Sebagai pengguna kendaraan, konsumsi bahan bakar mobil menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Apalagi sekarang ini harga BBM mengalami kenaikan, subsidi BBM mulai dikurangi oleh pemerintah.

Bahan bakar minyak atau BBM merupakan kebutuhan pokok kendaraan agar tetap dapat digunakan. Seringkali pengeluaran untuk membeli BBM bulanan melonjak melebihi biasanya. Bukan karena harga BBM naik, tetapi konsumsi bahan bakar mobil lebih boros.

Jika kendaraan OtoFriends mulai terasa boros, segera cari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Untuk itu, berikut Otoklik akan memberikan beberapa cara menghemat bahan bakar mobil yang baik dan benar.

Mengapa Harus Menghemat Bahan Bakar Mobil?

Sebelum mengetahui beberapa cara menghemat bahan bakar mobil, ada baiknya OtoFriends mengetahui mengapa harus melakukan penghematan bahan bakar mobil. Alasan pertama, tentunya dengan melakukan penghematan bisa mengurangi biaya operasional rutin bulanan. Sehingga sisa biaya bulanan bisa alihkan untuk hal lain seperti servis rutin, ganti oli dan tune up.

Alasan berikutnya dengan menghemat bahan bakar kamu bisa menyelamatkan bumi dari dampak emisi karbon hasil pembakaran BBM. Dengan mengurangi atau menghemat bahan bakar mobil dapat mengurangi pemanasan global dan membuat lingkungan menjadi lebih baik. 

Bensin merupakan bahan bakar bersumber dari minyak bumi, termasuk dalam sumber daya energi tidak terbarukan. Keberadaanya di dunia saat ini semakin menipis, bahkan diperkirakan akan habis beberapa tahun kedepan. Untuk itu kamu sebagai pemilik kendaraan bisa menghemat pemakaian bahan bakar kendaraan.

Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa OtoFriends harus menghemat bahan bakar mobil, berikut ini adalah beberapa cara menghemat bakar mobil yang bisa OtoFriends terapkan.

  1. Menjaga Kondisi Mesin Mobil

Cara menghemat bahan bakar mobil yang pertama adalah dengan selalu menjaga kondisi mesin mobil. Kondisi mesin mobil yang sudah tidak prima tentunya akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras. Akibatnya membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih dari biasanya.

Cara untuk menjaga kondisi mesin mobil tetap prima adalah seperti melakukan servis secara berkala di bengkel mobil terpercaya sesuai dengan waktu atau jarak tempuh yang direkomendasikan. Selain hal tersebut sangat penting, OtoFriends juga bisa menggunakan bahan bakar yang disarankan sesuai dengan kompresi mesin.

Baca Juga: Mengenal Jenis Bahan Bakar untuk Mesin Kendaraan

  1. Ganti Oli Secara Rutin 

Oli mobil yang sudah melewati masa pakai dampaknya akan langsung terasa pada mesin mobil. Jika dibiarkan semakin lama maka konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Karena mesin akan bekerja lebih keras dari biasanya sehingga konsumsi bensin meningkat.

Untuk itu bagi para pemilik mobil bisa melakukan penggantian oli mobil secara rutin pada jarak dan waktu yang sudah direkomendasikan. Biasanya setiap 5.000/km atau 6 bulan sekali. Pastikan OtoFriends menggunakan oli yang asli ya.

  1. Merawat Filter Udara

Filter udara ternyata juga dapat menjadi penyebab meningkatnya konsumsi bahan bakar mobil. Penyebabnya karena t filter udara tersebut kotor dan tidak dirawat. Mesin akan bekerja lebih berat untuk menghisap udara bersih, akibatnya konsumsi bahan bakar mobil meningkat.

Sebaiknya OtoFriends melakukan perawatan pada filter udara di bengkel mobil terpercaya yang ada di Otoklix secara berkala. Saat melakukan service rutin biasanya filter udara dilakukan penggantian sesuai kondisinya.

  1. Hindari Menginjak Pedal Gas Mendadak

Saat melakukan akselerasi, pengendara mobil tidak disarankan untuk menginjak pedal gas secara mendadak. Tujuannya untuk menjaga agar katup throttle gas terbuka dengan konstan. Semakin dalam pedal gas diinjak maka semakin banyak pembakaran yang terjadi sehingga menghasilkan kecepatan yang instan.

