Alternator mobil adalah salah satu komponen paling penting pada mobil. Jika alternator rusak, berapa ya biaya service alternator mobil?

Dilansir dari berbagai sumber, biaya service alternator mobil bisa ratusan ribu hingga belasan juta rupiah. Namun, sebelum mengetahui biaya service alternator mobil, mari kita simak tentang ciri-ciri alternator mobil rusak dan cara mendeteksinya.

Ciri-ciri Alternator Bermasalah

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator mobil adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil. 

Tidak hanya itu, alternator juga berfungsi mengisi aki mobil agar tetap berada pada tegangan yang stabil sehingga aki tidak drop. Alternator mobil memanfaatkan prinsip kerja elektromagnetik. Dengan memanfaatkan prinsip tersebut, alternator berperan penting agar komponen-komponen kelistrikan di dalam mobil tetap berfungsi dan memiliki daya listrik yang cukup.

Mobil yang tidak dilengkapi alternator akan memiliki performa yang rendah. Saat aki mobil habis, mobil akan mengalami mogok mesin karena tidak memiliki pembangkit energi listrik. Jadi, penting sekali bagi kita untuk tahu ciri-ciri alternator yang bermasalah.

1. Lampu indikator aki menyala

Lampu indikator aki menyala adalah salah satu tanda bahwa alternator mobil bermasalah. Tanda tersebut menunjukkan adanya kegagalan dalam sistem kelistrikan mobil.

2. Lampu depan redup atau bahkan terlalu terang

Salah satu cara mudah mengetahui alternator bermasalah adalah dengan melihat lampu depan mobil. Jika lampu depan terlihat redup atau bahkan terlalu terang—tidak seperti biasanya, maka berarti alternator mobil melemah.

Ada juga ciri-ciri lain yang menunjukkan nyala lampu depan terlalu terang dari biasanya. Kondisi ini biasa disebut dengan overcharge. Artinya, daya yang dihasilkan di atas 15 volt sehingga membuat aki cepat panas dan air aki cepat mendidih. Lampu depan akan menyala terlalu terang agak berkedip ketika rpm mesin dinaikkan.

 3. Aki cepat habis

Alternator yang rusak dapat menghambat pengisian aki. Sebab, daya yang dibutuhkan mobil menjadi tidak seimbang jika alternatornya rusak. Dampaknya aki akan cepat habis meski sudah diganti dengan yang baru. Salah satu tandanya adalah kesulitan menyalakan mobil di pagi hari atau ketika mobil cukup lama tidak digunakan.

4. Terdengar suara decitan

Alternator yang bermasalah ditandai dengan terdengar suara decitan dari dalam kap mobil. Suara itu diakibatkan oleh komponen yang tergelincir.

Ciri lainnya yaitu alternator menimbulkan bunyi suara yang bising. Hal ini disebabkan oleh bearing alternator (bantalan yang akan melapisi poros alternator dengan frame alternator) mengalami kerusakan atau putusnya diode rectifier alternator.

5. Bau hangus

Ciri-ciri kerusakan alternator selanjutnya adalah tercium bau hangus. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kerja mesin yang terlalu berat karena alternator tidak berfungsi dengan baik.

Deteksi Alternator Bermasalah

Setelah mengetahui ciri-ciri alternator bermasalah, maka kita perlu tahu bagaimana cara mendeteksi atau mengecek komponen pada alternator mobil. Apakah masih dalam kondisi bagus atau telah usang. Biasanya, sekitar 3-5 tahun pemakaian, alternator mobil sudah memiliki performa yang tidak terlalu baik.

Kamu perlu melakukan pengecekan komponen alternator mobil secara rutin agar tetap aman terjaga. Sebelum membahas biaya service alternator mobil, mari kita simak cara sederhana untuk mengecek alternator mobil yang dapat kamu lakukan sendiri dirumah.

  1. Siapkan peralatan sejenis metal, seperti kunci, obeng, pisau, atau barang sejenis metal lainnya.
  2. Coba starter mobil kamu sampai menyala lalu tempelkan metal yang telah disiapkan pada ujung putaran dinamo ampere atau alternator mobil kamu. Jika metal tersebut menempel maka alternator mobil kamu masih dalam kondisi yang bagus dan masih dapat berfungsi dengan baik. Namun, sebaliknya jika metal tidak dapat menempel maka terdapat kerusakan pada komponen alternator mobil.
  3. Lakukan pengecekkan pada bagian kabel masa yang mengarah ke kepala aki mobil. Starter mobil kamu lalu lepas baut kabel masa yang ada di kepala aki kemudian gesekkan kabel tersebut pada kepala aki. Jika terjadi percikan api pada kabel masa tersebut, maka alternator masih berfungsi dengan baik. Sebaliknya jika tidak terjadi percikan api pada kabel, maka alternator mobil kamu tidak bekerja secara maksimal saat pengisian aliran listrik ke aki mobil.
  4. Cek sekring yang mengarah ke pengisian alternator. Cek pula bagian box sekring mesin apakah terdapat sekring yang putus atau tidak. Jika terdapat sekring yang putus pada bagian alternator, maka segera ganti sekring yang putus tersebut.

Biaya Service Alternator Mobil

Jika kamu tidak mengerti kelistrikan mobil dan tidak bisa membenahinya sendiri, maka satu-satunya cara untuk memperbaiki alternator yang rusak adalah dengan membawanya ke bengkel langganan. Sebagai gambaran, kamu perlu tahu biaya service alternator mobil di bawah ini.

Ketika sampai di bengkel, alternator mobil kamu akan dilakukan pemeriksaan tingkat voltase, korosi, dan persentase kerusakan pada alternator. Jika kerusakannya cenderung ringan, mungkin hanya perlu perbaikan saja. 

Biaya yang harus dibayar tergantung tipe mobil dan tingkat kerusakan itu sendiri. Namun, pada umumnya untuk mobil MPV dan sedan berkisar Rp200 – Rp 300 ribu belum termasuk penggantian partisi yang tidak bisa diperbaiki lagi. 

Harga alternator cukup bervariasi tergantung jenis mobil dan model alternatornya. Ada yang IC built in (regulator di bagian dalam) dan model alternator lama yang regulatornya di luar. Harga alternator mobil berkisar antara Rp700 ribuan sampai Rp8 jutaan yang paling mahal untuk mobil buatan Eropa. 

Dikutip dari VIVA.co.id, menurut pemilik salah satu bengkel khusus servis dinamo, untuk harga alternator mobil bahkan ada yang sampai Rp15 juta. Tergantung produksi mobilnya. Alternator mobil keluaran Eropa pasti akan lebih mahal daripada mobil keluaran Jepang.

Wow, ternyata cukup mahal juga ya biaya service alternator mobil. Harus siap-siap bujet perawatan, nih!

Supaya tidak kaget dengan biaya servis di bengkel, yuk instal aplikasi atau kunjungi www.otoklix.com untuk mencari bengkel terdekat. Aplikasi Otoklix memungkinkan kamu menemukan bengkel terdekat dan booking servis dengan harga transparan.