Shell menjadi salah satu produk bahan bakar minyak (BBM) yang jadi alternatif para pemilik kendaraan bermotor. Salah satu produk unggulannya adalah Shell Super dengan nilai oktan 92 RON.

Umumnya masyarakat Indonesia lebih sering membeli produk BBM di pom bensin Pertamina. Sebab selain perusahaan milik negara, Pertamina memiliki jajaran Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) terbanyak dan tersebar di seluruh Indonesia.

Kendati belum memiliki SPBU sebanyak Pertamina, akan tetapi Shell patut dipertimbangkan menjadi produk BBM alternatif pilihan OtoFriends. Jika Shell memiliki Shell Super maka Pertamina memiliki Pertamax dengan nilai oktan yang sama.

Baca juga: Spesifikasi Oli Shell Helix HX7 untuk Mobil Bensin

Shell Super vs Pertamax

Bila melihat dari harganya, harga Shell gasoline terkenal lebih mahal daripada harga BBM Pertamina. Apakah perbedaannya hanya itu saja? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Hasil Uji Emisi

Uji emisi merupakan pengujian bahan bakar minyak untuk mengetahui tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar dan dampak BBM terhadap lingkungan. 

Dengan kata lain, pengujian yang dimaksud berfokus pada kualitas BBM dan keterkaitannya dengan mesin kendaraan bermotor.

Hasil uji emisi Shell Super vs Pertamax sebenarnya beda tipis. Super Shell memiliki hasil senyawa Hidrokarbon (HC) sebesar 9 ppm sedangkan Pertamax 10 ppm. 

Kendati begitu, kedua angka tersebut sudah sesuai dengan standarisasi HC yang telah ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Hasil uji emisi lainnya yakni kedua bahan bakar tersebut memiliki nilai maksimal HC sebesar 200 ppm dan gas CO yang keluar ternyata sebesar 0% sehingga kedua bahan bakar ini sama-sama ramah lingkungan.

2. Konsumsi Bahan Bakar

Sebuah pengujian terhadap kedua bahan bakar telah dilakukan dengan objek dua kendaraan yang sama dan jumlah BBM dalam liter yang sama serta menempuh jarak tempuh yang sama.

Berdasarkan pengujian tersebut, kendaraan bermotor yang menggunakan bensin Shell Super mengkonsumsi bahan bakar sebesar 16,8 kilometer per liter, sedangkan kendaraan yang menggunakan Pertamax rupanya lebih irit dengan mengonsumsi bahan bakar sebesar 17,1 kilometer per liter.

Melihat hasil pengujian tersebut, konsumsi BBM kendaraan bermotor yang menggunakan Pertamax lebih irit daripada Shell.

3. Performa Mesin Kendaraan

Uji coba telah dilakukan untuk mengetahui dampak penggunaan BBM dari 2 produk yang berbeda. Terdapat 2 unit mobil berspesifikasi sama, menggunakan BBM Shell Super dan Pertamax dengan jumlah liter yang sama dan menempuh jarak yang sama.

Hasil uji coba tersebut yakni kendaraan bermotor yang menggunakan Pertamax menghasilkan tenaga maksimal sebesar 75,3 hp dengan capaian torsi maksimal 98,4 Nm.

Adapun kendaraan yang menggunakan bensin Shell Super menghasilkan tenaga maksimal sebesar 73,9 hp dan capaian torsi maksimal sebesar 97,3 Nm.

Baca juga: Daftar Oktan Bensin Jenis Premium dan Oktan BBM Lainnya

Perbandingan Keunggulan dan Kelemahan Shell Super dan Pertamax

Selain penjelasan di atas, OtoFriends perlu mempertimbangkan masing-masing keunggulan dan kelemahan dari masing-masing bahan bakar minyak produk Shell dan Pertamina berikut ini.

Keunggulan Shell Super vs Pertamax

Shell SuperPertamax
Efisiensi BBM dalam penggunaan jangka panjangProses pembakaran sempurna
Mengurangi terciptanya kerak dan kotoran yang mengendapKonsumsi bahan bakar lebih irit dari jenis BBM lain
Memproteksi kendaraan dan komponen mobil dari gesekan mesinPerforma mesin lebih responsif
Menjaga kondisi mesin
Penggunaan teknologi Dynaflex

Kelemahan Shell Super vs Pertamax

Sementara itu, kelemahan bensin Shell Super hanya satu yakni harganya lebih mahal dari Pertamax, sehingga masyarakat tingkat ekonomi menangan dan di bawah sulit untuk mengonsumsi bahan bakar ini.

