Ketika musim hujan berlangsung, mobil jadi rentan terhadap jamur dan karat. Berikut ini adalah cara agar mobil terhindar dari jamur dan karat. Jamur, karat, bahkan goresan yang bisa terlihat pada bodi mobil karena kelalaian pemilik membuat tampilan mobil kurang sedap dipandang. Jadi, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut supaya mobil tidak cepat berjamur dan berkarat.

Tips Menghindari Mobil dari Jamur dan Karat

Beberapa tips di bawah ini mudah untuk dilakukan. Selain itu, kalau dilakukan dengan rajin, OtoFriends bahkan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Simak cara agar mobil terhindar dari jamur dan karat.

Mencari tempat parkir yang tepat

Lokasi parkir ternyata bisa sangat berpengaruh terhadap bodi mobil. Hindari untuk parkir mobil dengan atap terbuka. Sebaiknya selalu parkir mobil di tempat yang memiliki atap. Tujuannya supaya bodi mobil tidak terkena air hujan atau matahari terik secara langsung. 

Kedua hal ini selain bisa membuat bodi mobil berjamur dan berkarat, juga bisa bikin warna cat mobil jadi pudar. Selain itu, kalau mobil diparkir di tempat yang tertutup sepenuhnya, sebaiknya sesekali bawa mobil keluar supaya kondisi mobil tidak terlalu lembab. Memarkir mobil ditempat lembab bisa bikin cat mobil mengelupas dan lama kelamaan jadi berkarat.

Rajin mencuci mobil

Cara agar mobil terhindar dari jamur dan karat berikutnya adalah dengan tidak membiarkan air hujan menempel terlalu lama di bodi mobil. Segera cuci mobil atau menyemprotnya dengan air setelah mobil terkena air hujan. Tujuannya untuk mencegah pertumbuhan jamur. Selain bodinya, bagian kolong mobil yang terkena genangan air hujan juga sebaiknya disemprot atau dicuci. Sebab, mungkin ada zat kimia yang bisa menyebabkan karat.

Selain setelah terkena air hujan, kita juga sebaiknya mencuci mobil saat mobil melintasi wilayah pinggir pantai. Apalagi kalau sampai terkena air laut. Pasalnya, air laut memiliki kadar garam yang tinggi sehingga memperbesar risiko pertumbuhan jamur dan karat.

Periksa juga bagian karet dan penahan list pada kaca pintu. Segera ganti karet kalau sudah getas atau bocor. Plat juga bisa dibersihkan dengan bensin supaya tidak menimbulkan karat.

Waspada getah dan serangga

Cara agar mobil terhindar dari jamur dan karat berikutnya adalah memperhatikan getah dan serangga. Bodi mobil tidak hanya perlu dijaga dari air hujan, tetapi juga dari getah dan serangga. Apalagi kalau kita membawa mobil ke luar kota dan bodi mobil berisiko terkena goresan dari gerangga, ranting pohon, dan getah pohon. Sebaiknya langsung cuci mobil dengan sabun cuci yang tepat.

Baca juga: Tips Membersihkan Mesin Mobil yang Aman dan Benar

Perhatikan goresan pada mobil

Cat mobil bisa terkelupas akibat benturan atau goresan. Hal ini tidak bisa terhindari karena terkadang kita sebagai pengendara tidak sadar bahwa mobil tergores. Celah akibat cat yang terkelupas ini bisa memicu karat pada bodi mobil.

Cara mengatasi goresan atau celah akibat cat yang terkelupas adalah dengan mencuci mobil terlebih dahulu di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Setelah selesai dicuci, berikan compound untuk menghilangkan goresan halus pada bodi mobil.

Cara memberikan compound untuk menutup goresan adalah dengan menggosoknya menggunakan micro fiber atau busa halus. OtoFriends bisa membuat gerakan melingkar dengan tekanan sedang sampai goresan tidak lagi terlihat. Setelah itu, OtoFriends bisa mengoleskan wax menggunakan busa halus supaya hasilnya lebih maksimal.

