Peredam mobil merupakan salah satu komponen penting di mobil untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Menggunakan peredam mobil, suasana di dalam kabin akan lebih nyaman karena dapat meredam gangguan suara dari luar. 

Jika OtoFriends ingin menggunakan peredam mobil, kenali dulu fungsi, keuntungan, kerugian hingga tips memasang komponen ini supaya penggunaannya tepat. 

Fungsi Peredam Mobil

1. Meredam Bising

Umumnya, fungsi komponen ini merupakan peredam bising suara dari luar mobil dan meningkatkan kesenyapan kabin. Peredam suara mobil biasanya dipasang di sejumlah titik, yakni rangka pintu, spakbor, dan plafon, sehingga kabin bebas dari suara gesekan ban, hujan, dan lainnya dari luar mobil.

2. Menahan Panas

Tak hanya berfungsi meredam suara, peredam juga dipasang di sejumlah titik mobil untuk meredam panas, baik dari mesin atau paparan sinar matahari. Peredam mobil untuk menahan panas dan menjaga suhu di dalam kabin biasanya dipasang pada kap mesin, lantai, selang AC, serta plafon mobil. 

Baca Juga: Mengenal Fungsi Peredam Kap Mesin Mobil

Keuntungan Menggunakan Peredam Mobil

1. Suara Audio Mobil Lebih Jelas Didengar

Keuntungan menggunakan peredam suara mobil adalah kualitas audio saat pengendara menyetel lagu atau radio akan lebih jernih dan terdengar jelas. Sebab, peredam mampu menahan kebisingan dari luar mobil. 

2. Mobil Nyaman Dikendarai

Tentunya, adanya peredam mobil yang mampu meredam suara dan menahan panas akan meningkatkan kenyamanan berkendara di dalam mobil. 

Bayangkan jika mobil tak ada peredam dan hawa panas dari mesin masuk ke dalam kabin. Berkendara terasa panas dan pertukaran udara juga menjadi tidak sehat.

3. Suara Ban Mobil Tidak Terlalu Terdengar

Dengan adanya peredam yang dipasang lantai mobil, suara ban tidak akan terlalu terdengar. Selain pada lantai mobil, peredam suara mobil juga bisa dipasang pada bagian plafon mobil untuk mengurangi bising hujan yang terlalu lebat. 

Di samping itu, peredam suara mobil juga bisa menimbulkan kerugian apabila kegunaannya tidak tepat. Berikut beberapa kerugiannya. 

Baca Juga: Kenali 3 Jenis Peredam Panas Mobil yang Bagus dan Cara Pasangnya

Kerugian Menggunakan Peredam Mobil

1. Berbahaya Jika Suara Sekitar Tidak Terlalu Terdengar

Kalau menggunakan peredam mobil, otomatis suara dari luar kabin tidak akan terlalu terdengar. Sebetulnya hal ini cukup berbahaya jika ada suara dari luar yang memberikan isyarat. Kalau suasana kabin terlalu senyap, suara klakson mobil lain bisa tidak terdengar.

2. Engsel Pintu Cepat Aus

Kerugian selanjutnya memakai peredam mobil adalah engsel pintu mobil akan lebih cepat aus. Perlu dicatat, ini tergantung bobot peredam yang digunakan. 

3. Bobot Mobil Lebih Berat

Penggunaan peredam mobil akan menambah bobot mobil. Dampaknya, mobil mungkin tidak terlalu responsif untuk dipacu dengan kecepatan tinggi. Supaya tidak menimbulkan kerugian, berikut tips pasang peredam mobil dari Otoklix.

Tips Memasang Peredam Mobil

1. Pasang Peredam Sesuai Kebutuhan

Hal berikutnya yang harus diperhatikan pada saat memilih komponen ini adalah memastikan pasang peredam sesuai kebutuhan. Jumlah peredam suara harus dipikirkan dengan matang agar beban mobil tidak bertambah terlalu banyak.

Jumlah pemasangan peredam suara pada bagian pintu mobil  umumnya 5 lapis. Sedangkan pemasangan di lantai hanya membutuhkan 2 lapis saja.

2. Jangan Pasang Peredam di Seluruh Bagian Mobil

Jika memasang peredam mobil di seluruh bagian, ini justru akan membahayakan pengendara. Sebab, suara dari luar kendaraan tidak akan terdengar. 

Kondisi ini dapat mengundang bahaya dan merugikan keselamatan ketika berkendara. Oleh karena itu, ketika memasang komponen ini pastikan suara dari luar masih bisa terdengar. 

3. Gunakan Peredam Suara Mobil Berbobot Ringan

Tips memasang peredam suara pada mobil lainnya yaitu memastikan bobot peredam ringan. Peredam yang ringan tidak menambah bobot mobil terlalu berat sehingga akselerasi tetap optimal. 

Selanjutnya, Otoklix akan merekomendasikan beberapa merk peredam mobil supaya berkendara makin nyaman. 

Baca Juga: Rekomendasi 5 Merek Audio Mobil Berkualitas dengan Suara Ngebass

Rekomendasi Peredam Mobil

1. Standartplast

Merek peredam Rusia ini menggunakan label autofun berbahan ringan dan dapat meredam suara bising dan menahan panas dengan baik. Peredam STP ini mampu mengurangi tingkat kebisingan hingga 20 persen. 

Adapun harga peredam suara mobil merk Standartplast dibanderol mulai dari Rp175 ribu per lembarnya. 

2. Vtech

Selanjutnya, ada Vtech yang menjadi peredam suara mobil terbaik versi Otoklix. Vtech terbuat dari bahan berkualitas dan tidak mudah terbakar. 

Bahkan, merek ini diklaim mampu tahan panas hingga 800 derajat celcius dan meredam suara bising dari luar sehingga tidak terlalu bising. Jika tertarik, harga peredam suara mobil Vtech per lembar mulai dari Rp350 ribu hingga Rp500 ribu. 

3. Noisekill

Terakhir, ada Noisekill yang merupakan produk peredam berkualitas tinggi. Merek ini menggunakan bahan Rubber Butyl yang mampu meredam panas dan tidak mudah meleleh ketika digunakan. 

Kompatibel digunakan berbagai jenis mobil, merk peredam dengan harga mulai Rp200 ribuan per lembar ini terkenal dengan kemampuannya meredam suara bising dari luar sehingga OtoFriends bisa mendengarkan audio dengan nyaman. 

Apalah artinya memasang peredam jika mobil tidak dirawat secara rutin. Supaya berkendara tetap aman dan nyaman, service mobil rutin di bengkel pilihan yang bisa didapatkan di aplikasi Otoklix. 

Terdapat 1000+ pilihan bengkel yang dapat di-booking secara online melalui aplikasi Otoklix

Pertanyaan Seputar Peredam Mobil

Umumnya, fungsi komponen ini merupakan peredam bising suara dari luar mobil dan meningkatkan kesenyapan kabin.

Adanya peredam mobil yang mampu meredam suara dan menahan panas akan meningkatkan kenyamanan berkendara di dalam mobil.

Yang harus diperhatikan pada saat memilih komponen ini adalah memastikan pasang peredam sesuai kebutuhan.