Bagaimana sih cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor? Buat OtoFriends yang ingin mengoptimalkan suara audio kendaraan selama di perjalanan tetapi gak menguras aki, ada tips yang perlu kamu perhatikan, nih!

Pada dasarnya mobil sudah dilengkapi dengan sistem audio pabrikan. Namun, tak sedikit pemiliknya ingin menambahkan fitur lain agar pengalaman mendengarkan musik selama perjalanan lebih memuaskan. Bahkan mereka rela mengeluarkan biaya besar untuk melakukan modifikasi audio.

Sayangnya, beberapa pemilik mobil malah melakukan upgrade audio dengan cara yang salah sehingga menyebabkan masalah baru, salah satunya aki mobil menjadi lemah. Jadi, bagaimanakah cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor?

 

Penyebab Aki Mudah Tekor

Sebelum mengetahui cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor, OtoFriends perlu memahami apa saja penyebab aki boros. Di antaranya:

 

  • Berlebihan Ketika Menggunakan Lampu Proyektor HD

Aki mobil dapat cepat habis jika lampu yang tidak sesuai dengan standar terus menyala. Oleh karena itu, sebelum menambahkan lampu proyektor HD, disarankan untuk memeriksa spesifikasi lampu agar mengetahui kebutuhan daya listriknya.

  • Intensitas Penggunaan Mobil

Penggunaan mobil secara berkelanjutan ternyata juga dapat menyebabkan aki menjadi lemah sebab mobil yang digunakan secara intensif membutuhkan pasokan daya listrik yang signifikan.

  • Aksesoris Mobil yang Terlalu Lebay

Pada dasarnya beberapa aksesoris mobil dapat menguras daya aki secara berlebihan. Rata-rata pemilik mobil menambahkan aksesoris mobil tanpa mempertimbangkan kapasitas aki. Dampaknya, daya tahan aki akan berkurang dan tidak optimal untuk menghidupkan mesin.

Hal ini pun berlaku bagi audio mobil. OtoFriends tidak boleh asal-asalan dalam memilih spesifikasi audio tersebut.

 

Cara Pilih Audio Mobil

Sebagai pertimbangan dalam memilih audio mobil, berikut beberapa tips yang perlu diketahui oleh OtoFriends:

 

  • Tentukan Kebutuhan dan Budget

Sebelum melakukan pembelian audio, sebaiknya tentukan terlebih dahulu kebutuhan mobil kamu. Apakah sudah sesuai dengan budget yang dimiliki atau perlu disesuaikan sebab penetapan budget yang tepat akan membantu memastikan pengeluaran kamu tidak melampaui batas yang telah ditentukan.

  • Berkonsultasi Dengan Teknisi Profesional

Teknisi profesional akan memberikan rekomendasi terkait sistem audio mobil yang sesuai dengan spesifikasi dan kondisi mobil kamu. Dengan begitu, performa audio akan tetap terjaga tanpa memengaruhi komponen mobil kamu.

  • Pelajari Spesifikasinya

Setelah berkonsultasi, OtoFriends wajib mempelajari spesifikasi dari setiap produk audio mobil. Kamu bisa memulainya dengan mempertimbangkan berbagai aspek, seperti ukuran mobil sampai fitur-fitur tambahan lainnya.

 

Cara Pasang Audio Agar Aki Tidak Tekor

cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor

Saatnya kamu mempraktikan cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor lagi. Yang harus diperhatikan antara lain:

 

  • Kabel

Sistem audio dihubungkan melalui kabel untuk mengalirkan daya listrik dari satu perangkat ke perangkat lainnya agar bisa menghasilkan kualitas suara yang baik. Jika perlu memotong kabel, pastikan ujung potongan kabel diisolasi dengan baik untuk mencegah terjadinya arus pendek.

  • Sumber Listrik

Selanjutnya, cara pasang audio agar aki tidak tekor yaitu melakukan peninjauan sumber daya listrik dari mobil tersebut. Apalagi kalau mengganti audio, kamu harus menghubungkannya ke saluran positif dan negatif.

Jika perlu, gunakan sekring khusus agar arus listrik langsung terputus tetapi tetap mengamankan sistem audio mobil dari risiko konsleting.

  • Tukar Alternator yang Lebih Besar

Pemasangan audio mobil yang berlebihan dapat mengakibatkan aki, alternator, dan dinamo ampere bekerja ekstra. Oleh karena itu, mengganti alternator dengan kapasitas yang lebih besar menjadi alternatif agar pasokan listrik mobil tetap terpenuhi.

  • Power Amplifier

Terakhir, cara pasang audio agar aki tidak tekor adalah dengan menambahkan pasokan listrik menggunakan power amplifier. Namun perlu diingat, penggunaan perangkat ini harus direkatkan dengan susunan pokok secara kuat menggunakan baut dan tidak boleh memakai ganda tape.

 

Cara Merawat  Audio Mobil

Selain tidak boros aki, OtoFriends juga harus memastikan perawatan audio mobil agar tidak cepat rusak. Berikut caranya:

 

  • Pastikan Audio Mobil Sudah Tak Aktif Ketika Mematikan Mesin

Ketika mesin dinyalakan kembali, sistem audio yang belum dimatikan secara manual akan otomatis aktif dan membuat sistem tersebut menerima pasokan tegangan dari aki yang belum stabil.

  • Atur Sistem Audio Dengan Baik

Jika pemasangan kabel dilakukan secara hati-hati, kualitas suara yang dihasilkan akan tetap prima. Jadi, kamu harus selalu memastikan kabel terhubung sesuai dengan port-nya untuk mencegah kerusakan pada sistem audio.

  • Jauhkan Sistem Audio dari Medan Magnet

Medan magnet memiliki potensi merusak elektromagnet dalam sistem audio. Pastikan kamu menjauhkan sistem audio dari medan magnet tersebut. Gunakan juga pelindung yang terbuat dari kotak berbahan non-magnetik seperti plastik atau kayu.

  • Jangan Mengatur Volume Terlalu Tinggi

Volume suara yang sangat kencang akan membuat distorsi suara muncul. Akibatnya masa pakai audio mobil jadi lebih pendek. Selain itu, volume yang diatur terlalu tinggi menyebabkan suara menjadi tidak enak di dengar apalagi jika dilakukan secara berulang.

Ingin pasang audio mobil tapi bingung memilihnya supaya aki mobil tidak tekor? Konsultasikan saja dengan para ahli di bengkel Otoklix! Tenaga ahli Otoklix akan membantu kamu memilih audio mobil yang tepat sekaligus membantu kamu dalam instalasi dan perawatannya. Pastinya dengan jaminan kualitas dan garansi untuk komponen-komponen yang digunakan. Yuk jadwalkan kunjunganmu sekarang juga!

 

Pertanyaan Seputar Aki

Apa yang Menyebabkan Aki Cepat Tekor?

Menyalakan lampu HD secara berlebihan, korsleting, pemasangan audio mobil yang tidak sesuai, dan suhu mesin terlalu panas.

Bagaimana Agar Aki Mobil Awet?

Rutin melakukan pemeliharaan, lindungi aki dari suhu ekstrem, periksa kondisi terminal, dan selalu mengecek tegangan secara berkala.

 

References:

https://www.otosigna.com/cara-pasang-audio-mobil-agar-aki-tidak-tekor/

https://www.idntimes.com/automotive/car/seo-intern/merawat-audio-mobil

https://www.suzuki.co.id/tips-trik/wajib-disimak-cara-memilih-sistem-audio-mobil-terbaik