Spoiler mobil merupakan salah satu komponen mobil yang berpengaruh terhadap aerodinamika kendaraan. Fungsi spoiler mobil adalah menambah performa kendaraan, menambah tekanan ke bawah pada mobil sehingga daya angkat akibat kecepatan tinggi dapat berkurang. Berikut jenis-jenis spoiler mobil, fungsi, serta estimasi harganya.

Jenis-jenis spoiler mobil

Selain membuat tampilan mobil tampak keren, spoiler mobil juga memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.

1. Front spoiler

Front spoiler adalah salah satu jenis spoiler mobil yang berfungsi mengimbangi spoiler belakang.  Saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi, mobil akan memiliki keseimbangan. Spoiler mobil biasanya terletak di bagian bawah bumper depan. Hal itu agar jarak body mobil ke tanah bisa dekat. Dengan demikian, aliran udara dari bawah mengecil sehingga potensi mobil limbung saat melaju cepat dapat berkurang.

2. Rear spoiler

Rear spoiler adalah spoiler belakang yang diletakkan di bagian belakang atau buritan. Bentuknya menyerupai sayap dan menempel langsung di body mobil yang bentuknya lebih kecil dan landai.

3. Lip spoiler

Lip spoiler biasanya digunakan untuk tujuan estetika atau sebagai hiasan. Spoiler jenis ini paling banyak digunakan sebagai spoiler mobil sedan.

4. Wing spoiler

Wing spoiler biasanya digunakan untuk spoiler mobil racing atau spoiler mobil balap. Ukuran wing atau spoiler mobil racing lebih besar daripada spoiler jenis lainnya. Spoiler mobil jenis ini tidak disarankan dipasang di mobil biasa karena penggunaan sayap besar hanya ideal untuk mobil berperforma tinggi.

Baca juga: 16 Nama Nama Aksesoris Eksterior Mobil Sebelum Modifikasi

Fungsi spoiler mobil

Setelah menjelaskan bagian-bagian spoiler mobil, ternyata komponen yang berada di belakang kendaraan itu juga memiliki fungsi. Berikut adalah penjelasannya.

1. Mobil jauh lebih stabil

Saat OtoFriends berkendara di jalan tol yang sepi dengan kecepatan tinggi, itu akan memicu terpaan angin yang lebih kencang. Apabila setir mobil tidak dipegang dengan kuat, kendali mobil akan oleng dan bisa melayang diterpa angin. Kondisi ini bisa saja terjadi kalau pengendara tidak memiliki spoiler mobil.

Angin yang kencang akan membuat gaya angkat mobil kian tinggi dan bodi mobil bisa limbung. Gaya angkat bisa ditekan apabila mobil sudah dipasang spoiler. Dengan demikian, mobil akan stabil karena telah melawan gaya angkat.

2. Mobil lebih aerodinamis

Spoiler mobil berfungsi meningkatkan performa mobil dan membuatnya lebih aerodinamis. Lekukan-lekukan yang ada pada spoiler akan memberikan kestabilan lebih baik ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

3. Dapat menangkis partikel debu

Fungsi spoiler mobil lainnya adalah dapat menangkis partikel debu maupun kotoran dari belakang. Misalnya, mobil jenis hatchback kerap mengalami turbulensi udara di area belakang sehingga banyak debu berputar di sekitar mobil. Dengan memasang spoiler mobil, turbulensi akan berkurang dan kotoran di kaca bagian belakang juga lebih sedikit. Bahkan, air hujan dan debu juga tidak mudah menempel karena spoiler mobil tersebut akan menghadang turbulensi udara.

Baca juga: Catat! Jenis Body Kit Mobil dan Fungsinya

Harga spoiler mobil

Spoiler mobil saat ini banyak dijual di pasaran. Bahkan, tidak sedikit produsen mobil yang membuat spoiler mampu mengembang saat kecepatan mobil mencapai 100 km per jam. Hal itu akan membuat mobil lebih stabil ketika melaju.

Bukan hanya keluaran pabrikan, spoiler mobil juga diproduksi sebagai produk aftermarket dan menjadi komponen penting dalam modifikasi. Apabila mobil OtoFriends tidak dilengkapi dengan spoiler mobil, OtoFriends tetap dapat menambahkan komponen ini. Namun, spoiler mobil tersebut masih belum tentu memiliki fungsi yang sama dengan desain mobil ber-spoiler yang dikeluarkan oleh pabrik.

Harga spoiler mobil di pasaran berbeda-beda. Hal itu tergantung dari jenis dan merek spoiler yang dipilih. Berikut estimasi harga spoiler mobil:

  • Spoiler JS racing: Rp600 ribu – Rp2,4 juta
  • Spoiler GT wing: Rp50 ribu – Rp5, 145 juta
  • Spoiler CRV: Rp192 ribu – Rp2 juta

Baca juga: Mengenal Bagian Eksterior Mobil dan Aksesoris Modifikasinya

Tips memasang spoiler

Saat ini rata-rata kendaraan keluaran terbaru sudah dipasang spoiler mobil untuk menjaga keseimbanga. Apabila OtoFriends membeli mobil yang belum dilengkapi spoiler mobil, OtoFriends bisa membeli dan memasangnya sendiri. Cara pemasangannya adalah letakkan spoiler di bagian atas pintu agasi dan bagian atap paling belakang. Spoiler mobil juga bisa dipasang di bagian kaca mobil.

Saat memasang spoiler mobil ini, OtoFriends harus memastikan ada keseimbangan antara bagian depan dan samping. Apabila spoiler mobil hanya dipasang di satu titik, itu akan mengakibatkan mobil melaju ke segala arah saat digas dalam kecepatan tinggi. Jadi, pasang juga spoiler di bagian bawah panel pintu sisi kanan, sisi kiri, dan bagian bumper depan.

Apabila OtoFriends kesulitan memasang spoiler mobil, kunjungi bengkel mobil terdekat dan minta bantuan teknisi. Lakukan booking online melalui aplikasi Otoklik dan dapatkan berbagai penawaran menarik!

Pertanyaan Seputar Spoiler Mobil

Spoiler mobil berfungsi untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah pada mobil. Hal itu untuk mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi.

Jenis-jenis spoiler mobil di antaranya front spoiler, rear spoiler, lip spoiler dan wing spoiler.

Harga spoiler mobil di pasaran berbeda-beda. Hal itu tergantung dari jenis dan merek spoiler yang dipilih. Spoiler mobil bisa didapatkan dengan harga mulai Rp600 ribu hingga Rp2 jutaan.