Produk BBM Shell yang cukup banyak diminati masyarakat Indonesia saat ini adalah Shell V Power. Shell V-Power diklaim menjadi produk BBM untuk kelas premium. Hal ini karena hasil kualitasnya yang konsisten dapat memproteksi komponen mobil yang krusial dari endapan kotoran.

Shell sendiri memiliki produk BBM Shell V-Power beda-beda dengan nilai oktan yang berbeda. Shell V-Power octane RON 95, Shell V-Power Nitro Plus RON 98, dan Shell V-Power Diesel CN 51.

Mengingat bahan bakar merupakan unsur cukup penting dalam mendukung performa tenaga mobil, kita sebagai pemilik mobil perlu selektif dalam memilih bahan bakar yang akan digunakan. Dengan seharga Rp15.650 per liter, apakah memang sebagus itu produk BBM V-Power?

Baca juga: Daftar Oktan Bensin Jenis Premium dan Oktan BBM Lainnya

Teknologi Baru Shell V-Power

Sejak kehadirannya 20 tahun lalu, Shell V-Power berkomitmen untuk menjadi salah satu bahan bakar yang memiliki kualitas terbaik yang banyak digunakan orang. Hingga saat ini, sebanyak 20% para pengguna kendaraan bermotor di dunia sudah menggunakannya.

Untuk meningkatkan kepercayaan penggunanya sekaligus meraih lebih banyak lagi kepercayaan, Shell V-Power kembali melakukan penyegaran terhadap bahan bakarnya yakni menggunakan teknologi khusus untuk mengembalikan performa mesin mobil agar bisa mencapai kondisi 100%.

Tujuan penggunaan teknologi baru tersebut untuk menyempurnakan kembali performa mobil pada generasi mesin apa saja, mulai dari mesin konvensional ataupun mesin modern.

Hasil pengujian teknologi tersebut memberikan bukti bahwa V-Power dapat memproteksi komponen mesin mobil yang cukup krusial berpengaruh terhadap endapan kotoran untuk kemudian menghilangkan endapan tersebut.

Pasalnya endapan kotoran di dalam mesin mobil dapat mempengaruhi kerja mesin mobil sehingga kurang efisien dan maksimal. Dengan adanya teknologi tersebut maka mampu meningkatkan performa mesin mobil secara konsisten dan mengefisiensikan bahan bakar.

Khususnya pada mesin mobil modern yang berpotensi menghasilkan tekanan dan temperatur tinggi sehingga berpotensi lebih besar menghasilkan endapan di bagian mesin mobil paling krusial tersebut, misalnya saja seperti injektor bahan bakar.

Shell menjamin campuran bahan kimia di formula baru tersebut akan kompatibel dengan bahan bakar karena kandungan nabati yang lebih tinggi.

Baca juga: 17 Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil, Terbukti Tambah Hemat

Keunggulan Shell V-Power

Adapun keunggulan Shell V-Power lainnya meliputi performa mesin, efisiensi, teknologi dynaflex, dan daya gesekannya. Berikut ini uraian selengkapnya.

1. Penggunaan Teknologi Canggih

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Shell menggunakan teknologi canggih yakni Teknologi Dynaflex pada BBM V-Power agar menghasilkan kerja mesin yang lebih optimal lagi. 

Penggunaan teknologi tersebut juga memberikan dampak baik terhadap kemampuan respons kendaraan bermotor, kemampuan akselerasi dan daya tarik yang semakin besar.

Selain itu, BBM V-Power ini ikut membantu melindungi kesehatan mesin kendaraan dan menekan potensi risiko kerusakan pada mesin.

2. Peningkatan Performa Mesin Kendaraan

Dua teknologi yang digunakan Shell pada BBM ini yakni teknologi Dynaflex dan Active Cleaning. Penggunaan teknologi ini membantu proses pembersihan kerak dan kotoran yang mengendap pada mesin kendaraan sehingga dapat berkurang hingga 80%.

Bahkan proses pembersihannya sendiri tetap bisa terhindar dari penumpukan kerak dan kotoran tersebut yang menjadi penyebab timbulnya gesekan terhadap komponen mesin mobil.

Gesekan komponen mesin mobil yang dibiarkan terus-menerus bisa menyebabkan kerusakan mesin kendaraan dan memperpendek usia pakai mesin itu sendiri.

3. Pemangkasan Gaya Gesek Mesin

Melanjutkan keunggulan sebelumnya bahwa Shell V-Power membantu mobil menekan gaya gesekan pada komponen mesin mobil. 

Mengapa penting memperhatikan gesekan tersebut? Sebab gesekan komponen mesin tersebut berpengaruh terhadap kesehatan mesin kendaraan dan masa pakai komponen mesin mobil.

