Bahan Bakar Minyak atau BBM merupakan hal penting bagi sebuah kendaraan agar tetap dapat digunakan. Sering kali mengeluarkan biaya rutin untuk harga bahan bakar tersebut mungkin terasa berat bagi OtoFriends. Jika hal tersebut OtoFriends rasakan, maka tentunya ada cara menghemat bahan bakar yang perlu OtoFriends ketahui.

Untuk mengetahui apa sajakah cara menghemat bahan bakar mobil yang OtoFriends ketahui dan alasan kenapa harus menghemat bahan bakar mobil, simak informasinya berikut ini.

Mengapa Harus Menghemat Bahan Bakar Mobil

Sebelum mengetahui beberapa cara menghemat bahan bakar mobil, ada baiknya OtoFriends mengetahui mengapa harus menghemat bahan bakar mobil milik OtoFriends. Alasan yang pertama tentunya hal ini perlu untuk mengurangi biaya operasional rutin yang OtoFriends bisa kurangi dan alihkan untuk hal yang lebih bermanfaat.

Alasan berikutnya adalah karena bahan bakar mobil atau BBM ini termasuk sumber daya yang terbuat dari fosil dan tidak dapat diperbarui dan bisa saja habis suatu saat nanti. Selain itu juga mengurangi atau menghemat bahan bakar mobil dapat mengurangi pemanasan global dan membuat lingkungan menjadi lebih baik.

Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa OtoFriends harus menghemat bahan bakar mobil, berikut ini adalah beberapa cara menghemat bakar mobil yang bisa OtoFriends terapkan.

1. Menjaga Kondisi Mesin Mobil

Cara menghemat bahan bakar mobil yang pertama adalah dengan selalu menjaga kondisi mesin mobil. Kondisi mesin mobil yang sudah tidak kembali prima tentunya akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras agar tetap dapat berfungsi dan hal ini tentunya membutuhkan bahan bakar yang lebih dari pada sebelumnya.

Cara untuk menjaga kondisi mesin mobil tetap prima adalah seperti melakukan servis secara berkala di bengkel mobil terpercaya sesuai dengan waktu atau jarak tempuh yang tepat. Selain hal tersebut sangat penting juga bagi OtoFriends menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai dengan jenis mesin mobil yang OtoFriends gunakan.

Baca Juga: Mengenal Jenis Bahan Bakar untuk Mesin Kendaraan

2. Menjaga Tekanan Angin Ban

Cara menghemat bahan bakar mobil yang kedua adalah dengan menjaga tekanan angin ban mobil OtoFriends. Sangat penting bagi OtoFriends untuk selalu memeriksa tekanan angin pada ban mobil secara berkala, baik untuk mobil yang digunakan secara rutin maupun tidak.

Hal tersebut karena jika kondisi tekanan angin berkurang maka hal ini akan menyebabkan tahanan gulir ban tersebut menjadi semakin besar dan membuat mesin mobil bekerja lebih keras dari sebelumnya. Mesin mobil yang bekerja lebih keras inilah yang menyebabkan penggunaan bahan bakar mobil semakin meningkat.

3. Tidak Menggunakan AC Secara Berlebih

Cara menghemat bahan bakar mobil yang berikutnya adalah dengan tidak menggunakan AC secara berlebihan. Saat AC dinyalakan maka beberapa komponen sistem AC seperti kompressor akan mulai bekerja dan membutuhkan bahan bakar dalam proses ini.

Sebaiknya OtoFriends lebih bijak dalam menggunakan AC mobil. Beberapa hal yang bisa OtoFriends lakukan adalah seperti tidak menggunakan AC saat melewati rute perjalanan yang sejuk atau tidak menggunakan AC saat mobil melewati rute menanjak, karena saat melewati rute ini mobil akan mengkonsumsi bahan bakar lebih.

Baca Juga: Ini Kisaran Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

4. Merawat Filter Udara

Filter udara ternyata juga dapat menjadi penyebab meningkatnya konsumsi bahan bakar mobil terutama apabila filter udara tersebut kotor dan tidak dirawat. Hal tersebut karena saat filter udara tidak terawat dan kotor, akan membuat mesin mobil bekerja lebih keras untuk menghisap udara bersih dan menyebabkan konsumsi bahan bakar mobil meningkat.

Sebaiknya OtoFriends melakukan perawatan pada komponen ini di bengkel mobil terpercaya yang ada di Otoklix secara berkala sesuai dengan jarak tempuh atau jika filter udara tersebut sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama.