Cara menginjak pedal gas yang benar adalah dengan pelan-pelan agar konsumsi bahan bakar lebih hemat. Selain itu untuk melepaskan gas juga harus dengan pelan dibarengi dengan penggunaan gigi yang pas agar mesin tidak meraung.

  1. Gunakan Gigi yang Sesuai

Kesalahan pengendara mobil yang masih sering kita jumpai sampai sekarang adalah penggunaan gigi yang tidak sesuai. Ada yang menggunakan gigi rendah padahal jalanan datar. Pada saat posisi tanjakan, malah ada yang menggunakan gigi tinggi.

Gigi rendah lebih pas digunakan untuk medan yang menanjak, sehingga mesin bisa kuat melintasi tanjakan. Sedangkan gigi tinggi lebih cocok untuk kondisi medan yang datar. Semakin rendah putaran mesin maka konsumsi bahan bakarnya lebih irit. Jika mesin sudah meraung 

  1. Perhatikan Kecepatan Mobil

Memperhatikan kecepatan mobil ternyata menjadi salah satu cara menghemat bahan bakar mobil yang bisa OtoFriends lakukan dalam berkendara sehari-hari. Semakin tinggi kecepatan mobil, tentunya konsumsi bahan bakar juga akan semakin meningkat.

Selain bisa menghemat bahan bakar, memperhatikan kecepatan mobil juga hal yang sangat penting untuk menjaga keselamatan dalam berkendara. Sehingga bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau mesin mobil mengalami kerusakan karena overheat.

  1. Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Ternyata melakukan service rutin saja tidak cukup untuk menghemat bahan bakar, kamu harus menggunakan BBM yang tepat. Setiap mobil memiliki anjuran Research Octane Number (RON) agar bisa menghasilkan pembakaran sempurna.

Kadar oktan yang lebih rendah akan membuat pembakaran tidak sempurna sehingga mesin tidak bekerja dengan optimal. Paling banyak ditemui mesin mobil ngelitik, jika dibiarkan terlalu lama akan membuat mesin menjadi rusak.

Baca juga: Daftar Oktan Bensin Jenis Premium dan Oktan BBM Lainnya

  1. Menjaga Tekanan Angin Ban

Cara menghemat bahan bakar mobil selanjutnya dengan menjaga tekanan angin ban mobil. Sangat penting bagi OtoFriends untuk selalu memeriksa tekanan angin pada ban mobil secara berkala, baik untuk mobil yang digunakan secara rutin maupun tidak.

Hal tersebut karena jika kondisi tekanan angin berkurang, maka hal ini akan menyebabkan rolling resistance semakin besar dan membuat mesin mobil bekerja lebih berat dari sebelumnya. Mesin mobil yang bekerja lebih berat inilah yang menyebabkan penggunaan bahan bakar mobil semakin meningkat.

  1. Tidak Menggunakan AC Secara Berlebih

Cara menghemat bahan bakar mobil yang berikutnya adalah dengan tidak menggunakan AC secara berlebihan. Saat AC dinyalakan, maka komponen sistem AC seperti kompressor akan mulai bekerja mengikuti putaran mesin.

Sebaiknya OtoFriends lebih bijak dalam menggunakan AC mobil. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah seperti tidak menggunakan AC saat melewati rute perjalanan yang sejuk atau tidak menggunakan AC saat mobil melewati rute menanjak.

Baca Juga: Ini Kisaran Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

  1. Tutup Jendela

Membuka jendela mobil saat berjalan akan membuat udara masuk ke kabin mobil sehingga memberikan tekanan pada mobil. Padahal mobil sudah didesain aerodinamis agar minim hambatan angin. Tujuannya agar tenaga bisa tersalurkan dengan sempurna tanpa adanya hambatan.

Jika kamu ingin membuka jendela saat mobil berjalan, usahakan menggunakan kecepatan rendah saja. Jika tidak, lebih baik gunakan AC untuk mendinginkan ruang kabin mobil. 

  1. Matikan Kendaraan Saat Berhenti Lama

Cara menghemat bahan bakar mobil yang paling mudah dilakukan adalah dengan mematikan mesin saat berhenti lama. Cara ini merupakan cara terbaik yang bisa OtoFriends lakukan untuk menghemat bahan bakar mobil.

Perlu ketahui meskipun mobil tidak berjalan, tetapi mesin mobil tetap menyala, maka mobil tetap memerlukan bahan bakar. Cara ini bisa OtoFriends bisa lakukan seperti pada saat terjebak dalam kemacetan yang cukup parah atau di lampu merah.