Sejalan dengan berkurangnya gesekan mesin, tingkat keausan kendaraan ikut berkurang sehingga mesin mobil bisa lebih awet lagi. Proses akselerasi semakin lancar lagi dan mobil mampu memberikan respons yang baik.

4. Peningkatan Efisiensi

Berdasarkan hasil tes laboratoriumnya, molekul yang terkandung dalam BBM Shell V-Power ini membantu mengurangi gesekan dan memperkecil energi yang akan terbuang nantinya yang dapat membuat mesin cepat panas. Saat energi yang terbuang semakin sedikit, maka tingkat efisiensinya semakin tinggi untuk performa mesinnya.

Selain itu, konsumsi bahan bakarnya jadi lebih rendah. Keunggulan tersebut sangat menguntungkan bagi pemilik kendaraan yang akan melakukan perjalanan jauh dan membutuhkan bahan bakar dalam jumlah besar.

5. Semakin Ramah Lingkungan

Hasil tes laboratorium lainnya menunjukkan kandungan sulfur dan zat tercemar dalam BBM ini lebih sedikit jadi lebih ramah lingkungan. Hasil uji emisi gas buangnya pun ikut terpengaruh.

Baca juga: Cara Mengeluarkan BBM yang Tepat dari Tangki Kendaraan

Jenis-Jenis Shell Octane

Pemilihan jenis oktan pada BBM sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mesin mobil. Penggunaan BBM dengan nilai oktan yang sesuai akan membantu menyempurnakan proses pembakaran agar semakin bersih dan menghasilkan sisa pembakaran yang ramah lingkungan.

Penggunaan nilai oktan yang tinggi bisa meringankan tenaga kendaraan bermotor dan menghemat konsumsi bahan bakar.

Setiap mobil memiliki aturan tersendiri mengenai nilai oktan BBM yang berpengaruh terhadap mesin kompresi mobil. Berikut ini keterkaitan antara rasio kompresi dan nilai oktan pada BBM, antara lain:

  • RON 90 untuk kendaraan bermotor dengan rasio kompresi di bawah 9:1
  • RON 92 untuk kendaraan bermotor dengan rasio kompresi 9:1 – 10:1
  • RON 95 untuk kendaraan bermotor dengan rasio kompresi 10:1 – 11:1
  • RON 95 ke atas untuk kendaraan bermotor dengan rasio kompresi 11:1 – 12:1

Adapun pengukuran BBM khusus bahan bakar diesel menggunakan satuan Cetane Number (CN).

Sementara itu, berikut ini perbandingan produk Shell Octane dan produk-produk BBM lainnya.

Nilai RONShellPertaminaVivoBP AKR
RON 89Revvo 89
RON 90Shell RegularPertaliteRevvo 90BP 90
RON 92Shell SuperPertamaxRevvo 92BP 92
RON 95Shell V-PowerRevvo 95BP 95
RON 98Shell V-Power NitroPertamax Turbo
RON 100Pertamax Racing

Demikianlah informasi tentang salah satu produk BBM Shell yakni V-Power. Dengan mengetahui kelebihan produk BBM dari Shell ini semoga makin memperkuat kita untuk terus menggunakan BBM berkualitas terbaik dengan nilai oktan yang sesuai.

Cara lain untuk menjaga kondisi kesehatan mobil agar semakin optimal yakni dengan rutin melakukan servis mobil secara berkala di Bengkel Otoklix.

Booking servis mobil melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Kenapa harus Bengkel Otoklix? Otoklix menjadi keprofesionalan dan keandalan tim mekaniknya dalam merawat dan memperbaiki semua jenis mobil, kelengkapan peralatan bengkel dan jaminan keaslian spare part setara OEM.

Selain itu, Otoklix berkomitmen menjadi teman kita untuk merawat mobil kesayangan terbukti dengan selalu melakukan pembaruan pelayanan untuk memudahkan kita merawat mobil. Salah satunya melakukan booking service di aplikasi Otoklix.

Melalui aplikasi Otoklix, kita mengetahui harga jasa servis secara transparan dan menyesuaikan jadwal servis dengan kesibukan kita sehari-hari. Terdapat fitur reminder notifikasi untuk mengingatkan jadwal servis mobil, lho. Segera download aplikasi Otoklix sekarang.

Pertanyaan Seputar Shell V Power :


Shell V-Power memiliki nilai oktan sebesar RON 95, sedangkan Shell V-Power Nitro bernilai oktan RON 98, setara dengan produk Pertamax Turbo dari Pertamina.


Harga BBM Shell V-Power sebesar Rp15.650 per liter sudah berlaku sejak 1 September 2023.


Shell V-Power memiliki nilai oktan sebesar RON 95, cocok dengan kendaraan bermotor yang memiliki rasio kompresi 10:1 – 11:1.