Merawat kaca mobil

Cara agar mobil terhindar dari jamur dan karat tidak cuma dilakukan pada bodi logamnya, tetapi juga pada kaca. Apalagi peran kaca sangat penting untuk melindungi pengendara demi visibilitas yang lebih baik. Kaca mobil rentan ditumbuhi jamur karena sisa air kotor masih menempel. Lama kelamaan, sisa air itu jadi bercak dan meninggalkan bekas saat kering.

Cara merawat kaca mobil agar tidak berjamur adalah dengan mengeringkan kaca mobil setelah mencucinya. Jangan didiamkan sampai air yang menempel itu kering dengan sendiri. Selain itu, bilas juga kaca mobil setelah terkena air hujan atau air kotor. 

Kalau memang sudah terlanjur berjamur, OtoFriends bisa menggunakan alkohol untuk membersihkannya. Bahan yang dibutuhkan hanya alkohol dan kapas. Bersihkan jamur pada kaca, ulangi prosesnya sampai benar-benar bersih.

Itu dia 5 cara agar mobil terhindar dari jamur dan karat. Lakukan secara rajin untuk mendapatkan hasil maksimal. Selanjutnya, kita bakal membahas rekomendasi tempat atau bengkel cuci mobil di Jabodetabek.

Baca juga: 10 Pembersih Jamur Kaca Mobil yang Bagus dan Terbaik

Rekomendasi Penghilang Jamur dan Karat

Beberapa produk di bawah ini bisa digunakan untuk cara agar mobil terhindar dari jamur dan karat pada mobil.

1. Waxhouse Waterspot Remover

Waterspot remover dari Waxhouse ini menggunakan teknologi hydrophobic yang memberikan efek daun talas yang bisa mencegah debu untuk menempel. Cairan ini bisa membersihkan jamur dan kerak air pada bodi mobil. Bisa dipakai pada bodi, emblem, maupun panel chrome mobil dan bisa dipakai di semua jenis dan warna cat mobil. Penggunaannya juga mudah, yaitu semprotkan cairan pada permukaan dan ratakan perlahan menggunakan lap microfiber. Harganya sekitar Rp40 ribu untuk ukuran 250 ml.

2. Maxxim Proglass

Cara agar mobil terhindar dari jamur dan karat berikutnya adalah mengaplikasikan pembersih jamur dari Maxxim Proglass. Formulanya hampir sama dengan produk dari Waxhouse dengan teknologi hydrophobic. Harga produk ini sekitar Rp35 ribuan.

3. SpotR Waterspot Remover

Rekomendasi berikutnya adalah Sport Waterspot Remover. Produk ini juga bisa membersihkan jamur dari bodi mobil. Produk ini khusus digunakan untuk bodi mobil dan tidak disarankan untuk kaca mobil. Harganya Rp57 ribuan untuk kemasan 250 ml.

4. Waxhouse Rust Remover 

Produk ini bisa menghilangkan karat pada bodi mobil dan motor. Selain itu bisa menghilangkan kekusaman pada tembaga, stainless, alumunium, dan panel chrome. Cara pemakaiannya adalah dengan menyemprotkan produk lalu menyikatnya dengan sikat halus. Kemudian, bilas dengan air bersih. Harganya Rp37 ribuan untuk kemasan 250 ml.

5. Nutens Rustic 

Nutens Rustic tidak mengandung HCL sehingga tidak merusak permukaan bodi mobil. Produk ini berfungsi untuk menghilangkan karat pada bodi mobil dan media lain berbahan metal, misanya besi, baja, dan alumunium. Harganya Rp89 ribuan untuk 225 ml.

Itu dia 5 rekomendasi produk untuk cara agar mobil terhindar dari jamur dan karat.

Rekomendasi Bengkel Cuci Mobil di Jabodetabek

Cara agar mobil terhindar dari jamur dan karat adalah dengan mencuci mobil secara rutin dan tidak membiarkannya terlalu lama terkena air hujan. Jadi, ini dia beberapa bengkel cuci mobil rekomendasi dari Otoklix yang berlokasi di sekitar Jabodetabek.

