Audi Q8 adalah salah satu mobil besutan Audi yang tidak hanya memberikan kesan mewah tetapi juga sangat convenience bagi penggunanya. Sebagai Sport Utility Vehicle (SUV), Audi Q8 memiliki bodi dan kapasitas mesin mobil sport yang tangguh untuk segala medan.

Audi Q8 hadir dengan penggerak berteknologi hybrid dan disempurnakan dengan plug-in Hybrid yang diluncurkan sejak pertengahan 2019. Audi Q8 hadir dengan kapasitas lima penumpang yang cukup lega sebagai mobil SUV.

    Bagaimana spesifikasi, keunggulan dan harga dari SUV premium terbaru ini? apa kelebihan dan kekurangan dari Audi Q8? Jawabanya dapat OtoFriends temukan pada ulasan ini

    Baca juga: Ford Ecosport: Spesifikasi, Keunggulan hingga Harga Bekasnya

    Varian dan Spesifikasi Audi Q8

    Audi sebagai salah satu produsen mobil ternama di Jerman terus melakukan inovasi pada produk-produknya. Salah satu inovasinya adalah penggunaan mobil ramah lingkungan dengan teknologi full electric. Tentu saja perkembangannya disesuaikan dengan permintaan pasar dengan memperhatikan efisiensi waktu dan sumber tenaga. 

    Terlebih di Indonesia, fasilitas charging mobil listrik belum sebanyak negara-negara di Eropa sehingga akan menjadi kendala apabila mobil kehabisan baterai. Selain itu, pengisian daya pada mobil full electric membutuhkan waktu yang lama Untuk itu, Audi Q8 hadir dengan teknologi hybrid. Teknologi tersebut kemudian disempurnakan dengan plug-in hybrid. 

    1. Audi Q8 Hybrid

    Mobil SUV berteknologi hybrid memiliki dua sumber tenaga gabungan yakni tenaga mesin dan tenaga listrik. Sumber tenaga mesin dari bensin atau diesel dan listrik dari motor listrik yang digerakkan oleh baterai. Mobil jenis ini dapat berjalan dengan salah satu sumber tenaga saja atau keduanya. 

    Kelemahan mobil jenis ini adalah kapasitas baterai kecil. Charging power terjadi secara otomatis ketika mesin atau motor listrik bekerja hingga saat mobil direm.

    1. Audi Q8 Plug-in Hybrid

    Mobil dengan teknologi plug-in hybrid memiliki cara kerja yang sama dengan mobil berteknologi hybrid hanya saja kapasitas baterainya lebih besar. Dengan begitu, mobil dapat berjalan lebih jauh hanya dengan menggunakan tenaga listrik.

    Pengisian baterai dilakukan di charging station. Audi Q8 TFSI e Quattro adalah salah satu mobil plug-in hybrid dengan pengisian daya yang sederhana. Bahkan pengisian dayanya dapat dilakukan secara manual pada listrik rumah dengan soket khusus. Baterai dipasang di bawah bagasi dengan energi maksimum 17,8 kWh.

    Baca juga : Peugeot 3008: Harga, Spesifikasi, dan Keunggulannya

    Fitur Canggih pada Audi Q8

    Sebagai salah satu mobil SUV, tidak heran apabila Audi Q8 dirancang dengan fitur-fitur canggih yang belum tersedia pada varian sebelumnya. Mari kita bahas apa saja keunggulannya!

    1. Desain eksterior

    Audi Q8 memiliki dimensi 1705 x 4986 x 1995 Audi Q8 menggunakan ukuran ban 285/45 dengan material velg 21-inch Alloy Wheels. Mobil ini nampak gagah dengan adanya single frame grill berbentuk oktagonal di bagian depan. Pembuka kap mobil hidrolis dengan peredam.

    Fitur eksterior pada Audi Q8 diantaranya Wiper Otomatis, Wiper Kaca Belakang, Washer Kaca Belakang, dan Defogger Kaca Belakang. Lampu depan pada Audi Q8 menggunakan teknologi HDMatrix LED dan lampu belakang menggunakan LED. Terdapat pengaturan lampu-lampu eksterior seperti automatic headlights dan background lightning dengan berbagai warna. 