Berbeda dengan produk Pertamax dari Pertamina. Walaupun dijual dengan harga yang lebih murah dan mudah didapatkan, akan tetapi bensin ini cepat membuat mesin mobil panas apalagi bila kendaraan kita gak ada radiatornya.

Selain itu, kelemahan Pertamax lainnya adalah produk bensin ini bisa menciptakan efek knocking pada kendaraan. Efek knocking merupakan efek yang timbul karena kualitas bahan bakar rendah dengan nilai oktan yang rendah, sehingga mesin mobil mengeluarkan suara kasar yang kurang nyaman.

Baca juga: 17 Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil, Terbukti Tambah Hemat

Kenali Shell Super

Shell Super merupakan produk bahan bakar minyak dari Shell, perusahaan swasta asal Inggris yang berkantor pusat di Den Haag, Belanda. Saat ini shell super harga yang berlaku di Indonesia sebesar Rp14.760 per liter yang telah berlaku sejak 1 September 2023.

Shell super memiliki nilai oktan sebesar RON 92. Produk jenis BBM ini setara dengan produk Pertamax dari Pertamina, produk Revvo 92 dari Vivo dan produk BP 92 dari BP AKR. 

Kendaraan bermotor yang menggunakan teknologi injeksi sangat cocok menggunakan jenis bensin sebab pada sistem ini terdapat lubang penyemprotan BBM berukuran kecil dan presisi.

Adapun kendaraan bermotor roda 4 yang dianjurkan menggunakan bensin ini antara lain mobil Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, dan beberapa mobil low cost green car (LCGC). 

Sedangkan untuk kendaraan bermotor roda 2 yang dianjurkan menggunakan bensin ini adalah kendaraan yang memiliki rasio kompresi sebesar 10:1 hingga 11:1 atau yang memiliki kapasitas mesin minimal 125 cc. 

Sebagai contoh antara lain Yamaha Lexi 125, Yamaha Aerox 155, Yamaha Nmax 155, Honda PCX 150 dan 160, Honda Vario 160 dan jenis motor lainnya dengan kapasitas mesin minimal 125 cc.

Demikianlah informasi tentang salah satu produk Shell yakni Shell Super. Setelah mengetahui perbandingannya dengan produk Pertamax dari Pertamina serta keunggulan dan kelemahan dari bensin ini, apakah OtoFriends akan menggunakan Shell Super?

Salah satu keunggulan Shell Super untuk membersihkan mesin mobil pasca proses pembakaran. Akan tetapi bukan itu saja yang perlu kita lakukan untuk menjamin performa mobil semakin optimal.

Booking servis mobil di aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Rutin melakukan servis mobil secara berkala juga penting dilakukan untuk memeriksa dan mengetahui kondisi komponen mobil khususnya komponen mesin mobil. Dengan melakukan servis mobil, kita bisa mengetahui kondisi aki mobil, sistem pengereman mobil, hingga kondisi AC mobil dan tekanan angin ban mobil.

Setelah memastikan kondisi mobil telah prima, maka tingkat keselamatan dan keamanan kita dalam berkendara semakin terjamin.

Pertanyaan Seputar Shell Super :


Shell super memiliki nilai oktan sebesar RON 92. Produk jenis BBM ini setara dengan produk Pertamax dari Pertamina, produk Revvo 92 dari Vivo dan produk BP 92 dari BP AKR.


Shell super cocok digunakan untuk kendaraan bermotor yang memiliki rasio kompresi sebesar 10:1 hingga 11:1 atau yang memiliki kapasitas mesin minimal 125 cc dan teknologi sistem injeksi.


Shell super memiliki nilai oktan sebesar RON 92. Produk jenis BBM ini setara dengan produk Pertamax dari Pertamina, produk Revvo 92 dari Vivo dan produk BP 92 dari BP AKR.