5. Matikan Kendaraan Saat Berhenti Lama

Cara menghemat bahan bakar mobil yang bisa segera atau rutin untuk OtoFriends lakukan adalah mematikan kendaraan saat berhenti lama. Cara ini merupakan cara terbaik yang bisa OtoFriends lakukan untuk menghemat bahan bakar mobil.

Hal tersebut karena perlu OtoFriends ketahui bahwa meskipun mobil tidak berjalan tapi mesin mobil tetap menyala, maka mobil tetap memerlukan bahan bakar. Cara ini bisa OtoFriends bisa lakukan seperti pada saat terjebak dalam kemacetan yang cukup parah dan menyebabkan mobil tidak berjalan karena terjebak macet.

6. Mengatur Jarak Tempuh

Mengatur jarak tempuh juga merupakan cara menghemat bahan bakar mobil yang cukup efektif dan bisa segera OtoFriends terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengatur jarak tempuh dan menemukan rute yang lebih cepat, tentunya akan membuat konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih efisien dan hemat.

Selain itu juga OtoFriends perlu juga memperhatikan seberapa banyak titik berhenti atau tempat yang akan OtoFriends kunjungi. Akan jauh lebih efektif jika OtoFriends tidak terlalu sering berhenti dan mengunjungi suatu tempat secara berlebihan karena hal ini juga bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar mobil meningkat.

7. Hindari Berkendara Pada Jam Sibuk

Cara menghemat bahan bakar mobil yang selanjutnya adalah dengan menghindari berkendara pada jam sibuk yang bisa menyebabkan mobil melewati rute dengan tingkat kemacetan yang cukup tinggi. Kondisi macet yang menyebabkan mobil sering berhenti dan hanya sedikit melaju akan membuat konsumsi bahan bakar mobil meningkat.

Jika OtoFriends memang harus berkendara pada jam sibuk, sebaiknya pertimbangkan rute alternatif terbaik untuk menghindari kemacetan dengan mempertimbangkan jarak dan waktu tempuh dalam berkendara.

8. Jangan Membawa Beban Berlebihan

Cara berikutnya adalah jangan membawa beban berlebih. Membawa barang saat berkendara jarak jauh seperti saat mudik memang diperlukan, namun ada baiknya barang-barang yang dibawa dalam mobil tersebut tidak berlebihan.

Membawa barang berlebih akan membuat mesin mobil bekerja lebih keras agar dapat bekerja yang tentunya hal ini akan membuat konsumsi bahan bakar mobil juga ikut meningkat.

Baca Juga: Pahami Arti Kode Ban Mobil dan Cara Membacanya

9. Perhatikan Kecepatan Mobil

Memperhatikan kecepatan mobil ternyata termasuk cara menghemat bahan bakar mobil yang bisa OtoFriends bisa lakukan dalam berkendara sehari-hari. Dengan semakin tingginya kecepatan mobil, tentunya konsumsi bahan bakar mobil juga akan semakin meningkat.

Selain bisa menghemat bahan bakar, memperhatikan kecepatan mobil juga hal yang sangat penting untuk menjaga keselamatan dalam berkendara agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan mobil atau mesin mobil mengalami kerusakan karena overheat.

10. Tidak Memanaskan Mesin Terlalu Lama

Sebagian orang masih beranggapan bahwa memanaskan mesin mobil  dengan durasi waktu yang lama merupakan suatu hal yang harus dilakukan agar mobil dalam kondisi terbaik saat digunakan. Padahal anggapan ini belum tentu tepat, karena dengan semakin meningkatnya teknologi di dalam mobil, maka mobil bisa langsung berada dalam kondisi prima.

Memanaskan mesin mobil terlebih dalam jangka waktu yang lama tentunya akan membuat konsumsi bahan bakar mobil menjadi sia-sia. Durasi terbaik untuk memanaskan mobil sebaiknya adalah 10 sampai 15 menit saja, atau untuk mobil dengan mesin injeksi cukup 1 sampai 2 menit saja.

Itulah beberapa cara menghemat bahan bakar mobil yang perlu OtoFriends ketahui. Beberapa cara tersebut bisa OtoFriends segera lakukan dan terapkan saat berkendara setiap harinya. OtoFriends juga harus selalu menjaga kondisi mesin dan juga komponen lainnya seperti AC dengan melakukan perawatan secara berkala di bengkel servis AC terpercaya dari Otoklix. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk OtoFriends.