    Kaca penumpang dengan desain frameless membuat tampilan semakin elegan dan desain kupe tetap terasa walau tidak dibuat terlalu landai. Smart key terdapat pada setiap pintu dan terdapat lampu di bawah pintu bewarna biru yang menimbulkan kesan mewah saat pintu dibuka.

    1. Desain interior

    Saat memasuki area interior mobil, OtoFriends akan menemukan konsep woody  di dalamnya dengan kombinasi kayu kulit dan permukaan aluminium. Jok mobil menggunakan Havana Brown dan black tone dan menggunakan kayu oak. Bahan dashboard bersifat soft touch. Head unitnya menyatu dengan dashboard.

    Terdapat menu guest mode sehingga apabila mobil digunakan oleh orang asing maka tidak akan dapat merubah pengaturan. Menu Audi drive select memungkinkan OtoFriends untuk mengatur suspensi, mode jalan (offroad/allroad), dynamic, dan comfort. Mode auto digunakan untuk pengaturan otomatis.

    Pada bagian pengendara, terdapat fitur heater display yang wajib dimiliki kendaraan super canggih seperti Audi Q8 ini. Head unitnya menyatu dengan dashboard. Terdapat menu guest mode sehingga apabila mobil digunakan oleh orang asing maka tidak akan dapat merubah pengaturan. 

    Pengaturan multimedia dapat diekspor pada fitur cockpit seperti bluetooth untuk telepon, maps, dll. Pada pengaturan AC dapat dilakukan secara individual sehingga sesuai dengan kebutuhan masing-masing penumpang. Atap mobil dibekali dengan panoramic sunroof lengkap dengan tirainya. 

    Baca juga: Spesifikasi dan Harga VW T-Cross, SUV Compact!

    Performa Audi Q8

    Selain tampilan yang menawan, Audi Q8 juga dirancang dengan performa mesin dan sistem keamanan yang excellent seperti berikut ini

    1. Performa mesin

    Sebagai mobil dengan segmen menengah ke atas, Audi Q8 tampil garang dengan menggunakan mesin V6 bensin 3 liter dengan 24 katup DOHC supercharged yang dapat menghasilkan tenaga 340 hp dan torsi 500 Nm. Transmisi Otomatis 8 Speed dan AWD Otomatis

    Mesin Audi Q8 berkapasitas 2995 CC. Kapasitas tangki bahan bakar cukup besar yakni 85 liter dengan jenis bahan bakar bensin dengan RON 95. Kecepatan maksimalnya 250 km/h dengan akselerasi mencapai 5,9 detik.

    1. Keamanan berkendara

    Mode keselamatan aktif tersedia dalam fitur Anti lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Sensor parkir, pengukur tekanan ban, pengingat pintu terbuka,  Rearview Camera dan Vehicle Stability Control System. Mode keselamatan pasif diantaranya Airbag system, Child safety locks, pelindung benturan, sabuk pengaman depan dan ISOFIX. 

    Terdapat kamera 360 derajat dan kamera versi 3D yang memungkinkan pengendara menggeser-geser sudut pandangan. Kemudahan berkendara dan parkir ditunjukkan dengan penggunaan spion elektrik yang auto folding dengan heater. 

    Audi Q8 dilengkapi dengan alarm Anti theft system dan Engine immobilizer yang menggunakan perantara gelombang radio sebagai identitas kunci pada mobil.

    Berapa Harga Audi Q8 Terbaru?

    PT Garuda Mataram Motor sebagai perusahaan perakitan kendaraan dan pemegang merek resmi Audi di Indonesia telah meluncurkan varian terbaru yakni Audi Q8 3.0 TFSI quattro yang dibanderol dengan harga 2,49 miliar rupiah. 

    Setelah membahas spesifikasi dan fitur mewah dari Audi Q8 di atas, apakah OtoFriends sudah semakin mantap untuk mengendarai mobil sport ini? Temukan info selengkapnya hanya di Otoklix.

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar Audi Q8

    Berat bersih (kg) Audi Q8 adalah 2165.

    Kapasitas mesin mobil 2995cc.

    Jenis mesin yang digunakan hybrid dan plug-in hybrid.