Kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic seringkali diakibatkan gangguan pada transmisi otomatis mobil. Meski mobil matic terkenal nyaman karena kepraktisannya dalam berkendara, namun ada beberapa komponen yang memang membutuhkan perawatan khusus. Pasalnya, komponen mobil matic ini memang lebih rumit ketimbang mobil manual, sehingga butuh perawatan berkala. 

Baca juga: Servis Mobil Matic Jika Terjadi Masalah Ini dan Tips Merawatnya

Berikut Otoklix rangkum informasi lengkap mengenai kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic lengkap dengan tips perawatan dan harga perbaikannya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

8 Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mobil Matic

1. Boros Bahan Bakar

Ada beberapa mobil matic yang terkenal karena keunggulannya dalam hal irit bahan bakar. Namun seringkali, mobil-mobil matic tersebut berubah menjadi lebih boros. Hal ini biasanya terjadi karena ada gangguan pada beberapa komponen ruang bahan bakar. Menanggulangi hal ini, OtoFriends bisa melakukan pemeriksaan dan pengecekan lebih lanjut. 

Apabila masalah boros bahan bakar terjadi tidak wajar, bisa saja ada kerusakan yang mengakibatkan torsi tidak tersalurkan dengan baik sehingga tenaga mobil tidak maksimal. OtoFriends juga bisa melakukan pengecekan komponen lainnya seperti pompa bahan bakar, tangki, charcoal canister, atau saringan bahan bakar dan juga karburator untuk memastikan ruang bakar mesin mobil OtoFriends bekerja maksimal.

2. Ban Mudah Slip

Kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic lainnya adalah ban mudah slip. Hal ini biasanya terjadi ketika OtoFriends melakukan perpindahan gigi dari gigi 1 ke gigi 2. Ada beberapa penyebab kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic ban mudah slip ini, seperti oli transmisi yang kurang, clutch dan brake bermasalah, torque converter rusak, hingga adanya sumbatan pada komponen lainnya. OtoFriends bisa segera membawa mobil kesayangan OtoFriends ke bengkel rekanan Otoklix untuk mencari tahu sumber masalah ban mudah slip yang terjadi pada mobil OtoFriends.

3. Susah Dibawa di Jalan Menanjak

Salah satu kelemahan dari mobil transmisi otomatis adalah susah untuk di bawa berkendara di jalanan yang menanjak. Apalagi jika mobil OtoFriends tergolong dalam mobil matic yang sudah tua. Jika sudah begini, pastikan OtoFriends berkendara dengan hati-hati dan tidak membawa beban yang terlalu berat. Hal ini untuk menghindari kerusakan, kebocoran komponen ruang bakar, dan juga kecelakaan.

Baca juga: 7 Penyebab Tarikan Mobil Matic Terasa Berat Saat Berkendara

4. Kebocoran pada Oli Transmisi

Selain itu, kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic biasanya adalah kebocoran oli transmisi. Hal ini terjadi karena beberapa hal, seperti terlalu kencang menginjak pedal rem hingga melaju kencang dan menabrak keras polisi tidur. Jika kondisi oli transmisi bocor di diamkan dalam jangka waktu yang lama, mobil OtoFriends akan berisiko rusak parah karena semua komponen tidak akan mampu bekerja maksimal.

5. Gigi Tersendat

Pernah alami masalah gigi tersendat saat dipindahkan? Hal tersebut merupakan salah satu kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic. Masalah gigi tersendat saat dipindahkan biasanya terjadi karena kualitas oli transmisi yang buruk atau menurun. OtoFriends bisa melakukan penggantian oli transmisi dan pastikan mobil menggunakan oli transmisi yang bagus dan sesuai. Jangan paksakan mobil berjalan karena masalah gigi tersendat berisiko membuat komponen mobil rusak.

6. Mobil Bergetar

Kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic selanjutnya adalah mobil yang bergetar. Hal ini biasanya disebabkan oleh kondisi kampas kopling yang sudah aus. Jika mobil bergetar, OtoFriends bisa melakukan pengecekan dan mengganti kampas kopling mobil yang sudah mulai habis. Segera bawa ke bengkel apabila mobil bergetar tidak wajar. OtoFriends bisa menghubungi kami untuk sekedar melakukan konsultasi atau booking servis mobil.

7. Muncul Suara Aneh

Terdengar suara aneh yang mengganggu merupakan ciri kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic. Bunyi aneh tersebut biasanya muncul ketika mobil sedang berada di posisi netral. Mengatasi hal ini, solusi satu-satunya adalah dengan membawa mobil OtoFriends ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan kerusakan lebih lanjut.

8. Gigi Mundur Macet

Berbeda dengan masalah gigi tersendat, kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic yaitu gigi mundur macet biasanya terjadi karena adanya kerusakan komponen automatic transmission mobil. Masalah gigi mundur macet juga bisa disebabkan oleh tuas gigi yang sudah rusak sehingga OtoFriends akan sulit untuk melakukan perpindahan gigi mundur.

Baca juga: Mobil Matic Tidak Bisa Mundur? Begini Cara Mengatasinya

Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic tersebut bisa ditanggulangi dan diantisipasi dengan perawatan rutin setidaknya setiap 6 bulan sekali. Beberapa tanda mobil perlu di servis biasanya bisa terlihat dari kinerja komponen mesin mobil yang berkurang, mesin mobil yang overheat, hingga mobil susah untuk dinyalakan. 

Harga Perbaikan dan tips Perawatan Mobil Matic

Harga perbaikan kerusakan pada komponen mobil matic bervariasi, tergantung dari letak kerusakan dan lama perbaikan. Di bengkel rekanan Otoklix, OtoFriends bisa mengetahui harga servis di awal booking untuk membantu menekan biaya servis mobil sehingga tidak terlalu menguras isi kantong. 

Adapun beberapa hal yang bisa OtoFriends lakukan untuk perawatan mobil matic antara lain:

  1. Tidak memindahkan transmisi ke posisi netral di jalan menurun
  2. Tidak memasukan gigi dan menginjak rem di lampu merah
  3. Tidak memindahkan tuas gigi mundur ketika mobil belum berhenti sempurna
  4. dan tidak menggeber mesin mobil sebelum dikendarai

4 hal tersebut berisiko membuat komponen mesin mobil matic menjadi cepat rusak. Selain 4 hal tersebut, perawatan lainnya sama halnya dengan perawatan mesin mobil manual seperti, rutin mengganti oli, tidak berkendara di jalanan rusak, dll. Jangan lupa untuk melakukan servis rutin setiap 6 bulan atau 12 bulan sekali. 

Otoklix bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek dan 20.000+ mobil telah ditangani. Ingat servis rutin, ingat Otoklix!

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mobil Matic

Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada transmisi otomatis antara lain, kebocoran oli transmisi, gigi tersendat, mobil bergetar, muncul suara aneh, gigi mundur macet, mobil susah dibawa di jalan menanjak, ban slip, hingga boros bahan bakar.

Masalah gigi tersendat saat dipindahkan biasanya terjadi karena kualitas oli transmisi yang buruk atau menurun.

Apabila masalah boros bahan bakar terjadi tidak wajar, bisa saja ada kerusakan yang mengakibatkan torsi tidak tersalurkan dengan baik sehingga tenaga mobil tidak maksimal.