1. Master Snow

Lokasi:

  • Jl. RE Martadinata No. 12, Ciputat, Tangerang (No. Telp: 0811 1999 093).
  • Jl. Alternatif Transyogi Nagrak, Gunung Putri, Bogor RT. 003/RW. 018, Kab. Bogor (No. Telp: 0855 9999 969).
  • Jl. Raya Hankam No. 150 RT. 004 RW 002, Jatiranggon, Kec. Jatisampurna, Kota Bekasi (No. Telp: 0811 1999 093).
  • Jl. Jend. Ahmad Yani No. 32, RT 05 RW 06, Utan Kayu Sel, Kec Matraman, Jakarta Timur (No. Telp: 0811 1999 093).
  • Jl. Arjuna Sel. No 48, RT. 11 RW 12, Duri Kepa, Kec. Kb Jeruk, Jakarta Barat (No. Telp: (021) 22122742).
  • Jl. Garuda, No. 86, Kemayoran, Jakarta Pusat  (No. Telp: 021 42884680).

Master Snow tersedia di beberapa titik yang tersebar di Jabodetabek. Master Snow menyediakan layanan cuci hidrolik dan juga robotic car wash. Selain itu, ruang tunggu yang tersedia juga nyaman dengan dilengkapi AC dan TV. Tersedia makanan dan minuman yang bisa menemani waktu menunggu cuci mobil. 

Selain cuci mobil, beberapa cabang Master Snow juga melayani ganti oli serta menjual aksesoris mobil.

Baca juga: Wajib Tau Cara Memilih Tempat Cuci Mesin Mobil yang Tepat

2. Excellent Carwash 

Lokasi:

  • Jl. Pelita Abdul Majid No. 5 RT4/RW11, Cipete Utara, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (No. Telp: 0812-8125-9999)

Excellent Carwash menyediakan cuci salju, vacuum, sampai dengan semir ban. Pelayanannya ramah dan mendapat ulasan positif dari pelanggan. Setelah keluar dari tempat ini, mobil dijamin terlihat kinclong seperti baru. Apalagi harganya juga sangat terjangkau. Excellent Carwash bisa jadi salah satu pilihan rekomendasi bagi OtoFriends yang tinggal di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. Enter Point Carwash

Lokasi: 

  • Jl. Danau Agung 2 No.2, RW.16, Sunter Agung, Kec. Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara (No. Telp: 0811-9729-298)

Enter Point Carwash bahkan sudah di-booking oleh sekitar 500 orang melalui aplikasi Otoklix. Pengerjaannya cepat dan pelayanan yang ramah menjadi nilai plus bagi bengkel cuci mobil ini. Selain itu, ada juga garansi yang diberikan dari bengkel kalau mobil kembali terkena hujan. Tersedia ruang tunggu yang nyaman di bengkel ini.

4. Kapten Carwash

Lokasi:

  • Jl. KH. Agus Salim No.50J, RT.003/RW.006, Bekasi Jaya, Kec. Bekasi Timur, Kota Bekasi (No. Telp: 0812-1236-4231)

Kapten Carwash terletak di kawasan Bekasi Timur. Selain sebagai tempat cuci mobil recommended, Kapten Carwash juga menyediakan kafe dengan berbagai menu makanan dan minuman. Selain cuci mobil biasa, tersedia juga layanan detailing. Hasil cucinya pun memuaskan. Kadang, ada live music yang diadakan untuk menghibur pelanggan.

Demikian cara agar mobil terhindar dari jamur dan karat serta beberapa bengkel rekomendasinya. Masih banyak bengkel rekomendasi untuk cuci mobil di Jabodetabek. Install dan cari di aplikasi Otoklix untuk menemukan bengkel cuci mobil dan detailing. Rawat bodi mobil supaya selalu terlihat kinclong.

Pertanyaan Seputar Cara Agar Mobil Terhindar dari Jamur dan Karat

Agar bodi mobil tetap tampak mengkilap meskipun sudah digunakan bertahun-tahun, OtoFriends perlu merawatnya dengan cara mencuci mobil dengan cara yang benar, menggunakan waxing, dan menggunakan obat poles.

Cara menghilangkan jamur pada mobil adalah dengan menggunakan bahan-bahan berikut: alkohol, pasta gigi, cuka apel, pemutih pakaian, dan air soda.

Cara menghindari timbulnya karat pada mobil adalah dengan mengoleskan oli ke engsel yang sulit dijangkau, rutin mencuci mobil, terutama setelah terpapar air hujan.