  1. Tidak Memanaskan Mesin Terlalu Lama

Sebagian orang masih beranggapan bahwa memanaskan mesin mobil  dengan durasi waktu yang lama merupakan hal yang benar. Cara memanaskan mesin seperti ini masih digunakan beberapa orang sampai sekarang. Padahal, anggapan ini belum tentu tepat, karena dengan semakin canggih teknologi mobil, tidak perlu waktu lama kondisi mobil bisa prima.

Memanaskan mesin mobil terlebih dalam jangka waktu yang lama tentunya akan membuat pembakaran bensin menjadi sia-sia. Durasi terbaik untuk memanaskan mobil tidak sampai 5 menit, patokannya terletak pada temperatur mesin. Jika temperatur sudah naik ke tengah berarti mesin sudah siap digunakan.

Baca juga: Cara Memanaskan Mobil untuk Mobil Manual dan Matic

  1. Mengatur Jarak Tempuh

Mengatur jarak tempuh juga merupakan cara menghemat bahan bakar mobil yang cukup efektif dan bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menghitung jarak tempuh dan menemukan rute yang lebih cepat, tentunya akan membuat konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih efisien dan hemat.

Selain itu juga kamu perlu memperhatikan seberapa banyak titik berhenti atau tempat yang akan dikunjungi. Akan jauh lebih efektif jika kamu tidak terlalu sering berhenti dan mengunjungi suatu tempat secara berlebihan karena hal ini juga bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar mobil meningkat.

  1. Hindari Berkendara Pada Jam Sibuk

Cara menghemat bahan bakar mobil yang selanjutnya adalah dengan menghindari berkendara pada jam sibuk. Biasanya pada jam sibuk mobil melewati rute dengan tingkat kemacetan yang cukup tinggi. Kondisi macet yang menyebabkan mobil sering berhenti akan membuat konsumsi bahan bakar mobil meningkat.

Jika OtoFriends memang harus berkendara pada jam sibuk, sebaiknya pertimbangkan rute alternatif terbaik untuk menghindari kemacetan dengan mempertimbangkan jarak dan waktu tempuh dalam berkendara.

  1. Jangan Membawa Beban Berlebihan

Cara berikutnya adalah jangan membawa beban berlebih. Membawa barang saat berkendara jarak jauh seperti saat mudik memang diperlukan, namun ada baiknya barang-barang yang dibawa dalam mobil tersebut tidak berlebihan.

Membawa barang berlebih akan membuat mesin mobil bekerja lebih keras. Mesin agar dapat bekerja dengan normal membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih banyak. 

Baca Juga: Pahami Arti Kode Ban Mobil dan Cara Membacanya

  1. Jangan Menaruh Barang di Atas Mobil 

Membawa barang dengan meletakkan di atas mobil selain berbahaya juga bisa membuat bahan bahan bakar menjadi boros. Mobil akan mendapatkan hambatan udara tambahan sehingga kinerja mesin bertambah berat. Lebih baiknya saat membawa barang usahakan semua bisa masuk dalam mobil. 

  1. Lihat Konsumsi Bahan Bakar Mobil Saat Beli

Setiap mobil memiliki konsumsi bahan bakar yang berbeda-beda. Jika ingin memiliki mobil dengan konsumsi bahan bakar irit, Otoklix merekomendasikan memilih mobil kecil jenis City Car. Untuk mobil keperluan kerja di area perkotaan, kami merekomendasikan memilih jenis MPV. Untuk keperluan luar kota dengan medan yang beragam, mobil SUV merupakan pilihan yang paling tepat.

Itulah beberapa cara menghemat bahan bakar mobil yang perlu OtoFriends ketahui. Beberapa cara tersebut bisa segera kamu lakukan dan terapkan saat berkendara setiap harinya. Tinggal lakukan rutin setiap hari agar pengeluaran untuk membeli BBM bulanan bisa lebih hemat.

OtoFriends juga harus selalu menjaga kondisi mesin dan juga komponen lainnya seperti AC dengan melakukan perawatan secara berkala di bengkel servis AC terpercaya dari Otoklix. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk OtoFriends.

Pertanyaan Seputar Cara Menghemat Bahan Baka

Beberapa cara menghemat bahan bakar mobil dengan melakukan service rutin, ganti oli, ganti filter, menggunakan RON bensin yang sesuai, menggunakan gigi yang sesuai dan lainnya.

Yang termasuk bahan bakar untuk mobil adalah Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Solar dan Pertamina Dex.

Karena menjadi salah satu cara untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari pembakaran.