunya tidak ingin bukan sudah membeli mahal-mahal mobil namun rusak karena kurang perawatan? Otoklix sebagai penyedia jasa bengkel siap membantu mengatasi masalah otomotif seperti servis, ganti oli, dan lain-lain.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar BMW X3

Kapasitas bagasi mobil X3 sebesar 550 L.

Fitur keamanan yang tersedia antara lain Airbag, Child Safety Lock, Anti Lock Braking System, EBD, dan lain-lain..

Isi silinder 1998 cc.